Home News Zenfone 4 Max Pro vs Zenfone 3 Max (ZC553KL): Perbedaan & Kelebihan...

Zenfone 4 Max Pro vs Zenfone 3 Max (ZC553KL): Perbedaan & Kelebihan Masing-Masing

548
2
SHARE

Zenfone 4 Max Pro vs Zenfone 3 Max (ZC553KL): Perbedaan & Kelebihan Masing-Masing – Hal pertama yang terpikirkan ketika ASUS Zenfone 4 Max Pro sampai ke tangan mimin adalah soal perbandingannya dengan sang pendahulu, yaitu Zenfone 3 Max ZC553KL.

Agak mengherankan memang. Bagaimana mungkin ASUS meluncurkan generasi penerus dari Zenfone 3 Max, yang bahkan kehadirannya di Indonesia saja belum begitu lama? Dan mimin yakin, diluar sana pasti ada cukup banyak juga yang bertanya-tanya soal hal ini, atau bahkan mungkin malah “kecewa” karena ASUS menelurkan produknya terlalu cepat.

Baru juga beli Zenfone 3 Max, eh sekarang udah muncul aja Zenfone 4 Max Pro!

Kalau kamu adalah salah satu orang yang kesal atau mungkin penasaran soal perbandingan antara Zenfone 4 Max Pro dengan Zenfone 3 Max, maka kamu wajib membaca tulisan ini sampai habis. Karena disini, mimin akan berikan bahasan singkat mengenai hal tersebut, berdasarkan pengujian langsung!

Fisik & Desain

Perbedaan antara Zenfone 4 Max Pro dengan Zenfone 3 MaxKalau kamu sudah pernah memegang Zenfone 3 Max ZC553KL, maka mungkin kamu akan merasa bahwa Zenfone 4 Max Pro terasa sangat tebal, khususnya jika kamu memasangkan case silikon yang sudah ada dalam paket penjualannya.

Sebenarnya sih, ketebalan di Zenfone 4 Max Pro ini terbilang wajar yaa, karena hape ini punya kapasitas baterai yang sangat besar yaitu 5000 mAh, melebihi kapasitas yang dimiliki oleh Zenfone 3 Max. Hanya saja memang bisa dibilang Zenfone 3 Max punya body yang sangat tipis untuk smartphone dengan kapasitas baterai 4100 mAh.

Kalau kamu perhatikan pada gambar diatas, Zenfone 4 Max Pro (sebelah kiri) punya dimensi yang lebih memanjang, serta memiliki desain yang berbeda karena kali ini ASUS menempatkan sensor sidik jari pada bagian depan yang sekaligus juga akan berfungsi sebagai tombol home.

Bagian depan dari Zenfone 4 Max Pro juga sudah dilengkapi dengan lampu LED flash untuk membantu pencahayaan kala berfoto selfie di area minim cahaya.

Beralih ke bagian belakang, desain dari keduanya nampak sangat jauh berbeda. Zenfone 4 Max Pro nampak memiliki desain yang mirip dengan iPhone 7. Bahkan jika dilihat sepintas, mungkin orang akan mengira bahwa hape ini adalah iPhone 7.

Zenfone 4 Max tak lagi membawa serta sensor Laser autofocus, serta hanya punya single LED flash yang nyatanya masih cukup untuk membantu pencahayaan. Namun, perangkat ini sudah dibekali dengan dua buah kamera yang punya fungsi berbeda, yakni kamera dengan sudut normal, serta kamera dengan sudut pandang yang lebih luas (wide angle).

Selanjutnya nanti, mimin akan buatkan perbandingan kamera dari kedua perangkat ini. Tungguin di techijau.com yaa!

Poin Kelebihan & Kekurangan Masing-Masing Perangkat

Setelah menelusuri lebih jauh, ada beberapa hal yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari masing-masing perangkat ini. Dan disini kemudian mimin merasa bahwa sepertinya Zenfone 4 Max Pro kurang cocok dikatakan sebagai penerus dari Zenfone 3 Max. Lah, terus?

Kalau menurut mimin, Zenfone 4 Max Pro ini lebih cocok diposisikan sebagai PELENGKAP untuk memberikan alternatif pilihan smartphone dengan konfigurasi berbeda. Karena seperti yang disebutkan tadi, kedua perangkat ini punya kelebihan dan kekurangan masing-masing yang saling mengisi satu sama lain.

Performa

 

Sampai tulisan ini dipublikasikan, mimin belum menemukan perbedaan berarti dari performa antara kedua hape ini, khususnya untuk penggunaan apps essential seperti aplikasi chatting, dan juga socmed. Mungkin nanti, mimin akan coba melakukan uji coba lebih lanjut mengenai ini.

Namun, perbedaan sudah bisa mimin rasakan ketika coba bermain game Real Racing 3 yang merupakan game yang cukup berat. Zenfone 4 Max Pro terasa mampu menjalankan game tersebut dengan sedikit lebih smooth.

Mimin cukup yakin, chipset Qualcomm Snapdragon 435 (upgrade dari 430), dukungan RAM 3GB, serta layar dengan resolusi lebih rendah yaitu 1280 x 720 pixel (HD) menjadi alasan utama mengapa hal itu bisa terjadi.

Layar

 

Nggak, diatas itu mimin nggak salah ketik! Layar dari Zenfone 4 Max Pro ternyata di downgrade menjadi hanya punya resolusi HD. Awalnya memang mimin tak menyadari perbedaan resolusi antara kedua hape ini. Namun, ketika mimin coba untuk membandingkan layarnya dengan menampilkan gambar yang sama, ternyata layar Zenfone 3 Max telihat lebih baik dalam hal ketajaman.

Dan setelah mimin konfirmasi lebih lanjut dengan melakukan screenshot untuk melihat resolusinya (dan bahkan sempat melihat dengan kaca pembesar), ternyata memang benar bahwa layar Zenfone 4 Max Pro tidak lebih tajam dari Zenfone 3 Max.

Dari segi kecerahan pun, Zenfone 3 Max mampu menampilkan gambar dengan lebih redup pada level kecerahan terendah. Sementara untuk level kecerahan tertinggi, keduanya nampak tak jauh berbeda.

Kamera

 

Di sisi kamera, keduanya juga punya poin kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Zenfone 4 Max Pro punya dua buah kamera yang berfungsi untuk menangkap gambar “normal” dan juga wide angle (untuk panorama). Namun, kameranya tersebut tidak memiliki kemampuan untuk menentukan fokus secepat apa yang bisa dilakukan oleh Zenfone 3 Max.

Apakah mungkin hal itu karena Zenfone 3 Max punya sensor laser autofocus, sementara Zenfone 4 Max Pro tidak? Bisa jadi. Yang jelas, untuk urusan ini, perbedaan kecepatan yang ada sangat terasa. Bagi sebagian orang mungkin hal ini dianggap penting, namun sebagian lain mungkin tak akan mempermasalahkannya.

Toh juga kamera dari Zenfone 4 Max pro sudah mampu mendeteksi fokus objek dengan cukup baik. Soal hasil foto pun keduanya punya plus minusnya masing-masing.

NOTE : Tulisan ini akan di update dengan menyertakan perbandingan hasil foto dari kedua perangkat.

Zenfone 4 Max Pro terlihat mampu menghasilkan gambar (dengan kamera utama) dengan sedikit lebih baik dalam hal warna, saat mengambil gambar di area pencahayaan baik. Namun berbeda ceritanya ketika kita membawanya ke area gelap.

Warna yang dihasilkan oleh kamera Zenfone 3 Max nampak lebih alami saat kondisi cahaya redup, serta ketajaman yang masih bisa dipertahankan. Akan tetapi, noise yang muncul terlihat cukup mengganggu. Lain halnya dengan Zenfone 4 Max Pro. Kameranya sudah bisa memproses gambar dengan noise reduction (pengurang noise) yang sangat agresif, sehingga gambar yang dihasilkan bisa minim noise.

BACA JUGA : Apa Itu Noise?

Efek sampingnya, ketajaman gambar jadi amat sangat dikorbankan, serta warna yang ditangkap menjadi nampak tidak alami. Pilihan mode manual yang lebih lengkap dan lebih mendukung untuk fotografi di area gelap, membuat Zenfone 3 Max makin cocok untuk urusan foto low light.

Soal kamera depan, sejauh ini nampak kualitasnya tak jauh beda. Mungkin nanti saat update tulisan ini, mimin akan sertakan hasilnya sehingga kalian bisa menilainya sendiri.

Baterai

 

Untuk hal ini sepertinya jelas, Zenfone 4 Max Pro dapat aktif lebih lama dalam satu kali charging, dibandingkan dengan Zenfone 3 Max. Sampai tulisan ini dipublikasikan, mimin sedang berusaha melakukan pengujian soal daya tahan baterainya dalam beberapa skenario penggunaan. Dan dikarenakan baterainya yang awet kebangetan, maka mungkin akan dibutuhkan waktu lebih untuk urusan ini.

Lainnya

 

ASUS akhirnya menuruti permintaan konsumen dan memberikan slot ekstra agar dapat diisi dengan dua buah nano SIM card sekaligus microSD, tanpa harus memilih salah satu antara SIM 2 dengan microSD secara bergantian (hybrid) seperti yang terdapat pada Zenfone 3 Max.

Lalu mimin menemukan bahwa speaker yang dimiliki oleh Zenfone 4 Max Pro ini tergolong superior untuk smrtphone dikelasnya. Perbedaan suara yang dihasilkan sangatlah terasa.

Speaker perangkat tersebut mampu menghasilkan suara frekuensi rendah dengan lebih jelas dan lebih “nendang” (apa sih ya istilahnya?). Dan iya, setelah mendengarkan suara melalui speaker di Zenfone 4 Max Pro, speaker di hape lainnya mendadak jadi terasa / terdengar buruk.

Zenfone 4 Max Pro

Performa: Snapdragon 435, RAM 3GB
Penyimpanan: 32GB
Baterai: 5000 mAh
Ketajaman Layar: 267ppi (5.5 inch, HD)

Zenfone 3 Max

Performa: Snapdragon 430, RAM 3GB
Penyimpanan: 32GB
Baterai: 4100 mAh
Ketajaman Layar: 403ppi (5.5 inch, FHD)

Kesimpulan

Jadi, sebenarnya Zenfone 3 Max ZC553KL masih sangat layak untuk dijadikan pilihan karena Zenfone 4 Max Pro tidak di desain untuk “menggantikan” posisi Zenfone 3 Max di pasaran. Maka, tidak salah rasanya jika ASUS Indonesia merilis Zenfone 4 Max Pro dalam waktu yang tak terlampau terlalu jauh setelah perilisan Zenfone 3 Max

Jika kamu bingung untuk menentukan akan memilih yang mana, berikut adalah poin-poin utama yang mesti kamu pertimbangkan berdasarkan kebutuhanmu agar kamu dapat memilih diantara keduanya:

Zenfone 4 Max Pro

 

Lebih cocok untuk pengguna yang sering aktif diluar ruangan atau bahkan bepergian / berwisata keluar kota, karena baterainya yang lebih awet, kamera yang lebih bagus di siang hari (plus kamera wide angle untuk menangkap gambar panorama), serta dapat lebih diandalkan untuk urusan komunikasi sekaligus storage karena dapat menampung 2 SIM card sekaligus microSD secara bersamaan.

Speaker nya yang tergolong punya suara kencang, juga membuatnya semakin cocok untuk penggunaan outdoor. Dan saat penggunaan tersebut, tentu urusan ketajaman layar (yang menjadi kelemahannya) tak menjadi hal yang terlalu penting karena kita takkan terlalu dapat merasakannya.

Terlebih lagi, ia sudah punya fitur BeautyLife yang bakal membuat kamu nampak lebih “cantik” saat sedang melakukan live broadcast di beberapa app social media seperti Facebook, YouTube dan Instagram. Sehingga, cocok bagi mereka yang doyan dan aktif di social media untuk mempublikasikan aktivitasnya selama bepergian secara live!

Zenfone 3 Max ZC553KL

 

Lebih cocok untuk pengguna yang tak terlalu sering bepergian jauh / berada diluar ruangan. Layarnya yang lebih tajam, menjadi alasan utamanya. Alasan lainnya adalah dikarenakan ia memiliki hasil gambar yang lebih baik saat digunakan didalam ruangan, plus mampu mengunci fokus dengan lebih cepat (dalam keadaan yang tak terlalu gelap).

Harganya yang juga lebih hemat, bisa dijadikan bahan pertimbangan lain untuk memilih Zenfone 3 Max. Pilihan mode manual pada kamera yang lebih lengkap, membuatnya punya keunggulan tersendiri dibandingkan dengan saudaranya itu. Nah jadi, kamu lebih cocok sama yang mana nih?

2 COMMENTS

  1. Setuju Kang.. ZF3 Max, kalo sudah punya, manfaatkan saja dulu.. gak perlu ganti ke ZF4 Max Pro. Memang utk daily sih zf4 max pro menang batre besar, desain kekinian sama pilihan 2 tipe lensa normal dan wide.. cocok utk travellers yg suka foto pemandangan atau bikin time-lapse pake wide lens.. #unch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here