Cara Menyenangkan Untuk Berlatih Mengetik Cepat Versi Techijau

Cara Menyenangkan Untuk Berlatih Mengetik Cepat Versi Techijau – Ini adalah tulisan lanjutan yang masih berhubungan dengan cara menggunakan laptop bagi pemula. Dan kali ini, saya ingin membagikan tips agar kita bisa lebih mahir atau lebih cepat untuk mengetikkan kata menggunakan laptop.

Saya ingat, waktu pertama kali coba mengoperasikan komputer, saya disarankan untuk belajar mengetik terlebih dahulu. Alasannya jelas, karena nantinya, pasti kita akan sering mengetik menggunakan laptop. Entah apapun kebutuhannya.

Namun, ini justru adalah bagian yang sangat membosankan bagi saya. Hingga tak jarang saya jadi tergoda untuk berhenti latihan dan mending main game saja. Karena selain tidak tau akan membuat tulisan apa, saya masih sangat kesulitan untuk menemukan huruf-huruf yang ingin saya ketikkan. Sehingga, urusan mengetik inipun jadi memakan waktu yang sangat lama.

Bahkan setelah saya sudah punya laptop saya sendiri, persoalan mengetik ini masih menyulitkan bagi saya. Sangat jauh berbeda dengan apa yang bisa saya lakukan sekarang. Iya, kalau sekarang sih, mau ngetik dalam keadaan gelap juga nggak masalah. Karena sudah bisa mengetik tanpa harus melototin keyboard untuk mencari huruf.

Saya sendiri melewati beberapa tahapan proses, sebelum bisa benar-benar lancar saat harus mengetik di laptop. Dan berikut adalah hal yang saya lakukan:

Menyalin Tulisan

Belajar mengetik cepat
Photo created by katemangostar – www.freepik.com

Belajar mengetik tanpa tau apa yang harus kita ketikkan adalah sebuah hal yang sangat membosankan sekaligus membuang waktu. Iya, seperti apa yang saya lakukan dulu itu. Untungnya setelah punya laptop sendiri, saya menemukan sebuah solusi yang cukup efektif bagi saya. Yaitu, menyalin alias mengetik ulang tulisan yang sudah jadi.

Terserah, tulisan apa saja bisa kok. Entah itu tulisan dongeng anak-anak, penjelasan di buku pelajaran, atau apapun juga boleh. Cara ini menurut saya cukup efektif. Karena kita jadi hanya berfokus untuk bisa belajar mengetik dengan lancar, tanpa harus pusing memikirkan tentang apa yang ingin kita ketikkan. Karena, kita sudah punya petunjuk pasti tentang tulisan yang harus kita buat. Kalau bisa, lakukan hal ini setiap hari. Agar jari kita mulai terbiasa untuk mengetik di keyboard laptop.

Membuat Tulisan di Blog

Jika ternyata kamu merasa punya ketertarikan untuk membuat cerita karyamu sendiri, kamu bisa coba untuk membuat tulisan di blog. Percayalah, membuat tulisan di blog itu lebih menyenangkan daripada hanya menyimpan tulisan kita di software macam Ms. Word. Dengan catatan, tulisan yang kita buat di blog itu sebaiknya memang karya kita sendiri ya! Alias bukan menjiplak atau menyalin tulisan orang lain.

Tahap ini sebaiknya dilakukan setelah kamu merasa sudah mulai bisa membiasakan diri dengan posisi tombol-tombol pada keyboard. Tapi, jika ternyata kamu masih tahap latihan menyalin, sebaiknya kamu tulis di software macam Ms.Word saja. Atau sebagai alternatif yang gratis, kamu juga bisa pakai software WPS Office yang fungsinya sama dengan Microsoft Office. Untuk menghindarkan kamu dari software bajakan jika kamu enggan membeli Microsoft Office.

Saya sendiri awalnya sama sekali tidak tertarik untuk membuat cerita. Namun, saat coba untuk membuat tulisan di blog untuk menuangkan isi pikiran saya, eh kok malah keterusan. Salah satunya ya blog techijau yang sedang kamu baca sekarang ini. Kemampuan mengetik saya pun perlahan mulai membaik dan makin lancar seiring berjalannya waktu.

Memang, apa bedanya menulis di blog dengan menulis di software seperti Ms.Word? Bedanya adalah, menulis di blog bisa membuat kita lebih semangat karena tulisan tersebut akan bisa dibaca oleh orang lain sebagai karya. Kalau di Ms. Word? Palingan yang bisa baca cuma kita sendiri kan? Yang mana hal itu justru bikin kita merasa bosan, malas, dan capek untuk terus latihan mengetik. Mungkin kalau saya hanya menyimpan tulisan di Ms. Word, kecepatan mengetik saya tidak akan sebaik sekarang.

Bermain Game Online

Selain melakukan kedua hal di atas, saya juga melakukan latihan mengetik secara tidak langsung melalui game online yang saya mainkan. Iya, waktu itu sih, niatnya memang bukan buat latihan. Tapi murni buat main game. Ehehe ..

Tapi, oleh karena game yang saya mainkan (dulu) yaitu Seal Online, mendukung untuk berkomunikasi via chat, maka, mau tidak mau, saya pun harus mengetik untuk bisa berkomunikasi dengan yang lain. Tapi, perlu saya ingatkan bahwa cara ini sebaiknya kamu hindari jika kamu tidak ingin produktivitasmu menurun.

Karena selain adiktif dan membuang banyak waktu, belum tentu kamu akan mendapatkan lawan bicara yang mau “ngobrol” sama kamu. Apalagi jika ternyata kecepatan mengetikmu masih lambat. Bisa-bisa ditinggal duluan karena kelamaan. Ujung-ujungnya, kamu malah cuma buang waktu dan tidak jadi belajar ngetik.

Kalaupun kamu ingin belajar mengetik dengan cara yang lebih menyenangkan, kamu bisa coba untuk mampir ke situs plays.org dan cari game bernama Zombie Typing seperti pada gambar di bawah ini. Atau, kamu bisa langsung klik link ini untuk langsung menuju ke game tersebut.

Tenang saja, kamu tidak perlu download apapun untuk bisa main game-nya kok. Karena kamu bisa langsung memainkannya secara gratis melalui situs tersebut. Jadi, game ini bisa dimainkan di laptop dengan kapasitas penyimpanan kecil sekalipun. Dan kamu juga tidak perlu memakai laptop gaming untuk bisa menjalankan game di situs itu.

Game-nya sederhana aja sih. Kamu cuma perlu mengetik kata yang ada di bawah si zombie, lalu nanti si zombie nya ketembak deh. Iya, sesederhana itu.

Game latiihan mengetik cepat gratis

Di level awal, zombie nya bakal berjalan dengan kecepatan lambat. Dan seiring naiknya level, jalannya zombie bakal makin ngebut. Di sinilah tantangan serunya! Kalau ketikanmu salah atau tidak cukup cepat, hingga membuat zombie memukul karaktermu, maka kamu akan kalah.

Cara mengetik cepat menggunakan game

Walau sederhana, saya rasa game ini cukup berguna untuk membantu kita berlatih mengetik cepat, dengan cara yang menyenangkan. Satu-satunya kekurangan dari game Zombie Typing dari Plays.org adalah, kata yang ditampilkan cuma tersedia dalam bahasa Inggris saja. Jadi mungkin agak sulit bagi kamu yang kurang mahir dalam bahasa Inggris.

Beberapa Manfaat Mengetik Dengan Cepat

Percayalah, punya kemampuan mengetik cepat itu amat sangat bermanfaat untuk berbagai urusan. Apalagi jika mengingat bahwa saat ini kita hidup di era digital. Yang mana skill mengetik adalah sebuah hal yang wajib dimiliki. Berikut adalah beberapa manfaat sepele namun penting yang bisa kita dapatkan jika mampu mengetik dengan cepat:

  • Mencegah resiko kelupaan saat akan menuangkan ide ke dalam tulisan. Karena jika kita mengetik dengan lambat, terkadang ide yang kita dapat akan lewat begitu saja.
  • Membuat posisi duduk menjadi lebih nyaman karena sudah hafal peletakan tombol pada keyboard. Karena kita tidak harus memelototi keyboard untuk mencari huruf yang kita inginkan. Yang mana hal itu bisa membuat kita lebih cepat lelah.
  • Otomatis akan mempercepat proses penyelesaian pekerjaan, khususnya saat harus mengejar deadline.

Buat anak kuliahan misalnya. Skill mengetik cepat dapat bermanfaat untuk bisa menyelesaikan berbagai tugas dengan lebih cepat. Dalam dunia kerja pun, banyak posisi pekerjaan kekinian yang akan membutuhkan skill mengetik. Maka dari itu, jangan remehkan skill yang satu ini ya! Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat! 🙂

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P