Home Tips dan Trik Samsung Galaxy Kamu Muncul Keterangan “Ruang Tidak Cukup”? Begini Mengatasinya!

Samsung Galaxy Kamu Muncul Keterangan “Ruang Tidak Cukup”? Begini Mengatasinya!

1497
3
SHARE

Samsung Galaxy Kamu Muncul Keterangan “Ruang Tidak Cukup”? Begini Mengatasinya! – Beberapa hari ini, mimin sedang mencoba Samsung Galaxy J2 Prime untuk kepentingan review di blog Techijau.com ini. Awalnya sih fine-fine aja, termasuk ketika mimin melakukan pengujian dengan AnTuTu benchmark yang hasilnya bisa kamu lihat di halaman ini.

Iya, semua berjalan lancar hingga mimin coba untuk menginstall 2 games besar yang rencananya bakal mimin uji coba ke perangkat ini. Ternyata, setelah menginstall satu game dan mulai mendownload yang lain, masalah mulai muncul. Tiba-tiba aja, di layar hape itu muncul keterangan “Not enough storage” atau kalau dalam bahasa Indonesia adalah “Tidak cukup ruang pada penyimpanan perangkat”, seperti pada gambar dibawah ini.

Cara mengatasi ruang tidak cukup pada SamsungYaa mimin sih maklum aja, soalnya kan emang kapasitas penyimpanannya tuh kecil, cuma 8GB aja. Itupun yang tersedia untuk dipakai cuma kurang dari setengahnya karena harus dijatah untuk sistem dan aplikasi bawaan.

Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah “Tidak cukup ruang pada penyimpanan perangkat” yang menyebabkan kita tak bisa menginstall aplikasi pada Samsung Galaxy J2 Prime? Mimin punya satu solusi sederhana yang bisa kamu ikuti agar penyimpanan bisa sedikit lega.

Dan cara yang bakal mimin gunakan disini tak hanya bisa digunakan oleh Galaxy J2 Prime saja, tapi juga bisa untuk semua hape atau tablet Samsung yang menggunakan sistem operasi Android versi Marshmallow seperti misalnya J5 Prime, J7 Prime, atau yang lainnya. Untuk versi lain juga mungkin akan mirip juga. Oke, ini dia langkah mudahnya!

1. Pertama, masuklah ke menu setting di hape kamu. Lalu scroll sedikit kebawah dan pilih Device maintenance (Pemeliharaan perangkat) seperti pada contoh gambar dibawah ini.

Solusi ruang tidak cukup Samsung Galaxy Marshmallow2. Setelah itu, akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah (sebelah kiri). Pilih bagian Storage (Penyimpanan) yang ada di bagian bawahnya.

Tips mengatasi not enough space Samsung Marshmallow3. Kemudian, perangkat akan mendeteksi file-file yang tersimpan di penyimpanan hapemu. Setelah itu, tombol biru dengan tulisan Clean Now (Bersihkan sekarang) akan menunjukkan angka ukuran file yang bisa dihapus karena tak lagi digunakan. Klik tombol tersebut, dan penyimpanan di hapemu pun bakal sedikit lebih lega.

Tapi perlu dicatat yaa, di kemudian hari, hampir bisa dipastikan bahwa pesan atau peringatan soal penyimpanan tersebut akan muncul kembali sewaktu-waktu, apalagi jika ternyata kamu menginstal terlalu banyak apps di hape mu.

Maka, langkah yang lebih efektif adalah tentu saja dengan menyingkirkan apps-apps kurang berguna yang tidak hanya akan membebani penyimpanan, tapi juga dapat menurunkan performa hapemu. Dan tentu saja, sangat tidak disarankan untuk menyimpan banyak game pada hape dengan penyimpanan yang amat terbatas ini.

BACA JUGA : Apa Yang Menyebabkan Turunnya Performa Hape Android?

Nah, mungkin itu aja sih tips sederhana yang bisa mimin bagikan untuk mengatasi masalah penuhnya penyimpanan internal pada hape Samsung Galaxy dengan OS Android Marshmallow. Silakan jelajahi blog Techijau.com ini untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀

3 COMMENTS

  1. Comment: maaf gan saya mau tanya,hp ana samsung GT-S5830,, trus ana root,,, berhasil si tp gk bs instal google play servis karena memori gk cukup… jadi skrg gk bisa masuk youtube. mohon solusinya gan… terima kasih.

    • Udah coba clear cache Kak? Untuk hape dengan kapasitas penyimpanan kecil emang agak repot sih 😐

      Oiya, sebelumnya udah install aplikasi Link2SD belum? Kalo udah, pake itu aja buat clear cache dan hapusin apps bawaan yang nggak kepake

  2. Tidak semua permasalahan kami sebutkan, tapi mungkin akan ada update terbaru untuk permasalahan pada android oppo dan cara mengatasinya, nah jika teman-teman ada masalah lain, jangan sungkan untuk bertanya kepada kami, kami akan dengan senang hati membantu sebisa kami, dan berikut adalah cara masalah yang sering terjadi pada Android OPPO dan cara mengatasinya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here