ASUS Zenbook 14 UX425 Resmi Hadir di Indonesia, Segini Harganya

ASUS Zenbook 14 UX425 Resmi Hadir di Indonesia, Segini Harganya – Sebagai salah satu pelopor hadirnya laptop premium di kelas ultrabook dengan lini produk Zenbook nya, hari ini, 15 September 2020, ASUS kembali memboyong seri Zenbook ke pasar Indonesia. Produk yang dihadirkan tersebut adalah seri Zenbook Classic, yang merupakan varian base model dengan desain yang mengacu pada produk Zenbook saat pertama kali diperkenalkan sejak 2013 lalu. Yaitu simple, dan elegan.

Lini produk Zenbook sendiri saat ini sangat diminati oleh berbagai kalangan karena kemampuannya yang serba bisa, sekaligus mudah dibawa berkat body nya yang ringkas. Selain itu, desain simple dengan warna yang tidak mencolok, namun terlihat mewah, adalah hal yang membuat banyak orang semakin tertarik.

Salah satu laptop terbaru yang dihadirkan ini adalah ASUS Zenbook 14 UX425 yang juga mengusung konsep desain tersebut. Dengan tentu saja mendapatkan beberapa pembaruan fitur-fitur modern yang membuatnya lebih nyaman saat digunakan.

Harga resmi ASUS Zenbook 14 UX425

Tampil Lebih Mewah dan Elegan

Sejak awal kemunculannya, lini produk Zenbook sudah dikenal memiliki kesan yang mewah dan elegan. Hal yang sama juga tetap dipertahankan pada seri Zenbook 14 (UX425) yang dihadirkan kali ini. Kita dapat melihat dengan jelas desain “Zen” yang digunakannya. Yaitu sebuah ciri khas Zenbook yang memiliki finishing melingkar pada cover belakang laptop. Body berbahan aluminum alloy dengan pinggiran yang diberi finishing diamond cut, semakin memperkuat kesan premium pada laptop ini.

Dari sisi dimensi fisik, ASUS Zenbook 14 (UX425) memiliki body dengan ketebalan hanya 13,9 mm. Serta memiliki luas permukaan 31.9 x 20.8cm yang sangat ringkas untuk sebuah laptop dengan bentang layar 14 inch. Memudahkannya untuk diselipkan dalam tas, tanpa memakan ruang yang terlalu banyak. Bahkan untuk semakin membuatnya nyaman untuk diajak bepergian, ia dirancang untuk memiliki bobot yang sangat ringan, yaitu 1.13kg saja. Sebuah kabar baik bagi mereka yang harus sering membawa serta laptopnya saat beraktivitas.

Luas permukaan dari laptop 14 inch ini bisa dibilang setara dengan luas dari laptop dengan layar 13 inci pada umumnya. Yang artinya, Zenbook 14 (UX425) ini sangatlah ringkas. Hal itu menjadi mungkin berkat penerapan teknologi NanoEdge display. Yang membuat bezel alias pinggiran layar menjadi sangat tipis. Dengan demikian, luas permukaan dari body secara keseluruhan dari laptop ini tidak berbeda jauh dengan luas layarnya. Dengan rasio layar berbanding body mencapai 90%.

Ringan Namun Tidak Ringkih

ASUS Zenbook 14 (UX425) menggunakan body berbahan aluminum alloy yang kokoh. Dan untuk lebih meyakinkan lagi, ia telah terbukti lolos uji ketahanan standar militer hingga mendapatkan sertifikasi Military Grade MIL-STD810G. Pengujian yang dilakukan adalah mulai dari uji fungsional di ketinggian hingga lebih dari 15.000 kaki, uji jatuh dari ketinggian 100mm dalam keadaan hidup dan diuji di setiap sudut jatuh, hingga uji operasional di suhu rendah yaitu hingga minus 33 derajat Celcius.

Sertifikasi ketahanan standar militer tersebut adalah bukti bahwa ia cukup tangguh walau memiliki body yang tipis dan juga ringkas. Sekaligus juga bakal memberikan rasa aman ekstra ketika sedang dibawa bepergian.

Tampil Lebih Modern

Salah satu hal yang membuatnya tampil beda dibanding dengan pendahulunya adalah dari sisi keyboard. Ia mengusung konsep desain edge-to-edge keyboard, yang hadir dengan tombol lebih luas. Selain membuat keyboard jadi lebih lega untuk mengetik, tombol-tombol yang nampak memenuhi dua sisi body tersebut membuatnya tampil semakin menarik.

Demi membuatnya semakin nyaman, ia juga mengadopsi teknologi ErgoLift hinge. Yang membuat body bagian bawah akan sedikit terangkat saat sedang dibuka. Menciptakan kemiringan pada keyboard agar pengalaman mengetik dapat terasa semakin baik. Kemiringan yang tercipta ini juga bakal memberikan ruang ekstra pada bagian bawah keyboard. Sehingga bakal membuat sirkulasi udara yang dibutuhkan untuk mendinginkan laptop menjadi semakin efektif.

Penerapan teknologi NumberPad 2.0 juga semakin membuatnya fungsional dan nampak modern. NumberPad 2.0 merupakan fitur yang memungkinkan untuk memunculkan tombol angka virtual pada bagian touchpad. Yang akan memudahkan penggunanya pada saat ingin melakukan input angka. Menariknya, walau NumberPad sedang diaktifkan, bagian touchpad masih bisa kita gunakan dengan semestinya.

Konektivitas Lengkap

Salah satu komplain yang disampaikan oleh pengguna dari sebuah ultrabook adalah soal konektivitas yang seringnya bakal dikorbankan. USB Type-A dan juga port HDMI adalah port yang paling sering dikorbankan demi menghadirkan body laptop yang ringkas. Namun hal itu tidak berlaku pada ASUS Zenbook 14 (UX425). Sehingga, ia tak hanya memiliki keuntungan dari segi portabilitas, tetapi juga bisa lebih leluasa dalam menghubungkannya dengan berbagai aksesori yang memebutuhkan port USB Type-A dan HDMI.

Ia bahkan juga dilengkapi dengan dua buah USB Type-C yang sudah mendukung teknologi power delivery dan juga Thunderbolt 3. Memungkinkannya untuk di charge menggunakan powerbank, ataupun dihubungkan dengan kartu grafis eksternal jika ingin menggunakan Zenbook 14 (UX425) untuk menjalankan berbagai pekerjaan berat.

Tak ketinggalan, konektivitas wireless di laptop ini juga sudah kekinian dengan Wi-Fi 6 (802.11 ax) dan juga Bluetooth 5.0. Wi-Fi generasi terbaru tersebut mampu memberikan kecepatan transfer data yang lebih tinggi dan juga latensi yang lebih rendah jika dibandingkan dengan Wi-Fi generasi sebelumya (Wi-Fi 5). Konektivitas tersebut semakin disempurnakan dengan fitur Wi-Fi master untuk membuat Zenbook 14 (UX425) dapat menangkap sinyal Wi-Fi lebih baik.

Performa Kencang & Baterai Awet

Salah satu alasan mengapa orang memilih sebuah laptop yang ringkas adalah agar tidak terlalu membebani saat sedang diajak bepergian. Demi mendukung aktifitas tersebut, ASUS menyematkan baterai berkapasitas besar pada Zenbook 14 (UX425), yaitu 67Whrs. Agar pengguna dapat berlama-lama menggunakan laptop tipis ini tanpa perlu khawatir baterai akan cepat habis. Dalam pengujian menggunakan aplikasi PCMark 10 (mode modern office), Zenbook 14 (UX425) mampu bertahan hingga 12 jam 44 menit dalam keadaan terkoneksi ke internet via Wi-Fi.

Hasil uji daya tahan baterai ASUS Zenbook 14 UX425

Salah satu alasan mengapa daya tahan baterainya bisa begitu awet adalah karena penerapan teknologi 1W panel. Konsumsi daya dari panel layar IPS beresolusi Full HD tersebut lebih hemat sekitar 63,6% dibandingkan dengan panel standar pada laptop lainnya. Selain kedua hal itu, penggunaan prosesor Intel Core 10th Gen yang gesit sekaligus hemat daya juga semakin membuat daya tahan baterainya lebih awet.

ASUS Zenbook 14 UX425 hadir dengan pilihan prosesor Intel Core i5-1035G1, dan juga Intel Core i7-1065G7 (Ice Lake) yang memiliki konfigurasi 4 core dan 8 thread. Dan memiliki boost clock hingga 3,9 GHz. Yang menarik adalah, prosesor yang digunakan pada laptop ini sudah ditenagai dengan GPU terintegrasi Intel Iris Plus Graphics. Berbeda dengan GPU Intel HD Graphics, Intel Iris Plus Graphics memiliki performa yang lebih tinggi. Meski demikian, GPU Intel Iris Plus tetap hadir dengan konsumsi daya yang sangat rendah. GPU ini merupakan salah satu alasan mengapa ZenBook 14 (UX425) mampu memiliki daya tahan baterai yang tergolong panjang.

Untuk mendukung performa dari prosesornya, penyimpanan berjenis SSD PCIe NVMe 3.0 x4 berkapasitas 512GB juga turut tertanam di laptop ini. Penggunaan penyimpanan jenis ini bakal memaksimalkan potensi dari prosesor yang dipakainya, karena ia memiliki kecepatan baca dan tulis yang jauh lebih cepat ketimbang HDD. Selain itu, oleh karena ia tak memiliki komponen bergerak seperti halnya HDD pada saat beroperasi, menjadikannya lebih tahan dan lebih aman terhadap goncangan.

Sementara dari sisi memory, Zenbook 14 (UX425) menggunakan modul RAM LPDDR4X berkapasitas 16GB. RAM berkapasitas besar ini membuatnya siap untuk diajak multitasking dengan lebih lancar. Pengujian performa dari ASUS Zenbook 14 UX425 bisa kamu lihat pada hasil benchmark berikut ini:

Hasil benchmark ASUS Zenbook 14 UX425

Berikut adalah spesifikasi lengkap dan harga dari ASUS Zenbook 14 (UX425) :

Main Spec. ZenBook 14 (UX425)
CPU Intel® Core™ i7-1065G7 Processor 1.3 GHz (8M Cache, up to 3.9 GHz)

Intel® Core™ i5-1035G1 Processor 1.0 GHz (6M Cache, up to 3.6 GHz)

Operating System Windows 10 Home
Memory 16GB LPDDR4X (i7 variant)

8GB LPDDR4X (i5 variant)

Storage 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 x2 SSD
Display 14.0″ (16:9) IPS FHD (1980 x 1080), 300 nits, 100% sRGB, Anti-glare, NanoEdge Display
Graphics Intel® Iris® Plus Graphics
Input/Output 1x HDMI 2.0b, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x USB Type-C with Thunderbolt™ 3 supports display / power delivery, Micro SD card reader
Camera HD camera with IR function to support Windows Hello
Connectivity Intel Wi-Fi 6(Gig+)(802.11ax)+Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2
Audio Smart Amp Technology, Built-in array microphone, harman/kardon certified
Battery 67WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension  31.90 x 20.80 x 1.39 ~ 1.39 cm
Weight 1,17Kg
Colors Pine Grey, Lilac Mist
Price Rp17.299.000 (i7 variant)

Rp14.299.000 (i5 variant)

Warranty 2 tahun garansi global
Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P