7 Rahasia Ampuh Menjadi Brand Unik Anti Plagiat

Langkah Membuat Brand yang Unik – Persaingan di dunia bisnis online memang semakin ketat. Terbukti dari banyaknya jenis bisnis online bermunculan. Beraneka macam brand juga muncul dan membuat kita harus semakin kreatif agar bisa bersaing secara sehat. Jasa Joomla hosting menjadi salah satu jalan pembuka bagi Anda untuk mengembangkan bisnis yang unik dan kredibel.

Kenapa Harus Unik?

Langkah membuat brand unik
vector created by vectorjuice – www.freepik.com

Mengapa bisnis yang Anda jalankan harus memiliki nilai unik? Keunikan dalam suatu bisnis merupakan poin lebih yang akan sangat menguntungkan. Jika bisnis yang Anda jalankan unik, maka akan lebih mudah bagi masyarakat untuk mengenalinya. Produk yang Anda jual pun akan lebih diminati karena ada nilai keunikan tersendiri.

Di zaman sekarang ini, persaingan bisnis semakin tinggi. Jika tidak ada nilai pembeda antara bisnis Anda dengan jenis bisnis yang lain maka akan sulit untuk bertahan. Anda harus bisa menghadirkan sebuah ide bisnis yang unik. Itulah mengapa penting sekali untuk melakukan riset sebelum memulai bisnis, agar bisa mendapatkan ide yang segar dan unik.

BACA JUGA : 7 Ide dan Tips Digital Marketing untuk Budget Terbatas

Selain itu, nilai unik juga akan membuat Anda terbebas dari tuduhan plagiat. Jika bisnis dan produk yang Anda miliki unik, artinya tidak ada unsur plagiat dengan produk yang lain. Ini juga akan menjadi nilai lebih yang dipertimbangkan oleh calon konsumen sebelum membeli suatu produk.

Cara Membuat Brand Unik

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan suatu bisnis juga brand yang unik. Tak harus bergantung pada jenis brand yang lain, Anda pasti bisa menghasilkan ide-ide unik yang menarik. Berikut adalah 7 cara membuat brand yang unik.

1. Cari Banyak Referensi

Langkah pertama adalah mencari referensi sebanyak mungkin. Pencarian referensi akan membantu memperkaya ide yang ada di kepala Anda. Tapi ingat, pencarian referensi ini dilakukan bukan untuk meniru ide-ide tersebut. Lihat saja seperti apa brand-brand yang saat ini bermunculan. Lihat ada jenis bisnis seperti apa saja yang saat ini berkembang di masyarakat.

Dari semua brand serta bisnis yang Anda amati, temukan poin apa yang belum mereka hadirkan. Temukan hal-hal yang belum Anda temui dari semua bisnis tersebut. Ini bisa menjadi ide bagi Anda untuk menghadirkan bisnis yang berbeda dan unik. Referensi bisnis bisa dicari dari banyak sumber terutama media sosial dan marketplace.

2. Pikirkan Nama Brand

Setelah mendapatkan ide bisnis yang dianggap unik, segera temukan nama brand yang tepat. Nama ini akan menjadi identitas dari bisnis Anda. Artinya nama ini harus benar-benar unik dan berbeda. Hindari kesamaan nama bisnis dengan bisnis yang sudah ada sebelumnya. Ini akan membuat bisnis Anda sulit untuk dikenal oleh orang lain.

BACA JUGA : Peran Website dalam Dunia Bisnis Online

Penentuan nama brand bisa membutuhkan waktu yang lama. Anda bisa mencari referensi dari banyak sumber sebagai inspirasi. Setelah menentukan sebuah nama, coba lakukan pencarian dengan nama tersebut. Pastikan bahwa nama yang akan Anda gunakan tidak ditemukan pada bisnis manapun. Anda harus memeriksa bahwa nama tersebut belum pernah dipakai sehingga tidak akan muncul tuduhan plagiat.

3. Buat Logo yang menarik

Jika nama brand sudah ditentukan dan dipastikan tidak ada yang menyamai, maka segera buat logo. Sama seperti nama brand, logo ini juga menjadi sebuah identitas. Identitas ini sangat penting karena akan menjadi media pengenal kepada masyarakat. Masyarakat akan mengenali brand dan produk Anda lewat logo yang dipakai.

Pembuatan logo harus dilakukan sebaik mungkin dengan mempertimbangkan sisi keunikan. Pastikan logo yang dipakai unik dan belum pernah dipakai sebelumnya. Sekali lagi pencarian referensi masih penting untuk dilakukan. Anda bisa mencari referensi dari beragam jenis sumber agar bisa mendapatkan ide bentuk logo yang unik dan menarik.

4. Berikan Satu Unsur Pembeda

Masukkan satu poin yang unik dan beda. Poin ini harus cukup mencolok sehingga akan lebih mudah dikenali oleh calon konsumen. Misalnya, Anda akan merilis sebuah produk pakaian. Anda memilih penggunaan warna sebagai poin keunikan dari produk tersebut. Produk pakaian yang akan Anda jual hanya yang menggunakan kain dengan warna-warna menyala seperti merah, kuning, dan hijau neon.

Jika sudah menemukan satu unsur pembeda, segera populerkan dan jadikan sebagai highlight. Anda bisa membahasnya di website bisnis yang Anda miliki. Jika tidak ada website bisnis, maka segera buat dulu dengan memanfaatkan paket website murah. Tampilkan sisi unik dari brand dan produk Anda ini sebagai highlight di website maupun di media sosial yang Anda gunakan.

5. Pilih yang Out of the Box

Jangan terpaku pada tren. Justru bisnis yang Anda jalankan bisa mendapat perhatian karena berjalan out of the box. Misalnya, saat ini orang-orang banyak yang menggunakan pakaian berwarna netral. Maka buatlah ide yang out of the box dengan menghadirkan produk baju yang berwarna menyala. Buatlah sesuatu yang menyalahi tren sehingga terlihat unik dan justru punya sisi menarik.

BACA JUGA : Optimasi Pemasaran Afiliasi Lewat Thread Twitter

Lalu bagaimana dengan peminatnya di pasaran? Bukankan menghadirkan sesuatu yang sesuai tren akan lebih banyak diminati? Pemikiran ini memang tidak salah tapi juga tidak sepenuhnya benar. Justru dengan menghadirkan sesuatu yang unik dan menyalahi tren bisa membuat Anda mendapat pangsa pasar sendiri. Nilai unik dari brand Anda akan semakin terlihat dan menarik perhatian publik.

6. Gunakan Tagline Sendiri

Segera buat tagline untuk produk dan bisnis yang Anda jalankan. Tagline ini juga bisa menjadi identitas bagi bisnis Anda, sama seperti logo juga nama brand. Penggunaan tagline memang tidak wajib namun bisa sangat memberikan keuntungan. Tagline akan menjadi salah satu nilai unik yang bisa membuat publik mengenal bisnis Anda tersebut.

Pembuatan tagline perlu memperhatikan beberapa prinsip. Jangan terlalu panjang, buat tagline yang mudah diingat, serta sesuaikan dengan karakter produk yang dijual. Setiap melakukan promosi produk, jangan lupa untuk menyertakan tag line tersebut. Semakin sering tagline ini ditampilkan maka akan semakin mudah bagi publik untuk mengingatnya.

7. Tentukan Ciri Khas Brand

Anda harus bisa menentukan ciri khas dari brand yang Anda jual. Temukan apa yang menjadi identitas dari produk Anda dan membuatnya berbeda dari produk yang lain. Penentuan ciri khas ini akan mempermudah proses promosi. Setiap kali melakukan promosi, sebutkan ciri khas yang ada di produk Anda. Jadikan ciri khas tersebut sebagai suatu kelebihan dan terus informasikan kepada publik.

Setelah berhasil membuat website dengan menggunakan Joomla hosting, tampilkan segera ciri khas dari produk Anda. Buat konten di website yang menunjukkan ciri khas dari produk tersebut. Sebarkan konten ini ke media sosial agar semakin banyak orang mengenal ciri produk Anda.

BACA JUGA : Cara Efektif Membangun Personal Branding Menggunakan LinkedIn

Jika Anda berhasil membuat sebuah brand atau produk yang unik, maka akan lebih mudah untuk melangkah ke jenjang berikutnya. Lakukan promosi dengan mengunggulkan keunikan produk Anda. Tunjukkan ke publik bahwa Anda punya produk yang berbeda. Jangan lupa, manfaatkan penawaran website murah untuk membuat website sebagai media penyaring konsumen.

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P