Home News Mengenal Poin Perbedaan Dari Laptop ASUS ROG Strix (III) Series

Mengenal Poin Perbedaan Dari Laptop ASUS ROG Strix (III) Series

0

Mengenal Poin Perbedaan Dari Laptop ASUS ROG Strix (III) Series – Setelah kemarin kita membahas soal perbedaan mendasar antara laptop ASUS ROG Zephyrus series vs ROG Strix (III) series, kali ini kita bakal mengulik lebih jauh mengenai ROG Strix (III) series yang diluncurkan pada event bertajuk Be Unstoppable di pertengahan Juli 2019 lalu.

Seperti yang sudah kita tau, pada event tersebut ASUS meluncurkan cukup banyak model laptop gaming. Diantaranya adalah lini produk ROG Strix yang punya tiga seri berbeda yaitu ROG Strix G, ROG Strix Hero III dan juga ROG Strix Scar III.  Yang mana ketiga seri ini merupakan saudara kembar dengan desain serupa, dan merupakan seri laptop pertama yang terinspirasi dari desain ROG Face Off.

Walau mereka punya nomor model yang sama yaitu G531 serta desain yang nyaris sama persis, namun ternyata ketiga seri ini memang punya perbedaan dari sisi spesifikasi. Dan bisa dibilang, masing-masing seri punya kasta yang berbeda. Nah supaya nggak bingung, langsung aja yuk kita bahas perbandingan diantara ketiganya!

Perbedaan Kasta dan Model

Perbedaan seri laptop asus rogKalau ditanya soal harga, maka ROG Strix G adalah seri yang punya varian paling murah diantara seri ROG Strix lainnya. Varian termurah dari seri ini dibanderol dengan harga resmi 14 jutaan saat launching. Walau demikian, bisa dibilang ROG Strix G bakal menjadi laptop ROG sejuta umat karena ia punya cukup banyak varian dengan harga yang juga bervariasi.

Mulai dari 14 jutaan, hingga 37 jutaan. Sebagian besar dari varian yang tersedia adalah model dengan layar 15.6 inch, plus hanya satu varian dengan layar 17.3 inch.

Di kasta yang lebih tinggi ada seri ROG Strix Hero III yang hanya punya dua varian dengan layar 15.6 inch. Banderol harga dari seri ini adalah mulai dari Rp 25.999.000 hingga Rp 28.999.000. Harga ini jelas lebih murah dibandingkan varian tertinggi dari ROG Strix G. Eits, jangan bingung dulu ya, karena nanti bakal ada penjelasan lebih lanjut.

Lalu di kasta paling tinggi adalah ROG Strix Scar III. Seri ini punya tiga buah varian dengan layar 15.6 inch serta satu varian dengan layar 17.3 inch yang juga merupakan varian termurah dari seri Scar III. Harga resmi yang dibanderol untuk varian 17.3 inch adalah Rp.30.999.000. Sedangkan untuk varian dengan layar 15.6 inch dibanderol dengan harga mulai dari 31.999.000 hingga 54.999.000.

Perbandingan Fisik

Dari segi fisik, setidaknya ada dua cara paling mudah untuk membedakan antara ROG Strix G, ROG Strix Hero III dan juga ROG Strix Scar III. Yang pertama adalah dari fitur Keystone yang terletak di sebelah kanan keyboard, seperti pada foto dibawah ini.

Fitur ASUS ROG Strix 3ROG Strix Hero III dan Scar III punya fitur yang diberi nama Keystone, semacam kunci yang bisa dicabut-pasang dengan mudah. Setidaknya ada dua fungsi utama dari Keystone. Yang pertama adalah untuk mengaktifkan personalisasi yang sudah kita set di laptop, lalu yang kedua adalah untuk menampilkan sebuah partisi penyimpanan yang diberi nama Shadow Drive.

Ide dari konsep Keystone ini adalah, kita bisa menyimpan berbagai file yang sifatnya pribadi pada partisi drive ini. Lalu ketika mungkin akan ada orang lain yang meminjam laptop tersebut, kita bisa mencabut Keystone dan seketika itu pula Shadow Drive bakal tersembunyi dan tidak dapat diakses.

Fungsinya mirip seperti USB flashdrive, hanya saja partisi drive dari Shadow Drive berada didalam laptop itu sendiri. Ditambah lagi, Keystone di desain sangat presisi yang dapat menyatu dengan body dari laptop itu sendiri. Sehingga kehadirannya tidak akan mengganggu walau ia terus dibiarkan terpasang.

Bedanya ROG Strix G vs Scar 3Sementara itu, fitur Keystone tidaklah tersedia pada seri ROG Strix G yang merupakan seri terjangkau dari Strix (III) series. Sehingga sangat mudah untuk membedakan seri Strix G dengan yang lainnya. Keystone pada ROG Strix Hero III memiliki warna merah, sedangkan ROG Strix Scar III berwarna orange.

Ciri fisik yang kedua adalah bisa kita lihat di bagian touchpad. Semua seri ROG Strix Scar III yang punya layar 15.6 inch sudah dilengkapi dengan fitur NumberPad. Buat yang belum tau, NumberPad adalah sebuah tombol virtual yang akan tampil pada bagian touchpad jika diaktifkan. Sehingga, touchpad pada laptop ini bakal punya fungsi ganda.

Fitur NumberPad ROG Strix Scar 3Kita hanya perlu menyentuh dan tahan bagian pojok atas touchpad untuk dapat mengaktifkan dan mematikan fitur ini. Menurut keterangan di website resmi ASUS, fitur ini juga bisa kita temukan pada salah satu varian dari seri ROG Strix G (G531GV).

Sedangkan untuk seri ASUS ROG Strix Hero III, kita tidak akan menemukan fitur NumberPad. Sehingga touchpad nya bakal polos layaknya laptop pada umumnya.

Perbandingan Spesifikasi

Nah, sebenarnya inilah yang paling penting diantara semuanya. Kita mulai dari yang paling mudah terlebih dahulu yaitu ROG Strix Hero III. Semua varian dari ROG Strix Hero IIII menggunakan prosesor Intel Core i7-9750H (generasi ke-9) dan juga dukungan GPU NVIDIA GTX1660Ti.

Yang harus kita perhatikan pada ketiga seri Strix ini adalah soal refresh rate layar. ROG Strix Hero III dibekali dengan layar yang punya refresh rate 144Hz.

ASUS ROG Strix Scar 3Beralih ke ROG Strix Scar III. Seri ini punya kasta tertinggi diantara ketiga seri laptop ROG Strix (III) lainnya. Kesemua varian dengan layar 15.6 inch dari ROG Strix Scar III sudah menggunakan GPU NVIDIA RTX series (2060 dan 2070).

Dan yang membuatnya jauh lebih unggul dibandingkan seri lainnya adalah dari sisi refresh rate layar. ASUS membekalinya dengan opsi layar super cepat, mulai dari 144Hz hingga 240Hz. Yang mana hal ini sekaligus membuatnya menjadi laptop gaming pertama di dunia yang menggunakan layar dengan refresh rate 240Hz dan response time 3ms.

Tak berhenti sampai disitu. Ia bahkan sudah menggunakan prosesor Intel Core i9-9980H pada varian tertingginya (G531GW). Sementara semua varian lain dibawahnya menggunakan prosesor Intel Core i7-9750H.

Laptop ASUS ROG dengan intel core i9Kesemua varian dengan layar 15.6 inch dari seri ini juga sudah dibekali dengan fitur NumerPad. Dan hanya satu varian yang tidak dibekali dengan fitur ini, yaitu tipe G731GT yang punya layar 17.3 inch yang juga menjadi varian termurah dari seri ROG Strix Scar III.

Dan yang terakhir adalah ROG Strix G. Seri ini bisa dibilang merupakan versi lebih terjangkau yang bisa dijadikan sebagai pilihan alternatif dari ROG Strix Hero III dan juga Scar III. Karena memang beberapa varian dari seri ini punya spesifikasi utama (CPU dan GPU) yang mirip dengan ROG Strix Hero III dan Scar III.

Hanya saja, ada beberapa detail spesifikasi lain yang menjadi pembeda. Makanya jangan heran kalau ia punya varian yang lebih banyak dibandingkan dengan lainnya. Yang paling utama adalah soal refresh rate layar. ROG Strix G series dibekali dengan varian layar antara 60Hz hingga 120Hz, dimana angka ini berarti layarnya akan sedikit lebih lambat dibandingkan dengan kedua saudara lainnya yang minimal sudah punya layar 144Hz.

Selanjutnya adalah soal penyimpanan, RAM dan juga prosesor. Kalau kita perhatikan, ROG Strix G punya beberapa kembaran dengan seri lain yaitu G531GU (versi murah dari Hero III) serta G531GV dan G531GW (versi murah dari Scar III).

Letak perbedaan pada G531GU versi ROG Strix G vs ROG Strix Hero III adalah dari segi prosesor, dan juga penyimpanannya. Walau sama-sama menggunakan GPU NVIDIA GTX1660Ti, namun versi murahnya (Strix G) hanya menggunakan prosesor Intel Core i5-9300H, dan juga penyimpanan berupa SSHD (Hard Disk Hybrid).

Sedangkan G531GU dari Strix Hero III menggunakan prosesor Intel Core i7-9750H dan juga penyimpanan berupa SSD M.2 NVMe PCIE 3.0.

Desain ASUS ROG Strix 3 SeriesBeralih ke perbandingan antara ROG Strix G vs ROG Strix Scar III untuk model G531GV. Keduanya sama-sama dibekali dengan prosesor Intel Core i7-9750H, GPU NVIDIA RTX2060 serta panyimpanan berupa SSD M.2 NVMe PCIE 3.0 berkapasitas 512GB.

Bedanya adalah,kapasitas RAM bawaan dari seri Strix G hanya 8GB saja, Sedangkan untuk seri Strix Scar III punya RAM bawaan 16GB. Dan jangan lupa, refresh rate layar dari kedua seri ini juga sudah pasti berbeda. Plus, bisa jadi ada perbedaan-perbedaan selain dari segi fitur yang tidak ku ketahui.

Dan yang terakhir adalah laptop dengan model G531GW. Selain unggul pada refresh rate layar dan juga fitur NumberPad, seri ROG Strix Scar III juga sudah punya kapasitas penyimpanan sebesar 1TB. Sedangkan ROG Strix G hanya punya kapasitas 512GB saja.

Sebenarnya ada dua varian laptop dengan nomor model G531GW pada ROG Strix Scar III, yaitu versi Intel Core i7 dan juga Intel Core i9. Sementara pada ROG Strix G hanya tersedia versi Intel Core i7 saja.

Jadi, Lebih Bagus Mana?

ASUS ROG Strix 3 seriesNah berdasarkan fakta-fakta tersebut, maka jangan heran kalau aku menyebut bahwa ASUS ROG Strix G bakal menjadi laptop ROG sejuta umat. Belum lagi soal fakta bahwa hanya seri inilah yang punya banderol harga dibawah 20 juta rupiah.

Yang termurah adalah ROG Strix G dengan nomor model G531GD. Varian ini dibanderol dengan harga mulai dari 14 jutaan dengan mengusung spesifikasi utama diantaranya adalah Intel Core i5-9300H, NVIDIA GTX1050, RAM 8GB, serta penyimpanan SSHD berkapasitas 1TB.

Lalu disusul dengan seri laptop ROG Strix Hero III yang menduduki kasta kelas menengah, serta ROG Strix Scar III di kasta tertinggi. Kabarnya, perbedaan diantara kedua seri ini dibuat berdasarkan kebutuhan dari para penggunanya.

Laptop ROG Strix Hero III ditujukan untuk mereka yang lebih sering bermain game MOBA. Sedangkan ROG Strix Scar III lebih ditujukan untuk bermain game FPS, yang mana game ini sangat mengandalkan reflek dari para pemainnya. Sehingga akan dibutuhkan spesifikasi yang lebih baik agar bisa merespon lebih cepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here