Dasar Fotografi: Efek Yang Ditimbulkan Oleh Settingan ISO, Aperture & Shutter Speed

Dasar Fotografi: Efek Yang Ditimbulkan Oleh Settingan ISO, Aperture & Shutter Speed – Semakin hari dunia fotografi kian diminati. Hal ini bisa dilihat dari semakin banyaknya vendor smartphone yang semakin mengedepankan fitur kamera pada produknya.

Dan secara tidak langsung, perkembangan tersebut juga turut membawa para pengguna gadget untuk lebih sering mengambil foto. Dan dari yang saya lihat, tidak sedikit yang kemudian jatuh hati pada dunia fotografi dan ingin belajar lebih lanjut mengenai fotografi.

Di blog ini saja, saya juga cukup sering mendapat pertanyaan soal fotografi, hingga kemudian saya membuatkan tulisan khusus yang membahas tentang dasar-dasar dari fotografi yaitu ISO, Shutter Speed, dan juga Aperture yang masing-masing bisa kamu baca di halaman ini :

Nah, sebagai lanjutan dari tulisan diatas, saya juga sudah membuatkan video yang menjelaskan tentang efek-efek apa saja yang didapatkan ketika kita mengubah atau mengutak-atik ketiga settingan tersebut.

Cara menggunakan ISO Shutter Speed dan Aperture kameraDi video berdurasi sekitar 11 menit tersebut, saya juga sudah memberikan beberapa contoh hasil foto ketika kita mengubah masing-masing settingan.

Saya harap dengan adanya video tersebut, kalian jadi bisa belajar dan lebih paham tentang fotografi, khususnya untuk dasar-dasarnya terlebih dahulu. Silakan play video nya dibawah ini:

Punya kritik atau saran mengenai video diatas? Silakan tinggalkan komentar! 🙂

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P