Home Tips dan Trik Cara Mengatasi Stuck Di Kids Mode Pada Zenfone 2

Cara Mengatasi Stuck Di Kids Mode Pada Zenfone 2

32924
121
Cara Mengatasi Stuck Di Kids Mode Pada Zenfone 2 – Beberapa waktu lalu mimin mendapatkan pertanyaan dari salah satu pembaca blog ini, dimana ia mengaku bahwa perangkat ASUS Zenfone 2 yang dimilikinya stuck atau tidak bisa keluar dari Kids Mode (mode anak) yang menyebabkan perangkat tidak bisa digunakan karena ia lupa password yang digunakan untuk mengunci fitur tersebut sehingga ketika batas waktu pemakaian sudah habis (adanya pesan bertuliskan Time’s Up, UH-OH!) perangkat tidak bisa digunakan apa-apa lagi.
Stuck di mode anak

Beberapa yang lain juga mengaku bahwa ia tidak pernah mengatur password untuk Kids Mode ini sehingga ketika perangkat meminta password untuk keluar dari mode ini, ia merasa bingung dan tentu saja panik karena perangkatnya tidak bisa digunakan. Sebenarnya mode anak atau kids mode ini adalah salah satu fitur yang terdapat pada Zenfone 2 yang berguna untuk membatasi waktu bermain anak ketika menggunakan perangkat kita, dan memang diperlukan password untuk melakukan setting ataupun keluar dari fitur ini. Namun sayangnya, tidak ada fitur lupa password untuk mengembalikan perangkat ke mode normal sehingga jika kita lupa atau tidak tau password yang digunakan untuk menguncinya maka perangkat akan benar-benar tidak bisa digunakan kecuali untuk menerima telepon.


Lalu adakah solusi alternatif agar perangkat bisa keluar dari mode anak dan digunakan secara normal kembali? Jawabannya adalah ada, namun solusi atau cara ini sangat beresiko. Meski demikian tidak ada salahnya kan jika kita mencobanya? Dan disini mimin akan berbagi pengalaman tentang solusi tersebut yang sudah diuji coba oleh salah satu pembaca blog ini yakni dengan cara melakukan factory reset melalui recovery mode. Sebelumnya perlu dicatat bahwa cara ini akan menyebabkan :
  • Semua data dan aplikasi pada perangkat akan terhapus
  • Jika gagal, perangkat akan mengalami bootloop (kemungkinannya kecil)
Baiklah, sekarang mimin akan memberikan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengatasi hal ini. Silahkan dibaca dan diikuti dengan hati-hati untuk menghindari resiko yang mungkin terjadi, dan tentu saja Do With Your Own Risk! (Resiko ditanggung sendiri).

1. Pastikan baterai berada di kisaran 50% keatas. Atau untuk amannya silahkan lakukan charging terlebih dahulu hingga baterai penuh. Dan JANGAN MENCOBA CARA INI SAMBIL MELAKUKAN CHARGING!

2. Jika sudah, matikan perangkat dan pastikan suhu perangkat dalam keadaan dingin. Hal ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Karena ketika mimin mencoba melakukannya sambil mengabaikan kedua poin pertama ini, perangkat mimin mendadak mati ketika proses berlangsung dan mengalami bootloop (stuck di logo ASUS).

BACA JUGA : Apa itu bootloop?

3. Sekarang, masuk ke Fastboot mode. Caranya? Dalam keadaan perangkat yang mati, tekan dan tahan tombol volume up lalu tekan dan tahan juga tombol power. Ingat, jangan sampai terbalik yaa!

4. Setelah perangkat bergetar, lepas tombol powernya saja tetapi tombol volume up nya tetap ditahan Hingga masuk ke Fastboot mode seperti pada foto dibawah ini, keterangan ditunjukkan oleh kotak nomor 1.

Masuk ke fastboot mode

5. Jika sudah, sekarang perhatikan kotak nomor 2 yang ditunjukkan pada gambar diatas. cari dan pilih Recovery mode pada kotak tersebut. Caranya adalah dengan menekan tombol volume (atas atau bawah) untuk memilih menu di kotak tersebut. Jika sudah ketemu menu bertuliskan Recovery Mode, silahkan klik tombol power untuk mengkonfirmasi. Lalu perangkat akan melakukan boot singkat, dan akan mengeluarkan pesan error seperti pada gambar dibawah ini.

Pesan Error

6. Jangan panik, ini normal. Sekarang untuk melanjutkan silahkan ikuti langkah ini (jangan sampai terbalik). Tekan dan tahan tombol power kemudian tekan tombol volume up sekali saja dengan tetap menahan tombol power hingga muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini.

Wipe data ASUS Zenfone 2

7. Sekarang pilih menu Wipe data/Factory reset dengan cara menekan tombol volume up atau down untuk memindahkan highlight dan tekan tombol power untuk memilihnya. Dan tunggu beberapa saat sambil berdoa agar proses berjalan dengan lancar.

Setelah selesai, seharusnya perangkatmu sudah bisa digunakan kembali seperti semula. Namun kamu perlu melakukan setting ulang seperti ketika baru membeli perangkat. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Silahkan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan info menarik lainnya. Jangan lupa juga untuk like dan follow kita yaa. Semoga bermanfaat 😀

SHARE

Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P

121 COMMENTS

  1. Aduh aku terlambat. Kemarin hp.ku sempet ky gt. Tpi berhubung gak tau,y udah dikembaliin lgi kyk dri pabrik.nya dan akhir.nya semua foto dan video yang tersimpan di memory internal ilang deh semua.sekrg tinggal galau.nya ja. Karna nggak bisa balikin fto2.nya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here