Beranda News Ini Dia Laptop 5G Pertama di Indonesia: ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)

Ini Dia Laptop 5G Pertama di Indonesia: ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)

0

Ini Dia Laptop 5G Pertama di Indonesia: ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)Work from anywhere nampaknya sudah mulai dianggap lumrah sejak beberapa tahun terakhir. Bukan saja karena sekadar mengikuti trend semata, tetapi hal ini justru didorong atas dasar tuntutan untuk bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.

Sejak era pandemi lalu, semakin banyak para profesional yang kini tidak lagi dituntut untuk terikat dengan absensi dan kewajiban untuk bekerja di dalam ruangan di kantor. Sehingga, bekerja secara mobile untuk bisa selalu produktif di manapun juga sudah menjadi kebiasaan baru.

Bekerja secara mobile bukan hanya sekadar memindahkan lokasi bekerja dari dalam kantor ke luar kantor. Namun semua itu dilakukan demi efisiensi. Aktivitas bisnis diharapkan dapat berjalan secara efisien ketika mobilitas dan produktivitas dihadirkan secara maksimal. Biasanya, kendala yang akan dihadapi pada saat harus bekerja secara mobile adalah soal ketersediaan jaringan Wi-Fi.

Karena tanpa adanya jaringan Wi-Fi, laptop pada umumnya tidak akan bisa terhubung ke internet. Yang mana ketiadaan akses internet, akan berpotensi menghambat produktivitas pekerja. Sehingga, bisa dikatakan bahwa selain laptop, akses internet juga sangat diperlukan agar para profesional dapat melakukan tugasnya di manapun dan kapanpun. Kabar baiknya, kini di Indonesia sudah hadir sebuah laptop dari ASUS yang bisa menjadi solusi untuk memaksimalkan produktivitas bagi mereka yang work from anywhere.

ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402), Laptop Bisnis Dengan Konektivitas 5G

Fitur dan harga resmi ASUS ExpertBook B7 Flip B7402Laptop yang dimaksud tersebut adalah ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402). Laptop yang masuk dalam kategori laptop bisnis ini sudah dilengkapi dengan konektivitas 5G. Selain dapat terhubung ke jaringan seluler 4G LTE dan 5G, ExpertBook B7 Flip (B7402) juga dirancang dengan fisik yang sangat tangguh, desain yang ringkas dan ringan, serta dibekali spesifikasi pendukung performa yang mumpuni untuk menunjang aktivitas para profesional di luar kantor.

Seperti yang sudah disebutkan tadi, fitur konektivitas adalah hal yang paling diunggulkan pada ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402). Kemampuannya untuk bisa terhubung ke jaringan seluler 4G LTE dan juga 5G, membuatnya bisa selalu diandalkan di mana saja dan kapan saja. Karena untuk bisa terhubung ke internet, ia tak perlu bergantung dengan jangkauan jaringan Wi-Fi.

Sama seperti yang terdapat pada telepon seluler dan smartphone, ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) juga telah dilengkapi modem 5G dan 4G LTE yang terintegrasi. Cukup pasang kartu SIM ke dalam slot yang disediakan, dan laptop ini pun akan terhubung ke jaringan seluler 5G atau 4G LTE secara otomatis. Tentu saja, kita harus memastikan bahwa kartu SIM yang dipasangkan tersebut sudah memiliki paketan kuota internet.

Contoh yang menunjukkan bagaiman fitur yang terdapat pada ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) ini bisa sangat berguna adalah, ketika penggunanya sedang berada di dalam kendaraan, namun membutuhkan koneksi internet untuk laptopnya. Dengan menggunakan ExpertBook B7 Flip (B7402), kita langsung bisa terhubung ke internet, tanpa harus repot-repot membawa perangkat tambahan berupa modem, MiFi, atau menyalakan tethering di smartphone, yang punya efek samping membuat daya baterai smartphone menjadi cepat terkuras.

Selain lebih praktis, hal ini akan memberikan kenyamanan tersendiri pada saat mengoperasikannya. Sekaligus juga terhindar dari kekhawatiran soal baterai di smartphone.

Ringkas, Ringan, dan Super Tangguh

Spesifikasi lengkap ASUS ExpertBook B7 Flip B7402 Laptop 5GSelain soal konektivitas internet, ada beberapa hal lain yang akan dibutuhkan agar bisa tetap produktif saat sedang mobiling. Dan nampakhnya, hal ini juga sudah diperhitungkan oleh ASUS. ExpertBook B7 Flip (B7402) merupakan laptop modern dengan desain fisik yang tergolong ringkas, serta memiliki bobot yang ringan.

Mengusung layar 14-inci, laptop ini memiliki ketebalan bodi hanya 1,8cm saja, serta bobotnya pun tidak lebih dari 1,5Kg. Hal ini bisa membuat kita terasa tetap nyaman dan tanpa terlalu merasa terbebani jika harus bepergian bersama laptop tersebut. Kita pun tidak perlu menggunakan tas khusus berukuran besar untuk membawa laptop ini saat sedang mobiling.

Berdasarkan keterangan dari ASUS, ExpertBook B7 Flip (B7402) juga memiliki durabilitas yang jauh lebih tangguh jika dibandingkan dengan laptop pada umumnya. Bodi dari ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) menggunakan bahan magnesium aluminium alloy yang sangat tangguh, sekaligus memiliki bobot yang lebih ringan. Hal inilah yang memungkinkan ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) untuk bisa memiliki bobot yang sangat ringan.

Di bagian dalam bodi utamanya, ExpertBook B7 Flip (B7402) juga dibekali dengan struktur tambahan yang berguna untuk memperkuat integritas bodi dan port secara keseluruhan. Tujuannya adalah agar tidak mudah rusak meski laptop ini menerima guncangan atau hantaman yang cukup ekstrem.

ASUS mengungkapkan bahwa bahkan pada bagian engel di laptop ini pun juga sudah didesain secara khusus. Engsel tersebut diklaim memiliki ketahanan 50% lebih kuat dibandingkan engsel laptop convertible pada umumnya. Hal ini membuat ExpertBook B7 Flip (B7402) memiliki daya tahan fisik yang lebih baik. ExpertBook B7 Flip (B7402) juga telah mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810H).

Disebutkan bahwa setidaknya ada 30 pengujian ketahanan ekstrem yang berhasil dilalui oleh laptop bisnis convertible ini. Mulai dari uji getaran, guncangan, hantaman, hingga uji operasional pada suhu dan kelembapan ekstrem.

Siap Dukung Produktivitas

Fitur lengkap ASUS ExpertBook B7 Flip B7402ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) menggunakan desain convertible. Yang mana hal ini memungkinkan penggunaan yang lebih fleksibel. Selain itu, ia juga dilengkapi dengan fitur yang dapat membuat penggunanya lebih nyaman saat bekerja.

Dimulai dari keyboard, ExpertBook B7 Flip (B7402) hadir dengan keyboard yang dirancang agar penggunanya nyaman ketika mengetik. Keyboard tersebut memiliki key travel sejauh 1,5mm dan hadir dengan jarak antar tombol yang sangat ideal seperti halnya keyboard PC desktop pada umumnya. Sehingga, penggunanya bisa dengan cepat untuk beradaptasi dengan layout keyboard tersebut. Tidak hanya itu, ASUS juga memberikan fitur anti-spill pada keyboard ExpertBook B7 Flip (B7402). Dan berdasarkan keterangan dari ASUS, fitur ini membuat keyboard tersebut mampu menahan tumpahan air hingga 330ml.

Selain pada bagian keyboard, struktur bodi ExpertBook B7 Flip (B7402) juga dirancang agar tampil lebih ergonomis dan nyaman untuk penggunanya. Sistem ErgoLift Hinge yang sudah banyak digunakan di berbagai laptop ASUS, kini kembali hadir di ExpertBook B7 Flip (B7402). ErgoLift Hinge juga akan membuat bodi utama laptop sedikit terangkat ketika digunakan pada mode clamshell. Dan dengan terangkatnya bodi utama dari laptop ini, posisi mengetik pun bisa menjadi lebih nyaman karena keyboard menjadi sedikit lebih miring.

ExpertBook B7 Flip (B7402) juga dilengkapi fitur khusus pada bagian touchpad-nya. Fitur tersebut adalah NumberPad 2.0 yang memungkinkan touchpad untuk diubah fungsinya menjadi numpad virtual melalui satu tombol untuk mengaktifkannya. NumberPad 2.0 merupakan fitur yang dapat dimanfaatkan oleh para profesional yang sering mengandalkan numpad untuk melakukan input angka.

Fitur numberpad laptop 5G

Dengan kata lain, fitur tersebut dihadirkan untuk menggantikan peran numpad. Mengingat laptop dengan body 14 inci tentu tidak bisa memuat numpad.

Aspek penting berupa layar ternyata juga memiliki berbagai fitur istimewa. Sertifikasi low-blue light dan anti-flicker dari TÜV Rheinland, telah dikaontongi oleh layar ExpertBook B7 Flip (B7402). Sertifikasi tersebut adalah bukti bahwa layar dari laptop bisnis ini memiliki tingkat radiasi sinar biru yang jauh lebih rendah ketimbang layar laptop pada umumnya. Keuntungannya adalah, mata akan lebih terasa nyaman saat harus melihat ke arah layar dalam waktu lama. Sekaligus juga lebih aman untuk kesehatan mata. Mengingat pancaran sinar biru (pada spektrum tertentu) dapat menyebabkan kerusakan mata dalam jangka panjang.

Dari sisi dukungan komunikasi, ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) juga sudah dilengkapi dengan teknologi AI Noise-Cancelling. Yang fungsinya adalah untuk meredam suara-suara bising yang ada di sekitar laptop, agar komunikasi suara terdengar lebih jernih. Bagi para profesional, hal ini sangatlah penting agar komunikasi melalui panggilan konferensi ataupun video conference dapat berlangsung dengan jelas.

Tentu hal ini akan semakin mendukung produktivitas saat sedang mobiling. Karena suara bising di tempat-tempat umum tidak lagi menjadi kendala dalam berkomunikasi. Entah saat melakukan panggilan video bahkan di bandara, atau bahkan di lokasi proyek.

Konektivitas Lengkap

Konektivitas LengkapSelain dapat terhubung ke jaringan seluler 5G dan 4G LTE, ExpertBook B7 Flip (B7402) juga hadir dengan konektivitas yang sangat lengkap. Mulai dari port, ExpertBook B7 Flip (B7402) memiliki port Thunderbolt 4 USB Type-C yang dapat digunakan untuk mengisi daya serta fasilitas untuk menghubungkan monitor eksternal.

Selain itu, ExpertBook B7 Flip (B7402) juga dilengkapi dengan port HDMI, USB Type-A, combo audio jack, dan sebuah Micro HDMI. ASUS bahkan masih memberikan port gigabit ethernet, namun dengan interface mini display port dan dapat diekstensi ke port LAN dengan konektor RJ45. Hal tersebut sengaja dilakukan agar ExpertBook B7 Flip (B7402) dapat tetap tampil tipis sekaligus memiliki MAC adress permanen.

Bagi perusahaan, ExpertBook B7 Flip (B7402) juga mempermudah proses dan keamanan bisnis. Laptop ini telah dilengkapi dengan smart card reader yang bisa digunakan sebagai fasilitas keamanan ekstra selain menggunakan kamera infra merah dengan teknologi facial recognition yang terintegrasi dengan Windows Hello.

