Beranda News Philips TAT3216: TWS Earbuds Tahan Air, Siap Diajak Olahraga & Kegiatan...

[REVIEW] Philips TAT3216: TWS Earbuds Tahan Air, Siap Diajak Olahraga & Kegiatan Outdoor!

1

[REVIEW] Philips TAT3216: TWS Earbuds Tahan Air, Siap Diajak Olahraga & Kegiatan Outdoor! – Saat ini, TWS sudah menjadi salah satu aksesoris yang paling sering dicari oleh para pengguna smartphone. Selain agar terlihat keren, TWS sendiri memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya sangat praktis untuk digunakan. Pengoperasian yang dilakukan secara wireless, membuat penggunanya tidak perlu lagi direpotkan oleh kabel yang seringkali membuat kita menjadi tidak bisa bergerak bebas saat menggunakannya.

Ketiadaan kabel pada TWS juga memudahkan kita untuk membawanya kemana-mana, tanpa perlu takut kabel akan kusut. Sifatnya yang praktis tersebut, membuat orang berpikir bahwa perangkat TWS akan sangat cocok untuk digunakan saat sedang melakukan kegiatan outdoor. Walau demikian, nyatanya tidak semua TWS akan cocok untuk dipakai berkegiatan diluar ruangan.

Nah, pada review kali ini, saya akan membahas tentang sebuah TWS yang saya rasa layak untuk dijadikan teman berkegiatan diluar ruangan berkat segala fitur dan keunggulannya. Inilah dia, Philips TAT3216.

Paket Penjualan

Sebelum kita mulai ke pembahasan lebih lanjut, mari kita lihat apa saja isi dalam kotak kemasan Philips TAT3216. Saat membuka box kemasannya, kita akan mendapati sebuah case alias wadah, yang di dalamnya terdapat sepasang earpiece (earbuds). Lalu, kita juga akan menemukan dua pasang karet earcaps dengan ukuran besar dan kecil, serta sebuah kabel USB Type-C untuk charging. Terdapat pula beberapa kitab-kitab berupa kartu garansi, buku petunjuk penggunaan, dan petunjuk keamanan sebagai pelengkap.

Paket penjualan TWS Philips TAT3216

Sangat disarankan untuk melakukan charging terlebih dahulu sampai baterai dari kedua buah earbuds tesebut terisi penuh, agar kita bisa menggunakannya dengan lancar. Jangan lupa, pastikan kamu sudah melepaskan lapisan plastik kecil yang terdapat pada kedua sisi TWS earbuds tersebut, agar baterainya bisa terisi.

Fitur Philips TAT3216

Hal kedua yang wajib kita lakukan adalah menyesuaikan ukuran karet earcaps dengan telinga kita. Saya sendiri langsung mengganti karet earcaps dengan ukuran paling kecil, agar mereka bisa terpasang dengan nyaman di telinga saya. Hal ini sangatlah penting agar kita bisa memasangkan TWS earbuds Philips TAT3216 dengan benar. Demi mendapakan kenyamanan, sekaligus agar kita bisa merasakan keluaran suara dari TWS earbuds ini dengan baik.

1. Mudah Terhubung ke Perangkat

Untuk melakukan pairing, kita harus menyalakan bluetooth di smartphone atau laptop yang ingin kita gunakan, lalu buka case dari TWS Philips TAT3216 ini, dan tekanlah tombol yang berada di bagian belakang case selama tiga detik hingga lampu berkedip.

Review TWS Philips TAT3216 Indonesia

Lalu, pilihlah “Philips TAT3216” yang terdeteksi oleh bluetooth pada perangkat laptop atau smartphone kita. Nah, setelah melakukan setting awal tersebut, TWS Philips TAT3216 ini bisa dengan mudah terhubung ke berbagai perangkat yang sudah di-pairing. Ia akan langsung terhubung dengan perangkat kita, jika kita sudah menyalakan bluetooth, lalu membuka case dan atau keluarkan TWS ini dari case-nya.

2. Tidak Mudah Lepas

Saat saya mencoba menggunakannya, saya merasakan bahwa earbuds wireless yang satu ini sangatlah nyaman dan tidak mudah lepas. Bobotnya yang ringan, bahkan membuat telinga saya serasa sama sekali tak terbebani. Dalam arti, sama sekali tak ada kesan risih saat menggunakan Philips TAT3216 selama berjam-jam sekalipun. Dengan catatan, ukuran karet earcaps harus sudah disesuaikan dengan telinga kita yaa.

Saya sudah coba menggunakannya sambil melakukan berbagai aktivitas, untuk menguji seberapa kuat ia bisa bertengger di telinga saya. Mulai dari berjalan, berlari kecil, hingga bahkan sambil makan sekalipun, ternyata ia tak terjatuh. Saya pun juga tak perlu terlalu sering membenarkan posisi dari earbuds ini di telinga saya. Sepertinya, bagian “ekor” penyangga kecil yang menghadap ke atas pada earbuds ini juga berperan untuk mempertahankan posisinya di telinga, agar tidak mudah terjatuh.

TWS Bluetooth earbuds untuk olahraga Philips TAT3216

Bagian “ekor” penyangga tersebut menggunakan bahas semacam karet yang cukup lentur. Hal ini membuatnya fleksibel dan bisa menyesuaikan dengan kontur telinga kita. Sehingga saya sama sekali tidak merasakan seperti ada suatu benda asing yang tersangkut di telinga. Ekor penyangga tersebut menyatu dengan cover bagian sisi dalam dari TWS Philips TAT3216 yang juga terbuat dari bahan yang sama. Dan nampaknya, hal ini juga yang berpengaruh besar terhadap kenyamanan saat menggunakannya.

Sedangkan untuk cover bagian sisi luar, terbuat dari bahan semacam plastik dengan tekstur dan warna hitam doff. Pemilihan bahan serta warna hitam doff tersebut menurut saya sangat jauh dari kesan murahan. Bahkan saya menilai bahwa desain fisik dari TWS yang simple ini cenderung terlihat elegan.

3. Kualitas Suara Baik

Kita beralih ke bagian suara. Salah satu alasan mengapa orang menggunakan earbuds adalah agar bisa mendengarkan musik dengan lebih puas dan lebih jelas. Saat saya menggunakan Philips TAT3216, saya merasakan bahwa ia benar-benar mampu meredam suara dari luar. Sehingga, musik yang saya dengarkan saat menggunakan earbuds ini benar-benar tidak terganggu oleh suara bising dari luar. Hanya suara-suara yang cukup keras yang bisa sampai ke telinga saya. Itupun hanya terdengar sebagai gangguan kecil saja. Hal ini membuat keluaran suara musik yang saya dengarkan di earbuds ini terasa sangat jelas.

Bluetooth earbuds Philips TAT3216Untuk karakteristik suaranya sendiri, secara default ia terasa cenderung dominan pada suara berfrekuensi rendah alias nge-bass. Permainan perkusi Mike Portnoy bersama dengan betotan bass John Myung pada intro di lagu In the Presence of Enemies Pt. 1 terasa mantab terdengar menggunakan earbuds bluetooth yang satu ini. Begitupun dengan suara double bass drum di lagu yang sama juga terdengar nendang.

Walau demikian, suara instrumen lain yang punya frekuensi lebih tinggi, masih terdengar jelas dan tidaklah terlalu “tenggelam” ditelan suara bass yang dominan. Pukulan open hi-hat dan juga crash cymbal bisa diperdengarkan dengan baik tanpa menimbulkan efek cempreng pada keluaran suaranya. Efek stereo-nya pun juga bisa bekerja sebagaimana mesinya. Saya menyarankan untuk menggunakan perangkat dengan bluetooth versi 5.0, agar kualitas musik bisa tetap terdengar baik. Khususnya saat memutar file musik yang punya bitrate tinggi.

Saat saya mencobanya untuk menonton video di YouTube, saya merasakan adanya sedikit delay. Yang mana ini adalah sebuah hal yang sangat wajar, karena semua TWS pun juga demikian. Namun saya rasa, delay yang terjadi pada Philips TAT3216 ini masih berada di level yang sangat bisa diterima. Malahan, seringnya saya tidak menyadari kalau ternyata ada delay jika saya tidak benar-benar memperhatikan antara sinkronisasi suara dengan tampilan visual di layar.

Microphone yang terdapat pada bluetooth earbuds Philips TAT3216 ternyata juga memiliki kualitas yang baik. Lawan bicara bisa mendengar suara saya dengan jelas saat saya mencobanya untuk melakukan panggilan telepon.

4. Pengoperasian Mudah Dengan Fitur Sentuh

Fitur TWS Earbuds Bluetooth Philips TAT3216Philips TAT3216 memiliki touch panel pada masing-masing sisi earpiece yang mendukung respon input sentuhan. Kita bisa mengontrol beberapa hal dengan menggunakan touch control ini. Diantaranya adalah:

  • Play/pause musik dengan sekali sentuh cepat
  • Membuka perintah suara di smartphone dengan menyentuh touch panel selama kurang lebih 2 detik
  • Skip forward / skip ke list lagu berikutnya dengan menyentuh cepat dua kali
  • Skip backward / skip ke list lagi sebelumnya dengan menyentuh cepat tiga kali
  • Mengangkat dan menutup panggilan telepon dengan sekali sentuh cepat (tidak berlaku di WhatsApp Call)
  • Reject panggilan telepon dengan menyentuh touch panel selama 2 detik

Fitur kontrol sentuh seperti ini menurut saya semakin menambah kenyamanan saat menggunakan TWS Philips TAT3216. Karena kita bisa terhindar dari resiko rasa sakit di telinga akibat menekan earphone. Di sisi lain, adanya fitur kontrol sentuh tersebut membuat kita harus berhati-hati saat menggunakannya sambil rebahan. Karena ternyata, sensor sentuhnya juga cukup sensitif untuk merespon sentuhan dari bantal.

5. Punya Aplikasi Untuk Memilih Preset Suara

Jika ternyata kita kurang suka dengan settingan suara default yang berkarakter extra bass, kita bisa mengubah dan menyesuaikan karakter suara dari Philips TAT3216 ini dengan menggunakan aplikasi Philips Headphones App yang tersedia di Google PlayStore, dan juga Apple AppStore. Melalui aplukasi tersebut, kita bisa memilih berbagai efek untuk mengubah karakteristik suara melalui menu Sound Effect.

Fitur Aplikasi TWS Philips TAT3216

Aplikasi ini bahkan juga menyediakan equalizer pada menu custom, seperti pada gambar di atas. Sehingga memungkinkan kita untuk mengutak-atik sendiri karakteristik suara seperti apa yang kita sukai. Tapi bagi saya yang tidak terlalu mahir untuk urusan ini, saya lebih memilih untuk menggunakan preset suara yang sudah ada.

Saya pribadi lebih suka preset suara Powerful. Karena bisa membuat suara yang keluar dari driver 6mm di earbuds in-ear tersebut menjadi lebih berimbang sekaligus lebih jelas. Cocok untuk memperdengarkan lagu-lagu dari Dream Theater yang kaya akan permainan berbagai instrumen yang rumit. Selain untuk memilih preset suara, kita juga bisa memantau baterai dari masing-masing unit earpiece dan juga case dari Philips TAT3216 melalui aplikasi yang sama.

Aplikasi TWS Philips TAT3216

6. Baterai Awet dengan Case Charging Portable

Berdasarkan percobaan yang saya lakukan, sepasang earbuds Philips TAT3216 yang kita bahas di sini memiliki daya tahan baterai yang awet. Saat saya menggunakannya untuk mendengarkan musik nonstop, ia mampu bertahan hingga hampir 7 jam dari level baterai 100% hingga 20%. Dan setelah 20% tersebut, earphone akan mulai memberitahu bahwa baterai sudah melemah melalui pesan suara. Daya tahan baterai tersebut rasanya sudah sangat cukup untuk menemani aktivitas kita seharian.

Jika ternyata masih dirasa kurang, misalnya saat sedang dalam perjalanan jauh, kita cukup memasukkan kedua earbuds tersebut ke dalam case alias wadahnya. Baterai cadangan yang terdapat pada case tersebut akan berfungsi layaknya sebuah powerbank bagi earbuds Philips TAT3216. Jadi tak perlu repot mencari colokan listrik untuk melakukan charging, selama baterai di dalam case masih tersedia. Berdasarkan pernyataan resmi dari Philips, disebutkan bahwa kita bisa mendapatkan daya tahan ekstra satu jam untuk mendengarkan musik, dengan hanya menaruh earbuds ke dalam case selama 15 menit.

Pengalaman pakai TWS Philips TAT3216

Case-nya sendiri memiliki body mungil yang membuatnya mudah untuk dibawa. Kedua earphone akan bersarang dengan aman pada case ini karena ia sudah dilengkapi dengan magnet yang membuat earbuds tidak akan terjatuh walau dibalik sekalipun.

Port charging berupa USB Type-C juga memiliki keuntungan tersendiri. Karena di era modern ini, sudah sangat banyak perangkat yang mendukung pengisian daya baterai melalui port USB Type-C. Mulai dari smartphone, hingga laptop sekalipun. Sehingga, dalam skenario perjalanan singkat atau saat berkegiatan diluar ruangan, kita tak perlu membawa bermacam-macam adapter charging untuk mengisi kesemua perangkat tersebut. Sehingga perjalanan pun tak terlalu terbebani.

7. Tahan Air & Keringat

Hal lain yang membuatnya sangat cocok untuk berkegiatan diluar ruangan adalah karena adanya fitur tahan air dengan rating IPX5. Rating tersebut mengindikasikan bahwa earbuds Philips TAT3216 akan mampu bertahan saat terkena air dari berbagai sisi. Sehingga, kita tak perlu khawatir TWS ini akan rusak jika terkena keringat saat berolahraga, ataupun saat tak sengaja terjebak dalam kondisi hujan.

8. Kamu Orang Sibuk? Manfaatkan Fitur Mono Mode

Menggunakan earphone tidaklah melulu untuk mendengarkan musik. Alasan lain orang memilih untuk menggunakan earphone adalah agar lebih mudah saat harus menerima telepon sambil berkegiatan. Khususnya saat berada diluar ruangan.

Dan jika kebetulan kamu adalah orang yang gemar atau harus menerima dan melakukan panggilan telepon berlama-lama, kamu bisa memanfaatkan fitur Mono Mode pada Philips TAT3216. Fitur ini memungkinkan kita bertelpon ria dengan hanya menggunakan satu sisi earpiece, sementara yang lain disimpan untuk dicharge dalam case. Dengan daya tahan baterai yang diklaim mampu bertahan hingga 5 jam untuk aktivitas telepon pada masing-masing sisi earpiece, kita akan bisa mendapatkan total waktu bicara 2 kali lipat (hingga 10 jam) jika menggunakannya secara bergantian.

TWS Earbuds Bluetooth Philips TAT3216Hal ini menjadi mungkin karena baik sisi kanan maupun sisi kiri TWS earbuds ini, sudah dilengkapi dengan microphone. Dan jangan lupakan bahwa case dari Philips TAT3216 ini juga berfungsi sebagai powerbank. Sehingga, kita akan bisa mendapatkan waktu bicara yang jauh lebih lama lagi.

Akhir Kata …

Dengan berbagai fitur Philips TAT3216 tersebut, saya rasa memang pantas untuk dijadikan alasan mengapa TWS earbuds yang satu ini sangat cocok untuk menemani kegiatan di luar ruangan. Bobotnya yang ringan dan nyaman digunakan, bakal membuat kita betah untuk menggunakannya dalam waktu lama.

Case-nya yang mungil dan ringan, otomatis memudahkannya untuk dibawa, sekaligus menghilangkan rasa khawatir saat harus membawanya bepergian jauh. Karena jika misal baterainya yang awet itu sudah mulai habis, kita cukup memasukkannya ke dalam portable charging case miliknya tersebut untuk melakukan mengisi ulang baterai.

TWS Philips TAT3216Bagi kita yang gemar melakukan perjalanan jauh menggunakan jalur darat, tentu Philips TAT3216 bisa menjadi teman yang cocok untuk menikmati pemandangan saat berada diatas bus atau kereta. Resiko kehujanan saat berada diluar ruangan pun tidak lagi menjadi momok menakutkan karena Philips TAT3216 sudah punya fitur tahan air IPX5. Berikut adalah spesifikasi dari Philips TAT3216:

Earpieces

  • Music time: 6 hours (additional 18 with charging case)
  • Talk time: 5 hours (additional 15 hrs with charging case)
  • Standby time: 80 hours
  • Charging time: 2 hours
  • Rechargeable lithiumion battery: 55 mAH on each earpiece
  • Bluetooth version: 5.0
  • Compatible Bluetooth profiles: A2DP (Advanced Audio Distribution Profile) & AVRCP (Audio Video Remote Control Profile)
  • Supported audio codec: SBC
  • Frequency range: 2.402-2.480 GHz
  • Transmitter power: < 10 dBm
  • Operating range: Up to 10 meters (33 feet)

Charging case

  • Charging time: 2 hrs
  • Rechargeable Li-ion battery: 550mAh
Artikel sebelumnyaInilah Penjelasan Singkat Tentang Arti TWS, Serta Keunggulan & Kekurangannya
Artikel selanjutnyaMengenal Istilah AFK, Kepanjangannya Apa Sih?
Admin Techijau.com | Kurang pandai mainan socmed, khususnya IG

1 KOMENTAR

BERIKAN KOMENTARMU

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini