Beranda News Begini Langkah Untuk Menghentikan Paket Unlimited 3 (Tri)

Begini Langkah Untuk Menghentikan Paket Unlimited 3 (Tri)

119

Begini Langkah Untuk Menghentikan Paket Unlimited 3 (Tri) – Sebelum ke pembahasan utama, ijinkan saya bercerita sedikit mengenai apa yang saya keluhkan. Setahun belakangan ini saya sudah beralih menggunakan operator seluler 3 sebagai provider internet untuk semua perangkat termasuk smartphone dan laptop yang saya gunakan.

Alasannya adalah saya rasa internetnya stabil, latensi-nya rendah, serta kecepatannya yang menurut saya sangat bagus di lokasi saya berada. Sangat jauh lebih bagus dari berbagai sisi dibandingkan dengan “Internet rumahan” yang mewajibkan kita untuk “restart modem” setiap kali ada masalah. Yang lebih menggiurkan lagi, paket internetnya pun saya rasa punya harga yang kompetitif.

Selama ini, saya menggunakan paket internet Unlimited + AON 6GB atau 10GB. Yang mana ternyata beberapa bulan belakangan, kebijakan paketnya itu sudah berubah. Kalau dulu, paket unlimited yang berlaku mulai jam 00:01 sampai 17:00 tersebut memberlakukan FUP harian sampai 1.5GB. Setelah jam 17:01, kita akan menggunakan kuota AON alias kuota reguler.

Namun ternyata, beberapa bulan belakangan ini (sepertinya sejak menjelang akhir tahun 2020) kebijakan FUP tersebut diganti menjadi FUP bulanan sebesar 15GB, bukan harian 1.5GB. Padahal kan justru sekarang-sekarang ini kita lagi butuh kuota internet yang banyak untuk segala urusan online?! Jadilah saya harus rela internetan dengan lemot karena sudah melewati FUP sebelum jangka waktu sebulan. Tapi (saat itu) masih nggak apa-apa, kecepatannya masih cukup lah. Walaupun kalau buat download atau upload, sangat jauh beda rasanya.

Nah, puncaknya adalah ketika kemarin, alias hari sebelum tulisan ini saya publish, ternyata penggunaan internet saya dikatakan sudah melewati 20GB. Yang mana mungkin, 20GB itu adalah batas FUP kedua dari paket unlimited Tri Indonesia. Hasilnya? Internet pun jadi super lemot. Hingga jika digunakan untuk browsing saja itu rasanya harus super duper ultra sabar maximum. Padahal kemarin itu, saya berniat untuk meng-upload video baru tentang gaming test ROG Zephyrus G14 di channel YouTube Techijau.

Sejak saat itu, saya merasa bahwa paket tri unlimited 01-17 tersebut sudah tidak lagi cocok untuk saya. Dan saya memutuskan untuk beralih menggunakan pilihan paket lain yang menggunakan kuota saja (bukan unlimited). Masalahnya adalah ..

Saya sedang membutuhkan internet cepat pada saat itu juga. Sedangkan pada saat itu, saya masih dalam status aktif menggunakan paket unlimited. Kalaupun saya beli paket baru, saya khawatir bahwa ia akan tetap menggunakan kecepatan lemot dari paket unlimited yang sudah melewati FUP tadi. Saat itu, saya juga masih memiliki kuota AON alias kuota reguler sekitar 2GB lebih. Saya berpikir, apakah bisa untuk menghentikan paket unlimited-nya saja, agar kuota regulernya bisa digunakan tanpa harus menunggu jam 17:01?

Saya pun mencari cara untuk menghentikan paket unlimited 3 yang masih berlaku tersebut pada aplikasi Bima+. Sayangnya, saya tidak menemukannya. Saya coba browsing dan ikuti petunjuk yang disampaikan untuk unreg unlimited 3, ternyata hasilnya pun seperti ini:

Unreg unlimited 3

Sempat frustasi rasanya gara-gara internet lemot ini. Untungnya saya tidak menyerah, hingga menemukan cara unreg unlimited Tri dengan sukses. Caranya adalah seperti ini:

  • Pertama, buka aplikasi SMS di hape kita
  • Untuk nomor telpon, masukkan 234 seperti pada gambar di bawah
  • Ketik kata “STOP UNLTD”, tanpa tanda petik, dan harus huruf besar semua
  • Kirim SMS tersebut, dan tunggu balasan dari Tri

Cara unreg unlimited triNah, segera setelah kita mendapatkan SMS seperti yang ditunjukkan pada gambar diatas, maka saat itu kita sudah resmi berhenti menggunakan internet unlimited 3. Kabar baiknya, ternyata sisa kuota AON alias kuota reguler yang masih saya miliki, tidak ikut hangus. Sehingga, saya bisa internetan menggunakan kuota reguler tersebut. Dengan kecepatan penuh tentunya.

Saya pun dapat internetan dengan lancar kembali. Saat ini, saya mencoba menggunakan paket internet home dari 3. Karena ia menawarkan kuota yang cukup besar. Dan semoga saja tidak ada perubahan kebijakan yang memberatkan di kemudian hari, seperti halnya yang terjadi pada paket unlimited tri.

Itulah pengalaman saya tentang pencarian cara stop paket 3 unlimited, hingga menemukan cara yang benar. Semoga bisa bermanfaat buat kamu yang juga sedang mengalami hal serupa dengan saya. Oh iya, jika kamu adalah seorang gamers mobile, mungkin kamu juga akan menyukai tulisan tentang pencarian operator seluler terbaik untuk game online.

Artikel sebelumnyaKamera Makro di Hape Itu Buat Apa Sih?
Artikel selanjutnyaSamsung Galaxy A02s Resmi Hadir di Indonesia, Ini Fitur & Harganya
Admin Techijau.com | Kurang pandai mainan socmed, khususnya IG

119 KOMENTAR

  1. Klo paket unlimited tiktok tapi udah kita berentiin dari bima+ nya gimana yaa ko saya buka tiktok lagi tu loding lama bngt ga kebuka ” soalnya saya mau make tiktok tapi g bisa gara” pake paket unlimited tiktok yg udh saya berentiin

  2. Blog ini sangat membantu sekali, dengan keadaan saya yang sebal karena tidak bisa main valorant dengan lancar. Terimakasih pa Pandu, GG Pak

  3. Mas, kalo paket unlimited nya dari pengisian sebelum nya masih. Tapi udah fup. Lalu ngisi lagi unlimited. Kan unlimited nya masih paket yg kemaren. Dan udh super lemot. Itu kalo dimatikan. Paket yg baru apa juga ikut mati ya mas ?? Terimakasih. Semoga dibls

    • 1. Sependek pengetahuanku, kalo paket unlimited pertama yang udah FUP, terus dibelikan paket unlimited lagi (kedua), ikutnya bakal ke paket unlimited yang kedua. Dan FUP nya bakal diperbarui, mengikuti FUP paket yang kedua. Jadi seharusnya nggak lemot lagi.
      2. Kalo udah masang paket unlimited dua kali seperti contoh diatas, aku belum pernah coba buat matikan paketan seperti ini sih. Tapi seharusnya kalau misal kita matikan (unreg), maka semua paket unlimited-nya bakal dimatikan. Soalnya kan paket yang pertama udah ketumpuk sama paket yang kedua.

      • Iya mas, kemaren aku coba. Dan sekarang paket unlimited ku gak bisa. Kemaren non aktifkan pket unlimited yg sebelum nya bisa. Dan sekarang pket unlimited yg baru udah gk bisa. Padahal masih banyak, dan masa berlaku juga masih lama. Yg bisa reguler nya aja.
        Terimakasih mas..

  4. Bang kalo ada paket unlimited lain (unlimited youtube) selain yang 01-17 itu hilang gak kalo di unreg pake kode itu?. Apa cuma yang unlimited 01-17 aja. Soalnya kalo yang unlimited youtube hilang juga kan rugi.

  5. Terima kasih atas saran nya, kartu tri semenjak gabung indosat, paketannya jadi gak jelas
    Makin mahal pula
    Ada kuota gratis, ada kuota reguler yang lain, kalo masih terdaftar paket AON unlimited , dari jam 01.00-17.00 gak bisa di gunakan, gak kaya dulu, gak jelas
    Unlimited tapi kok di batasin sekarang, mending ganti provider laen

  6. Setelah fup selemot itu kah? Ada referensi paket murah g bang? W dah make paket legend sih yang harian, nah ini buat adek gw awalnya w mau nyaranin paket unli ini karena setau gw dulu paketnya 1gb/hari terus kena fup, pas gw cek taunya kebijakannnya jadi bulanan gini, jadi bingung paket murah apa yg cocok

    • Kebutuhannya buat apa kak?
      Ini yang super lemot itu setelah kena FUP kedua sih. FUP pertama (setelah 15GB) masih cukup lah buat ini itu. Tapi kalo udah kena peringatan FUP lagi, udah, rasanya gak bisa diapa-apain.

  7. terima kasih banyak udah sharing kak, sudah langsung bisa sudah beberala hari ini saya jg cari cara buat berenti paket unlimited 01.00-17.00, untungnya ketemu dsini udah gak hrus beli booster lagi buat menstabilkan jaringan

  8. Tadi saya coba langsung bisa alhamdulillah,, terima kasih banyak sudah sharing, sangat bermanfaat semoga lancar terus rejeki nya & sehat selalu…

  9. Makasih banyak kak informasinya. Aku jg sebel drtd lemot krn paket unlimited . Terima kasih ya Allah semoga kk yang memberikan informasi bisa mendapatkan rezeki dan kesehatan lebih baik. AAMIIN.

  10. mass makasi banyakk, aku juga mengalami kendala yg samaa persis spt yg mas tulis, wah parah sih 3, bisa bisanya fup jadi 15gb, di apl gaada opsi stop kuota lagii huhuu, udah beli kuota baru tetep yg disedot kuota unlimited ya sia sia beli baru tapi tetep lemot, mana lagi zoom keluar2 teruss, kesel banget, sabarrr

  11. Terima kasih bang ini membantu banget karna WFH banyak banget meeting online karna pakai unlimited jadi cukup frustasi karna lemot parah

  12. Wah, tulisannya sangat bermanfaat dan kebetulan saya mengalami kendala yang kurang lebih sama. Terima kasih banyak kak informasinya

  13. bang mau nanya kalo kuota nya kuota unlimited youtube gimana cara berhentiin nya, soalnya saya ikutin yg cara diatas tapi dibilang “tidak memiliki paket unlimited”

  14. Kalau kita stop unlmtd sebelum sebulan (krna lemot bngt), lalu kita pasang unlmtd lagi, itu terpasang yg baru kan mas? Bukan yg lama yg muncul lagi?

  15. mantap bang , kuota home gw udh work lagi πŸ˜€ , tapi napa home yg 117gb (17gb 24jam,60gb 01-17,40gb weekend) tapi di gua keisinya 117GB(8GB 24 jam ,60gb 01-17 ,37GB weekend)= total 105GB dah hubungi call center susah bet ;=(,btw thanks infonya.

  16. INI YANG SAYA ALAMI DETIK INI,MO DIPAKAI BUAT UAS AJ BROCING NYA HARUS SUPER DUPER EXTRA COMBO SABAR YANG SESABARSABARNYA. TERIMAKASIH BANG DAH BAGI CARA INI.ALHAMDULILLAH YA ALLAH

  17. Thank you bang! Kesel bet gara-gara 3 ngasih kuota bonus unlimited habis ngisi pulsa. Jaringan jadi lemot parahhh, kuota paket Home yang masih banyak jadi gk kepake deh. Bangke emang si provider 3 nih!

  18. THANK YOU BAAANG. Yaampun udah pegel banget pake speed lemot. Makasih banyak yaaaa semoga sehat terus dan dimudahkan urusannyaa. Sekali lg THANK YOUU

  19. TERBAIK….
    Dari 0.67 MBps langsung lompat ke 25.7 MBps
    Lega..

    Kuota hidup semua, tidak ada yang hangus
    Hanya unlimited yang hilang
    Speed langsung balik ke sewajarnya berinternet

  20. Terimakasih ka akhirnya saya bisa stop unlimited 3. Setelah membaca artikel kaka, sebelumnya saya sudah langganan paket home namum belakangan ini saya sedang kekurangan biaya untuk beli paket home jdi beralih ke unlimited ini tpi rasanya saya menyesal dan kembali lagi ke paket home haha, sekali lagi terima kasih ka

BERIKAN KOMENTARMU

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini