Beranda Pengetahuan Dasar Apa Sih Bedanya Garansi Resmi Dengan Garansi Distributor? Untung Ruginya Apa?

Apa Sih Bedanya Garansi Resmi Dengan Garansi Distributor? Untung Ruginya Apa?

300

Apa Sih Bedanya Garansi Resmi Dengan Garansi Distributor? Untung Ruginya Apa? – Beberapa waktu lalu beberapa teman pembaca pernah menanyakan soal perbedaan garansi (distributor atau resmi) dari suatu produk kepada saya. Awal kebingungan ini bermula ketika saya membahas soal Asus Zenfone 2 tipe apa saja yang masuk ke Indonesia.

Disana saya mengungkapkan bahwa perangkat Zenfone 2 yang masuk ke Indonesia melalui disrtibutor resmi (dan akan mendapatkan garansi resmi) adalah tipe ZE550ML dan ZE551ML. Sedangkan perangkat tipe ZE500CL masuk ke Indonesia melalui distributor yang tidak resmi dan hanya akan mendapatkan garansi distributor saja.

Apa bedanya garansi distributor dengan garansi resmiTernyata tidak sedikit dari teman pembaca yang mengira bahwa perangkat yang hanya mendapatkan garansi distributor adalah barang tiruan, palsu, atau replika. Padahal, itu sama sekali tidak benar. Nah untuk itu, pada posting kali ini saya akan mencoba menjelaskan sedikit tentang apa itu garansi resmi dan apa itu garansi distributor agar kita tidak lagi kebingungan soal perbedaan garansi yang memang cukup membuat pusing ini.

Garansi Distributor Resmi & Garansi Resmi

Sebelum lanjut, kita harus mengetahui terlebih dahulu bahwa suatu produk yang asalnya dari luar negeri, umumnya akan akan dibawa masuk ke Indonesia melalui distributor yang ditunjuk oleh vendor (brand / merk) pembuat produk tersebut. Contohnya begini :

Produk Z2 yang diproduksi oleh vendor X akan masuk ke pasar Indonesia. Vendor X menunjuk 3 distributor yang berhak mendatangkan produk Z2 ke Indonesia secara resmi (untuk dijual). Yaitu distributor A, B, dan C. Artinya, distributor A, B, dan C adalah distributor resmi di Indonesia yang diakui oleh vendor X.

Biasanya satu produk yang masuk secara resmi akan mendapatkan cover garansi resmi dari vendor yang bersangkutan. Misal kamu membeli produk Z2 yang didatangkan oleh distributor B (salah satu distributor resmi), maka biasanya kamu akan mendapatkan GARANSI DISTRIBUTOR B.

Jika ternyata terdapat kelainan atau kerusakan selama masa garansi, maka kamu bisa melakukan klaim garansi pada service center distributor B. Dan oleh karena distributor B merupakan salah satu distributor resmi yang ditunjuk oleh vendor X, maka biasanya kamu juga bisa untuk melakukan klaim garansi di service center resmi vendor X.

Garansi distributor resmiNah keuntungan dari membeli produk dengan garansi dari distributor resmi adalah kita sebagai pengguna akan lebih leluasa untuk memilih dimana kita akan melakukan klaim garansi. Apakah akan melakukan klaim garansi di service center milik si distributor, atau di service center dari vendor X (brand si pembuat produk).

Misalnya jika pada area sekitar tempat tinggal kita tidak terdapat jaringan service center dari sang distributor, maka kita bisa membawanya ke jaringan service center resmi dari vendor yang bersangkutan. Begitu pula sebaliknya, seperti gambaran sederhana yang sudah saya cantumkan diatas.

Garansi Distributor Tidak Resmi

Barang yang didatangkan oleh distributor tidak resmi bukan berarti barang palsu, replika, ataupun rekondisi. Ingat, disana ada kata “bukan berarti” yaa, yang dengan kata lain kemungkinan itu masih ada. Barang tersebut dimasukkan atau dibawa ke Indonesia oleh distributor tertentu tanpa ada kerjasama dengan perwakilan vendor yang ada di Indonesia. Sehingga, barang yang dimasukkan oleh distributor tidak resmi itu tidak mendapatkan cover garansi dari service center resmi dari vendor.

Misalnya jika kamu membeli produk Z2 yang didatangkan oleh distributor E (distributor tidak resmi), maka kamu akan mendapatkan GARANSI DISTRIBUTOR E. Dan jika ternyata terjadi kerusakan atau kelainan pada perangkatmu, maka kamu bisa melakukan klaim garansi pada jaringan service center yang dimiliki oleh distributor E. Namun, jika kamu ingin melakukan klaim di service center resmi vendor X, maka klaim tersebut tidak akan diterima dan kamu akan dikenakan biaya normal sesuai dengan kerusakan yang terjadi.

Garansi distributor tidak resmiTapi terkadang, service center resmi dari beberapaΒ vendor gadget bahkan tidak mau menerima sama sekali produk yang ternyata didatangkan oleh distributor tidak resmi walaupun jika kita bersedia membayarnya sekalipun. Hal ini tentu akan sangat merugikan bagi konsumen. Tapi ini baru kerugian yang pertama loh. Masih ada lagi kerugian-kerugian lainnya.

Lalu bagaimana soal kualitas barang? Seharusnya kualitas yang dimiliki dari masing-masing distributor, baik yang resmi maupun tidak resmi adalah sama karena sama-sama didatangkan dari vendor yang juga sama. Namun produk yang didatangkan oleh distributor tidak resmi biasanya bukanlah merupakan produk yang ditujukan untuk pasar Indonesia.

Misalnya produk yang dipasarkan di Indonesia secara resmi adalah produk Z2 class 1, 2 dan 3. Sedangkan distributor tidak resmi mendatangkan produk Z2 class 2, 3, 4, dan 5 dimana tiap β€œclass” ini memiliki spesifikasi yang berbeda. Kerugiannya adalah jika kamu membeli produk Z2 clas 4 atau 5 yang sebenarnya tidak ditujukan di pasar Indonesia, maka nantinya kamu akan kesulitan ketika melakukan service karena spare part dari produk tipe tersebut tidak tersedia di service center resmi vendor X yang terdapat di Indonesia.

Bahkan di pasaran bebas dalam negeri sekalipun, spare part tersebut juga akan sulit untuk dicari. Sehingga jika ternyata perangkatmu mengalami kerusakan, kamu bakal kesulitan untuk melakukan service. Terlebih jika service tersebut mengharuskan untuk mengganti hardware. Dan ini adalah kerugian yang kedua.

Biasanya harga yang ditawarkan untuk produk yang didatangkan dari oleh distributor tidak resmi akan sedikit lebih murah. Sehingga akan menarik minat konsumen untuk memilihnya. Kenapa bisa lebih murah? Menurut perkiraan saya, mungkin hal itu karena tidak adanya kerjasama eksklusif dengan vendor yang bersangkutan soal jaringan service center.

Atau bahkan, konon beberapa produk yang didatangkan oleh distributor non resmi ternyata tidak membayar pajak. Atau dengan kata lain adalah barang selundupan alias black market (BM). Maka, jangan heran jika ternyata produk-produk yang secara resmi diijinkan untuk beredar di Indonesia ternyata sedikit lebih mahal daripada produk yang tidak resmi namun “dipaksakan” untuk beredar disini melalui distributor tidak resmi.

Karena selain soal pajak dan jaringan service center, ternyata memang syarat untuk bisa mengedarkan gadget di Indonesia secara sah (resmi) itu juga cukup sulit dan berbelit. Sehingga para vendor harus mengeluarkan biaya ekstra hanya untuk bisa memasarkan produknya di Indonesia. Salah satu syarat yang sulit itu adalah tentang aturan TKDN. Yang secara tak langsung telah memaksa para vendor untuk melakukan perakitan produknya di Indonesia. Hal ini juga yang menjadi alasan kenapa saat ini banyak smartphone yang made in Indonesia.

Nah itulah gambaran sederhana soal perbedaan garansi resmi dengan garansi distributor yang bisa saya bagikan pada posting kali ini. Hemm agak membingungkan ya? Sebaiknya kamu baca beberapa kali agar bisa lebih memahami maksud dari tulisan ini. Jika ada pertanyaan atau ada sesuatu yang harus dikoreksi dari artikel ini, jangan sungkan untuk berkomentar. Semoga bermanfaat! πŸ™‚

Artikel sebelumnyaLayar Hape Kamu Bergaris? Mungkin Ini Penyebabnya!
Artikel selanjutnyaLayar Smartphone Mati Ketika Menelpon? Mungkin Ini Penyebabnya
Admin Techijau.com | Kurang pandai mainan socmed, khususnya IG

300 KOMENTAR

  1. Gan, numpang nanya dong
    Saya mau beli xiaomi mi 8 pro ..
    Itu yg tersedia untk di kota saya hanya garansi dari distributor .. apakah itu aman untk di beli ?

  2. Bang saya mau beli Iphone 7 plus kalau iphone 7 plus distributor murah tapi kalau iphone 7 plus resmi lumayan mahal dan kalau ada kersukaan di iphone 7 plus distributor harus ke tokonya tapi kalau resmi bisa di servise iphone center .mending pilih yg mana ya iphone distributor atau iphone resmi

  3. Mau tanya juga kak kalo distributor emang speknya gak sama dengan yg resmi.. misalkan software ato kualitas kameranya kak.? Kebetulan saya baru beli hape garansi distributor terus saya di takut2in sama temen seperti itu.. produknya abal2 lah beda spek lah walaupun 1 tipe hape.. minta pencerahanya kak.. makasih

  4. gan ini saya mau beli online disitu tertulis garansi resmi distributor lokal itu artinya garansi resmi atau distributor ya gan
    thanks:v

  5. Sama aja mau resmu atau tam.. ujung2nya yg di rugikan konsumen jg.. gak ada yg namanya servis gratis walaupun beli di tempat resmi.. sy beli mixmax2 terbaru belum kelar kriditnya dah rusak jatuh kecomberan sampai 4bulan tuh hp gak kelar2x.. lebih baik mampus aje tuh nama garansi/hapus
    Lebih baik sediakan aje sperpatnya dr pd menjanjikan garansi gak jelas.

    • jatuh ke comberan gak garansinya, itu murni dan secara sah dan meyakinkan kelalaian pengguna baik secara sengaja maupun tidak disengaja, lagian ngawur juga tuh service senter masa hp jatuh ke comberan masih mau diterima terkecuali BAYAR sesuai tingkat kerusakan dan bukan GRATIS

  6. Tapi gan, kalo garansinya udah abis baik garansinya resmi atau distributor seandainya ada kerusakan mah sama sama bisa kemana aja Dan bayar sesuai harga kan yah?

  7. Mau tanya donk, kmrn mw beli hp xiaomi katany klo yg distributor itu gk ada bahasa indonesianya ya? Trs klo di upgrade jaringan 4G nya hilang, apa bnar bgtu?

  8. Bang Ane Lagi Bingung Berat Ni , Zenfone 2 Ram 4/Rom 64 Yang Garasi Distributor Bener2 Setengah Harga Dari Yang Garansi Resmi ..
    Kalau Menurut Abang Aman Ga ?

  9. Gan ane pengen beli mi note 2, ane liat di toko online udh garansi resmi & didaerah ane malah garansi distributor, jadi ane bagusan beli yg mana ?
    Nanti klo misalnya ane beli di toko online dan ada kerusakan itu harus ke pusat tokonya donk ?
    Kasi solusi gan, terima kasih.

  10. Klau Xiaomi 4X yg bisa d bdakan antra distributor dan yg resmi apax yah ? Tman sya blang garansi resmi itu ad stempel tertulis TAM !! bnar gak ?

  11. Kak saya kan mau beli hp samsung j5 pro atau j7 prime tapi masi binqunq dq 2 pilihan itu .mendinq beli yanq mana ya kak? Dan itu resmi semua kan?

    • Diatas kertas, J5 pro cuma menang di layar (lebih “bagus” warnanya, tapi masih lebih tajem punya j7 prime) dan tampilan baru (OS baru, UI baru, performa mungkin juga bakal sedikit lebih baik walopun spek sama persis). Sisanya, nggak tau, harus uji langsung.

      Tapi kalo aku disuruh milih, mending ambil J5 Pro kalo misal harganya nggak jauh beda dengan J7 Prime

  12. itu kan untuk contoh kasusnya untuk pembelian handphone min, apakah untuk kamera sama saja. ane mau beli mirrorless tp masih bingung min. di jual beli online semua garansinya garansi distributor semua.

    terima Kasih.

    • Nah, untuk produk lain, coba perhatikan, apakah garansi lokal (hanya bisa klaim di negara tempat produk tersebut dijual resmi), atau garansi global (bisa di klaim di negara mana saja)?

      Soalnya kadang tuh kalo misal garansi distributor aja, si distributor ngambil dari negara luar, dan bergaransi lokal. Jadi skema diatas tetep berlaku (cuma bisa klaim garansi di service center si distributor tadi).

  13. kak, kalau xiaomi mi5c itu masuk dengan legal?, trus kalau di update sistemnya juga bakal ada masalah kak?,, nah ada yang bilang, kalau perangkat ada kerusakan, gak bisa di perbaiki, karna gak ada service nya buat mi5c itu (di bali), itu bener kak??

    • Mi5 dan turunannya nggak ada yang resmi masuk Indonesia, Kak. Yang resmi cuma beberapa jajaran seri Redmi aja.

      Untuk update sistem, aku kurang paham karena gapernah (dan ga mau) pake hape non resmi. Untuk service, di service center resmi sepertinya emang jelas gabisa. Tapi untuk service diluaran, entah ya Kak. Yang jelas, spare part bakal susah kalo yang rusak itu hardware

  14. Kalau untuk Laptop ikuti cara berikut untuk membedakan nya dan juga lebih hati2 aja karna harga nya diatas 3 jutaan, ya mending resmi lah. kan Bukan beli permen karet.

    pesancomputer com/shop/content/21-cara-membedakan-garansi-resmi-dan-distributor-laptop-lenovo

    • Nggak semua yang dari TAM itu resmi..

      Untuk ngebedain, yaa mesti tau dulu, hape yang ingin dibeli itu siapa aja distributor resminya. Dan tiap brand, distributor resminya beda-beda. Mesti cari info dulu

  15. BINGUNG HUAWEI P9 LITE DISTRIBUTOR / G9 DISTRIBUTOR HARGA Rp. 2,360.000,-
    HUAWEI P9 LITE RESMI 3JT
    MENDING MANA YA?
    P9 LITE N G9 ITU SAMA APA BEDA YA? BEDANYA APA?

    MAAF, CAPSLOCK JEBOL :::: :v
    MAU PAKAI shift KELAMAAN

  16. om, saya mau beli lenovo vibe k4 note. bergaransi lokal. kalau garansi lokal itu maksudnya apa ya? sama gak dengan garansi distributor? trus kalau saya beli yg garansi lokal kira2 barangnya asli atau tiruan?

    • Garansi gak ada hubungannya sama barang asli ato tiruan..

      Garansi lokal itu biasanya maksudnya “garansi hanya berlaku di area negara tertentu aja”, dalam hal ini, maksudnya Indonesia. Dan biasanya memang garansi resmi.

  17. numpang tanya bang, samsung galaxy j3 pro ada gak yang garansi resminya ?? soalnya saya mau beli tapi katanya cuma garansi distributor. gimana tuh ??

  18. Beli barang elektronik itu juga untung2 an…
    Gua punya samsung J7 prime (resmi TAM) tapi sering trouble baru 2 minggu sinnyal 4G ilang. Bawa ke service center normal… sekarang malah dead pixel…
    Beli Xiaomi aja…, soalnya adik saya punya Xiaomi udah 1 tahun lebih garansi distributor malah awet2 aja tuh…

    • Nah justru karena untung-untungan itulah yang bikin kita jadi sangat perlu yang namanya garansi.

      Coba kalo dibalik gimana kalo seandainya beli hape yang tanpa garansi, terus tau-tau hapenya bermasalah? Yakan nambah ribet, nambah biaya juga πŸ™‚

  19. Kak mau Tanya. Kemaren waktu aku mau beli HP xiaomi yang garansi distributor ,katanya masnya 4g nya nggak stabil. Trus Kalo Ada update sistem trus kita update, 4g nya bisa” hilang.apa itu memang salah satu kerugianya barang ilegal atau cuma bisa” nya masnya. ???? Tolong dijawab

    • Betul banget, emang seperti itu adanya Kak.

      Soalnya kan itu barang ilegal, dalam arti masuk ke pasar sini tanpa mengikuti regulasi yang ada (untuk perangkat 4G), jadi yaa koneksinya dibatasi / gak bisa menikmati kecepatan internet di jaringan 4G

  20. Comment:kak maaf kalau saya nanya tentang laptop, kak saya mau beli laptop a456ur tpi garansi’y ditributor, apakah itu semua asli atau barang replika

  21. kak , saya mau beli Xiaomi note 4X kira” saran kakak saya mending beli yg bergaransi distributor/TAM ya ? Saya bingung mau beli yg mana tapi harga beda sedikit sih kak . Terimakasih ka

  22. Kak mau tanya, kalo xiaomi resmi indonesia itu setting fitur nya sudah menyesuaikan di indonesia belum? Misal udah bahasa indo, playstore nya bisa, dll. Soalnya saya pengen beli xiaomi tapi gamau ribet urus awalnya. Makasih

  23. gan mau nanya,kalau barang distributor nya lokal,kemungkinan bagian camera nya jg abal-abalan atau enggak gan,tpi untuk rom nya udah dsitributor global

  24. seandai kata saya beli garansi distributor apakah aman?
    apakah pernah kejadian ketika beli baru kemudian ada yg langsung trouble?
    keputusan saya membeli garansi resmi apakah sudah tepat?

    pilihannya xiaomi spek memory 3/32 resmi sama harganya dgn distributor memory 4/64

    mohon pencerahan

  25. Kak q baru beli samsung on 5, garansi b cell.katanya. itu sdah dipajak atau belom trus.barangnya kira” replika atau original besutan samsung kak? Tolong jawabannya yach…. kalo imeinya sih angka ke 6 dan 7nya 08 alias besutan german kalo saya baca di artikel samping mengenai imei android. Tolong jawabannya y kak…

  26. Aku pengen beli hp xiaomi, tapi bingung mau nyari yg mana, aku nyari yg hrga standar aja tapi kualitas kameranya ok, ada gak?

    • Oppo A39 udah garansi resmi, Mi5 belum. Jadi saranku ambil Oppo A39 aja

      Kalau dari segi chipset sih sebenernya unggul Mi5 tapi yaa balik lagi, kita beli hape kan bukan cuma buat beli chipset nya doang πŸ™‚

  27. Kha mau tanya: klo xiomi 4x itu ada garansi nya ngga yha…tolong jelaskan yha kha…..
    Trus klo ada garansi nya,garansi apa kha….
    Trus klo xiomi 4x itu udh rilis di indonesia blum kha???

  28. Kak, mau tanya nih .. Kalau Samsung C5 itu sekarang udah resmi belum ya di Indonesia .. Banyak yang biang itu produk cina (BM) .. Tolong dong kak penjelasannya .. trims

  29. Mau tanya dong min, saya baru aja beli hp.xiaomi 4A, tp gak dpt headset & kepala carger jg bukan yg indo .. emang seperti itu?? saya awal nya kaget, karena yg udah2 kalau beli hp itu semua nya lengkap,buku panduan,headset, carger & garansi itu bagus .. tp semenjak beli xiaomi koq seperti itu? garansi cuma asal di nota bon aja,buku panduan pun gak ada & headset nya, apa hp seperti itu bagus?? Mohon penjelasan nya

    • Kalo soal headset, emang iya, biasanya Xiaomi dan beberapa brand lain emang begitu. Untuk kepala charger, kalo bukan standar Indo, berarti itu bukan barang garansi resmi / barang yang seharusnya nggak dipasarkan disini. Apalagi nggak ada buku panduan, makin meyakinkan kalo hape itu bukan barang yang resmi dipasarkan disini

  30. Mas. Asus zenfone selfie garansinya apa ya.. setelah saya cek garansinya macem2. Ada garansi resmi, ada garansi lokal, ada garansi distributor lokal.. Yg betulnya yg mana ya

  31. Mau tanya ni kak, kl samsung punya garansi distributor yg d tunjuk di indonesia ga? Samsung j3 pro tu kn garansi distributor. Distributor resmi ga tu

    • Pertanyaannya kurang tepat Kak. Mestinya disebut juga nama distributornya, baru bisa ketauan distributor resmi atau nggak πŸ™‚

      Tapi sepertinya, J3 Pro itu nggak resmi masuk sini deh (sepertinya loh yaa). Jadi yaa itu hape nggak resmi / nggak ada garansi resmi.

  32. Mo nanya donk, kalau hp iphone 7 plus garansi distributor itu brangx ori ? acesories nya brupa charger headset gitu brangx ori juga atau gmn ? Mkasih

  33. mhon pencerahaan nya dong bila kita ingin membuka retail smartphone apakah hars membeli didistributor nya atau bisa langsung kepihak smartphonya system pembayaranya apaka harus kes atau berjangka, atau konstinyasi. ada syarat menyerahkan berkas2 penting gak untuk sebagai jaminan, berapa lama biasanya brang datang ketoko baik dari distributornya atau yg langsung kesuplayernya? mohon bimbingannya u yg mengerti

    • Wah kalo itu sih aku nggak tau banyak ya Kak. Yang pernah aku denger sih, biasanya tuh dari vendor (brand smartphone) bakal mengarahkan ke bagian distributor. Tapi di distributor nanti, kita juga nggak bisa sembarangan ambil barang dari sana. Ada syarat tertentu yang sayangnya aku belum sempat tanya.

      Untuk pembayaran, tergantung kebijakan dari distributornya Kak. Aku sepertinya ada kontak (email) ke bagian marketing dari salah satu brand hape, yang mungkin bisa ngasih penjelasan lebih detail. PM aku aja kalo mau, bisa via email atau Instagram ku https://techijau.com/contact-us/

  34. Kak mau nanya, apakah kita bisa apa saja distributor yang memiliki jaringan kerja sama dengan vendor di indonesia? (Untuk mengantisipasi kak misalnya ada toko yang jual ini garansi resmi tapi utk nama distributornya asing bagi kita), atau mungkin kakak punya cara utk mengidentifikasi ini merupakan garansi resmi atau bukan, terima kasih kak

    • Maaf typo : apakahkita bisa (tau) apa saja (distributor di indonesia yang memiliki jaringan kerjasama dengan vendor pada merek tertentu)

    • Soal itu, agak sulit ya Kak. Karena memang distributor resmi tiap merek kadang beda.

      Setauku, yang SERING (sering ya, bukan berarti SELALU) jadi distributor resmi untuk vendor hape tuh ada Erajaya (TAM), Datascrip dan Metrodata. Tapi bukan berarti distributor lain itu nggak punya kerjasama untuk jadi distributor resmi. Misalnya dulu Sony, distributor resminya tuh namanya emang nggak terlalu dikenal (lupa namanya)

  35. Ka bedanya distributor 1 thn , TAM 1 thn , resmi 1 thn , resmi 1 thn TAM itu apa ya ?
    Kalo garansi distibutor kan aku udh paham tuh .

    • TAM itu distributornya yaa. Kalo misal “resmi 1 tahun TAM”, berarti hapenya itu dari distributor TAM, dimana TAM adalah distributor resminya vendor yang bersangkutan. Jadi dapet garansi resmi juga πŸ™‚

    • Yaa di cek di keterangannya Kak. Biasanya ada di dus. Tulisannya “diimpor oleh” kya semacem gitu lah. Nah terus baru deh nanti kita bisa cari tau / tanyakan apakah distributor tersebut termasuk distributor resmi untuk vendor tersebut, atau nggak πŸ™‚

    • What?! Itu mau beli online di BBM ya? Jangan mau Kak, itu penipuan. Mending langsung di delcont aja itu. FYI, Sein itu hanya untuk Samsung Indonesia Kak, jadi nggak mungkin anuin hape Oppo πŸ˜€

  36. Kak Mau tanya Donk Kmrin aku Beli Handphone Xiaomi Redmi 3 Biasa lalu Saya DPT garansi Distributor Dri BCell. Itu kalau Saya DTG Ke Servis Center Resmi ya Xiaomi bisa gk ?
    #Mohonjawabannya

    • Dari sisi pelayanan soal garansi, atau unit (hape) nya Kak? Kalo dari unit (hape), harusnya sama aja. Tapi kalo dari segi pelayanan soal garansi, sayangnya aku kurang tau karena belum pernah klaim di SC nya TAM. Entah juga untuk SC nya Oppo..

    • Untuk brand hape tertentu, ROM untuk hape garansi distri kadang lebih jelek Kak (dalam arti yang macem macem yaa). Pembaruan sistem sepertinya pasti dapet yaa, cuman yaa itu, menyesuaikan dengan versi ROM nya.

  37. om,mau tanya..kemarin baru beli vivo y55s..pas searching di google keterangan ram 3gb,sedangkan pas ngecek di hape cm 2gb..apa berarti itu produk BM om?makasih sebelumnya..

    • Nggak Kak. Sejatinya emang RAM atau penyimpanan yang ada di keterangan itu nggak 100% sama persis. Misal RAM 3GB, sebenernya emang cuma 2.7GB kalo gasalah, atau kalo penyimpanan 16GB itu sebenernya cuma 14 koma sekian GB.

    • Sesuai dengan cara pakai kita Kak. Tapi yaa untung-untungan juga. Barang yang ada garansi resminya aja kadang ada yang rusak atau kurang sempurna kok, apalagi yang BM. Nah disinilah peran garansi penting banget. Kalo ada garansi resminya kan tinggal klaim dan gratis, tapi kalo BM (gak ada garansi) yaa biaya service ditanggung sendiri.

  38. Tanya min, kalau beda harga garansi di camera mirrorless kq jauh bingit ya..? Terutama merk fujifilm.. Apakah ada efek di layanan purnajualnya?

  39. Om, mau tanya, kalo xiaomi redmi 2 prime, sama redmi 3 biasa, udah resmi belum ya di Indonesia?
    terus kalo beli dikonter gitu nanyanya gimana, tentang garansi resmi atau enggak?

    • Dua tipe itu setauku belum masuk Indonesia secara resmi ya, Kak. Jadi bisa dipastikan kedua tipe tadi adalah garansi distributor.

      Soal tanya garansi, yaa tanya biasa aja. Ini garansi resmi atau distri? Kalo bilang garansi resmi, berati mereka boong πŸ˜€

  40. om.. tanya donk
    kalau dari segi kualitas produk nya resmi dan distributor gimna?
    apakah 100% sma tidak ada perbedaan sama sekali dari segi spek dll nya..
    atau gimna yaa om ?

    • Sorry, untuk rekondisi nggak ada keterangannya. Itu permainan penjual.

      Kalo yang refurbished, ada keterangan “refurbished” gitu biasanya, atau pokoknya ada semacem keterangan yang di highlight dalem garis gitu deh.

  41. Ka mau nanya sy baru bli iphone 6 16gb baru dari garansi platinum bles 1 tahun, nah itu asli atau ga ya ka? Dan kalopun itu asli apakah itu brg rekondisi? Sy cek harga iphone 6 di konter ibox nya standar nya 7jt an utk iphone 6, sy beli iphone 6 harga nya hampir 5jt, mohon pnjelasan na ya ka..trima kasi..

    • Seperti yang udah dijelaskan di tulisan diatas, soal keaslian tuh nggak ada hubungannya dengan garansi distributor, kecuali kalo memang ada penjual atau distributor nakal yang ngejualin barang rekondisi atau semacamnya supaya bisa jual murah. Jadi kita nggak bisa memastikan apakah itu rekondisi, atau beneran baru kalau hanya melihat dari distributornya.

      Satu lagi, harga iPhone di sini memang agak kacau yaa, karena memang nggak ada standar harga banderol yang disarankan khususnya untuk pasar Indonesia. Jadi yaa penjual ada yang banting harga, ada yang nggak. Tapi kalo emang selisih harganya jauh banget gitu, sepertinya emang patut dicurigai. Coba cek di dusnya, biasanya sih kalo iPhone rekondisi, refurbished atau semacemnya itu ada keterangannya.

  42. Ka sy mau nanya, sy baru beli hp iphone 6 yv bergaransi platinum bles selama 1 tahun, nah itu asli atau ga ya? Kalaupun original itu rekondisi atau bukan ya? Pasaran iphone 6 yg sy cek di konter ibox nya iphone 6 seharga 7jt an, sy beli seharga hampir 5jt. Trima kasih sbelumnya ya,n mohon pnjelasan na sy sgt harapkan makasi

  43. bang mau nanya,beli purshot plus di bukak lapak itu garansi distributor itu barangya bagus tidak ya bang,soalnya bang di galery belum ada bang,masih seminggu lebih,dan adanya warnanya hitam,yg aku cari warna putih,aku tanya galery,kemungkinan besar warnanya hitam nanti datangya,lantaran lama dan warnanya hitam,aku putuskan ke bukak lapak,itu aman dan barangnya memang asli ngk iya bang hp itu y bang

    • Seperti yang udah disebut di tulisan ini, garansi distributor bukan berarti barang palsu. Kalopun Kakak jadi beli dan ternyata palsu, toh bisa di klaim di bukalapak nya, dan kita bisa kembalikan barangnya πŸ™‚

  44. Kak aku mau nanya gransi hp itu kita ibaratkata sebuah leptop nih kak. kebetulan aku membeli leptop tersebut di pameran pas di liat garansi tersebut dscc atau garansi distributor itu barang palsu atau kaga gimana apa kah kalau kita ibaratkan kata sama kak kaya hp

    • Supplier itu bisa punya banyak arti, Kak. Tapi biasanya sih kata itu dipake buat menyamarkan garansi distributor. Soalnya yang suplai hape ke penjual yaa pasti distributor dong πŸ™‚

      Jadi sepertinya bukan garansi resmi, kecuali supplier nya itu memang distributor resminya. Kalo bingung, coba dibaca lagi tulisan diatas, Kak. πŸ˜€

  45. Gan, w kemarin beli Xiaomi Redmi 3s Prime baru. Lewat toko fisik sih, tapi ciri2 cukup memprihatinkan. Mulai dari manual book yang ga sesuai(punya seri Redmi yang lain), sampai kepada kabel USB yang ga pake merk MI(kecuali adaptor nya, ada logo MI nya).
    Kira2 agan bisa kasih masukan kaga, soal ni unit ori apa fake. Soalnya, ciri2 hardware yang tercantum juga sesuai, ga ada yang aneh(32/3GB, 430/Adreno505, Android versi 6.x.x). Atau jangan2, ni barang ori tapi ga resmi ya?
    mohon pencerahan nya, gan..

  46. Ka kalo mau beli hp di matahari mall yg online itu, sulit ga ya kalau garansi distributor??. Kalau beli diolshop itu lebih baik mana menurut kaka yg distributor atau yg resmi!!

  47. kak… kan aku mau beli iphone… lah di ibox kan iphone 5s tinggal yang 16 gb , sementara kalo yang garansi distributor itu kapasitasnya 16 gb, 32 gb, sama 64 gb. sebaiknya beli yang resmi apa yang distributor ya kak? soalnya kebanyakan aku liat di distributor itu katanya barang baru, tapi boxnya kok tulisannya certified pre owned atau bahkan boxnya beda sama yang asli. baiknya gimana ya kak? takutnya kalo beli yang 16 gb ga cukup

  48. Kak saya mau nanya nih,saya mau beli hp samsung galaxy s6 edge di tokopedia dan saya lihat harganya sangat murah 4jtan garansi distributor… Apakah hp nya asli ato rekondisi itu kak karna harganya sangat jauh turunya,, Mohon penjelasan nya kak!!

    • Lebih baik hati-hati ya, Kak.

      Kadang itu modus penipuan. Jadi harganya memang dibanderol segitu untuk menarik konsumen, tapi kemudian konsumen diarahkan untuk kontak via chat supaya bisa bertransaksi diluar tokopedia. Nah kalo udah begitu, hampir bisa dipastikan kalo mereka niat nipu, bukan jualan. Soalnya modusnya itu biasanya yaa seperti itu. Kalo bertransaksi diluar tokopedia, beresiko barang nggak dikirim.

      BTW, itu harganya bener-bener nggak wajar juga sih..

    • Nah kalo soal itu aku belum paham betul ya, Kak. Tapi yang jelas, dengan membeli hape garansi distributor, berarti kita mendukung pasar ilegal. Kasian dong yang udah susah-susah ikutin aturan, tapi kita malah lebih milih yang nggak ikutin aturan. πŸ™‚

  49. Mas, kn saya mau beli hp Sony di Toko Online..
    Itu harganya Sekitar 3/4 dr harga Aslinya, HPnya Ori dan Bergaransi Resmi/Sony Indonesia (Tulisannya sih gitu)

    Tp Banyak yg udh beli di Daftarnya dan Rating diapun lumayan,
    Nah saya bingung aja, trus penjelasan mas gimana yah soal ini dan mereka itu dapet Hp murah bergaransi itu dari mana yah?
    “Mohon Pencerahan”

    • Sony tipe apa ya Kak? Kalo itu tipe yang lama, yaa wajar, karena harganya udah turun. Kalo tipe yang baru (2016 macem Xperia X atau XZ), itu jelas bohong karena Sony tipe itu nggak masuk ke Indonesia dan jelas bukan garansi resmi.

  50. Kak mau nanya ,, kak saya mau buka konter hp (retailer) tapi pusing kak cari distributor hp nya ,, apa kak tau .??
    Mohon bantuannya kak ..

  51. gan, saya baru beli HP Oppo di tokopedia. tapi tidak ada kartu garansi didalamnya. ketika saya tanya ke penjualnya. dia bilang : “batch kali ini kita dapat memang sudah menggunakan e-waranty / garansi elektronik”

    pertanyaan saya L
    1. apakah ada garansi elektronik untuk handphone?
    2. kalo elektronik, cara klaim garansiny gimana ya?

    Terima Kasih

    • Kalo itu, aku kurang tau ya Kak. Soalnya nggak pernah dapet case seperti itu..

      Mungkin nanti coba mau aku tanyakan ke temenku yang promotor Oppo. Sementara anggeplah itu bener, untuk klaim garansi sepertinya yaa tinggal bawa aja hapenya ke service center, nanti mereka ngecek serial number dari hape tersebut untuk ngeliat kapan hape itu dikeluarkan dari pabrik (atau mungkin ada form tertentu yang dikirimkan oleh penjual ke database Oppo. Ini kalau bener ada e-waranty yaaa) dan masa berlaku garansi dihitung berdasarkan data itu..

      Soalnya memang untuk beberapa vendor, kalau kita nggak bawa kartu garansi pas mau klaim di service center, metode pengecekan masa berlakunya yaa seperti yang kusebut itu Kak

  52. Ngeri beli barang Garansi distributor barang gak jelas dan tidak terjamin dari mana asalnya bisa jadi barang bekas atau refurbish/cacat, dsb, servisnya pun alakadarnya……
    Kalau agan beli barang resmi udah pasti dijamin barang baru langsung dari pabriknya dan klaim garansi mudah dengan servis dari teknisi resmi yg profesional..

    • Yaps, bener Kak.. Meskipun nggak semua barang garansi distri itu “nggak jelas” seperti yang Kakak sebutkan, tapi yaa resiko itu jelas sangat rentan bagi konsumen. Dan itu juga terserah dari konsumen sendiri sih, apakah mau uji keuntungan untuk beli hape garansi distri dengan segala resikonya yang ngeri-ngeri sedap, atau beli hape garansi resmi yang terjamin.

      • iya bro memang benar gak semua distributor itu nakal dan gak jujur tapi emang resikonya besar kalau bukan distributor resmi..Thx bro info kayak gini memang perlu disebar luaskan biar konsumen tidak banyak yang tertipu atau kecewa..

  53. 1. Kak, kalo hp keluaran distributor tidak resmi apa service center mereka sebanding dengan yang resmi? Ato bagaimana perbandingan kualitasnya (sparepart segala macem)?

    2. Ada gak sih istilah beli hape langsung di sub distributornya biar lebih murah? Jadi gausah ke toko2 retail.. Dan jg gimana dngan garansi..

    3. Banyak sekali kasus konsumen frustrasi ngadepin proses klaim garansi yang sulit berbulan-bulan. ( makan waktu molor-molor gak ada kepastian, hasil service kurang bagus rusak lagi gak beres). Apa itu sebenernya salah satu trik distributor? Ato gimana perbandingannya dengan yang resmi?

    Makasih ya sebelumnya kak.. πŸ™‚ Supaya menambah ilmu pembaca…

    • 1. Kalo soal kualitas service, itu tergantung standar dari masing-masing service center ya, Kak. Jadi nggak bisa di sama-rata (yang ini nggak resmi jelek semua, yang resmi bagus semua). Untuk soal sparepart juga tergantung, apakah mereka pasang sparepart original atau nggak? Tapi kurasa nggak ada service center yang mau mempertaruhkan nama baiknya dengan memasangkan spare part nggak original..

      2. Itu biasanya dibatasi khusus bagi mereka yang punya counter hape ya, Kak. Kalo misal semua konsumen biasa langsung beli di distributornya, yaa nanti para retailer jadi nggak laku dong? Terus, mereka makan apa? 😐

      3. Kalo soal molor, itu tergantung standar dari service center yang bersangkutan dan ketersediaan sparepart atau alat yang dimiliki oleh service center di wilayah yang dipilih konsumen. Jadi rasanya sih bukan trik distributor juga πŸ™‚

  54. Kak mau nanya nih kan ane beli Xiaomi mi 4w tapi kok layar nya suka matiΒ²n,tpi klo main’n nya sambil di cas kaga matiΒ²n
    Apa jangan jangan palsu ya,mohon infonya
    Thanks

  55. sebagian orang memang tidak mempermasalahkan soal garansi resmi/distributor. namun buyer pasti bertanya-tanya apakan barangnnya sama? dalam arti untuk kategori mesin yang digunakan ini sama atau beda ataukan semacam replika?

    • Nahhhh itu pertanyaan bagus..

      Jadi gini, kadang tuh produk untuk pasar di negara “A” berbeda spek nya dengan produk untuk pasar “B”. Jadi, ada kemungkinan barang bergaransi distributor itu punya spek (mesin dll) yang berbeda dengan barang garansi resmi, karena biasanya mereka mengambil barang dari pasar “B” untuk dijual ke pasar “A”. Semoga paham maksudnya πŸ˜€

  56. Bro mau nanyak klo pembelian online lewat lazada gimana??? kan bro bilang tidak di sarankan untuk pembelian oline utuk garansi distr0878-6201-1611ibutor
    Saya lihat di lazada harga xiaomi resmi sama distributor berbanding 1/2

    • Yaa begitu, kalo beli di toko online sih sebenernya oke aja, tapi yaa resikonya jadi lebih besar kalo ternyata barang garansi distributor, khususnya buat orang awam. Apalagi Xiaomi, soalnya kadang ROM yang kepasang di hape Xiaomi (yang kebanyakan adalah garansi distributor) itu masih pake ROM china, jadi harus di flashing lagi. Jadi, mending ambil yang resmi aja deh kalo gamau repot belakangan

  57. Bro mau nanyak klo pembelian online lewat lazada gimana??? kan bro bilang tidak di sarankan untuk pembelian oline utuk garansi distributor
    Saya lihat di lazada harga xiaomi resmi sama distributor berbanding 1/2

  58. Kenapa ya bang aku beli hape samsung ori(katanya sih ori) ditoko gadgetmart dikota sampit setiap beli hp ori disitu 3 kali rusak terus..apakah itu hp rekondisi atau lagi sialnya aja..tpi sdh di klaim garansi sih..

    • Jadi gini Kak. Tiap merk hape itu kan ada tipe-tipenya, nah kadang ada tipe tertentu yang bagus, dan ada juga yang jelek. Jadi jangan disama-ratakan kalo hape merk ini semuanya jelek. Mungkin kakak pas dapet yang produk kurang sempurna, atau memang tipe yang kakak pilih itu termasuk salah satu produk gagal.

      Soal rekondisi atau nggak, gabisa memastikan sebelum ngecek lebih jauh. Kalo soal ori atau nggak, asalkan masih bisa di klaim garansi resmi dari samsung, bisa dibilang barang itu ori

  59. Kak mau mau nanya nih. Kalo untuk merk soni itu biasanya garansi distributornya gimana ya? apa dijamin asli soni hpnya namun cuma garansinya yang ga resmi. Sama kebanyakan perbedaan harga garansi resmi sama distributor itu dikisaran berapa ya? (binggubg nih soni harganya naek edan lah) makasih. πŸ™‚

    • Iya, hape asli cuman garansi gak resmi..

      Kalo soal perbedaan harga.. Aku kurang tau ya, Kak. Itu sih bervariasi, tergantung tipenya apa, dan penjualnya πŸ™‚
      Tapi untuk saat ini, sepertinya sulit nyari hape Sony yang garansi resmi, karena aturan TKDN itu

  60. Kak mau tanya, hp ku double tap nya ngak berfungsi. Padahal zenmotion nya udah aktif semua. Tp kalau buat aktifin layar ngak bisa. Kira” bisa diservice di tempat servive centar ngak?

    • Wait, biar ku tebak..

      Hapenya kakak pake tempered glass gak? Kalo iya, mungkin itu penyebabnya. Soalya beberapa temen yang pake Zenfone 2 Laser mendadak gak berfungsi fitur double tap nya setelah pake tempered glass

  61. Mau tanya kak, kalo saya beli hp di distributor tidak resmi, trus masa garansi distributor-nya sudah habis. Apakah hp yang saya beli bisa diservice di tempat service center hp tersebut?

  62. Mau tanya min, hp ku ga bs update system.. Sudh diupdate tp ttp aja di versi 2.13 sedangkan aku mau update k versi 2.20 . Itu kenapa yaa.. Apakah karna hpnya palsu atau gmana? Makasih min sebelumnya

    • Nggak bisa memastikan fake atau nggak nya, Kak. Kecuali kita cek secara langsung. Sebelumnya mungkin bisa buat perjanjian dulu, kalo misal ternyata palsu, Kakak bisa minta uang kembali. Dan amat disarankan untuk gak beli barang dari penjual online yang broadcast lewat chat (BBM dsb) yang ngaku ngaku promo harga murah..

      • Bang kalo kita beli hp tapi di kartu garansinya cuma ada satu tempat service center, itu garansi resmi atau distributor bang?

        • Kemungkinan itu garansi distributor, Kak. Atau bahkan mungkin garansi toko (ruang lingkupnya lebih sempit lagi). Soalnya kalo garansi resmi, biasanya service centernya tersebar di beberapa wilayah di Indonesia

        • Maaf mau nanya ya.. Sy baru beli iphone 6 dengan garansi nya dari bles platinum kl ga slah namanya selama 1 tahun. nah itu iphone nya asli atau ga ya? Kalopun asli itu hasil rekondisi bkn ya? Makasi sblumnya n mohon banget jawaban p jelasan na ya..trima kasi..

    • Garansi Internasional itu aku kurang paham tepatnya gimana, tapi mungkin maksudnya garansinya bakal bisa di klaim di service center resmi dari vendor bersangkutan yang tersebar di seluruh dunia. Jadi misal belinya di Zimbabwe, terus klaim garansi nya di Hongkong. Itu mungkin loh, yaa..

      Kalo garansi distributor, seperti yang udah disebutkan diatas. Nah masalahnya, kadang service center resmi dari vendor tertentu itu gak tersedia di semua negara. Maka kalo misal SC resmi dari vendor yang bersangkutan tersedia di negara kita tinggal (dan negara yang sering kita kunjungi), jelas garansi Internasional lebih baik. Tapi kalo nggak demikian, maka garansi distributor lebih baik karena lebih mudah dijangkau dan gak perlu mampir ke negara yang tersedia SC resmi dari vendor tsb.

  63. Mas, mau nanya nih. Kota tmpt pembelian hp pengaruh sama garansi distributor gak? Misal nih aku beli ip5s di jkt, nah garansi distributornya jg di jkt gitu kah?

    • Jadi kalo misal beli hape garansi distributor (entah kita di jakarta, atau mungkin surabaya), garansinya bisa di klaim di service center / perwakilan dari distributor tsb. Misalnya kantornya itu adanya cuma di jakarta, yaa kita mesti ngirim hapenya ke jakarta. Tapi kalo misal kantornya ada di wilayah kita tinggal (misal surabaya), maka kita nggak perlu ngirim hapenya ke jakarta, cukup datengin kantor / service center yang di Surabaya dari distributor yang bersangkutan aja. Itu misalnya loh ya, Kak πŸ™‚

  64. klo iPhone 5 garansi distributor itu gmn ya gan? bingung deh apalagi ip5 udh gaada di mana2 jd nyari yg garansi intrnasional agak susah. mohon bantuannya gan buat milih hehe

  65. Mas, saya mau beli iphone 5s nih. Liat2 harganya di bukalipak sama googling kok beda ya? Kalo di bukalipak cuma 3,5jt tapi googling kok 6jt-an tp specnya sama..jadi ragu

    • Googling itu mendaratnya di mana Kak? Kalo di blog-blog “biasa” sih kadang emang gak akurat karena gak update (kadang malah ada yang asal jeplak). Setauku, iPhone 5s sekarang lagi turun banget emang, makanya banyak yang beli juga.

      Kalo misal ragu yaa jangan dibeli Kak. Tapi kalo misal mau coba, yaa beli aja dulu. Terus di cek bener-bener untuk memastikan barang asli (nggak sulit sih biasanya kalo hape Apel). Toh kalopun palsu atau nipu, kita bisa balikin barangnya plus minta uang kembali di bukalapak

      • Iya sih. Trus nanya lagi hehe kalo beli di Kota tertentu pengaruh gak sih? Misal nih aku beli ip5 di jkt, apakah garansi distributornya harus di jkt jg?

        • Nggak, jadi misal gini. Kakak beli hape garansi distri di Jakarta, terus pindah ke Surabaya. Eh tau tau di Surabaya hapenya bermasalah. Nah kalo misalnya di surabaya itu ada kantor perwakilan (service center) dari distributor yang bersangkutan, maka Kakak cukup datengin kantor yang di Surabaya aja, gak perlu ke Jakarta lagi

  66. permisi , aku mau nanya , aku mau beli hp xiaomi di lazada , nah ngeliat keterangan hp itu garansi resmi atau distributor nya dimana ya aku sdikit bingung ini , yg aku liat cuma garansi 1 tahun , uda gtu aja atau ga garansi 1tahun resmi , jd aku mau bli yg resmi tp gtau bedain nya ini πŸ™ trimakasihh

  67. Mau nanya bang, kalau saya baru saja memberi notebook belum sampai setahun. Kan biasanya garansi elektronik tuh paling banter 1 tahun, saya beli notebook bukan di toko resmi. Nah kebetulan saya ingin perbaiki notebook, awalnya saya ke toko pembelian notebook saya. Namun ia menyarankan ke toko resmi notebooknya, tapi saya mencoba cek masa garansinya sudah habis (cek via online) Apakah masa garansi toko pembelian notebook (yang masih belum setahun) berlaku di toko resminya bang? karna kan toko resminya udah expired katanya. thanks

    • Coba cek dengan datengin langsung Kak, jangan lupa bawa nota pembelian (sebagai bukti bahwa pembeliannya tanggal sekian / belum satu tahun). Soalnya kalo cek via online biasanya dihitung berdasarkan tanggal produksi Kak. Itu biasanya berlaku buat konsumen yang gak bisa menunjukkan nota pembelian.

      Biasanya loh….

    • Xiaomi Mi4 emang gak ada yang garansi resmi, Kak. Artinya, hape itu emang gak dipasarkan secara resmi di Indonesia. Cuma sebagian kecil aja dari seluruh seri hape dari Xiaomi yang masuk ke Indonesia secara resmi, makanya jangan heran juga kalo harganya murah murah πŸ™‚

  68. Aku bingung milih yg resmi atau distributor tapi aku resmi aku mau beli redmi 2 prime resmi ada redmi 3 yg lebih bagus tapi redmi 3 distributor

    • Nahh itulah yang biasanya jadi pertimbangan. Kalo nekat yaa ambil aja Redmi 3, cuman harus siap siap tanggung resiko. Soalnya kan nggak semua unit itu “sempurna” πŸ™‚

  69. Clear very..very clear penjelasannya

    Yg mau tanyakan ini mas Pandu

    Banyak sekali saya lihat Iphong GARANSI MERCHANT
    Lha… Ini maksudnya garansi apa ya??

    Lihat di bhineko.com
    Lazidat
    Bloblo.com
    Bukalipak.com
    Tokopodia
    Semua ada yg jual Iphong garansi Merchant

    Maksudnya garansi apa itu
    Kok jdi murah banget harganya iphong

    • Kalo garansi merchant yaa garansi dari penjualnya sendiri, jadi kalo rusak mesti balikin ke penjual untuk di service, atau ganti unit baru. Biasanya yang begini tuh barang BM, kak. Biasanya loh

  70. Salam, kak. Terimakasih artikelnya. Sangat bermanfaat πŸ™‚
    Pengen tanya, kak. Untuk Meizu M3 Note kan baru ya, sempet nyari di beberapa app toko online terkemuka belum ada yang masuk. Pas nyari di ig, eh ketemu ada yang jual barangnya. Harganya sih cuma beda 100rb dari harga normal (yang ditulis disana). Cuma gaada keterangan garansi resmi atau distributornya. Kira kira gimana ya, kak? Mau beli, ragu juga πŸ™

    Terima kasih πŸ™‚

    • Coba aja ditanya dulu, Kak

      Tapi mesti hati-hati juga, sebaiknya transaksinya itu pake rekening bersama macem tokopedia / bukalapak. Jadi lebih aman dari resiko penipuan.

      Tapi kalo emang beneran yakin ama seller nya, yaa bisa dicoba tanya dulu aja kak πŸ™‚

  71. mau beli iphone tapi harganya yang garansi distributor murah sedikit dari yang resmi tapi masih bimbang mau beli atau tdk, krn takut soal masalah garansinya kedepan. jadi gimana solusinnya nih ?

    • Hemm, setauku sih iPhone gak ada garansi resmi untuk negara Indonesia. Kalaupun ada penjual yang klaim barang yang dijualnya itu garansi resmi, mungkin maksudnya garansi resmi Apple untuk negara tetangga (semisal Singapura), jadi kalo mau klaim garansi mesti titip ama seller untuk diklaim garansi ke negara tsb.

      Kalo garansi distributor, kita cuma perlu datengin kantor perwakilan / service center dari distributor yang bersangkutan, jadi justru lebih gampang. Tapi jelas, barang dengan garansi resmi lebih terjamin kondisi (beneran baru apa nggak) dan keasliannya, karena konon, sekarang ini banyak penjual nakal yang ngejualin barang rekondisi.

      Dan perlu dicatat, itu cuma perkiraanku aja karena aku kurang paham soal garansi Apple ini. Mungkin bisa tanya sama yang lebih paham di Makemac.com πŸ™‚

  72. Comment:mas kalo xiaomi redmi 3 per hari ini apa sudah resmi masuk pasar Indonesia ya? trs garansi resminya apa aja ya mas?? tks..

  73. Saya ingat di salah satu online shop terkemuka, ada yg jual xiaomi mi4 harga baru 1,75juta (kalo ga salah) bergaransi distributor. Cukup murah inget dulu harganya 5jutaan. Setelah baca deskripsi ternyata RAM nya cuma 2gb, sedangkan yg biasanya itu ram 3gb. Apakah itu barang yg memang bukan ditunjukkan ke pasar indo? Atau itu baramg refurbish yg sudah di oprek pihakpihak distri? Thx

  74. Jadi bingung nih mau beli yg garansi resmi atau garansi distributor. Coba aja xiaomi mi4i 32gb masuk ke Indonesia yg gan. Pasti gak bikin galau…

    • Naaahhh itu dia mas yang bikin konsumen galau. Masalahnya kan kalo mau masuk Indonesia sekarang ini persyaratannya agak ribet, kalo gak bisa memenuhi syarat TKDN, hape gak bisa dipasarkan di Indonesia (secara resmi). Tapi lucunya, barang “distributor” bisa dipasarkan dengan bebas 😐

    • Setauku, ada beberapa vendor yang gak mau nerima service untuk barang “non resmi” (garansi distributor) meskipun kita bersedia bayar. Salah satu alasannya mungkin untuk menjaga “hubungan baik” dengan para distributor resmi

      • Pernah denger2 di grup Redmi Note, garansi resmi xiaomi tidak mau menerima service garansi distributor, walaupun bersedia bayar

  75. Jadi gamasalah kan beli yg distributor tidak resmi yaa asal make nya hati2, saya mau beli hp soalnya harga dari yg resmi sama yg tidak resmi lumayan jauh perbedaannya

    • Yaa gak masalah juga, itu pilihan kok. Cuman kalo harganya jauh beda, patut hati-hati juga, pastikan specs nya sama persis seperti yang diharapkan. Karena ada beberapa pembaca yang menyebut ternyata specs dari hape yang dibelinya berbeda dari versi resmi (misal Zenfone 2 RAM 4 GB tuh harusnya prosesornya 2.3 GHz, tapi punya mereka cuma 1.8 GHz)

BERIKAN KOMENTARMU

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini