Mengenal Istilah “Wireless” Dalam Teknologi

Mengenal Istilah “Wireless” Dalam Teknologi – Dalam dunia teknologi, kita pasti seringkali mendengar istilah “wireless”. Entah itu wireless charger, wireless headphone/earphone/earbuds, wireless mouse, wireless network, dan masih banyak lagi. Karena memang saat ini, kita sedang hidup dan dikelilingi oleh teknologi tersebut. Dan di sini, saya akan memberikan penjelasan sederhana tentang teknologi tersebut. Dengan harapan agar bisa menambah wawasan kita bersama.

Apa Itu Wireless?

Kalau diartikan dalam bahasa Indonesia, “wire” itu artinya “kabel”, dan “less” itu artinya “tanpa”. Jadi, wireless itu artinya adalah “tanpa kabel”. Kalau dalam konteks teknologi, wireless adalah transfer atau pertukaran informasi antara dua perangkat (atau lebih), tanpa menggunakan penghantar listrik (kabel). Masih bingung? Tenang, sekarang akan coba saya jabarkan secara sederhana.

Saya yakin kamu pasti tau smartphone kan? Itu loh, yang biasa kita sebut sebagai “hape”, yang biasa kita pantengin layarnya dan kita bawa kemana-mana setiap hari. Dan mungkin sekarang, kamu sedang membaca situs Techijau.com ini menggunakan smartphone. Dan smartphone itu, adalah salah satu alat komunikasi yang menggunakan teknologi wireless.

Dengan menggunakan smartphone, kita bisa menelpon perangkat smartphone milik orang lain tanpa harus menghubungkan keduanya menggunakan kabel. Begitupun saat kita berikirim pesan, hingga mengakses internet dari smartphone, kita tidak perlu menghubungkannya ke kabel apapun. Yang mana kesemua aktivitas tersebut secara tidak sadar adalah aktivitas pertukaran informasi antara smartphone satu, dengan smartphone lainnya.

Dan teknologi wireless ini tidak sebatas hanya untuk sesama smartphone saja. Tapi ia juga bisa bertukar informasi dengan berbagai perangkat lain, yang menggunakan teknologi wireless yang sama.

Contoh sederhananya adalah ketika kita coba mengirim file dari laptop ke smartphone. Setidaknya, ada dua metode umum yang biasa kita gunakan. Yang pertama adalah dengan mencolokkan kabel USB dari laptop, ke smartphone milik kita. Dan yang kedua adalah dengan menggunakan koneksi bluetooth. Dari kedua cara ini, yang mana yang merupakan teknologi wirelees? Ya jelas cara yang kedua dong!

Karena saat kita mengirimkan file dari laptop ke smartphone via bluetooth, kita pasti tidak perlu menghubungkan kedua perangkat tersebut menggunakan kabel kan? Cukup pastikan bahwa keduanya berada di jarak yang tidak terlalu jauh, maka keduanya akan bisa saling mentransfer file/data/informasi tanpa harus diribetkan dengan kabel. Sedangkan kalau cara yang pertama jelas bukan wireless, karena ia menggunakan kabel (wired). Dari sini udah kebayang?

Contoh Teknologi Wireless

1. Salah satu teknologi wireless yang paling dikenal oleh kita adalah bluetooth. Selain dapat bertukar data seperti mengirim file dari satu perangkat ke perangkat lain, konektivitas bluetooth juga bisa untuk bertukar informasi. Misalnya pada perangkat seperti SmartBand atau SmartWatch. Mereka akan memanfaatkan konektivitas bluetooth untuk dapat menampilkan notifikasi dari Smartphone kita.

Saat ini konektivitas bluetooth juga sedang populer digunakan untuk dapat menghubungkan smartphone dengan perangkat wireless speaker, wireless headphone, dan juga TWS (wireless earphone). Sehingga, kita tidak lagi harus mencolokkan kabel dari earphone ke smartphone.

2. Dulu, sebelum smartphone lahir ke dunia dan laptop masih menjadi barang mewah, orang-orang harus menghubungkan komputernya ke sebuah kabel khusus agar bisa mengakses internet. Kalau sekarang? Internet bisa kita akses dengan sangat mudah, tanpa harus menggunakan kabel agar bisa terhubung. Salah satunya adalah berkat jaringan seluler.

Setiap smartphone pasti memiliki jaringan seluler, yang akan aktif jika kita memasangkan SIM card dari operator seluler. Jaringan seluler inilah yang memungkinkan kita untuk saling menelpon, berkirim SMS, hingga mengakses internet, tanpa harus menghubungkan smartphone dengan kabel.

Review ROG Phone 3 Indonesia

Saat ini, internet bukan hanya sekadar untuk media mencari informasi saja. Tetapi kita juga bisa bertukar informasi secara real time, seperti misalnya saat melakukan video call. Bahkan, internet juga memungkinkan kita untuk dapat bertemu secara virtual di dalam game. Seperti yang sudah pernah saya jelaskan pada tulisan tentang apa itu server pada game.

3. Wi-Fi juga termasuk dalam teknologi wireless. Kalau kamu pernah mendengar istilah wireless network, (jaringan nirkabel) maka yang dimaksud itu adalah Wi-Fi. Sederhananya, ada sebuah perangkat yang bernama “router”, yang sebenarnya terhubung ke kabel, yang nama kabel itu akan menghubungkannya ke internet. Nah, koneksi internet yang dimiliki oleh router tersebut, akan disebarkan ke beberapa perangkat lain secara wireless, melalui jaringan Wi-Fi.

Jadi, jika kita punya laptop, smartphone, dan tablet yang mendukung teknologi Wi-Fi, maka kamu bisa menghubungkan mereka semua ke internet dengan menggunakan jaringan Wi-Fi yang disebar oleh router tadi.

Saat ini bahkan sudah ada router wireless yang disebut sebagai MiFi. Yang mana, tidak seperti router tradisional yang harus terhubung dengan kabel agar mendapatkan akses internet, perangkat MiFi akan memanfaatkan jaringan seluler yang sifatnya wireless. Penjelasan lebih lengkapnya sudah pernah saya bahas pada tulisan tentang apa itu MiFi.

4. Salah satu teknologi wireless yang masih tergolong baru dan mahal adalah NFC. Awalnya, penerapan NFC pada smartphone hanya sebatas untuk saling bertukar file berupa foto secara instan dan cepat dari satu smartphone ke smartphone lain. Namun kini, penggunaannya terus berkembang untuk hal lain yang jauh lebih berfaedah.

Termasuk misalnya untuk melakukan transaksi elektronik menggunakan smartphone, hingga memungkinkan untuk melakukan wireless charging alias mengisi daya baterai tanpa harus mencolokkan smartphone dengan kabel charger.

Berbeda dengan teknologi wireless lain, NFC hanya bisa bekerja dari jarak yang sangat dekat. Dan bahkan nyaris harus bersentuhan antara satu perangkat dengan perangkat lainnya. Misalnya, saat kita ingin melakukan pembayaran dengan smartphone via NFC, maka kita harus menempelkan smartphone pada perangkat penerima pembayaran tersebut. Atau jika misalnya kita ingin mengecek saldo e-money di kartu tol, kita harus menempelkan kartunya ke smartphone.

5. Infrared juga merupakan salah satu teknologi wireless, yang kini mulai tergerus kepopulerannya. Umumnya, saat ini infrared hanya digunakan untuk keperluan remote control saja. Termasuk juga remote AC dan juga remote TV milikmu, mereka itu menggunakan teknologi infrared.

Sebenarnya beberapa smartphone pun masih ada yang memakai teknologi ini. Namun biasanya, fungsinya juga terbatas untuk menggantikan remote TV atau remote AC saja. Tidak seperti dulu, dimana infrared biasa digunakan untuk mengirim file di bawah kolong meja belajar sekolah.

Akhir Kata …

Sebagian dari teknologi wireless yang disebutkan diatas, adalah hasil dari pemanfaatan gelombang radio. Jadi jangan dikira gelombang radio itu hanya bisa dimanfaatkan oleh kang bakso kijang satu yang sedang bertugas. Karena beberapa hal lain seperti wireless mouse pun juga memanfaatkan gelombang radio.

Nah, itulah penjelasan sederhana tentang apa itu wireless, beserta contohnya. Walaupun ternyata penjelasannya tidak singkat, namun saya harap tulisan ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P