Cara Efektif Membangun Personal Branding Menggunakan LinkedIn

Pemakaian LinkedIn untuk Personal Branding – LinkedIn merupakan salah satu fasilitas yang bisa dimanfaatkan siapa saja untuk membangun personal branding. Layanan yang satu ini sangat efektif membantu Anda untuk membangun profil yang baik demi kepentingan bisnis. Bagi Anda yang ingin buat toko online, tak ada salahnya untuk membangun personal branding terlebih dahulu lewat media sosial LinkedIn.

Manfaat LinkedIn

Apa saja yang bisa Anda dapatkan dari media sosial yang satu ini? Sebelum belajar seperti apa cara penggunaan LinkedIn agar hasilnya optimal, maka penting sekali untuk mengetahui manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari LinkedIn. Ini akan membantu Anda untuk termotivasi memanfaatkan LinkedIn dengan sebaik mungkin.

Pengguna LinkedIn bisa memperluas koneksi mereka karena bisa berhubungan dengan orang-orang yang bergerak di bidang yang sama. LinkedIn juga akan membantu memudahkan seseorang memperlihatkan profil diri sehingga lebih mudah dikenali oleh orang lain. Profil LinkedIn ini akan mempermudah Anda untuk direkrut oleh perusahaan yang tepat.

BACA JUGA: 7 Ide dan Tips Digital Marketing untuk Budget Terbatas

LinkedIn juga menjadi media untuk membangun personal branding. Tak hanya lewat website yang difasilitasi layanan yang jual hosting Indonesia terbaik, personal branding juga bisa dilakukan lewat LinkedIn. Melalui media ini Anda mendapatkan kemudahan untuk menunjukkan keterampilan dan kemampuan Anda. Lewat LinkedIn pula Anda juga bisa menambahkan catatan pencapaian serta profesi yang Anda tekuni.

Taktik Pemanfaatan LinkedIn

Membangun personal branding menggunakan linkedin
Photo by ijeab – freepik.com

Media LinkedIn memang bisa diakses oleh siapa saja. Namun, tidak semua orang bisa mengoptimalkan pemakaian LinkedIn untuk membangun citra diri yang positif. Berikut ini adalah cara efektif membangun personal branding memakai media sosial LinkedIn.

1. Buat Headline Menarik

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah pembuatan headline sebaik mungkin. Headline merupakan tag line dari personal brand Anda di LinkedIn. Saat orang mengunjungi profil LinkedIn Anda maka headline ini akan menjadi hal pertama yang mereka lihat. Itulah mengapa penting sekali untuk membuat headline yang bagus dan menarik perhatian.

Tidak perlu melibatkan banyak kata dalam headline Anda. Buat headline yang singkat tapi bisa menunjukkan siapa diri Anda dan apa kompetensi yang Anda miliki. Pembuatan headline ini akan sangat berpengaruh pada personal branding yang akan Anda bangun.

2. Tunjukan Orisinalitas

Jika Anda ingin membangun personal branding, maka penting sekali untuk menunjukkan orisinalitas yang Anda miliki. Anda harus menjadi sosok yang autentik dan berbeda dari orang lain. Harus ada nilai lebih yang Anda tampilkan demi mendapatkan perhatian dari pihak lain di LinkedIn.

BACA JUGA: Peran Website dalam Dunia Bisnis Online

Mungkin ada banyak orang yang memiliki kemampuan dan keterampilan sama dengan Anda. Namun, diri Anda hanya ada satu dan Anda harus bisa menunjukkan keunikan tersebut. Tunjukan siapa diri Anda sebenarnya dengan cara yang menarik agar semakin banyak orang yang menaruh kepercayaan kepada Anda.

3. Usahakan untuk Konsisten

LinkedIn merupakan jenis media sosial yang berbeda dari media lainnya. Mungkin di Instagram atau Twitter, Anda bisa sesuka hati mengganti profil dan identitas lainnya. Namun, hal ini tidak diperkenankan untuk dilakukan di LinkedIn. Jika ingin membangun personal branding yang baik, maka Anda harus konsisten dengan informasi yang dibagikan lewat LinkedIn.

Jangan sering mengubah profil maupun informasi data lain yang ada di LinkedIn. Selain itu jangan sesuka hati mengubah catatan atau riwayat pengalaman kerja Anda. Hal semacam ini sangat tidak layak dilakukan di LinkedIn karena bisa merusak kredibilitas dan mengurangi nilai personal Anda di hadapan orang lain.

4. Selalu Update

Penting sekali untuk memiliki aksesibilitas yang tinggi di jejaring sosial LinkedIn ini. Percuma saja jika Anda sudah memiliki headline bagus, profil yang menarik, tapi tidak pernah melakukan update dan tidak ada yang tahu tentang Anda. Cara untuk meningkatkan aksesibilitas akun Anda adalah dengan membagikan link LinkedIn ini di berbagai media sosial atau bisa juga lewat kartu nama.

Anda juga harus rajin melakukan update di LinkedIn. Mulai dari update status hingga update kegiatan yang Anda lakukan berhubungan dengan peningkatan kompetensi. Misalnya, Anda telah selesai mengikuti seminar maka lakukan update. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar orang lain bisa melihat seperti apa pribadi Anda dan kompetensi yang Anda miliki.

5. Bangun Jejaring

Cara membangun personal branding menggunakan social media
Photo by natanaelginting – freepik.com

Jika Anda ingin meningkatkan personal branding, maka penting sekali untuk membangun jaringan sosial. Teman-teman Anda di LinkedIn akan sangat berpengaruh pada penilaian orang lain terhadap pribadi Anda. Bertemanlah dengan orang-orang yang kredibel dan berkualitas serta memiliki personal branding yang juga kuat. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang profesional di bidangnya.

Namun, penting juga untuk diketahui bahwa jejaring yang dibangun harus sesuai dengan kompetensi Anda. Misalnya, Anda memiliki kemampuan desain grafis maka bergabunglah dengan jaringan orang-orang yang punya keahlian yang sama. Langkah ini bertujuan agar Anda bisa mendapatkan link ke pihak-pihak yang mungkin bisa membantu Anda untuk lebih berkembang.

BACA JUGA: Memilih Laptop yang Sesuai Untuk Pekerja Kantoran

6. Gunakan LinkedIn Groups

Anda juga bisa memanfaatkan fitur groups pada LinkedIn. Di fitur ini Anda bisa berkumpul dengan orang-orang yang menaruh minat pada hal yang sama. Di sini pula Anda bisa berbagi pengalaman dengan orang-orang profesional yang ada di bidang tertentu. Lewat grup ini Anda bisa mendapatkan sharing pengetahuan, pengalaman, dan hal-hal lain yang penting untuk meningkatkan personal branding.

Namun penting juga untuk diingat bahwa Anda jangan selalu menerima tapi juga memberi lewat grup tersebut. Tingkatkan kompetensi dan pengetahuan agar Anda bisa membagikan pengalaman serta ilmu yang dimiliki. Semakin banyak yang Anda bagikan maka semakin tinggi pula penilaian orang lain terhadap sosok Anda. Ini bisa menjadi cara efektif membangun personal branding di LinkedIn.

BACA JUGA: Resiko Menginstal Aplikasi Bajakan, Apa Sih Ruginya?

7. Tingkatkan Pengetahuan dan Keterampilan

Anda wajib meningkatkan pengetahuan serta keterampilan yang Anda miliki. Membangun personal branding sama sekali tidak mudah. Apalagi jika Anda hanya berfokus pada teori dan tampilan di media sosial. Anda juga harus mengisi diri dengan beragam pengetahuan dan keterampilan sesuai bidang yang digeluti. Inilah cara meningkatkan personal branding yang sebenarnya, dari dalam diri sendiri.

Tingkatkan kualitas Anda karena semakin bagus kualitas dan kompetensi yang Anda miliki maka semakin tinggi juga penilaian orang lain terhadap Anda. Jangan malas untuk upgrade pengetahuan karena bisa memberi banyak manfaat. Cantumkan apa saja yang sudah Anda lakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tadi di profil LinkedIn Anda.

8. Jujur pada Diri Sendiri

Personal branding bisa dibangun dengan mudah jika Anda jujur pada diri sendiri. Jangan membohongi diri sendiri maupun orang lain dengan membuat profil yang salah. Anda tak bisa memalsukan kemampuan dan kompetensi yang Anda miliki. Tuliskan apa yang memang Anda miliki di LinkedIn karena inilah yang akan memberikan nilai profil terbaik bagi diri Anda.

BACA JUGA: Pengalaman Menggunakan Provider By.U

Itulah strategi personal branding yang bisa dilakukan lewat LinkedIn. Jika Anda memiliki passion di bidang bisnis, maka kelilingi diri Anda dengan orang-orang bisnis yang ada di LinkedIn. Bangun toko online dengan personal branding yang kuat. Gunakan website atau blog dengan layanan hosting Indonesia terbaik agar Anda bisa menjangkau lebih banyak konsumen.

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P