Beranda Tips dan Trik Mengatasi Error Simbol Pada Keyboard Laptop (Tidak Sesuai Perintah / Kacau)

Mengatasi Error Simbol Pada Keyboard Laptop (Tidak Sesuai Perintah / Kacau)

109

Mengatasi Error Simbol Pada Keyboard Laptop (Tidak Sesuai Perintah / Kacau) – Beberapa hari yang lalu, saya memutuskan untuk melakukan install ulang OS Windows 10 pada salah satu laptop yang saya punya. Semua berjalan lancar pada awalnya, namun ketika saya coba untuk mengetikkan alamat email untuk masuk ke akun Microsoft, saya menemukan sebuah keanehan kecil yang amat sangat mengganggu.

Simbol pada keyboard laptop kacauKeanehan itu berupa error, yang mana simbol pada keybord seperti tertukar, sehingga saya kesulitan untuk memasukkan simbol “@” yang biasa digunakan pada alamat email, karena ketika saya menekan tombol shift + 2 (yang seharusnya memunculkan icon “@”) ternyata yang muncul adalah icon tanda kutip.

Saya juga menemukan bahwa tombol alt yang berada di sebelah kanan tidak dapat berfungsi normal, hingga saya mengira mungkin ada kerusakan yang terjadi pada keyboard laptop saya. Meski terlihat sepele, namun simbol yang tertukar (bukan judul sinetron loh) ini jelas cukup mengganggu dan mungkin bisa membuat sebagian orang merasa frustasi karena kesulitan memasukkan simbol yang diinginkan.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Apakah bisa? Setelah saya coba untuk browsing, ternyata penyebab dari error nya keyboard pada laptop saya ini sangatlah sepele. Nah, bagi kamu yang mungkin juga mengalami masalah yang sama, kamu tak perlu buru-buru pergi ke tukang service karena saya akan membagikan tips atau tutorial singkat sebagai solusi untuk mengatasinya :

NOTE : Penjelasan soal penyebab dari masalah ini akan saya bahas di bagian akhir, yaa…

1.Β Ketikkan kata “Region” pada kolom search (Cortana), lalu pilih Region & Language Settings seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini. Jika ternyata tidak ada kolom search pada taskbar di laptopmu, maka kamu bisa coba klik kanan pada icon windows yang terdapat di pojok kiri, lalu pilih Search, dan ketikkan kata yang disebutkan diatas.

Mengatasi tombol simbol keyboard tertukar2. Sekarang, akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini. Ganti pilihan Region (yang ditunjukkan oleh angka 1) menjadi United States, lalu klik tombol Add a language seperti yang ditunjukkan oleh panah nomor 2.

Keyboard error, simbol pada angka tertukar3. Disana akan muncul berbagai pilihan bahasa yang tersedia, carilah bahasa Inggris (English), lalu pilih English untuk United States. Jika sudah, maka akan muncul pilihan bahasa yang kita tambahkan tadi. Klik disana, dan klik tombol yang bertuliskan Set as default.

Mengatasi simbol error pada laptop windows 104. Tunggulah beberapa saat agar laptop atau komputermu menyesuaikan setup yang kamu lakukan barusan, lalu silahkan restart laptopmu.

Dan sekarang, cobalah kembali untuk memasukkan simbol-simbol pada keyboard laptopmu, dan seharusnya semua sudah kembali normal. Hemm, tapi kok aneh ya, cuman karena setting bahasa doank bisa error begitu?

Penyebab Terjadinya Error Ini Adalah…

Sebenarnya simpel aja sih. Jadi, secara default, Windows 10 akan memilihkan untuk menggunakan bahasa Inggris (United Kingdom), sedangkan sebagian besar orang Indonesia menggunakan keyboard atau laptop dengan standar keyboard United States, yang mana menurut sumber yang saya baca, keduanya punya perbedaan, khususnya pada peletakan simbol pada keyboard.

Sehingga, letak dari simbol-simbol tersebut akan tertukar, seperti yang juga saya alami. Jadi, untuk mengatasinya adalah kita cukup mengganti settingan bahasa menjadi bahasa yang sesuai dengan standar dari keyboard yang kita gunakan, yakni English (United States). Simpel, kan?

Nah, itulah cara mengatasi masalah (error) simbol keyboard yang tertukar pada laptop yang menggunakan OS Windows 10. Silahkan jelajahi Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! πŸ˜€

Artikel sebelumnyaTerungkap, ASUS Bakal Menghadirkan seri Zenfone Max Dengan Prosesor Ini!
Artikel selanjutnyaPertama Di Dunia, Peluncuran ASUS Zenfone Max Pro M1 Akan Berlangsung di Jakarta!
Admin Techijau.com | Kurang pandai mainan socmed, khususnya IG

109 KOMENTAR

  1. Bang sebenarnya yang rusak Hardware keyboard saya atau sistem Os ya. Saya install Keyboard checker tapi di software itu ada tombol keyboard yg merah artinya tertekan..
    Terus kalo double klik kiri di layar harusnya software terbuka malah perintah klik kanan yg berjalan.
    Kenapa ini ya?

  2. makasih pencerahannya om, saya sampai 2x ganti keyboard bawaan AIO HP. ternyata iseng nyari dan alhamdulillah ketemu jawabannya dimari. sekali lagi makasih ya om, akhirnya normal ni keyboard πŸ™‚

  3. Sangat membantu, tetapi sayangnya saya ga bisa restart untuk sementara beberapa waktu karena masih trial ms office dan pake windows off line, apa ada cara lain min?

  4. Saya pake merk Hp cuma made in tokyo, setelah keyboard di rumah ke US ada tools di keyboard jd ga fungsi, itu kenapa yaa om? Mohon pencerahannya, thnx

  5. Punya saya malah menggunakan English (united Kingdom). Malah penempatan keyboard ya sesuai dengan simbol.
    Apa itu menandakan laptop saya masih permasalahan?

  6. keyboard saya tombolnya juga ketukar, mungkin saat update windows. sudah cari-cari settingannya ,ganti bahasa ,ga bisa juga ,ga taunya bahasa keyboard US ,baru bisa.Terima kasih infonya. Ada satu lagi ,tombol arrow vertical ,ga bisa tombol arrow bawah jalan ,juga pgup dan pgdown ,gimana caranya supaya bisa normal lagi ,mohon bantuannya mas. Terima kasih banyak.

  7. Min saya sudah coba cek.. Setinngan regionnya sudah default di english US.. Tp ketika di ketik a keong munculnya tetap tanda petik.. Kesalahan dimana ya? Mohon infonya..

  8. terimakasih mas, sangat membantu. saya sudah panik duluan tadi :’) udh diganti tp ttp tidak berubah, akhirnya setelah di restart baru bisa.

  9. terimakasihh kakaaaakkk,, q bingung udah 2 bulan ini laptop ganti-ganti terus letak keyboardnya yang ” dan @,, ternyata karena pergantian bahasa di laptop yaa,,

  10. Saya mengalami hal yang sama dan sempat frustasi,hehe. Setelah mencoba cara yang Mas Pandu tulis, akhirnya keyboard notebook kembali normal. Terima kasih, Mas πŸ™‚

  11. Min, keyboard laptop saya agak error, kalo misalnya ngetik di bagian search, ngisi password wifi, pokoknya ngetik di app bawaan windows (searching di win store, edge, dll) gak muncul hurufnya. Tapi kalo di ms office sama di browser selain edge malah normal. Solusinya gimana ya min?

  12. makasi bnyak bang.. tapi saya punya terbalik dari yang abang katakan.. saya dari united states awalnya…saya rubah menjadi united kingdom.. sekarang bisa.. thanks

  13. terimah kasih banyak atas bantuan saudara
    sangat membantu sekali laptop saya masalahnya pesrsis sekali dengan narasi di bagian
    sekali lagi terima kasih banyak

  14. Tanya bang. Laptop saya habis ganti keyboard
    Di laptop pada tombol naik, turun, kiri, kanan doble sama yang warna biru volume naik, volume turun, layar redup, layar terang.
    Klo di pakai yang berfunsi adalah yang warna biru bukan buat memindahkan posisi buat tanda ketik. Itu apa masalahnya bang?

BERIKAN KOMENTARMU

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini