Home News Operator 3 Indonesia Umumkan Perluasan Jaringan & Produk Baru 2020

Operator 3 Indonesia Umumkan Perluasan Jaringan & Produk Baru 2020

0

Operator 3 Indonesia Umumkan Perluasan Jaringan & Produk Baru 2020 – Adalah hal yang mustahil jika kamu bisa mengakses halaman blog ini tanpa menggunakan internet. Dan saya yakin, untuk keseharian pun, kamu juga akan nyaris selalu memanfaatkan internet. Iya, kebutuhan internet bagi rakyat Indonesia kian hari kian meningkat. Khususnya bagi anak muda yang saat ini sudah banyak memiliki smartphone. Penggunaan internet diantaranya bermanfaat untuk mempermudah komunikasi, ataupun mengakses informasi. Sehingga memungkinkan kita untuk mendapatkan berbagai ilmu dan pengetahuan baru.

Sekadar info, sudah banyak sekali insan kreatif yang mencari ilmu melalui internet dan mempelajari berbagai keterampilan secara otodidak. Entah itu dengan cara membaca artikel, ataupun dengan menonton video di YouTube. Dan perilaku seperti ini nampaknya sudah menjadi trend, khususnya bagi para anak muda.

Sayangnya, tidak semua anak muda tersebut memiliki kesempatan yang sama untuk dapat bebas mengakses internet. Karena banyak wilayah di Indonesia yang masih belum terjangkau oleh jaringan internet. Kabar baiknya, Tri sebagai salah satu operator seluler terkemuka di Indonesia mengumumkan bahwa saat ini mereka sedang gencar untuk memperluas jangkauan service internet.

Sejak awal tahun 2019 hingga Januari 2020 saja, 3 Indonesia telah meningkatkan kapasitas jangkauan mereka dengan membangun lebih dari 9000 BTS yang tersebar di wilayah Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, dan juga Bali. Hal ini membuat jaringan 3 Indonesia sudah bisa menjangkau sekitar 33.000 desa di 3000 kecamatan yang tersebar di 300 kabupaten di Indonesia. Dibawah ini adalah gambar daftar kota yang sudah dijangkau oleh Tri.

Jangkauan jaringan operator triDengan persebaran di berbagai wilayah tersebut, artinya 3 Indonesia sudah mampu menjangkau 200 juta pengguna. Dan dalam sesi tanya jawab pada press conference yang digelar di Jakarta pada 12 Februari lalu, mereka menyebutkan bahwa kedepannya mereka akan berusaha lebih baik lagi di tahun ini.

“Upaya kami yang terus berlanjut didorong oleh satu misi, yaitu untuk turut berkontribusi bagi kemajuan Indonesia dengan cara membantu menyamaratakan akses internet bagi anak muda Indonesia,” kata Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia, M. Danny Buldansyah.

“Anak muda Indonesia adalah kunci utama untuk memajukan bangsa karena saat ini sudah ada 66 juta anak muda yang berusia 10-24 tahun di Indonesia. Peran serta mereka akan jadi sangat penting bagi kemajuan negara di masa mendatang. Peningkatan kemampuan jaringan dan pemasangan teknologi terkini oleh 3 merupakan upaya kami agar lebih banyak anak muda Indonesia, dari Sumatra, hingga Sulawesi, dapat memanfaatkan internet untuk mewujudkan ambisi mereka.”

Tidak hanya memperluas, jaringan terbaru 3 Indonesia diklaim juga memungkinkan untuk memberikan koneksi internet yang berjalan hingga 8x lebih cepat dibandingkan saat jaringan 4G pertama kali diperkenalkan pada tahun 2016 silam. Hal ini berkat penerapan teknologi terbaru 4.5G Pro, yaitu Massive MIMO 32T32R.

Operator 3 perluas jaringan di IndonesiaPenggunaan teknologi terbaru tersebut membuat 3 Indonesia sudah siap untuk penerapan 5G. Sehingga memungkinkan mereka untuk lebih cepat dalam menggelar teknologi 5G di masa mendatang.

Jaringan Aman Saat Listrik Padam

Padamnya aliran listrik adalah salah satu momen menyebalkan yang tak bisa kita hindari. Karena perangkat-perangkat yang membutuhkan daya listrik akan mati seketika dan tak bisa digunakan. Seringnya, padamnya aliran listrik ini juga akan diikuti dengan hilangnya sinyal jaringan seluler yang membuat kita makin mati gaya.

Hal ini terjadi karena menara pemancar alias BTS juga membutuhkan daya listrik untuk dapat beroperasi. Demi mengantisipasi masalah tersebut, 3 Indonesia juga telah melakukan beberapa upaya. Diantaranya adalah dengan menyediakan tenaga bantuan berupa baterai “Fluidic Technology”, generator diesel, serta UPS (Uninterruptible Power Supply) agar BTS tetap dapat beroperasi selama beberapa saat ketika listrik tengah padam.

Selain itu, Chief Technical Officer 3 Indonesia, Desmond Cheung mengatakan bahwa mereka juga telah memasang teknologi pemindahan jalur yang disebut sebagai ASON (Automatically Swithed Optical Network) pada jaringan fiber mereka yang saat ini terus bertumbuh.

Pilihan Produk Perdana & Paket Internet Yang Menarik

Paket internet tri IndonesiaSelain soal service, 3 Indonesia juga punya rangkaian produk menarik yang relevan untuk anak muda. Salah satunya adalah AlwaysOn, yang merupakan produk utama Tri dan menawarkan kuota internet dengan masa aktif selamanya. Hal ini memungkinkan para penggunanya untuk dapat terus terhubung ke internet tanpa khawatir kuota akan hangus. Karena kuota yang dimiliki akan tetap bisa digunakan mengukuti masa aktif kartu.

Kuota AlwaysOn bisa dinikmati dengan banderol harga mulai dari 15 ribu rupiah. Selain itu, terdapat pula pilihan paket internet AlwaysOn Unlimited. Yang memungkinkan pelanggan untuk mengakses internet tanpa batas selama 30 hari, plus sejumlah kuota tambahan yang punya masa aktif mengikuti kartu. Rincian harga dan keterangannya adalah sebagai berikut (Februari 2020):

  • AON 1.5GB, kuota 24 jam, aktif selamanya. Harga Rp 15.000
  • AON 2GB, kuota 24 jam, aktif selamanya. Harga Rp 19.000
  • AON 3GB, kuota 24 jam, aktif selamanya. Harga Rp 28.000
  • AON 6GB, kuota 24 jam, aktif selamanya. Harga Rp 39.000
  • Unlimited + AON 6GB. Harga Rp 55.000
  • Unlimited + AON 10GB. Harga Rp 80.000
  • Unlimited + AON 16GB. Harga Rp 110.000

Ketentuan Kuota Unlimited Tri

Produk Unlimited + AlwaysOn yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp 55.000 merupakan paket internet dengan dua kuota di dalamnya. Yang pertama adalah kuota++ AlwaysOn (6GB, 10GB, atau 16GB) sebagai kuota utama yang dapat digunakan selama 24 jam dengan masa aktif super panjang, mengikuti masa aktif dari kartu.

Yang menarik, kuota ini akan terakumulasi jika kamu melakukan pengisian ulang kuota. Sehingga kamu bisa memanfaatkannya dalam jangka waktu tahunan tanpa khawatir kuota akan hangus. Tidak seperti kuota biasa yang umumnya akan kadaluarsa setelah satu bulan. Plus, kuota ini bisa digunakan di semua jaringan Tri di Indonesia (tidak harus selalu 4G).

Lalu kuota yang kedua adalah kuota unlimited yang juga berlaku di semua jaringan Tri Indonesia, dengan masa aktif 30 hari. Kuota unlimited ini bisa kita nikmati mulai pukul 01.00 hingga 17.00, dengan FUP (Fair Usage Policy) alias batas pemakaian wajar sebesar 2GB per hari. Dan setelah batas pemakaian wajar tercapai, kita tetap dapat menggunakan internet dengan kecepatan 256Kbps.

Sekali lagi, FUP nya 2GB per hari ya! Jadi kalau ada yang bilang FUP nya adalah 1GB per hari, informasi tersebut tidak benar. Menurut keterangan dari Tri Indonesia, pemakaian wajar dari para pengguna internet rata-rata berada di angka 500MB per hari. Sehingga jatah FUP sebesar 2GB per hari yang diberikan oleh Tri sudah tergolong sangat melimpah. Ohiya, penjelasan lebih lanjut mengenai apa itu FUP sudah pernah saya bahas di halaman yang ini.

Kabar baiknya lagi, jatah internet unlimited ini tidak dikhususkan untuk aplikasi tertentu saja. Yang artinya, kita bisa memanfaatkannya untuk mengakses berbagai aplikasi yang kita mau. Termasuk YouTube, Spotify, WhatsApp, Facebook, aplikasi ojek online dan socmed, atau Amazon Prime Video sekalipun.

Dan jika kamu menggunakan internet diluar waktu yang sudah disebutkan tadi, barulah kuota utama AlwaysOn yang berlaku 24 jam akan mulai digunakan.

Pilihan kuota triBuat kamu para pecinta konten film, 3 Indonesia juga menawarkan paket bundle kuota internet dengan penyedia konten berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau melalui produk KeepOn.

Penyedia konten yang dimaksud disini diantaranya adalah Amazon Prime Video, VIU (untuk langganan film Korea), Klikfilm (untuk langganan film Indonesia) hingga langganan premium games di Trixogo. Kita juga bisa berlangganan berbagai konten lain termasuk JOOX dan juga Spotify yang dapat dinikmati dengan membayar menggunakan pulsa Tri. Sehingga kita tidak harus menggunakan kartu kredit. Dan perlu kamu ketahui bahwa 3 Indonesia merupakan satu-satunya operator seluler yang memungkinkan penggunanya untuk berlangganan Amazon Prime Video dengan menggunakan pulsa.

Bayar pakai pulsa tri“Tri Akan selalu mendukung peran anak muda Indonesia dalam memajukan bangsa. Kami akan terus berinovasi, memberikan yang terbaik dalam bentuk jaringan dan produk untuk mewujudkan Indonesia maju.” kata Chief Commercial Officer 3 Indonesia, Dolly Susanto.

Produk-produk yang disediakan tersebut, yaitu AlwaysOn, Unlimited+ AlwaysOn, dan juga KeepOn dapat kita pilih dan beli dengan melakukan dial *123#, atau menggunakan aplikasi Bima+ yang dapat di download Google Play untuk perangkat Android dan App Store untuk perangkat Apple.

Pembelian kuota unlimited melalui menu dial ataupun aplikasi Bima+ bisa dipakai dimana saja tanpa batasan wilayah. Sedangkan jika kamu melakukan pembelian kuota Unlimited + AON menggunakan voucher fisik, maka kuota unlimited-nya hanya bisa digunakan pada wilayah atau area dimana kamu melakukan pembelian. Tapi tenang, kuota utama AlwaysOn nya masih bisa kamu pakai tanpa batasan wilayah kok.

Review Singkat Koneksi Jaringan Tri di Denpasar

Saat saya melakukan pengujian menggunakan kartu Tri pada sebuah smartphone kelas entry level keluaran 2019 dengan kekuatan sinyal 2/5 sampai 3/5 bar di jam sibuk (siang hari, di dalam ruangan), saya merasakan bahwa koneksi dari operator internet ini tergolong lancar ketika digunakan untuk membuka aplikasi social media seperti twitter, facebook, dan juga instagram. Kalau dipakai di area terbuka, tentu akan lebih kencang.

Perlu kalian ketahui bahwa paket internet yang saya pilih saat itu adalah paket Unlimited + AON 6GB. Yang mana pada jam tersebut, kuota yang digunakan adalah kuota unlimited.

Saat saya tes untuk menonton video di Youtube, aplikasi secara otomatis akan memutar video dengan resolusi 360p. Dan videonya mampu ditampilkan dengan lancar tanpa buffering. Nah, pengujian kestabilan koneksi saya lakukan dengan menggunakannya untuk bermain game PUBG mobile.

Latensi ketika menjalankan game ini terbilang stabil berwarna hijau dan sangat jarang sekali sampai berwarna orange (200ms). Rata-rata latensinya adalah di kisaran 78ms~60ms. Paling cepat adalah sekitar 45ms, dan terkadang menyentuh angka 112ms~120ms. Dan jika kamu merupakan pengguna ROG Phone 2, latensi dari koneksi tersebut sangat mungkin untuk menyentuh angka yang lebih rendah lagi jika kamu mengaktifkan fitur Restrict Background Sync.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here