Beranda Tips dan Trik Tips Merawat Baterai Li-Po Pada Smartphone

Tips Merawat Baterai Li-Po Pada Smartphone

191

Tips Merawat Baterai Li-Po Pada Smartphone – Setelah sebelumnya saya telah membuat posting tentang tips merawat baterai berjenis Li-Ion, di posting kali ini saya akan membahas tips serupa, namun berlaku untuk baterai berjenis LiPo atau juga biasa di tulis Li-Po / Li-Poly (Lithium Polymer) atau bahkan Li-Ion Polymer karena ia merupakan versi yang lebih modern dari baterai Li-Ion biasa. Baterai jenis ini sudah biasa digunakan oleh pada hampir semua produk smartphone, kecuali smartphone kelas entry level. Karena terkadang, smartphone kelas entry level masih ada yang menggunakan baterai Li-Ion biasa.

Kelebihan dari baterai ini adalah memiliki masa pakai yang lebih lama dibandingkan baterai Li-Ion “biasa”. Namun tetap saja, meskipun lebih unggul, ada beberapa trik dan cara tertentu untuk dapat memaksimalkan umur dari baterai jenis ini yang akan saya bahas pada tulisan kali ini.

Sebelum melanjutkan, saya ingin memberitahukan sesuatu tentang tulisan ini. Pada bagian “Tips Charging” di bawah nanti, saya akan membagi menjadi dua tips yang berbeda. Tips pertama adalah berdasarkan apa yang diyakini oleh banyak orang, dan tips yang kedua adalah berdasarkan pengalaman serta percobaan saya sendiri. Jadi nanti silakan kamu putuskan sendiri tips mana yang akan kamu ikuti yaa! Baiklah, sekarang mari kita mulai pembahasannya!

Pemakaian Pertama

Sama seperti baterai Li-Ion, baterai berjenis Li-Po juga tidak perlu di-charge dalam waktu lama saat pertama kali menggunakannya. Dengan kata lain, kita tidak perlu mengikuti saran untuk ngecas hape selama 8 jam saat pertama kali membelinya. Karena hal itu tidak akan berpengaruh pada baterai jenis ini. Pengisian seperti itu hanya berlaku untuk ponsel yang memiliki baterai berjenis NiCad dan NiMH saja. Yang mana di era modern ini, bisa dipastikan bahwa sudah tidak ada lagi ponsel atau gadget yang menggunakan jenis baterai tersebut.

Namun terkadang, beberapa perangkat yang menggunakan baterai Li-Po, akan sulit dinyalakan saat baterai dibiarkan terlalu lama dalam kedaan kosong. Sehingga, memang terkadang kita harus melakukan charging terlebih dahulu selama beberapa jam jika ternyata hape baru yang kita beli tersebut sulit untuk dinyalakan. Karena memang kelemahan dari baterai Li-Po ini adalah sulitnya untuk mengisi kembali ketika ia dibiarkan sampai kehabisan daya.

Pemakaian Sehari-hari

Yang paling penting dari baterai jenis ini adalah cara / kebiasaan dari pemakaian dalam jangka panjangnya. Meskipun baterai ini sudah terlindung dari kondisi overcharge yang artinya tidak ada masalah jika tetap mengisinya pada saat baterai sudah penuh (dibiarkan charging semalaman misalnya), namun saya tetap menyarankan untuk segera men-discharge atau mencabut baterai dari konektor charger saat baterai penuh. Gunanya adalah untuk meminimalisir resiko “kebocoran” yang mungkin bisa saja terjadi.

Ini bukan berarti baterai akan cepat rusak jika dibiarkan charging semalaman ya. Tapi hanya untuk menghindari dan meminimalisir resikonya saja. Jadi kalau mau dicharging semalaman pun sebenarnya juga tidak masalah. Ini hanya saran yang sifatnya optional.

Namun jika kamu berencana untuk aktif memakai hapemu, lebih baik cabut saja charger-nya jika ternyata baterainya sudah penuh. Langkah ini adalah untuk menghindari resiko panas berlebih alias overheat yang bisa saja merusak komponen dalam smartphone, termasuk baterai itu sendiri.

Apalagi kalau misalnya kamu memakai smartphone untuk nge-game. Sebaiknya jangan sambil dicas deh. Karena selain bisa lebih cepat merusak komponen dalam smartphone termasuk baterainya, temperatur tinggi alias panas yang terasa saat memegang smartphone tentu akan membuat kita merasa tidak nyaman. Temperatur yang terlalu tinggi saat dipakai nge-game, juga akan berpotensi menurunkan performa hape. Yang efeknya akan membuat jalannya permainan jadi terasa ngelag.

Kecuali, jika smartphone tersebut sudah mendukung fitur bypass charging seperti yang terdapat pada ROG Phone series, maka nge-game sambil charging bukan lagi sebuah masalah. Jika diaktifkan, fitur bypass charging tersebut akan langsung memberikan daya listrik dari charger, langsung ke smartphone, tanpa mengisi daya baterai.

