Arti BNIB Dalam Forum Jual Beli Online

Arti BNIB Dalam Forum Jual Beli Online – Ketika sedang berniat untuk membeli sesuatu secara online, terkadang kita akan menemukan sebuah barang yang dijual dengan keterangan “kondisi BNIB”. Biasanya, istilah ini digunakan ketika ada seseorang yang menjual barang elektronik seperti misalnya laptop, smartphone, ataupun gadget lainnya.

Saya sendiri awalnya tidak mengerti apa arti BNIB tersebut. Dan setelah bertanya kesana kemari, barulah saya paham maksudnya. Nah, buat kamu yang mungkin juga bingung, di tulisan singkat kali ini saya akan menjelaskan tentang apa itu BNIB secara sederhana. Mulai dari kepanjangannya, hingga artinya dalam bahasa Indonesia.

Apa Itu BNIB?

BNIB adalah singkatan dari Brand New in Box. Yang kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, artinya adalah “masih baru di dalam kotak”. Jadi, bisa dikatakan bahwa maksud dari “kondisi BNIB” adalah, barang yang dijual tersebut masih benar-benar baru dan belum pernah dibuka dari dus box alias kemasannya.

Biasanya, yang menyertakan keterangan BNIB ini adalah penjual perseorangan, yang hanya punya unit terbatas. Karena memang mereka bukan tengkulak besar. Bahkan tak jarang yang hanya punya satu unit saja untuk dijual.

Umumnya, barang satuan yang dijual tersebut adalah barang yang “salah beli”, atau bisa juga barang hadiah yang tidak terpakai. Hingga si orang itu memutuskan untuk menjualnya saja dalam keadaan baru dan belum dibuka dari kemasan atau dusnya. Sehingga, kesucian dari barang yang ada di dalamnya pun masih terjaga.

Maka, jangan heran jika mereka yang menjual barang dengan kondisi BNIB akan sedikit sulit untuk diajak bernegosiasi, khususnya untuk urusan harga. Karena memang kondisinya bisa saja sangat berbeda dengan barang bekas yang sudah terjamah. Dan tentu saja, barang yang masih benar-benar baru pasti akan jauh lebih baik kondisi fisiknya jika dibandingkan dengan barang bekas.

Dalam forum jual beli pun, barang dengan kondisi BNIB yang dijual oleh perorangan akan lebih banyak dijadikan incaran. Khususnya bagi mereka yang menginginkan barang baru, namun dengan harga yang lebih hemat. Karena umumnya, perseorangan yang menjual barang yang masih BNIB hampir selalu menjual dengan harga dibawah pasaran agar cepat laku dan tidak kalah saing dengan toko besar yang memang menjual barang dalam jumlah banyak.

Walau demikian, jangan sampai harga yang murah itu membuat kita terlalu tergiur hingga menurunkan kewaspadaan. Karena bisa saja harga murah itu hanya dijadikan modus penipuan untuk menjaring korban. Saya sarankan bagi kamu untuk membaca tulisan tentang tips menghindari penipuan saat belanja online untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai apa arti BNIB. Silakan jelajahi blog Techijau.com ini untuk membaca berbagai istilah-istilah lain yang berkaitan tentang teknologi. Semoga bermanfaat! 🙂

Pandu Dryad
Founder techijau.com | Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :)