Tips Memilih Smartphone Terbaik Sesuai Budget

Tips Memilih Smartphone Terbaik Sesuai Budget – Memiliki smartphone saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan. Ponsel pintar memiliki banyak kegunaan bukan sekadar untuk telepon atau mengirim pesan saja. Kebutuhan akan ponsel pintar kian meningkat terutama saat pandemi yang melanda selama hampir setahun belakangan. Banyak aktivitas yang akhirnya harus dialihkan pada benda kecil berbentuk persegi panjang itu.

Bukan hanya anak muda saja, orang tua dan anak-anak pun kini dituntut bisa menggunakan smartphone serta fitur dan aplikasi-aplikasi yang ada. Lantas bagaimana sebaiknya memilih ponsel pintar yang sesuai dengan kebutuhan dan gadget? Apakah harus yang mahal dan canggih? Atau yang murah saja tetapi memiliki teknologi yang tak kalah canggih?

Dewasa ini, membeli smartphone bukan saja bisa dilakukan secara offline, membeli secara online pun sangat bisa, lho! Bahkan, toko-toko online seringkali memberikan diskon khusus atau flash sale.

Mau membeli smartphone sesuai budget? Anda bisa membeli smartphone terbaik di Erafone. Mengapa Erafone? Erafone memiliki jaringan toko offline yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Di Jakarta saja, Erafone memiliki lebih dari 45 cabang. Untuk toko offline, Erafone mempunyai beberapa program promosi unggulan seperti, promo sale hingga 54% dan tukar tambah gadget. Tidak perlu khawatir tentang keaslian produk yang Anda beli karena Erafone hanya menjual produk-produk bergaransi resmi.

Pentingnya Memiliki Smartphone Berkualitas

Photo by snowing – www.freepik.com

Tanpa bisa dipungkiri smartphone adalah kebutuhan yang tidak bisa ditunda saat ini. Kemajuan teknologi dan jaringan menjadikan ponsel pintar berubah dari kebutuhan tersier menjadi kebutuhan sekunder bahkan primer. Berbagai macam alasan diungkapkan oleh beberapa pengguna yang merasa smartphone sangat penting dalam hidup mereka.

Salah satu alasan itu adalah keamanan dan keselamatan. Secara tidak langsung seseorang akan merasa aman ketika mereka bisa membawa smartphone kemana-mana. Supaya tidak tersesat bisa menggunakan gmaps, memasang aplikasi pelacak jika sewaktu-waktu mereka dalam bahaya. Bahkan ketika ada seseorang yang mencurigakan, kegiatan pura-pura menelpon bisa membebaskan mereka dari rasa tegang dan lolos dari ancaman.

Alasan lainnya adalah memudahkan komunikasi, transaksi keuangan atau belanja, memperoleh informasi, dan masih banyak lagi. Contohnya kita tidak perlu repot ke kantor pos untuk sekadar tahu nomor kodepos. Atau tidak payah lelah ke kantor pemerintahan untuk sekedar tahu nomor kode wilayah. Kita juga tidak perlu kamera besar untuk membuat kenangan berupa foto atau video, menonton pun tidak perlu jauh ke bioskop. Semua bisa diakses melalui ponsel pintar.

Cara Memilih Smartphone Terbaik

Photo by pch.vector – www.freepik.com

Begitu banyak jenis ponsel pintar atau smartphone yang ditawarkan. Masing-masing merk dan tipe memiliki keunggulan dan kekurangan. Maka dari itu, penting untuk memilih mana smartphone terbaik dan sesuai dengan dana atau budget yang kita punya. Nah berikut beberapa tips dan cara memilih ponsel agar tidak menyulitkan Anda:

  • List kebutuhan fungsi yang Anda butuhkan dari smartphone yang akan dimiliki

Akan lebih baik jika fungsi-fungsi tersebut berhubungan erat dengan pekerjaan yang Anda geluti sekarang. Jadi, smartphone ini bukan sekadar gadget untuk hiburan atau untuk komunikasi saja melainkan dapat menjadi sumber mata pencaharian Anda.

  • Cari referensi

Cari referensi melalui website atau situs-situs terpercaya yang bisa menjelaskan secara detail spesifikasi ponsel dan berikut harganya. Anda bisa mengunjungi website, situs resmi dari merk ponsel tertentu atau mengunjungi e-market.

  • Review

Jika pilihan-pilihan tadi sudah mengerucut menjadi 2-3 buah ponsel, Anda bisa melihat review smartphone dari video-video atau juga website. Saat ini banyak sekali yang berbaik hati menyampaikan ulasan mengenai sebuah smartphone secara lengkap. Bukan hanya keunggulannya saja, tetapi kekurangan sebuah ponsel juga bisa kita ketahui. Hal ini akan membuat kita lebih aware dalam penggunaan ketika nanti akan memiliki ponsel tersebut.

  • Budget

Sesuaikan dengan dana keuangan Anda saat ini. Siapa bilang ponsel canggih pasti mahal? Saat ini banyak ponsel pintar dengan banyak fitur dan kualitas yang baik tetapi harganya cukup terjangkau. Selama bisa menunjang karier dan mampu memenuhi kebutuhan Anda, mengapa tidak?

  • Brand

Jauhkan rasa gengsi dan rasa ingin “pamer” dengan hanya ingin membeli smartphone mahal dengan merek premium saja. Tidak mengapa jika budget Anda saat ini memang berlebih dan Anda tidak memiliki tanggungan atau kewajiban lain untuk dibayar. Namun, akan lain ceritanya jika budget Anda saat ini masih pas-pasan atau kurang dan masih banyak kebutuhan lain yang harus dipenuhi.

  • Dimana Membeli Smartphone Berkualitas

Membeli sebuah ponsel pintar memang membutuhkan banyak pertimbangan. Mulai pemilihan jenis, type, merk hingga tempat atau toko pembelian. Tentu kita menginginkan ponsel terbaik dengan harga terbaik pula. Beberapa tempat memang memiliki kualitas berbeda. Pertimbangan dalam memilih tempat pembelian barang elektronik seperti ponsel biasanya berhubungan dengan harga, keaslian produk, kelengkapan produk, keamanan serta kenyamanan bertransaksi.

Oleh karena itulah, sebuah toko atau mall yang memiliki promo harga atau diskon, memberi garansi keaslian produk, ponsel jenis apa saja ada, menjamin keamanan dan kenyamanan bertransaksi akan ramai oleh pengunjung. Anda pun pasti akan senang jika berbelanja di tempat seperti ini. Bahkan, Anda akan dengan senang hati merekomendasikan tempat tersebut pada orang lain.

  • Membeli Smartphone Terbaik di Erafone

Erafone adalah tempat yang direkomendasikan oleh banyak pelanggan karena mempunyai kualitas produk dan pelayanan terbaik. Ponsel pintar dengan merek, tipe dan jenis apa saja bisa Anda temukan di sini. Cabangnya ada di berbagai provinsi di Indonesia. Tidak masalah jika di kota Anda ternyata belum ada, Anda bisa membelinya secara online.

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P