Optimasi Pemasaran Afiliasi Lewat Thread Twitter

Pemasaran Afiliasi di Twitter: Bagaimana Cara Melakukannya dengan Benar? – Sejak diluncurkan pada tahun 2006, Twitter telah memiliki lebih dari 330 juta pengguna aktif bulanan yang rutin memposting miliaran tweet, mulai dari bahan olok-olokan, diskusi tentang isu ekonomi, pemerintahan, hingga ke bagian pemilu dan penjualan.

Twitter telah menjadi entitas digital yang sangat kuat dalam skala global. Sehingga cocok dijadikan alat untuk memasarkan produk atau jasa Anda. Sama halnya dengan marketing melalui cara seperti daftar alamat email indonesia gratis, Twitter juga menawarkan kesempatan untuk menjangkau audiens yang lebih besar dan memberikan pengaruh terhadap mereka melalui thread tweet yang Anda berikan.

Tentukan Tujuan yang akan Dicapai

Namun, sebelum memulai pemasaran afiliasi di Twitter, Anda perlu menentukan tujuan terlebih dahulu. Berikut beberapa tujuan yang mungkin Anda miliki agar pemasaran afiliasi Twitter dapat membantu Anda untuk mencapainya:

  • Meningkatkan kesadaran merek.
  • Mendapatkan prospek dan akhirnya mengubahnya menjadi pelanggan.
  • Membangun hubungan jangka panjang dengan audiens.
  • Meningkatkan loyalitas terhadap produk atau layanan yang Anda promosikan.
  • Memahami dengan baik pesaing agar dapat menentukan langkah tepat dalam promosi.

Agar dapat mencapai kelima tujuan yang sudah disebutkan, Anda dapat menggunakan tools pihak ketiga yang dapat membantu mencari tahu tentang pengguna Twitter untuk melihat kebiasaan mereka, hal-hal apa saja yang mereka sukai, dan menentukan engagement seperti apa yang bisa menarik mereka untuk mau menggunakan produk yang Anda tawarkan.

Tips Mengoptimasi Pemasaran

optimasi pemasaran lewat twitterSelain itu, Anda juga dapat mengikuti tips & trik ini agar pemasaran afiliasi Anda melalui thread Twitter dapat berhasil. Di antaranya:

1. Gunakan Bio Twitter Anda untuk Menarik Audiens

Bio Twitter adalah hal pertama yang akan dilihat oleh audiens ketika mereka penasaran dan memeriksa profil Anda. Di antara 160 karakter berharga ini, Anda harus membuat kesan positif dan menyampaikan siapa Anda, sejelas mungkin.

Usahakan untuk tidak terdengar seperti menjual sesuatu, buatlah senatural mungkin. Anda juga bisa menambahkan tautan ke situs web untuk membawa mereka lebih dekat dengan tujuan Anda. Bila belum memiliki situs resminya, Anda dapat memanfaatkan wordpress Indonesia untuk menciptakan laman resmi yang dapat dipercaya.

Namun, penting untuk diperhatikan jika bio yang ditulis harus selaras dengan konten lainnya yang Anda posting. Jika Anda memposting hal-hal lucu, biografi Anda harus unik; jika Anda berencana untuk menjaga profil tetap formal, jadikan biografi Anda profesional. Pastikan Anda tetap memiliki suara, kepribadian.

2. Manfaatkan Pin Tweet

Twitter memiliki satu fitur unik yang dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan pemasaran melalui thread yang dibangun. Salah satunya Pin Tweet yang terdapat di laman profile. Melalui fitur ini, Anda dapat menyematkan sebuah tweet yang sekiranya menarik dan sesuai dengan kepribadian yang telah Anda tulis di bio.

BACA JUGA : 7 Ide dan Tips Digital Marketing untuk Budget Terbatas

Fungsi dari pin tweet ini, audiens yang menengok akun profil Anda akan langsung mengetahui informasi tersebut. Isinya dapat bermacam-macam, misal informasi barang apa saja yang Anda jual beserta tata cara pembelian yang menyertakan link situs resmi meskipun masih menggunakan wordpress Indonesia, email indonesia atau link ke marketplace tertentu. Bisa juga berisi tentang karya-karya atau portofolio yang dimiliki untuk menarik audiens agar semakin dekat dan penasaran akan siapa diri Anda.

3. Lakukan Interaksi yang Intens dengan Orang Lain

Twitter adalah platform yang menempatkan Anda di ruang yang sama dengan audiens dan calon pelanggan. Anda dapat berinteraksi dengan mereka secara pribadi dan menjalin hubungan yang kuat melalui thread Twitter yang relevan kemudian ikut terjun ke dalam percakapan yang terjadi. Tentunya dengan tetap menjaga sopan santun dalam berkomentar.

Anda juga dapat bergabung dengan obrolan Twitter yang relevan dengan niche Anda. Obrolan Twitter tidak hanya membantu Anda menyuarakan pendapat, tetapi juga memungkinkan Anda berkomunikasi dengan orang yang memiliki pola pikir serupa.

Cara lainnya, cari influencer di niche Anda untuk diajak bermitra. Membangun hubungan dengan influencer membutuhkan waktu, tetapi begitu Anda berteman dengan mereka, hasilnya bisa luar biasa. Pasalnya, dalam sekali tweet, mereka akan dapat menjangkau ribuan atau bahkan jutaan audiens dalam sekali waktu.

4. Tingkatkan Jumlah Followers

Setelah mengatur profil dan mulai terlibat dengan sesama pengguna Twitter, sekarang saatnya untuk Anda meningkatkan jumlah followers. Untuk mendapatkan perhatian seseorang, poin ini begitu penting. Pasalnya pengguna Twitter akan memperhatikan jumlah pengikut di profil Anda.

Nah, berikut beberapa cara untuk meningkatkan pengikut:

  • Miliki bio Twitter yang menarik. Sesuaikan dengan konten dan branding yang ingin Anda bangun.
  • Posting gambar dan video. Manfaatkan dalam satu kali thread, sisipkan 4 buah foto atau 1 buah video untuk menarik audiens.
  • Ikuti orang yang relevan dengan konten atau barang/jasa yang ditawarkan. Bisa juga yang memiliki pola pikir serupa.
  • Berpartisipasi dalam obrolan Twitter secara intens untuk menjangkau semakin banyak calon pembeli. Bisa melalui komentar di thread influencer yang Anda ikuti.
  • Retweet konten dari profil terpercaya yang berpikiran sama seperti Anda.
  • Jalankan kampanye berbayar untuk mendapatkan pengikut baru.

5. Selalu Buat Thread secara Teratur

Usai meningkatkan jumlah followers dan memperbaiki profil, kini saatnya untuk fokus pada konten yang akan Anda post. Sangat penting bagi Anda untuk memposting tweet secara teratur. Jadilah kreatif dan jangan takut untuk keluar dari kotak yang membelenggu diri Anda.

BACA JUGA : Peran Website dalam Dunia Bisnis Online

Semakin baik konten yang Anda berikan, semakin mudah untuk melibatkan audiens. Anda juga dapat mencari tahu waktu terbaik untuk memposting di Twitter serta konten apa saja yang menarik minat para pengguna Twitter menggunakan tools pihak ketiga.

Selain itu, gunakanlah aplikasi-aplikasi yang dapat membantu dalam menjadwalkan posting Anda. Seperti Tweetdeck, Sprout Social, CoSchedule, Later, Feedly.

6. Memanfaatkan Insights dari Twitter Analytics

Jika Anda tidak dapat mengukurnya, Anda tidak dapat memperbaikinya. Kata-kata ini berlaku untuk setiap pemasar afiliasi yang ingin sukses. Sebab, Anda perlu mengetahui upaya pemasaran mana yang tepat digunakan dan hasil seperti apa yang akan diperoleh nantinya. Dari sanalah, Anda akan dapat menentukan strategi promosi yang tepat dan efektif untuk menjangkau calon pembeli.

Untungnya, Twitter memiliki fitur Analytics untuk setiap akun. Anda dapat mempelajari bagaimana tweet Anda direspons oleh followers atau audiens lain, berapa banyak user yang mengunjungi profil Anda, berapa jumlah mention yang melibatkan Anda dan sebagainya. Wawasan ini sangat berguna saat mengevaluasi kinerja Anda dalam melakukan pemasaran afiliasi melalui thread Twitter.

Jika dirasa Twitter Analytics masih belum cukup, Anda dapat memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk mendukung dalam memberikan laporan analisis yang lebih tepat dan efektif seperti: Sprout Social, Keyhole, Quintly, Media Toolkit, Social Breaker.

7. Memanfaatkan Kekuatan Hastag

Hashtag adalah cara terbaik bagi pengguna untuk mengatur tweet mereka. Melalui hastag inilah, mereka memberi tahu konten apa yang relevan dengan topik tertentu serta membantu mendapatkan audiens yang tepat dengan thread yang telah diposting, sehingga dapat meningkatkan interaksi dengan pengguna lainnya.

Sebagai pemasar afiliasi, Anda harus memanfaatkan hastag dengan menempatkannya di setiap thread atau konten yang Anda posting. Pastikan jika hastag tersebut dengan profil serta barang yang Anda tawarkan dan jangan berlebihan dalam memberikan tagar. Pasalnya, terlalu banyak hashtag dapat membunuh tujuan Anda.

BACA JUGA : Cara Efektif Membangun Personal Branding Menggunakan LinkedIn

Tujuh tips tersebut dapat Anda gunakan untuk mengoptimasi pemasaran afiliasi melalui thread twitter. Gunakan juga email Indonesia untuk melakukan promosi lainnya. Semoga membantu.

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P