Kenapa Overheat Bisa Menyebabkan Performa Hape & Laptop Menurun?

Kenapa Overheat Bisa Menyebabkan Performa Hape & Laptop Menurun? – Kita semua tau bahwa laptop gaming itu bukan hanya sekadar mengandalkan bentuk body yang agresif saja. Tetapi ia juga punya beberapa keunggulan dibandingkan dengan laptop biasa. Yang salah satunya adalah dari sisi manajemen pembuangan panas yang lebih baik.

Karena seperti yang juga sudah saya bahas sebelumnya, panas berlebih bisa menyebabkan fps drop pada saat bermain game. Dan hal ini bukan saja berlaku pada laptop, tetapi juga berlaku pada smartphone. Nah, yang jadi pertanyaan adalah, kenapa sih kok panas berlebih bisa berpengaruh terhadap menurunnya performa hp dan juga laptop? Di posting kali ini, saya akan menjelaskan penyebabnya secara sederhana agar mudah dimengerti oleh siapa saja.

Performa Turun Saat Kepanasan

Bagi para gamers yang sudah berpengalaman, hal ini memang dianggap biasa. Karena mau merk apapun perangkat yang digunakan, pasti gejalanya akan sama. Yaitu performa menjadi terasa berkurang saat perangkat sudah mulai terlalu panas.

Seperti yang sudah saya jelaskan pada tulisan tentang kenapa hp atau laptop menjadi panas saat bermain game, perangkat kita akan dipaksa bekerja keras saat digunakan bermain game. Karena, menjalankan sebuah game itu ternyata bukanlah perkara yang ringan. Apalagi kalau tampilan grafis pada game ternyata sangat kompleks. Makin berat lagi itu si hape atau laptop kita untuk bisa menyajikan frame rate (fps) yang tinggi.

Nah, oleh karena mereka dipaksa untuk bekerja keras secara terus menerus, maka temperatur dari CPU dan GPU sebagai mesin utama pada laptop dan juga hape bakal semakin meningkat. Dan jika ternyata temperaturnya dianggap sudah terlalu tinggi, maka sistem akan secara otomatis menahan alias menurunkan performanya, demi menjaga agar temperatur tidak naik lebih jauh lagi. Hasilnya, jalannya game bakal terasa agak ngelag alias fps drop, dan membuat tampilan menjadi terasa tidak nyaman.

Karena kalau dibiarkan terus hingga temperatur menjulang tinggi, maka hal itu bisa berbahaya bagi perangkat itu sendiri. Yang mana hal itu bisa menyebabkan komponen disekitarnya menjadi meleleh akibat terlalu panas, atau bahkan bisa terbakar. Serius, memang bisa separah itu!

Belum lagi soal kita sebagai pengguna yang pasti akan merasa terganggu karena perangkat yang kita gunakan ternyata sangat panas. Itulah alasan mengapa performa laptop ataupun hape kita pasti akan turun jika sudah terlalu panas. Yang mana hal itu adalah demi untuk menjaga keamanan dari perangkat itu sendiri, sekaligus kenyamanan bagi kita sebagai penggunanya.

Maka dari itulah sistem pendinginan yang baik sangatlah penting bagi perangkat yang digunakan untuk gaming. Percuma saja jika kita menggunakan perangkat dengan CPU dan GPU kelas atas, tapi sistem pendinginannya kurang baik. Karena pasti performanya nggak bakalan stabil kalau dipakai bermain game terlalu lama.

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P