Home Tips dan Trik Samsung Galaxy Kamu Muncul Keterangan “Ruang Tidak Cukup”? Begini Mengatasinya!

Samsung Galaxy Kamu Muncul Keterangan “Ruang Tidak Cukup”? Begini Mengatasinya!

186

Samsung Galaxy Kamu Muncul Keterangan “Ruang Tidak Cukup”? Begini Mengatasinya! – Beberapa hari ini, mimin sedang mencoba Samsung Galaxy J2 Prime untuk kepentingan review di blog Techijau.com ini. Awalnya sih fine-fine aja, termasuk ketika mimin melakukan pengujian dengan AnTuTu benchmark yang hasilnya bisa kamu lihat di halaman ini.

Iya, semua berjalan lancar hingga mimin coba untuk menginstall 2 games besar yang rencananya bakal mimin uji coba ke perangkat ini. Ternyata, setelah menginstall satu game dan mulai mendownload yang lain, masalah mulai muncul. Tiba-tiba aja, di layar hape itu muncul keterangan “Not enough storage” atau kalau dalam bahasa Indonesia adalah “Tidak cukup ruang pada penyimpanan perangkat”, seperti pada gambar dibawah ini.

Cara mengatasi ruang tidak cukup pada SamsungYaa mimin sih maklum aja, soalnya kan emang kapasitas penyimpanannya tuh kecil, cuma 8GB aja. Itupun yang tersedia untuk dipakai cuma kurang dari setengahnya karena harus dijatah untuk sistem dan aplikasi bawaan.

Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah “Tidak cukup ruang pada penyimpanan perangkat” yang menyebabkan kita tak bisa menginstall aplikasi pada Samsung Galaxy J2 Prime? Mimin punya satu solusi sederhana yang bisa kamu ikuti agar penyimpanan bisa sedikit lega.

Dan cara yang bakal mimin gunakan disini tak hanya bisa digunakan oleh Galaxy J2 Prime saja, tapi juga bisa untuk semua hape atau tablet Samsung yang menggunakan sistem operasi Android versi Marshmallow seperti misalnya J5 Prime, J7 Prime, atau yang lainnya. Untuk versi lain juga mungkin akan mirip juga. Oke, ini dia langkah mudahnya!

1. Pertama, masuklah ke menu setting di hape kamu. Lalu scroll sedikit kebawah dan pilih Device maintenance (Pemeliharaan perangkat) seperti pada contoh gambar dibawah ini.

Solusi ruang tidak cukup Samsung Galaxy Marshmallow2. Setelah itu, akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah (sebelah kiri). Pilih bagian Storage (Penyimpanan) yang ada di bagian bawahnya.

Tips mengatasi not enough space Samsung Marshmallow3. Kemudian, perangkat akan mendeteksi file-file yang tersimpan di penyimpanan hapemu. Setelah itu, tombol biru dengan tulisan Clean Now (Bersihkan sekarang) akan menunjukkan angka ukuran file yang bisa dihapus karena tak lagi digunakan. Klik tombol tersebut, dan penyimpanan di hapemu pun bakal sedikit lebih lega.

Tapi perlu dicatat yaa, di kemudian hari, hampir bisa dipastikan bahwa pesan atau peringatan soal penyimpanan tersebut akan muncul kembali sewaktu-waktu, apalagi jika ternyata kamu menginstal terlalu banyak apps di hape mu.

Maka, langkah yang lebih efektif adalah tentu saja dengan menyingkirkan apps-apps kurang berguna yang tidak hanya akan membebani penyimpanan, tapi juga dapat menurunkan performa hapemu. Dan tentu saja, sangat tidak disarankan untuk menyimpan banyak game pada hape dengan penyimpanan yang amat terbatas ini.

BACA JUGA : Apa Yang Menyebabkan Turunnya Performa Hape Android?

Nah, mungkin itu aja sih tips sederhana yang bisa mimin bagikan untuk mengatasi masalah penuhnya penyimpanan internal pada hape Samsung Galaxy dengan OS Android Marshmallow. Silakan jelajahi blog Techijau.com ini untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀

186 COMMENTS

  1. Ini masalah parah banget, padahal kebanyakan yang beli ponsel samsung itu percaya bahwa merk samsung EMANG BAGUS,. Lah untung ane gak jadi beli masih stay dengan ponsel zenfone 5 jadul..

    • Silakan dibaca lagi kak 🙂

      Disitu udah dijelasin, kemungkinan masalah seperti ini bakal terus ada karena kapasitasnya terlalu kecil. Cara ini emang nggak bisa bikin kapasitas jadi lega banget, tapi setidaknya bisa ngasih “sedikit nafas”. Kalo mau terhindar dari masalah seperti ini yaa cari hape yang punya kapasitas penyimpanan gede :))

  2. Samsung J2 Prime Goblokk mekaniknya,hp nya Baru nya mahal tpi kapasitas Memory penuh trus padahal Idah tak hpus smua aplikasiku,Mending beli Xiaomi ajh,HP Xiaomi tuch Fiturnya keren,gk kyk Samsung Produk HP Goblok

  3. Saya sudah ikut semua petunjuk ini tapi tetap saja tidak berhasil apalagi pada hp saya samsung galaxy j5 2015 tidak ada di setting yang namanya DEVICE MAINTENANCE nah kira kira bagaimana cara yang paling cocok dan paling ampuh untuk mengatasi masalah ini pada hap saya samsung galaxy j5 2015??

  4. Ortu punya hp J1 2016 penuh foto dan aplikasi tapi masih fine2 aja, baru thun 2017 beli J2 Prime buat download Whatsapp doang tiba2 memori penuh padahal foto dll sudah ada di kartu sd, bisa balik semula kalo di reboot

  5. Nyerah dech min soal j2 prime ini ..
    Hampir separuh app aku nonaktifkan biar sedikit lega buat game ML dan COC
    Walau berkorban socmed mesenger/FB/DLL
    Dan rajin bersih2 cache setiap hari
    “Buat pengguna j2 prime”
    (Sabar penyesalan pasti di belakangan)✌

  6. Ada cara lain, yaitu:

    Buka pengaturan → aplikasi → (pilih aplikasi yang penyimpanan memori besar) → lalu tekan Penyimpanan → dan Ubah penyimpanan ke memori eksternal.

    Semoga bermanfaat,
    Tetap sabar dan bersyukur

  7. buka pengaturan-pilih aplikasi bawaan pabrik yang tidak di gunakan-tekan penyimpanan-hapus memori&hapus data-back-paksa berhenti& hapus instalasi.begitu seterus nya sampai penyimpanan kosong 1 gb.

  8. emang ciri khas produk satu itu kelihatannya.untung saya beli merk lain udah hampir 4 tahun baik2 aja.mau ganti gak ada duit :p

  9. hapuskan saja power point, ms word, samsung internet dgn cara non aktifkan, lalu pilih ke pengaturan pabrik,lalu hapus..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here