Performa Kencang untuk Berbagai Aktivitas

ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) ditenagai oleh CPU 11th Gen Intel® Core™ yang juga telah dilengkapi GPU terintegrasi Intel® Iris® Xᵉ Graphics. Kombinasi CPU dan GPU tersebut tidak hanya membuat ExpertBook B7 Flip (B7402) dapat diandalkan untuk mengerjakan beragam tugas dan pekerjaan kantoran dengan sangat baik, tetapi juga membuat laptop ini cocok untuk multitasking. Apalagi, ia sudah dibekali dengan memori RAM yang sangat mumpuni.

ExpertBook B7 Flip (B7402) dibekali dengan memori DDR4 3200MHz berkapasitas 16GB, dan masih dapat di-upgrade. Memori tersebut juga didukung dengan media penyimpanan berupa PCIe SSD Gen3 berkapasitas hingga 1TB. Penyimpanan tersebut memiliki kecepatan baca dan tulis yang jauh lebih kencang dibandingkan dengan HDD. Perpaduan ini membuat ExpertBook B7 Flip (B7402) dijamin memiliki performa yang sangat gesit.

Berikut adalah hasil benchmark ExpertBook B7 Flip (B7402):

Untuk memastikan agar performa dari dapur pacunya tersebut bisa selalu diandalkan, ASUS menghadirkan sistem pendingin khusus yang diberi nama Advance Hybrid Cooling System. Sistem pendingin ini memanfaatkan tiga heatpipe yang terhubung ke sebuah kipas dengan struktur khusus. Advance Hybrid Cooling System memungkinkan ExpertBook B7 Flip (B7402) dapat tampil dengan performa 55% lebih kencang berkat aliran udara hingga 17% lebih baik dibandingkan jika menggunakan sistem pendingin biasa.

Lebih menariknya lagi, ExpertBook B7 Flip (B7402) dibekali dengan garansi selama 3 tahun yang dapat diperpanjang hingga 5 tahun. ASUS juga memberikan layanan on-site service bagi pengguna ExpertBook B7 Flip (B7402) dengan syarat dan ketentuan khusus. Berikut adalah spesifikasi lengkap dari ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) :

Main Spec. ExpertBook B7 Flip (B7402)
CPU Intel® Core™ i7-1195G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 5.0 GHz)

Intel® Core™ i5-1155G7 Processor 2.4 GHz (8M Cache, up to 4.5 GHz)

Operating System Windows 11 Pro

Windows 11 Home

Memory 16GB DDR4 3200MHz
Storage 1TB PCIe® Gen3 SSD

512GB PCIe® Gen3 SSD

Display 14”, WQXGA (2560×1600) 16:10, IPS, 400 nits, anti-glare, touchscreen with stylus support
Graphics Intel Iris Xᵉ integrated GPU
Input/Output 2x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display + power delivery

1x mini Display Port, 1x HDMI 2.0b, 1x micro HDMI (RJ45 lan), 1x 3.5mm Combo Audio Jack, SIM card slot, Smart card reader

Camera 720p HD camera with IR function to support Windows Hello With privacy shutter
Connectivity Wi-Fi 6(802.11ax), Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2, 5G + 4G LTE connectivity
Audio Audio by DTS, Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array, microphone, harman/kardon (Premium) with Cortana support
Battery 63WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Dimension 32.00 x 23.42 x 1.80 ~ 1.89 cm
Weight 1.44 Kg
Security HDD User Password Protection and Security

BIOS Booting User Password Protection

Computrace ready from BIOS

Trusted Platform Module (TPM) 2.0

BIOS setup user password

Fingerprint sensor integrated with Power Key

IR webcam with Windows Hello support

Kensington Nano Security Slot™

Price Start from Rp22.xxx.xxx (without 5G and 4G LTE)

Start from Rp31.xxx.xxx (with 5G and 4G LTE)

Warranty 3 tahun garansi global
Artikel sebelumnyaLaptop Bisnis Convertible Yang Bisa 4G LTE? Perkenalkan, ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)
Artikel selanjutnyaUntuk Mematikan Laptop, Sebaiknya Pilih Shut Down atau Sleep?
Founder techijau.com | Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :)

BERIKAN KOMENTARMU

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini