Home Pengetahuan Dasar Kenapa Hape Tidak Bisa Menyala Setelah Kehabisan Baterai?

Kenapa Hape Tidak Bisa Menyala Setelah Kehabisan Baterai?

25249
72
SHARE
Kenapa Hape Tidak Bisa Menyala Setelah Kehabisan Baterai? – Sebenernya sih mimin pribadi belum pernah mengalami kejadian seperti ini, tapi melihat dari cukup banyaknya pertanyaan yang masuk baik dari komentar di blog ini maupun melalui kontak email, mimin rasa perlu untuk membuat bahasan soal ini.

Pertanyaan yang mimin maksud adalah soal kenapa sih hape tidak bisa menyala setelah sebelumnya mati karena baterai lemah (lobat)? Sebagian dari mereka yang bertanya mengaku bahwa ketika coba untuk di cas (charge) alias di isi ulang, smartphone nya nampak tidak menunjukkan tanda-tanda kehidupan dan hanya memberi respon getaran saja. Dan bahkan, ada juga sebagian yang mengaku bahwa mereka sudah menunggu lama, tetapi baterai tidak mau mengisi, sehingga perangkat tidak bisa dinyalakan.

Jadi sebenarnya itu kenapa? Oke, disini mimin bakal coba jelaskan penyebabnya berdasarkan apa yang mimin ketahui, agar nantinya kamu dapat menghindari masalah serupa pada smartphone milikmu.

Apa yang salah?

Jika kamu pernah atau sedang mengalami masalah yang sama seperti yang sudah mimin sebutkan diatas, kamu tak perlu panik karena belum tentu perangkatmu itu rusak. Dan sebenarnya, besar kemungkinan bahwa masalah hanya terjadi pada bagian baterai saja.

Iya, sebelumnya kamu perlu tau bahwa saat ini ada 2 jenis baterai yang digunakan oleh smartphone pada umumnya, yakni Li-Ion (Lithium Ion) dan Li-Po (Lithium Ion Polymare) yang mana keduanya punya keunggulan masing-masing seperti yang sudah pernah mimin tuliskan pada artikel ini. Nah biasanya, masalah smartphone yang tidak bisa di isi ulang setelah mati kehabisan baterai biasanya terjadi pada perangkat yang menggunkanan baterai berjenis Li-Po (kadang disebut juga sebagai Li Ion Polymare).

Sebenarnya, baterai Li-Po ini merupakan teknologi baterai yang lebih mutakhir dibandingkan Li-Ion biasa. Dari sisi masa pakai, ia bisa jauh lebih awet dan tidak akan mengalami masalah yang berarti jika di charge secara tidak beraturan, meskipun tetap saja hal itu tidaklah disarankan karena dapat mempercepat kerusakan pada baterai.

BACA JUGA : Kenapa baterai menjadi kembung?

Mimin pribadi sudah lama menggunakan smartphone yang dibekali baterai jenis ini di perangkat Sony Ericsson Live With Walkman (wt19i) yang sampai sekarang masih mimin gunakan (sejak Juni 2012) dan belum pernah sekalipun melakukan penggantian pada baterai. Yup, baterai jenis ini memang sangat awet jika dibandingkan dengan baterai berjenis Li-Ion biasa yang rata-rata sudah mengalami penurunan performa sebelum 2 tahun pemakaian.

BACA JUGA : Tips merawat baterai Li-Po pada smartphone

Namun dibalik keunggulannya itu, baterai Li-Po punya satu kelemahan yang bisa dibilang cukup mengganggu dan bahkan bisa membuat sebagian orang merasa panik. Jadi, ketika ia dibiarkan lobat hingga mati (kosong total), perangkat yang menggunakan baterai ini akan sulit untuk dinyalakan kembali sebelum baterai pulih total. Dan terkadang, baterai juga akan sulit untuk di isi kembali seperti yang sudah disebutkan diatas.

Maka, sangat disarankan untuk menghindari perangkat mati karena kehabisan baterai. Kalau misalnya sudah terlanjur lobat dan kamu tidak punya powerbank atau kamu tidak bisa melakukan charging, lebih baik matikan dulu perangkatmu sebelum baterai benar-benar lemah.

BACA JUGA : Review ZenPower, Powerbank dari ASUS

Tapi kalau ternyata sudah terlanjur mati dan gak bisa di cas……… Yaa kamu perlu bersabar, karena menurut beberapa laporan, kita harus melakukan charging selama berjam-jam atau bahkan hingga hampir 2 hari agar baterai bisa atau mau mengisi kembali. Tapi, bagi kamu yang menggunakan perangkat yang baterainya bisa dilepas, mungkin kamu bisa menggunakan desktop charger (sebagian menyebutnya sebagai charger kodok) untuk membantu pengisian baterai.
Charger kodok
Sumber gambar : Blibli.com
https://techijau.com/hape-tidak-bisa-menyala-setelah-lobat/Tapi inget, jangan sering-sering loh, karena charger yang paling baik adalah charger bawaan perangkat yang ada dalam paket penjualan. Oke, mungkin segitu aja posting kali ini, semoga bisa memberikan jawaban atas pertanyaanmu. Silahkan jelajahi blog Dunia Gadget 558 ini untuk mendapatkan informasi menarik lainnya 😀

72 COMMENTS

  1. bang, hp saya lenovo s820 baru kali ini abis batre smpe mati, trs udah di cas semaleman sama sekali gak nyala2 gimana caranya bang? Mohon pencerahannya..

    • Coba dicabut dulu chargernya, terus tekan dan tahan tombol power selama kurang lebih semenit, abis itu coba charge lagi. Kalo belum ada tanda kehidupan, coba biarin dulu selama beberapa menit, terus tekan dan tahan tombol power lagi selama semenit, dan biarin di charge. Pokoknya gituin terus aja. Kalo gabisa yaa terpaksa service.

      Oh iya, sebelum service mungkin bisa coba cabut dulu microSD nya, siapa tau microSD nya error. Percayalah, itu beneran ngaruh banget

    • Coba dicabut dulu chargernya, terus tekan dan tahan tombol power selama kurang lebih semenit, abis itu coba charge lagi. Kalo belum ada tanda kehidupan, coba biarin dulu selama beberapa menit, terus tekan dan tahan tombol power lagi selama semenit, dan biarin di charge. Pokoknya gituin terus aja. Kalo gabisa yaa terpaksa service.

      Oh iya, sebelum service mungkin bisa coba cabut dulu microSD nya, siapa tau microSD nya error. Percayalah, itu beneran ngaruh banget

      • bang, hp asus zenfone C sya lowbat udh dicharger ngisi tapi pas dinyalain sih nyala tapi loading aja gitu gk bisa kbuka, mhon infonya donk..

        • Cuma sampe di logo ASUS gitu yaa? Itu bootloop deh sepertinya. Mesti di hard reset. Coba cari caranya di blog lain Kak, aku belum pernah bikin tutorialnya soalnya. Cari : Cara masuk recovery mode (tipe hapenya kakak) untuk hard reset

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here