Perbedaan Optical Zoom Dengan Digital Zoom

Perbedaan Optical Zoom Dengan Digital Zoom

1398
0
SHARE

Perbedaan Optical Zoom Dengan Digital Zoom – Mungkin sebagian dari kamu pernah mendengar bahwa ketika melakukan aktivitas memotret dengan menggunakan kamera hape (smartphone), kita sangat disarankan untuk menghindari yang namanya zoom. Dan mungkin sebagian dari kamu juga bertanya-tanya, “Kenapa sih kita gak boleh nge-zoom kalo pake kamera hape?”.

Itu karena, pada sebagian besar smartphone yang beredar saat ini tidak dibekali dengan fitur optical zoom pada kameranya, dan masih mengandalkan digital zoom untuk urusan ini, sehingga kualitas gambar yang dihasilkan bisa dipastikan takkan memuaskan. Hemm, memangnya apa sih perbedaan antara optical zoom dengan digital zoom pada kamera?

Oke, disini, mimin akan coba jelaskan kepada kamu semua soal perbedaannya dengan menggunakan “bahasa orang awam”, agar lebih mudah untuk dimengerti.

Apa Itu Optical Zoom?

Optical zoom sering kali disebut juga sebagai zoom (pembesaran) yang sebenarnya, setidaknya itu kata mastah-mastah fotografi. Misalnya, kita menggunakan kamera beresolusi 18 megapixel dengan lensa yang mengusung kemampuan optical zoom. Gambar yang dihasilkan ketika kamu mengambil foto tanpa melakukan zoom akan nampak seperti ini (ini misalnya loh yaa..)

Apa itu optical zoomUkuran dari gambar tersebut adalah 18 megapixel. Nah disini misalnya kita ingin mengambil gambar lain dengan lebih berfokus pada burung yang terdapat di puncak pohon itu, sehingga kamu mesti melakukan zooming. Ketika kita akan mengambil gambar dan melakukan zooming (pembesaran gambar, agar telihat dan terkesan lebih dekat) menggunakan optical zoom, maka akan terdapat bagian dari lensa yang bergerak, sehingga gambar yang bisa kita lihat dan ambil akan nampak lebih besar dan terkesan lebih dekat.

BACA JUGA : Apa itu megapixel pada kamera?

Perbedaan optical zoom dengan digital zoomUkuran gambar yang dihasilkan akan tetap sama dengan ketika kita mengambil foto tanpa melakukan zoom, yakni 18 megapixel. Sehingga, bisa dipastikan kualitas gambar yang dihasilkan pun akan tetap terjaga, tajam dan terpercaya tidak pecah.

Apa Itu Digital Zoom?

Sedangkan digital zoom adalah sebuah metode pembesaran gambar yang sebenarnya adalah hasil cropping dari gambar yang sudah ada, sehingga sebenarnya kamera tidak benar-benar melakukan zooming karena tidak ada elemen lensa yang bergerak untuk melakukan pembesaran gambar (agar nampak lebih dekat), seperti pada optical zoom. Misalnya pada contoh gambar dibawah ini, yang diambil dengan kamera beresolusi 18 megapixel tanpa kemampuan optical zoom.

Apa itu digital zoomGambar diatas adalah gambar asli sebelum kita melakukan digital zoom, memiliki resolusi atau ukuran 18 megapixel. Nah, ketika kita memutuskan untuk melakukan zooming (digital zoom) agar gambar lebih berfokus pada burung yang berada di puncak pohon, sebenarnya kamera hanya akan memotong / cropping bagian gambar (yang ditandai dengan kotak berwarna merah) yang ada, sehingga ukuran dari gambar pun akan berkurang, dari semula 18 megapixel menjadi hanya (misalnya) 4 megapixel saja, atau bahkan mungkin bisa lebih kecil lagi, tergantung seberapa besar kita melakukan digital zoom.

Efek buruk digital zoomHasilnya? Gambar akan nampak pecah dan sering kali efek noise akan terlihat cukup jelas (khususnya ketika kita menggunakan ISO yang besar). Dan jelas, kualitas foto pun tidak akan sebaik ketika kita melakukan zooming dengan optical zoom.

BACA JUGA : Apa itu noise pada kamera?

Jadi, yaa jangan heran kalau para mastah fotografi sangat tidak menyarankan untuk melakukan zoom ketika kita menggunakan kamera hape yang pada umumnya tak memiliki kemampuan optical zoom.

Sekarang sudah paham kan perbedaan antara optical zoom dengan digital zoom? Iya, semoga bisa dipahami yaa maksud dari tulisan mimin diatas. Oke, mungkin itu aja sih untuk posting kali ini. Kamu bisa menjelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan info menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY