Begini Langkah Untuk Menghentikan Paket Unlimited 3 (Tri)

Begini Langkah Untuk Menghentikan Paket Unlimited 3 (Tri) – Sebelum ke pembahasan utama, ijinkan saya bercerita sedikit mengenai apa yang saya keluhkan. Setahun belakangan ini saya sudah beralih menggunakan operator seluler 3 sebagai provider internet untuk semua perangkat termasuk smartphone dan laptop yang saya gunakan. Alasannya adalah saya rasa internetnya stabil, latensi-nya rendah, serta kecepatannya yang menurut saya sangat bagus di lokasi saya berada. Sangat jauh lebih bagus dari berbagai sisi dibandingkan dengan “Internet rumahan” yang mewajibkan kita untuk “restart modem” setiap kali ada masalah. Yang lebih menggiurkan lagi, paket internetnya pun saya rasa punya harga yang kompetitif.

Selama ini, saya menggunakan paket internet Unlimited + AON 6GB atau 10GB. Yang mana ternyata beberapa bulan belakangan, kebijakan paketnya itu sudah berubah. Kalau dulu, paket unlimited yang berlaku mulai jam 00:01 sampai 17:00 tersebut memberlakukan FUP harian sampai 1.5GB. Setelah jam 17:01, kita akan menggunakan kuota AON alias kuota reguler.

Namun ternyata, beberapa bulan belakangan ini (sepertinya sejak menjelang akhir tahun 2020) kebijakan FUP tersebut diganti menjadi FUP bulanan sebesar 15GB, bukan harian 1.5GB. Padahal kan justru sekarang-sekarang ini kita lagi butuh kuota internet yang banyak untuk segala urusan online?! Jadilah saya harus rela internetan dengan lemot karena sudah melewati FUP sebelum jangka waktu sebulan. Tapi (saat itu) masih nggak apa-apa, kecepatannya masih cukup lah. Walaupun kalau buat download atau upload, sangat jauh beda rasanya.

Nah, puncaknya adalah ketika kemarin, alias hari sebelum tulisan ini saya publish, ternyata penggunaan internet saya dikatakan sudah melewati 20GB. Yang mana mungkin, 20GB itu adalah batas FUP kedua dari paket unlimited Tri Indonesia. Hasilnya? Internet pun jadi super lemot. Hingga jika digunakan untuk browsing saja itu rasanya harus super duper ultra sabar maximum. Padahal kemarin itu, saya berniat untuk meng-upload video baru tentang gaming test ROG Zephyrus G14 di channel YouTube Techijau.

Sejak saat itu, saya merasa bahwa paket unlimited dari Tri Indonesia tidak lagi cocok untuk saya. Dan saya memutuskan untuk beralih menggunakan pilihan paket lain yang menggunakan kuota saja (bukan unlimited). Masalahnya adalah ..

Saya sedang membutuhkan internet cepat pada saat itu juga. Sedangkan pada saat itu, saya masih dalam status aktif menggunakan paket unlimited. Kalaupun saya beli paket baru, saya khawatir bahwa ia akan tetap menggunakan kecepatan lemot dari paket unlimited yang sudah melewati FUP tadi. Saat itu, saya juga masih memiliki kuota AON alias kuota reguler sekitar 2GB lebih. Saya berpikir, apakah bisa untuk menghentikan paket unlimited-nya saja, agar kuota regulernya bisa digunakan tanpa harus menunggu jam 17:01?

Saya pun mencari cara untuk menghentikan paket unlimited 3 yang masih berlaku tersebut pada aplikasi Bima+. Sayangnya, saya tidak menemukannya. Saya coba browsing dan ikuti petunjuk yang disampaikan untuk unreg unlimited 3, ternyata hasilnya pun seperti ini:

Unreg unlimited 3

Sempat frustasi rasanya gara-gara internet lemot ini. Untungnya saya tidak menyerah, hingga menemukan cara unreg unlimited Tri dengan sukses. Caranya adalah seperti ini:

  • Pertama, buka aplikasi SMS di hape kita
  • Untuk nomor telpon, masukkan 234 seperti pada gambar di bawah
  • Ketik kata “STOP UNLTD”, tanpa tanda petik, dan harus huruf besar semua
  • Kirim SMS tersebut, dan tunggu balasan dari Tri

Cara unreg unlimited triNah, segera setelah kita mendapatkan SMS seperti yang ditunjukkan pada gambar diatas, maka saat itu kita sudah resmi berhenti menggunakan internet unlimited 3. Kabar baiknya, ternyata sisa kuota AON alias kuota reguler yang masih saya miliki, tidak ikut hangus. Sehingga, saya bisa internetan menggunakan kuota reguler tersebut. Dengan kecepatan penuh tentunya.

Saya pun dapat internetan dengan lancar kembali. Saat ini, saya mencoba menggunakan paket internet home dari 3. Karena ia menawarkan kuota yang cukup besar. Dan semoga saja tidak ada perubahan kebijakan yang memberatkan di kemudian hari, seperti halnya yang terjadi pada paket unlimited tri.

Itulah pengalaman saya tentang pencarian cara unreg unlimited tri, hingga menemukan cara yang benar. Semoga bisa bermanfaat buat kamu yang juga sedang mengalami hal serupa dengan saya.

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P