Cara Screenshot Hape Asus Tanpa Menekan Tombol Fisik (Termasuk ROG Phone)

Cara Screenshot Hape Asus Tanpa Menekan Tombol Fisik (Termasuk ROG Phone) – Kita mungkin sudah sering bertukar pesan berisikan screenshot. Entah itu untuk memberikannya sebagai bukti, hingga tak jarang pula yang menggunakan hasil screenshot untuk ghibah. Yang jelas, apapun tujuannya, mengambil tangkapan layar alias screenshot sudah menjadi bagian dari gaya hidup pengguna smartphone.

Bagi pengguna smartphone berbasis Android, umumnya metode yang dilakukan untuk dapat mengambil screenshot adalah dengan menekan tombol power dan juga volume kebawah secara bersamaan. Seperti yang sudah pernah saya jelaskan pada tulisan yang ini.

Namun terkadang, beberapa merk smartphone bakal menyediakan cara alternatif yang lebih mudah untuk dapat mengambil screenshot. Karena terkadang, akan merepotkan jika kita harus menekan tombol power dan volume secara bersamaan untuk dapat mengambil screenshot. Terlebih jika kita sedang menggunakan smartphone dengan satu tangan.

Salah satu merk smartphone yang menyediakan cara alternatif untuk melakukan screenshot adalah ASUS. ASUS menyediakan metode pengambilan screenshot dengan hanya menekan tombol recent apps saja selama dua detik, tanpa harus menekan tombol fisik apapun. Sehingga, kita dapat mengambil screenshot dengan cepat dan lebih simple walau dalam penggunaan satu tangan sekalipun.

Cara cepat screenshot di ROG Phone 3

Cara ini bisa dilakukan pada semua smartphone ASUS. Mulai dari ASUS Zenfone generasi pertama, Zenfone 2 series, Zenfone 3 series, Zenfone 4 series, Zenfone 5 series, Zenfone 6, Zenfone 7, Zenfone Max Pro series, hingga ROG Phone series. Termasuk juga ROG Phone 3 yang saya review baru-baru ini. Namun demikian, biasanya kita harus mengubah settingan pada smartphone untuk dapat mengaktifkan fitur tersebut. Dan cara untuk settingnya adalah seperti ini:

NOTE: Cara yang saya sebutkan di bawah ini adalah menggunakan ROG Phone 3 dengan OS Android 10. Untuk smartphone ASUS lain mungkin akan sedikit berbeda tampilan dan juga peletakan menunya. Tapi tenang saja, kurang lebih caranya mirip kok. Pakailah sedikit kecerdasanmu untuk mencari tau.

1. Masuklah ke setting, lalu pilih menu “Advanced” seperti pada gambar di bawah ini. Atau, jika kamu menggunakan smartphone ASUS tipe lama, pilihan yang harus kamu pilih adalah “ASUS customized settings”.

Cara screenshot hp ASUS tanpa tombol power2. Lalu pada section “screen tools”, pilih menu “screenshot” seperti pada gambar di bawah ini.

Cara screenshot hp ASUS dengan cepat3. Setelah itu, pilih menu “Recent apps key”, dan pilih “Tap and hold to take screenshot” (ketuk dan tahan untuk mengambil screenshot) seperti pada gambar di bawah ini.

Cara screenshot hp ASUS tanpa tombolSelesai! Sekarang kita sudah bisa mengambil screenshot tanpa harus menekan tombol fisik apapun pada smartphone ASUS. Kamu juga bisa membaca cara screenshot di laptop jika ternyata kamu belum tau. Semoga bermanfaat!

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P