Home Perbandingan Gadget Perbedaan Layar Capacitive dan Resistisive

Perbedaan Layar Capacitive dan Resistisive

0

Perbedaan Layar Capacitive dan Resistisive – Di balik kesuksesan iOS dan Android, kepopuleran Smartphone full Touchscreen juga semakin berkembang, bahkan handphone atau smartphone dengan touchscreen atau layar sentuh bukan barang mewah lagi.

Banyak gadget yang mengadopsi teknologi layar sentuh misalnya tablet PC, pemutar musik digital, dan bakhan kini jam tangan berupa SmartWatch juga telah menggunakan teknologi layar sentuh.

Namun taukah anda bahwa layar sentuh atau touchscreen memiliki jenis yang berbeda? Untuk saat ini, terdapat 2 jenis touchscreen yang populer digunakan, yaitu capacitive touchscreen dan resistisive touchscreen.

Yang jadi pertanyaan adalah, apa sih perbedaan antara layar capacitive dan resistisive? Berikut adalah perbandingannya:

Resistisive Touchscreen

Teknologi layar sentuh resistisive sudah lama digunakan pada smartphone. Perangkat dengan layar sentuh resistisive dapat merespon sentuhan dengan sedikit ditekan pada layarnya, dikarenakan teknologi layar resistisive ini memiliki beberapa lapisan atau layer.

Smartphone yang menggunakan teknologi layar sentuh ini biasanya menyematkan stylus sebagai alat bantu untuk mengoperasikannya. Untuk saat ini, teknologi layar sentuh ini mulai ditinggalkan karena kurang nyaman digunakan oleh pengguna dan memiliki kekurangan yakni tidak mendukung multitouch atau alias multisentuh sehingga tidak bisa ditekan di dua tempat atau lebih dalam waktu bersamaan.

Namun demikian masih ada beberapa handphone (bukan smartphone ya) yang masih mengadopsi teknologi layar ini karena harganya yang lebih murah dibandingkan dengan capacitive touchscreen.

Capacitive Touchscreen

Daya tahan baterai zenfone max m2 zb663klUntuk saat ini teknologi layar sentuh capacitive sangat populer digunakan pada smartphone dan tablet PC. Bahkan bisa dibilang semua gadget canggih yang punya input sentuh dan tersedia di pasaran saat ini juga sudah menggunakan teknologi capacitive touch.

Kenyamanan dalam pengoperasiannya yang membuat teknologi layar ini lebih disukai pengguna dan mulai meninggalkan teknologi resistisive touchscreen.

Untuk mengoperasikannya, pengguna tidak perlu menekan layar karena teknologi layar ini menggunakan sensor electrode konduktor seperti jari kita, sehingga dengan sentuhan ringan pun layar ini akan merespon. Selain itu capacitive touchscreen juga dapat merespon multitouch yang tentu saja makin memanjakan penggunanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here