7 Ide dan Tips Digital Marketing untuk Budget Terbatas

7 Ide dan Tips Digital Marketing untuk Budget Terbatas – Keefektifan strategi digital marketing menjadi solusi dalam meningkatkan konsistensi dan visibilitas terhadap bisnis. Apalagi dengan berkembangnya bisnis berbasis internet, penggunaan marketing online menjadi pilihan yang terbaik.

Selain dapat menjangkau banyak calon konsumen, strategi digital marketing bisa dilakukan dengan bujet terbatas. Anda tidak perlu menyiapkan bujet lebih untuk menggunakan digital marketing.

BACA JUGA : API dari Xsight Ini Bisa Kamu Gunakan Untuk Membuat Tools Bisnis

Penggunaan digital marketing bisa diawali dengan menggunakan website sebagai tools digital marketing utama untuk go online. Buat blog bisnis Anda dengan memilih nama domain web yang sesuai.

Pastikan untuk cek harga domain dan membayarnya. Selain memiliki blog bisnis, 7 ide dan tips digital marketing ini layak dicoba.

1.Gunakan Platform Penjualan

Photo by rupixen.com on Unsplash

Memanfaatkan platform penjualan bisa diterapkan dalam digital marketing. Banyak jenis platform penjualan tepercaya, seperti Shopee, Tokopedia, atau Bukalapak, memberikan kemudahan untuk menjalankan bisnis.

Platform-platform ini bisa digunakan secara gratis dan dilengkapi dengan sistem dan tata cara yang baik dalam mempromosikan bisnis. Anda tinggal memasukkan produk yang dijual serta mengiklankannya. Platform ini juga dilengkapi dengan ulasan dari pelanggan.

2.Memanfaatkan Media Sosial

Photo by dole777 on Unsplash

Berapa banyak media sosial yang Anda miliki? Mengapa tidak menggunakannya sebagai media untuk promosi. Anda bisa memanfaatkan Facebook, Instagram, Twitter, dan media sosial lain untuk meningkatkan kesadaran calon konsumen terhadap bisnis yang dimiliki.

BACA JUGA : Diskusi Santai Bersama Teman Socmed dari Komunitas Smartfren Bali

Manfaatkan semua media sosial yang Anda punya. Buat profil tentang bisnis yang digeluti pada masing-masing media sosial dengan cara membuat email baru yang digunakan khusus untuk media sosial bisnis Anda. Isi dengan konten-konten ringan dan menarik seputar bisnis.

Selain murah, penggunaan media sosial mampu menjangkau khalayak ramai. Menumbuhkan keterikatan (engagement), serta meningkatkan arus lintas ke situs web Anda.

3.Isi Situs Web dengan Konten Berkualitas

Photo by freepik.com

Kekuatan digital marketing terletak pada konten yang berkualitas. Selain memanfaatkan media sosial, memiliki situs web atau blog bisa membantu Anda melakukan branding dan promosi bisnis.

Isi blog dengan konten-konten seputar bisnis produk dan layanan, seperti tips dan trik dan ulasan tentang produk atau layanan. Jangan lupa untuk terus membarui isi blog Anda.

Jika Anda belum memiliki blog bisnis, Anda bisa membuatnya. Pilih nama domain web untuk blog. Jika Anda sudah memilih nama yang sesuai dengan produk atau layanan, Anda bisa cek harga domain dan membelinya.

4.Optimalkan Penggunaan Konten Video

Photo by freepik.com

Ide dan tips berikutnya adalah optimalkan penggunaan konten video. Video menjadi cara yang efektif untuk memperkenalkan produk dan layanan bisnis di internet.

Anda bisa membuat konten video dan mengunggahnya di Facebook dan Instagram. Bayangkan berapa banyak pengguna media sosial tersebut menonton video yang dibuat?

BACA JUGA : Akhirnya Techijau Punya Channel Youtube

Pastikan konten bersifat informatif. Gunakan ponsel pintar untuk mengambil gambar atau merekam video. Edit video agar memiliki durasi pendek dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Video promosi siap diunggah dan dibagikan ke berbagai media sosial, seperti YouTube, Facebook, Instagram, Line, ataupun Pinterest.

5.Bangun Komunitas Online

Photo by Dylan Gillis on Unsplash

Salah satu kunci keberhasilan strategi digital marketing adalah membuat bisnis berupa produk atau layanan yang berpihak pada konsumen. Agar munculnya keterikatan pelanggan terhadap bisnis, Anda bisa mencoba membangun komunitas online.

Caranya cukup mudah dan tidak membutuhkan biaya. Cukup dengan membalas komentar pengunjung pada media sosial dan blog bisnis yang dikelola. Anda juga bisa membuat komunitas bisnis melalui Facebook, Instagram, ataupun Linkedin.

Komunitas online berperan sebagai wadah untuk mengumpulkan orang-orang yang tertarik dengan produk dan layanan. Komunitas ini juga bisa sebagai wadah untuk membangun komunikasi dan keterikatan (engagement) dengan para pelanggan setia. Jadi, setiap Anda meluncurkan produk atau layanan baru, mereka akan bersukacita dan membelinya.

6.Aplikasikan Prinsip SEO pada Konten Blog

Photo by freepik.com

Ide selanjutnya yang bisa Anda coba adalah mengaplikasikan prinsip SEO (Search Engine Optimization) pada konten blog. Perlu Anda ketahui bahwa penggunaan teknik SEO dalam konten membantu mengoptimalkan situs web atau blog Anda. Optimasi ini berguna untuk memunculkan blog atau web dalam posisi teratas pada mesin pencari.

BACA JUGA : ASUS Vivobook S14 S433 Hadir Untuk Menunjuang Aktivitas Blogging!

Optimasi SEO dapat dilakukan dengan memfokuskan pada pencarian lokal. Cara ini cukup sederhana dan tidak membutuhkan banyak biaya. Hal yang harus dilakukan adalah membuat halaman Google Plus untuk bisnis. Tandai lokasi bisnis atau kantor pada Google Maps.

Selain itu, Anda juga bisa bekerja sama dengan forum atau situs web untuk menampilkan bisnis Anda. Semakin sering layanan bisnis disebutkan di internet, semakin meningkat peringkat blog atau web di mesin pencari.

7.Gunakan Review Site

Photo by henry perks on Unsplash

Bisnis akan menjadi lancar jika bisnis Anda memiliki reputasi. Semakin baik reputasi yang dimiliki semakin percaya dan setia para konsumen. Agar menghadirkan kesan baik, Anda bisa memanfaatkan platform di internet.

Yang perlu Anda lakukan adalah membuat Google My Business. Akun Google My Business ini bisa menjadi tempat untuk para pelanggan memberi ulasan. Anda juga bisa menggunakan fitur Facebook atau platform penjualan yang bisa menerapkan hal serupa.

Penilaian atau rating disertai dengan ulasan dari pelanggan bisa menjadi strategi digital marketing yang bagus. Calon pelanggan bisa melihat ulasan pelanggan yang pernah menggunakan produk atau layanan bisnis Anda. Kepuasan juga bisa Anda rasakan ketika para pelanggan memberikan nilai tinggi dan ulasan yang positif.

BACA JUGA : Laptop Untuk Bisnis Ini Bobotnya Tak Sampai 1kg!

7 ide dan tips digital marketing ini bisa Anda terapkan meskipun memiliki bujet terbatas. Anda pun bisa membuat blog atau web dengan mudah. Mulailah dengan membuat nama domain web dan cek harga domain. Pilih sesuai dengan kebutuhan dan blog bisnis siap digunakan.

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P