Pengetahuan Dasar: 10 Hal Tentang ASUS Zenfone 2 Yang Harus Kamu Tau

Pengetahuan Dasar: 10 Hal Tentang ASUS Zenfone 2 Yang Harus Kamu Tau – Saat ini sudah cukup banyak konsumen yang menggunakan ASUS Zenfone 2 sebagai smartphone andalannya. Namun sebagian dari pengguna tersebut memiliki sedikit sekali pengetahuan dasar tentang produk yang bersangkutan sehingga tidak jarang mereka kebingungan ketika menggunakan perangkatnya atau mungkin tidak mengetahui fitur apa saja yang ada pada smartphone tersebut.
ASUS Zenfone 2
Untuk itu di posting kali ini mimin akan membuat satu artikel khusus yang akan membahas tentang 10 hal yang harus kamu tau tentang ASUS Zenfone 2 untuk kamu para pengguna baru perangkat ini agar kamu lebih paham dan bisa memanfaatkannya dengan lebih baik lagi. Oke, langsung saja kita mulai dengan yang pertama :

1. ASUS Zenfone 2 memiliki 3 seri/model yang berbeda

Ini adalah hal pertama yang harus kamu tau khususnya untuk kamu yang belum membeli produk ini. Zenfone 2 memiliki 3 buah varian yang berbeda yakni ZE500CL, ZE550ML dan ZE551ML. ZE500CL adalah varian yang paling murah dengan spesifikasi paling rendah serta memiliki ukuran layar 5 inch, lebih kecil dibanding varian lain yang memiliki layar 5.5 inch. Seri ZE500CL tidak dipasarkan di Indonesia secara resmi, namun beberapa distributor tetap mendatangkannya dan menjualnya di Indonesia dengan garansi distributor.

Sedangkan seri ZE550 dan 551ML adalah model yang secara resmi dijual di Indonesia. Keduanya nampak sama meskipun terdapat perbedaan dari segi spesifikasi serta fitur yang ada. Seri ZE551ML adalah model yang memiliki fitur paling lengkap dan seri ini memiliki 2 varian RAM yang berbeda yakni 2 GB dan 4 GB.

2. Hanya seri ZE551ML dengan RAM 4GB yang memiliki fitur quick charging

ASUS menyematkan fitur charging cepat pada perangkat Zenfone 2, namun secara resmi hanya seri ZE551ML dengan RAM 4GB saja yang memilikinya, sedangkan seri dibawahnya tidak.

3. Layar Zenfone 2 bisa diaktifkan tanpa menekan tombol power

Letak tombol power dari ASUS Zenfone 2 memang cukup sulit untuk diraih ketika menggunakannya dengan satu tangan sehingga akan menyulitkan pengguna untuk menyalakan atau mematikan layar. Namun perangkat ini sudah dilengkapi dengan fitur double-tap-to-wake (and sleep), sehingga kamu hanya perlu menyentuh layar dengan 2 kali ketukan untuk menyalakan layar, dan untuk mematikannya kamu bisa melakukan hal yang sama dengan double tap di ruang kosong pada Home screen. Fitur ini hanya akan bekerja jika kamu menyentuhnya menggunakan kulit, bukan kuku.

4. Kamu bisa menjalankan aplikasi langsung dari layar yang sedang tidur

ASUS juga telah menyematkan fitur ZenMotion pada perangkat ini, yang memungkinkan kita untuk menjalankan aplikasi tertentu langsung dari layar yang sedang nonaktif dengan cara menggambar pola tertentu yang sudah ditentukan. Misalnya kamu bisa mengaktifkan fitur kamera hanya dengan menggambar pola huruf “C” ketika layar sedang tidak aktif. Kamu bisa mengganti-ganti aplikasi yang kamu mau dengan 6 pola yang sudah ditentukan.

5. Kamu bisa melakukan screenshot dengan 1 sentuhan

Seperti seri ASUS Zenfone sebelumnya, kamu juga bisa mengambil gambar tangkapan layar atau screen capture tanpa harus menekan tombol fisik yang ada. Kamu hanya perlu menyentuh dan tahan tombol capacitive Recent apps dan perangkat akan secara otomatis mengambil screenshot. Namun sebelumnya kamu harus mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu pada menu setting.

6. Kamu bisa mengganti theme dan font dengan mudah

Fitur mengganti tampilan atau tema sudah disematkan pada Zenfone 2. Kamu bisa dengan mudah mengatur dan memilihnya dengan melakukan swipe layar keatas dari home screen untuk menemukan menu theme dan memilih tampilan yang ada. Disana kamu juga bisa menemukan beberapa menu kostumasi lainnya termasuk menu mengganti font.
Mengganti tema Zenfone 2

7. Fitur one hand mode

Fitur ini memungkinkan kita untuk mengecilkan tampilan layar pada Zenfone 2 sehingga dapat dengan mudah digunakan dengan satu tangan. Tampilan ini bisa kamu sesuaikan ukurannya serta bisa kamu geser ke kanan ataupun ke kiri layar. Kamu dapat dengan mudah mengaktifkannya dengan menyentuh tombol home 2 kali dengan cepat. Namun sebelumnya kamu harus mengaktifkan pintasan tersebut dengan masuk ke setting – ZenMotion – One Hand mode – Lalu centang Quick trigger.
One hand mode Zenfone 2
8. Selfie panorama

Bagi kamu yang doyan selfie beramai-ramai, kamu bisa memanfaatkan fitur selfie panorama dengan menggunakan kamera depan untuk mendapatkan sudut pandang yang lebih luas. Fitur ini juga bisa digunakan ketika kamu ingin berfoto selfie namun tetap bisa mengambil gambar pemandangan di belakangmu.

9. Menangkap gambar 52 megapixel & Manual mode

Meski hanya dibekali dengan kamera beresolusi 13 megapixel, namun Zenfone 2 mampu menangkap gambar dengan resolusi hingga 51 megapixel dengan memanfaatkan fitur Super resolution. Kamera belakang ini juga memiliki fitur manual mode lengkap dengan settingan ISO, shutter speed, color temperature (white balance) dan juga fokus manual.

10. Time lapse

Kamera dari Zenfone 2 juga memiliki fitur time lapse. Time lapse adalah sebuah video yang diambil dalam waktu yang lama yang kemudian nantinya ketika diputar atau dimainkan, video tersebut menampilkan gambar yang seolah dipercepat. Contoh dari video time lapse adalah seperti video pertumbuhan kecambah yang biasa kita lihat di film dokumenter atau proses pergantian hari dari siang ke malam dengan cepat.

Nah itulah 10 pengetahuan dasar yang harus kamu tau tentang ASUS Zenfone 2. Beberapa dari poin yang mimin sebutkan disini sebenarnya sudah pernah mimin bahas pada posting Fitur apa saja yang dimiliki oleh Zenfone 2, namun disini dengan kemasan yang berbeda serta lebih lengkap. Silahkan jelajahi Techijau.comย untuk mendapatkan informasi menarik lain soal gadget. Semoga bermanfaat ๐Ÿ˜€
Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P