Home Pengetahuan Dasar Layar Hape Kamu Bergaris? Mungkin Ini Penyebabnya!

Layar Hape Kamu Bergaris? Mungkin Ini Penyebabnya!

17814
53
SHARE

Layar Hape Kamu Bergaris? Mungkin Ini Penyebabnya! – Beberapa waktu lalu, ada seorang teman yang bertanya soal masalah layar yang terjadi di hape yang digunakannya. Ia mengaku bahwa layar di hapenya tersebut nampak tidak normal dan muncul garis-garis berwarna yang tak beraturan.

Penyebab layar hape bergarisIlustrasi, gambar diambil dari forum jual beli

Mimin langsung teringat pada kejadian yang dulu sempat dialami oleh teman mimin pada hape yang digunakannya, dimana tampilan layar di hapenya nampak seperti pada ilustrasi diatas. Dan sudah pasti mereka yang mengalami masalah ini akan panik karena hape kesayangan mereka jadi tak bisa digunakan dengan normal. Dan sebenarnya, apa sih yang menjadi penyebab dari masalah ini?

Berdasarkan info yang mimin dapatkan dari berbagai sumber, penyebab dari masalah tersebut bisa bermacam-macam. Ada yang kelas ringan dan mudah diperbaiki, hingga kelas berat yang mengharuskan kita untuk mengganti komponen yang ada. Dan berikut adalah beberapa penyebab layar hape bergaris yang mimin ketahui :

1. Jatuh

Resiko layar bergaris akan semakin besar jika ternyata hape yang kita gunakan pernah atau sering terjatuh. Seperti yang kita tau, benturan yang dialami oleh perangkat, jelas akan beresiko merusak komponen dalam perangkat itu sendiri. Dan dalam kasus smartphone, komponen layar adalah yang paling rentan terkena dampaknya.

Pecahnya LCD adalah resiko paling besar yang bisa dialami. Cirinya adalah munculnya garis hitam membentang ketika layar sedang diaktifkan (tidak berkedip-kedip). Atau, bisa juga menyebabkan layar memiliki garis berwarna seperti pada gambar ilustrasi di awal tadi.

2. Tekanan Berlebih Pada Layar

Tekanan terlalu tinggi pada bagian layar juga dapat berdampak pada rusaknya LCD. Biasanya, hal ini terjadi akibat kebiasaan pengguna yang suka memegang hapenya sampai ke alam mimpi, hingga kemudian hapenya pun tertindih.

Hayoo, siapa nih yang suka main hape sampe ketiduran? Biasanya sih yang sampai ketiduran begitu tuh mereka yang lagi nungguin balesan chat dari gebetan. Hihihi 😂😂

3. Masalah Konektor

Konektor yang longgar atau terlepas, bisa menjadi salah satu penyebab munculnya garis-garis pada layar. Biasanya sih kalau yang seperti ini tuh karena terkena benturan (jatuh) atau karena memang tak dipasang dengan baik ketika dalam proses perakitan.

4. Masalah Software (?)

Mimin baru ingat, ternyata dulu si bokap juga pernah mengalami masalah ini di hapenya. Dan saat itu, mimin hanya mengambil tindakan dengan melakukan restart. Walhasil tampilan layar hapenya pun jadi normal kembali. Tapi, mimin nggak terlalu yakin sih kalau masalah pada software juga bisa berdampak seperti itu.

5. Kerusakan Lainnya

Nahh, kalau yang ini amat sangat banyak kemunginannya, dan hanya bisa dipastikan melalui pemeriksaan oleh teknisi hape!

Lalu, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membongkar perangkat dan mencari tau alias memeriksa kerusakan yang menyebabkan terjadinya gejala muncul garis-garis pada layar.

Cara mengatasi layar bergarisDan iya, ini mesti ditangani oleh teknisi dan tak boleh dilakukan sembarangan! Tapi tenang, bukan berarti kamu harus mengganti LCD nya, karena bisa saja masalah yang kamu alami itu cuma soal konektornya. Bisa jadi, kita hanya perlu membersihkan konektor fleksibel LCD. Tapi pada beberapa kasus lain, terkadang mungkin butuh penanganan khusus untuk memperbaiki jalur fleksibel yang putus.

Dan yang paling parah adalah ketika kerusakan ternyata terletak pada LCD itu sendiri, dimana penggantian komponen LCD adalah pilihan mutlak. Soal biaya perbaikan, jelas bakal bervariasi yaa, tergantung masalah di hapemu (apakah cuma soal konektor atau harus ganti LCD). Dan harga LCD dari masing-masing tipe perangkat pun berbeda-beda, dimana mimin sama sekali tak paham soal itu.

Tapi sebelum itu, alangkah baiknya jika kamu terlebih dulu melakukan restart pada perangkatmu karena mungkin saja hapemu hanya sedang lelah 😆😆

Nah, itulah beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab munculnya garis-garis pada layar. Kalau ada yang perlu di koreksi, mohon jangan sungkan untuk meninggalkan komentar yaa. Silakan jeajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀

53 COMMENTS

  1. Kk hp sya muncul garis2. Awalnya hp saya kena virus, tpi sya sdh perbaiki, tetapi setelah di perbaiki knp gris2 itu muncul dgn tiba. Merek hp saya, oppo neon 5. Mhon respon yah kk. Makasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here