Atau jika menggunakan charger berdaya besar, smartphone akan mengaktifkan mode pengisian lambat karena hanya sedikit daya yang digunakan untuk mengisi baterai. Dan sebagian daya listrik yang lebih besar akan langsung dialokasikan untuk aktivitas smartphone. Sehingga, kesehatan baterai dan juga temperatur dari smartphone pun akan tetap terjaga.

Tips Charging 1

Tips charging pertama ini adalah berdasarkan apa yang diyakini oleh banyak orang karena kabarnya sudah melalui hasil penelitian. Agar baterai memiliki umur yang lebih panjang, dalam arti bisa bertahan sampai bertahun-tahun, kita disarankan untuk mulai mengisi baterai jika sudah berada di level 30% atau 20%. Lalu, hentikan proses charging jika baterai sudah terisi sampai 80% alias tidak perlu sampai benar-benar 100% penuh.

Tips Charging 2

Saya pribadi punya cara sendiri yang sudah lama saya ujicobakan dan terapkan pada semua handphone dan smartphone saya yang menggunakan baterai Li-Po. Yaitu Sony Ericsson W200i (2009 sampai 2018 karena chargernya rusak), Sony Ericsson WT19i Live With Walkman (sejak pertengahan 2012 sampai 2018 karena saya berikan ke orang yang lebih membutuhkan dengan keadaan baterai masih ori & sehat), dan juga ASUS Zenfone 3 (sejak akhir 2016 sampai akhir 2020, baterai mulai rusak).

Sebenarnya ada dua smartphone lain yang saya gunakan sekitar dua tahunan yaitu ASUS Zenfone Selfie dan juga ASUS Zenfone 4 Max Pro. Yang mana baterai dari kedua smartphone tersebut masih dalam keadaan sehat saat saya menjualnya setelah pemakaian 2 tahun.

Cara yang biasa saya gunakan pada semua smartphone tersebut adalah, dengan selalu mengusahakan untuk mengisi baterai jika hape sudah menunjukkan indikator 15% ke bawah. Tapi perlu saya ingatkan agar jangan sampai membiarkan baterai sampai benar-benar kosong yaa!

Karena sekali lagi, baterai Li-Po itu memiliki kelemahan yaitu akan sulit untuk dicharge jika baterai dibiarkan kosong. Jika ternyata kamu terlanjur membiarkan baterainya benar-benar kosong sampai hapenya mati dan tidak bisa dinyalakan kembali dan tidak bisa dicas, maka kamu bisa coba menjalankan tips menyelamatkan hape yang tidak bisa dicas karena kehabisan baterai.

Biasanya, saya akan memilih untuk mematikan hape jika ternyata baterai sudah terlalu lemah (dibawah 5%) namun belum memungkinkan untuk melakukan charging karena tidak menemukan colokan listrik, ataupun tidak membawa powerbank. Hal ini saya lakukan untuk menghindari agar baterai tidak benar-benar kosong. Lalu, saya juga selalu mengusahakan untuk tidak mencabut charger jika baterai belum terisi 100% penuh.

Penggunaan Charger

Ini adalah hal penting yang patut diperhatikan. Pastikan untuk selalu menggunakan charger bawaan (original) yang ada dalam paket penjualan. Karena jika kita tidak menggunakan charger original atau bahkan mungkin menggunakan charger murahan yang abal-abal, maka itu akan memperbesar resiko baterai akan lebih cepat rusak.

Serius deh. Charger bawaan itu biasanya sudah disesuaikan dengan kebutuhan dari baterai maupun smartphone yang digunakan. Terlebih lagi, jika menggunakan charger abal-abal yang murahan, fitur keamanan yang dimilikinya pasti tidak sebaik charger original. Sehingga untuk menghindari dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, saya sarankan untuk menggunakan charger bawaan saja.

Bagaimana jika kita melakukan pengisian dengan powerbank? Boleh, asalkan gunakan powerbank yang berkualitas dan bukan yang abal-abal yaa. Karena sekarang ini banyak sekali powerbank abal-abal yang menggunakan merk terkenal tapi ternyata palsu. Saya sendiri menggunakan powerbank ASUS Zenpower dan ASUS Zenpower Pro yang sudah selalu saya gunakan sejak tahun 2015 dan 2016, hingga sekarang (Februari 2022).

BACA JUGA : Review ASUS ZenPower Pro, Powerbank Dengan Fitur Fast Charging

Perlu diperhatikan juga bahwa, dalam tulisan diatas tadi itu, saya menyertakan kata “hindari” yang artinya hal itu bukanlah suatu hal yang mutlak.

Itulah beberapa tips merawat baterai hp berjenis Li-Po yang bisa kamu coba terapkan agar masa pakainya panjang. Sekali lagi, untuk soal dua tips charging diatas itu, silakan kamu pilih sendiri yaa. Yang mana yang sekiranya terbaik menurut kamu. Atau mungkin, kamu sudah pernah melakukan percobaan sendiri? Silahkan tinggalkan komentar!

Artikel sebelumnyaBerkenalan Dengan ASUS OLED: Teknologi Layar Yang Ramah Untuk Mata
Artikel selanjutnyaKelebihan Ultrabook Dibanding Notebook (Laptop) Biasa
Admin Techijau.com | Kurang pandai mainan socmed, khususnya IG

191 KOMENTAR

  1. Kak saya pakai hp Luna simo g50, baterai li-po 4100mah, apakah wajar baterai hp 100% terus di pakai buat main game online sekitar 6jam menggunakan data seluler dan baterai menjadi 20%? TOLONG JAWAB YA

  2. misal jika dari beli hp baru baterai nya sudah posisi keadaan kosong apakah itu mempengaruhi umur baterai? dan apakah baterai akan cepat habis dayanya?

  3. Kak mau tanya, kalo hp dicas persentase tetap tidak mau nambah kira² kenapa ya, itu sebenarnya baterainya ter isi tapi persentasenya eror, cara ngatasinya gimana ya ?

      • Gini kak, semisal baterai saya 10 % terus saya cas 3jam, itu sebenarnya sudah penuh, tapi persentase tetap 10% kalo baterainya saya congkel ( hp saya sudah tidak segel ) trs pasang lagi baru bisa di 100% persentasenya, kira² kenapa ya ? Apa bug os nya atau hardwarenya atau mungkin baterainya ?

  4. Bang hp saya sony z5 compact, udh pernah ganti batere dari lion jadi lipo.. tiba2 sekarang hp tuh mati padahal terakhir di tinggalin dlm keadaan nyala dan batere 100 lgi dcharge trs tiba2 mati. Solusinya gmn ya? Kyk yg ngedrop. G bisa di nyalain.

      • Ikutin mana yang dianggep bener aja Kak. BTW, aku udah coba praktekkan (lagi) untuk terus ngisi baterai sampe 100%. Dan setelah 3 tahun, baterai masih baik-baik aja 🙂

        Walaupun emang terasa ada sedikit penurunan performa baterai, tapi baterainya ini nggak rusak parah apalagi sampai kembung seperti punya orang-orang (dengan tipe hape yang sama)

  5. min saya mau nanya, selama sebulan ini saya kebobolan biarin hp saya dipakai sampai habis & mati (0%) sebanyak 2x dalam sebulan, apakah ini untuk battery saya masih tergolong tidak knp2 min? Btw hp saya asus zenfone max pro m2 5000Mah Jenis Li-Po. Mohon pencerahannya ya min..

      • minnnn aku tanya yahh. hape aku kalo baru mati sekali karena kehabisan baterai (0%) apa tidak apa? hapeku baru min, pemakaian baru 2 mingguan.. trs tadi dipakai main sm adik buat main ML sampai 0% T_T

        sblmnya juga dia main smpe 10% gitu.. dua kali.
        apa kalau kebiasaan itu dihentikan kedepannya batre hape ga masalah min? makasihhh

  6. Min saya mau tanya, selama sebulan ini saya sudah kebobolan biarin hape saya mati sampe habis 0% selama 2x, apakah battery saya ini msh tergolong tidak knp2 kan min? Btw hp saya asus zenfone max pro m2 5000 mah jenis Li-Po

    • Min , dari banyak artikel cuma ini baru nemu cas sampai 100% . Semua artkel pengisian ideal adalah 30-100% ,
      Kan jadi bingung .
      Yang bener yang manaa

  7. Kak aku mau tanya dalam sebulan ini aku udah 2x kebobolan biarin battery aku sampe habis 0%, battery saya masih ga knp2 kan kak? Btw battery saya asus zenfone max pro m2 5000 mah li-po

  8. Min saya terkadang lupa cabut charger hp nya dari malam sampai pagi apakah bisa membuat batrainya rusak atau tidak jenis batre saya li_poly.

    • Amat sangat disarankan pakai charger bawaan ya kak.

      Atau kalau misal terpaksa (karena charger bawaan rusak), saranku mending pake charger pihak ketiga yang terpercaya (misal seperti Aukey atau Anker)

  9. nice trit min sangat membantu, btw aen mau nanya, ane baru ganti baterai baru, pas diambil dari tempat baikinnnya, baterainya udah 80% an, trus ane lanjutin charge ampe penuh…. setelah 1 hari dipakai dan kemudian di charge lgi, lama banget ngangkatnya… apaah itu wajar ya min? thanksss

  10. nice trit min sangat membantu, btw aen mau nanya, ane baru ganti baterai baru, pas diambil dari tempat baikinnnya, baterainya udah 80% an, trus ane lanjutin charge ampe penuh…. setelah 1 hari dipakai dan kemudian di charge lgi, lama banget ngangkatnya… apaah itu wajar ya min? thanksss

  11. Admin yg baek hati,rajin menabung dan pasti nya budiman lah ya, ane mau nanya ni, saya baru beli hp zen max pro 2, kapasitas 5000mah li-po, tapi knp ya batre nya kurang memuaskan, hnya tahan 24 jam, penggunaan cuma main pes2019 doank, sama internet aktif terus, Apa wajar min kapasitas sebesar itu bertahan hnya 24 jam kurang ?

  12. Min mau tanya kan katanya batre li-po harus pakai charger khusus.. gimana kalo pake charger biasa aja (misal nya charger minjem dari temen ..) gmna min apa akan terjadi masalah atau aman” aja? Plis jawab min..

  13. Mas kalau hp aku merknya Asus Zenfone Max M1, Baterai Li-po 4000mAh klo misalnya udah ngecharge full ataupun tdk kemudian aku pakai kok baterainya biasa berkurang 2-3 persen misalnya baterainya 82% pas berkurngnya langsung 80%/79 dst. Solusinya gmna ya?

  14. Gan punya saya pas di charge kan 46 lalu saya restart trs langsung ke 66 itu gimana y? Tapi g ada masalah sih..tetep normal aj

    • Persentasenya sudah kacau, konon masih bisa diselamatkan dengan cara di kalibrasi (kemungkinan berhasilnya kecil kalo emang batre udah lebih dari 2 taun) atau yaa kalo gak mau repot, ganti baterainya

  15. Kak, hp aku oppo neo 7, di chargenya boleh lama gak?, misalnya semalaman ,dan adaptornya oppo tapi kabel datanya yang gak bermerek,warna hijau,,ngaruh gak??
    Terus di chargenya ketika berapa persen ??

  16. Ada yang bilang “ngisi baterai gak perlu 100% karna 30%-80% keadaan batre sedang optimal” jadi kalau ngisi penuh bikin rusak batre?

    • Sejauh yang aku tes, aku selalu isi sampe 100% dan baterai hapenya masih awet sampai 2.5 taun, dan setelah itu baru mulai terasa penurunan sedikit demi sedikit walaupun masih layak untuk dipakai (sekarang hapenya sudah 5 taun dan baterainya belum timbul masalah serius seperti kembung, terlalu cepat habis atau mati mendadak)

    • Ya betul itu sudah diteliti oleh ahlinya, bukan tes perorangan. Sy ikutin cara itu (30-80%) pemakaian batre ud 4 tahun baru ad gejala penurunan.

  17. Oak, aku man believe hp oppo a37. Pertama Kali beli itu dayanya sudah 50 %. Nggak aku gunakan, langsung saya cas sampai 100%. Kira² memakan waktu 2 jam an, itu nggak apa² kak? Kan kurang dari 8 jam? Makasih

  18. Mas saya pakai redmi note 3 biasa,Profesor nya mediatek baterainya Li-po 4000 mAh,Saya isi 100% cuman bertahan kisaran 4-6 jam,Nge-charge nya emang Cepet cuman terkesan boros,Tapi kadang bisa sampai seharian gak cas kadang tiba tiba drop itu kenapa ya?

  19. Hai mas…saya baru beli hp oppo a37.udh ad 4 hr sy pke..tp prtama pke sy gk ngecas ampe 8 jam.cm sy cas ampe 100% aj.cm knp ya hp sy gmpang pns & cpt hbs batreny sjk hr prtama beli..??

  20. Halo, saya beli HTC One M9 beli seken. kondisi baterai normal (walau saya akuin memang boros, tapi itu bawaan dari hp mau gimana lg), yg mau saya tanyakan.
    1. apakah betul jika kelupaan lepas charge. (ketiduran) kondisi baterai tidak apa2
    2. dari ulasan yg saya baca, berarti lebih baik overcharge daripada ngecas tapi tidak sampai penuh.
    NB : hp saya mendukung fast charging 2.0

  21. Min mau tnyk. Kan aku beli oppo f5 youth, tp awal2 ngecas cuma bbrp menit soalnya kan malam, takutnya udh full duluan tp akunya belum bangun. Kata org kalo ngecas lama nntk takut rusak. Paginya aku ngecas tp cuma sejaman udh 93% trus aku cabut. Gaapa min? Dan yg efektif waktu ngecas baterainya brp persen? Soalnya ada yg bilang kalo bisa cabut cas hp dari colokannya sebelum 100%

    • Mengutip dari balesan Mimin di thread yg lain:
      “Boleh aja sih. Tapi sepengalaman beberapa temenku (iya, aku ambil survei ke beberapa temen), kalo sering banget seperti itu, biasanya bakal bikin persentase baterainya lebih cepat error (lebih cepat yaa, artinya semua hape pada akhirnya juga akan seperti itu, hanya saja waktunya bisa berbeda beda tergantung pemakaian kita).”

  22. Mau tanya kak hp saya baru beli 3 minggu lalu tapi kok batere saya cepat habis ya. Paling lama bertahan otu 12 jam itupun jarang dipakai?
    Minta solusinya

  23. Mo tanya, ada yg menyarankan utk mencharge hp tdk sampe full, katakanlan sampe 97%, jd bingung, klo baca diatas dicharge sampe penuh 100%…

    • Nah, kalo soal ini, emang ada beda pendapat sih ya. Kalo dari pengujianku sendiri sih, yang lebih efektif untuk menjaga baterai tetap awet dalam waktu yang lebih lama, ya dengan di charge sampe penuh 100%

      Lagian kalo nggak di chrarge sampe penuh, mubazir dong kapasitas baterainya dibuat gede? 🙂

        • Terserah mau percaya yang mana kak 🙂

          BTW di tahun ini aku udah coba lagi loh buat memastikan. Hasilnya, sudah 3 tahun baterai hapeku masih aman (pake cara yang kusarankan). Kubandingkan dengan mereka (di suatu grup) yang charging asal-asalan, baterainya sudah rusak duluan.

  24. Hp ku asus zenfone max baterainya lipo yang kapasitasnya gede banget, 5000mah dan itu kalau dicas perlu 4jaman. Kalau misal sbelum penuh 100% dicabut dri colokan gimana ya gan? Soalnya kadang kelamaan nunggu sampe penuh

    • Boleh aja sih. Tapi sepengalaman beberapa temenku (iya, aku ambil survei ke beberapa temen), kalo sering banget seperti itu, biasanya bakal bikin persentase baterainya lebih cepat error (lebih cepat yaa, artinya semua hape pada akhirnya juga akan seperti itu, hanya saja waktunya bisa berbeda beda tergantung pemakaian kita).

  25. aku beli hp dengan batrai li-po
    pas charger lama banget hingga 8jam baru 100%
    kata penjualnya sih wajar adaptasi sekarang charger 5jam 100% wajar kah kak pemakaian baru 3hari

  26. infonya sangat bermanfaat,lanjut klo untuk yg type C bagaimana mas? apa ada perawatan khusus? n kekurangannya kalau dicharge terlalu lama/semalaman?

  27. Min kalo misalnya disimpen ampe setahun gitu gimana kondisi baterai nya (tanpa pernah di cek sama sekali). Ngaruh gak kira kira….

    • Kalo sampe setahun, belum pernah coba. Punyaku pernah aku biarin beberapa bulan, dan waktu mau dipake lagi, ternyata baterainya jadi kosong, dan perlu di charge beberapa jam (sekitar 6 jam kalo gasalah) sebelum akhirnya mau charging.

      Terus untuk pemakaian, awalnya jadi sering drop-drop’an, tapi setelah beberapa minggu pemakaian, jadi terasa seperti normal..

      BTW, kasus diatas itu aku terapkan di hape lama yang sekarang udah 5 taunan dan belum pernah ganti baterai

  28. Soal persentase error dari batre mungkin lbh disebabkan softwarenya kali ya, bukan batrenya. Kebanyakan bilang gitu. Intinya error software utk ngebaca kapasitas batrenya. Soalnya batre litium gak punya memory kayak batre2 jenis lama.

  29. https winpoin com/tips-cara-merawat-baterai-yang-baik-dan-benar/ baca ini juga ya , menurutku 40%-80% lebih baik daripada 10 – 100 toh ada penelitiannya juga … Saran jangan hanya berdasarkan pengalaman aja min , uprek berbagai penelitian juga ya biar argumen lebih kuat

  30. Min saya mau tanyA. Kenapa hp asus zenfone sy g bisa di cash dipowerbank kalau baterai kurang daari 60%. Padahal di cash di charger bisa. Klau seandainya powerbank nya rusak g mungkin, soalnya dicoba di hp lain bisa.
    Minta saran/info min
    Makasih

  31. Gan saya mau tanya, hp sy xiaomi battery Li-poly. Nah saya suka charge dalam keadaan si battery nya sisa 40persenan lagi. Itu gimana gan ? Terus kemaren saya charge semalaman karena ketiduran.

    Mohon pencerahannya gan

    • Kalau keseringan banget sih biasanya bakal lebih cepet “error” persentase baterainya. Misal, harusnya bisa normal sampai 2 tahun, dengan kebiasaan itu, cuma bisa bertahan setahun setengah (ini misal doang loh yaa, keadaan sebenarnya bisa beda dan bervariasi). Untuk charge semalaman, sebenernya nggak masalah tuh Kak. Karena biasanya hape jaman sekarang udah ada fitur pemutus daya otomatis Kak..

  32. Bang ane mo tnya baterai lipo(asus zenfone 2 laser) ane klo start charging dr 25% to 100% selama 2 j 20 m tu msh normal gk ya padahal sebelumnya cuma bth waktu 2 j start dr presentase yg sama…

    Mohon penjelasannya ya bang

  33. Mas hape sy asus zenfon 2 dipake main game sampe mati sendiri. Trus gak bs hidup lg. Apa yg harus sy lakukan? Panik. Sy idupin cm bunyi srettt srettt…seperti mau nyala. Tp gak nyala

  34. Mas misalnya kalo saya ngeces malem tapi belom penuh lah terus paginya itu lebih baik dicesno lagi apa enggak?? Waktu itu masih dapet 77% HP saya pake batre li-po

    • Mending dipake dulu aja sih. Tapi kalau misal memang butuh energi ekstra untuk aktivitas seharian yaa kalau mau di cas lagi pun sebenernya nggak masalah. Yang penting nggak terlalu sering aja sih

  35. Thanks ya infonya. Sempet takut tadinya sony xperia z saya led nya nyala saat di charge tapi lama sekali nyalanya karna waktu di charge dalam keadaan habis total haha

  36. Nggak ada sumbernya nih artikel, tolong cari lagi keterangan beserta sumber resmi.
    Karena baterai li-po itu tidak mempunyai memory cycle jadi tidak masalah jika digunakan saat charging ataupun dicabut sebelum penuh. Baterai tipe li-po beda dengan tipe lama yang menyimpan status baterai.
    Kelemahan baterai li-po adalah panas yang berlebih.

    • Untuk bagian charging itu memang nggak ada sumber (theory) yang menyebutkan demikian. Tapi, aku berani nulis demikian berdasarkan pengalaman, Kak. Memang, baterai Li-Po itu lebih kuat dan lebih awet khususnya untuk urusan yang demikian, tapi bukan berarti “kebal”, kan? Semua pasti ada batasannya dan efeknya baru akan terasa setelah perlakuan jangka panjang.

      Aku berani nulis demikian setelah memperhatikan 4 hape pembanding. 1 hape punyaku dan 1 punya teman (tipe hape sama, tanggal pembelian duluan punyaku), dan dua hape teman (tipe berbeda, tapi sama-sama baterai Li-Po). Dan dengan perilaku charging yang sudah aku sebutkan, terbukti baterai hapeku bisa bertahan baik hingga 3 setengah tahun lebih, sementara hape temanku (yang tipenya sama) yang sering colok dan cabut sembarangan, hanya bertahan 2 tahunan++ aja, sebelum persentasenya mulai error.

      Demikian juga dengan 2 hape temanku yang lain, dimana satu teman yang mengikuti saranku ini ternyata baterainya memang lebih awet (hampir 3 tahun, tapi belum rusak sudah dijual duluan) dibandingkan dengan baterai hape milik temanku yang satu lagi yang juga cuma bertahan 2 tahunan. Memang sih harus diakui kalau ada faktor X (banyak macamnya) yang kemungkinan juga bisa menyebabkan turunnya kesehatan baterai. Tapi kurasa, perlakuan saat charging ini juga punya andil besar.

      Terserah mau percaya atau nggak, toh itu hanya saran. Dan sila dibuktikan sendiri 🙂

    • Seharusnya sih nggak. Kalo soal rawan meledak atau nggak sih sebenernya karena faktor kegagalan desain baterai Kak. Intinya gini, baterai bisa meledak (terbakar) salah satu penyebab utamanya adalah korsleting atau kita biasa nyebut sebagai “konslet”. Nah kalo misal desain baterainya “gagal” untuk menjaga agar lapisan positif dan lapisan negatif tetap terpisah, yaa itu bakal bikin rawan konslet. Jadi, selama kedua lapisan ini tak saling bertemu, seharusnya aman 🙂

      Note: itu juga kenapa kita disarankan untuk nggak menekan-nekan baterai atau membantingnya, karena itu bisa merusak lapisan pemisah antara positif dan negatifnya.

  37. Min, tmen q pake xiaomi redmi 3s pro, kmren batre sampe kosong, trus di carge lama cuma 17%….”terus di biarin smpe 100% lama bgt isinya, la wkt di copot cargernya kok langsung mati ya.. Cma masuk smpe logo xiaomi, tp klo di nyalain dengan di carger normal….. ada solusi ndak?

    • Wedew.. Belum pernah sih yang seperti itu. Kemungkinan sih masalah hardware tuh (baterai). Kalopun masalah software doang, factory reset sepertinya juga nggak memungkinkan kalo keadaannya begitu. Mesti diperiksa di service center tuh

  38. Infonya keren-keren mas Pandu, sangat membantu utk solusi masalah yg aneh-aneh pada gadget. Ijin share jika diperlukan, pastinya disertai source TECHijau. Thanks a lot..

  39. Ini baru kejadian sama saya nih mas. Semalem hape saya lowbatt sampe mati sendiri, jadi waktu dicharge indikator lampunya gak nyala dan hapenya juga gak mau nyala
    Terus saya baca blog ini, makasih banget jadi nambah ilmu. Masalahnya hape yang sekarang lagi dicharge ini kok jadi anget ya… Blom sampe panas sih… Ini normal gak ya?

  40. Kak aman GA sih nge cas di MLM hri dtinggal tidur dan baru dicabut setelah bangun pdahal udah hpnya udah fast charging, di isi 2jam aja udah pnuh

    • Nah itu.. Selama hapenya ada perlindungan dari over-charging, rasanya nggak masalah yaa. Dan rata-rata hape modern sudah pakai teknologi itu. Cara bedainnya, paling gampang yaa cek aja suhu hapenya. Kalo adem ayem (setelah di cas semaleman), berati aman. Kalo panas, berati mesti ekstra waspada.

      Tapi kembali lagi, akan lebih baik dan lebih aman kalau charging nya langsung dihentikan setelah baterai penuh 🙂

  41. Min ko batre hp saya sekali ngurangin nya 2% terus ya,Contoh nya Batre nya 70% Pas berkurang nya malah langsung hadi 68% itu knp ya? Faktor dari casan? Soalnya Casan nya bukan ori tapi bukan abal abal juga.

    • Kalo pemakaian charger non ori (dari merk lain misalnya) dan outputnya beda, emang ada resiko kesana. Itu cuma persentasenya aja yang error sepertinya, mesti di kalibrasi (sayangnya aku nggak pernah nemu cara yang bener-bener efektif). Atau bisa coba di factory reset deh (semua data ilang). Tapi kalo misal udah factory reset dan masih begitu, sepertinya ada masalah lain di baterainya yang efeknya udah permanen.

      Solusinya yaa ganti baterai dan charger yang ori, supaya lebih awet

  42. hp saya COOLPAD E580 (power) , klok saya gk pakai hp nya truss daya kok berkurang banyak kak, Baterai Li po,apa kesalahan saya Apa emang gitu kak,,,,, please solusinya

  43. min..tanya donk.

    kalo batere polymer tablet android kan harganya mahal, bisa gak baterenya diganti dengan batere lithium ion yang memang lebih gampang didapat?

  44. min aku mau ganti baterai iphone pake baterai lipo 3,7V , kira2 pake charger iphone aman ga sih? cepet rusak ga? dan wall charger ga ori cuman USB nya doang yg ori, bahaya ga??

    • Dimana mana charger (atau apapun) yang nggak ori itu sangat rentan, Kak. Lagipula, kualitas dari produk KW yang dijual kan kadang juga beda-beda, jadi nggak bisa masttin aman atau nggaknya 🙂

  45. Baterai ponsel harus diisi penuh sebelum digunakan

    Banyak orang mengisi baterai ponsel hingga mencapai 100 persen sebelum mulai menggunakannya. Ini keliru karena tak ada keuntungan apapun yang bisa diperoleh dari hal tersebut.

    Bahkan, baterai ponsel sebenarnya bekerja optimal ketika kapasitasnya berada di angka 40 persen hingga 80 persen. Baterai kebanyakan ponsel juga diisi setengah penuh dari pabrik sehingga kamu bisa langsung menggunakannya begitu dikeluarkan dari kemasan.

    • Itu karena blog ini memang bukan blog copas dan pakai pendapat dari penulisnya sendiri, Kak. Bukan berdasarkan “apa yang kebanyakan orang bilang” dan menerimanya mentah-mentah. Dan pendapat ini aku tulis berdasarkan pengalaman pribadi dan sekali lagi, bukan berdasarkan “apa yang kebanyakan orang bilang”.

      Lagian, beda pendapat juga wajar kan? Tinggal kitanya aja mau percaya pendapat yang mana 🙂

    • Baterai jenis ini sudah termasuk baterai mutakhir, dan rasanya pengaruhnya nggak akan terlalu besar (terhadap umur baterai) kalau kita mau ngecas dalam aktif atau dimatikan. Tapi kalau aku pribadi, lebih suka charge hape dalam keadaan dimatikan kalau misal di cas nya malam hari supaya pengisiannya lebih stabil, meminimalkan suhu, sekaligus refresh hapenya. Dan kalau misalnya harus charging di waktu siang, yaa aku cas nya dalam keadaan hape aktif 🙂

  46. kak mau nanya axioo picopad 7H kok untuk USB portnya carger bawaannya lonngar banget ya sanking sebel nya tertutup selimut sampe pecah layarnya kenapa ya USB portnya longgar banget akhirnya pake cas abal abalan punya ibu saya

    • Kalo port USB longgar itu biasanya karena pemakaian yang nggak bener. Misalnya, dipake main waktu masih di charge.

      Etapi bentar, itu yang longgar port yang di tabletnya, atau di adaptor chargernya?

  47. Kebetulan aku pake li-po tapi yg removable.. btw, kan katanya klw yg li-po jgn dipakai sampai mati sendiri (lowbat total) krna cenderung sush di charge lagi.. lalu bagaimana dgn sistem kalibrasi yg mengharuskan agar dipakai hingga mati? dan itupun 2x untuk mereset informasi pada sistem status batrei.

    • Nah itu dia, aku kurang tau soal itu Kak.. Kalo aku sih selama ini belum pernah kalibrasi ya, Kak. Soalnya selama aku pake trik ini, persentase baterai gapernah ngaco, jadi gaperlu kalibrasi deh 😀

  48. Min hp anak saya asus selfi baterainya tulisan li polymer yg bisa di cabut.apakah klu mau cas hp harus nunngu baterai 30 % dulu atau suka2 kita mau cas kapan saja.

  49. Min hp saya xiaomi redmi note 3 pro, kalo pas lagi ngeces biasanya mobile data di matikan dan saya buat mode airplane, setiap kali ngeces, jika sdh penuh 100℅ langsung saya cabut. Dan kemarin pada saat ngeces saya lupa nyabut padahal sdh hampir 5 jam saya nhecharge hp, jika sering terlalu lama ngecharge sperti itu apa akan mengurangi daya tahan batrai?

    • Kalo hape hape modern sih biasanya udah ada fitur proteksi baterai dari overcharge (kelaman charging) gitu, Kak. Pokoknya, kalo misal setelah di cas kelamaan gitu tapi suhu baterainya nggak panas, seharusnya sih nggak masalah. Tapi tetep, untuk pencegahan sebaiknya dihindari kebiasaan itu, Kak 🙂

  50. Comment: min ane baca di blog org laen kok lebih menyarankan klo batrai li-po lebih awet jika di charger dlm keadaan batrai terisi di atas 30%

    • “Awet” untuk penggunaan jangka panjang (nggak cepet rusak), atau “awet” untuk penggunaan sekali charging alias jangka pendek (nggak cepet abis)? Kalo yang ini tuh supaya “awet” dalam penggunaan jangka panjang.

      Tapi kalo misal masih ragu, yasudah. Ikuti aja saran yang menurut Kakak lebih benar, dan buktikan sendiri 🙂

  51. Nah nanyak ni gan, gua kan pake xiaomi redmi note 3p nah gua sering pakai buat tetheringan usb, alias hospot pke usb ke laptop, nah itu dampaknya apa ya kalu keseringan di gunakann tethering usb, (secara arus usb pc atau laptop setau gua cuman 0,5v) dan jika itu tidak baik, ada saran gak ? Biar aman buat tetheringan usb, gua suka main game online jadi sehari bisa on sampe 6 sampe 7 jaman,. Tolong ya gan sarannya xD

    • Hahahahah, dulu diriku juga sering begitu pas masih pake hape jadul dari Sony. Sampe sekarang baterainya masih lancar jaya 😀

      Saran sih sebaiknya tethering WiFi aja, Kak. Terus charge nya pake charger bawaan. Cuman tetep ya, penggunaan seperti itu lebih berpotensi untuk merusak baterai lebih cepat. Kualitas baterai juga menentukan apakah bakal awet atau nggak.

  52. Min kata orang orang ngecas jangan sampe 100% paling tidak katanya 40-80% doang min itu ada efek nya gak min kalo sampe penuh di li-po

    • Berdasarkan percobaanku sendiri sih justru lebih “sehat” kalo kita cas sampe penuh, Kak..

      Baterai Li-Po sih emang lebih bebas sebenernya, tapi yaa akan lebih baik kalo pengisian baterainya teratur (sampai 100%). Soalnya pengalaman beberapa temenku yang sering seperti itu (diisi sebelum habis, dicabut sebelum penuh), baterai hape mereka jadi error, dalam artian kadang suka mendadak mati padahal belum lobat..

    • Ya kalo diganti sih jelas bisa ya, Kak. Tergantung ketersediaan, ada atau nggak? Soal mahal atau nggaknya, tergantung merk dan kapasitas baterai, Kak.. Tapi yang pasti, harganya bisa diatas 100 ribu atau bahkan sampe ratusan ribu, tergantung itu tadi

  53. Saya pernah baca di beberapa artikel, bahwa baterai li-po bisa dicharging tanpa harus nunggu baterai lemah. Apa benar kak?

    • Sebenernya sih boleh aja. Cuman dari pengalamanku pribadi sih lebih awet kalo charge nya itu dalam keadaan lowbat dan diisi sampe penuh. Awet dalam arti masa pakainya (sedikit) lebih lama..

      Lagian kalo misal kita charging nya sebelum low, terus dipake, belum low udah di cas lagi, itu kan jadinya lebih sering cabut pasang. Nah disitu nanti yang cepet rusak itu port usb nya juga, Kak. Itu juga jadi pertimbanganku sih 🙂

    • Ya jelas ada Kak.. Tapi mungkin efeknya nggak akan separah di Li Ion biasa..

      Yang penting, kalopun mau dimainin pas lagi charging, jangan sampe aktivitasnya itu bikin hape jadi panas berlebih. Udah, itu aja kak 🙂

BERIKAN KOMENTARMU

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini