Home Perbandingan Gadget ASUS Zenfone 3 Max ZC520TL vs ZC553KL, Apa Perbedaannya?

ASUS Zenfone 3 Max ZC520TL vs ZC553KL, Apa Perbedaannya?

11783
0
SHARE

ASUS Zenfone 3 Max ZC520TL vs ZC553KL, Apa Perbedaannya? – Pada saat awal peluncurannya, ASUS Zenfone 3 series membawa beberapa varian yang mengusung fitur serta harga yang bervariasi, dimana Zenfone 3 Max (ZC520TL) merupakan varian yang paling murah. Kemudian, sebuah varian lain dari Zenfone 3 Max (ZC553KL) menyusul beberapa bulan setelahnya, sebagai pilihan yang membawa beberapa upgrade dari versi sebelumnya.

Nah, hal ini mungkin akan membuat beberapa calon pembeli merasa agak kebingungan karena kedua tipe hape ini menggunakan nama yang sama yakni Zenfone 3 Max. Padahal kalau dilihat lebih dekat, kedua perangkat ini punya beberapa perbedaan yang bisa menjadi pertimbangan untuk memilih salah satunya.

Perbedaan antara ASUS Zenfone 3 Max ZC553KL vs ZC520TLDan di posting kali ini, mimin bermaksud untuk membuah sedikit bahasan mengenai kedua tipe ini, mulai dari perbedaannya, hingga poin kelebihan dan kekurangannya masing-masing berdasarkan data diatas kertas. Iya, ini cuma berdasarkan data diatas kertas loh yaa, artinya ini bukan review perbandingan karena mimin belum pernah menguji dan membandingkan langsung keduanya, sehingga ada kemungkinan bahwa apa yang mimin tuliskan disini tak sepenuhnya benar. Oke, kita lanjut yuk!

Perbedaan ASUS Zenfone 3 Max ZC553KL dengan ZC520TL

Sebenarnya perbedaan sudah bisa kita lihat dari segi ukuran. Seri ZC553KL, memiliki ukuran layar 5.5 inch (angka “55” dibelakang “ZC” menunjukkan kode ukuran layar), sementara ZC520TL memiliki ukuran yang lebih kecil yaitu 5.2 inch.

Dan dari segi layar ini juga kita sudah bisa melihat keunggulan dari varian ZC553KL, dimana layarnya yang lebih besar dibekali panel IPS dengan kepadatan pixel yang lebih baik yaitu 401ppi berkat resolusi Full HD. Sedangkan saudaranya yang lebih kecil hanya memiliki ketajaman 282ppi pada panel IPS yang punya resolusi HD itu.

Selain itu, ruang untuk melihat konten yang dapat disajikan oleh varian ZC553KL pun lebih banyak karena ia menggunakan tombol kapasitif, berbeda dengan ZC520TL yang menggunakan on-screen button alias tombol yang tampil di dalam layar.

BACA JUGA : Perbedaan Layar HD, FHD dan QHD

Spesifikasi Lengkap ASUS Zenfone 3 Max ZC553KLPerbedaan juga sudah bisa kita lihat kalau kita mengintip di sisi belakang. ZC553KL sudah dilengkapi dengan sensor Laser-autofocus untuk membantu kamera belakang beresolusi 16 megapixelnya dalam melakukan fokus, agar lebih cepat dan akurat. Jelas, ini lebih unggul dibandingkan dengan ZC520TL yang kamera 8 megapixel nya belum dibekali dengan fitur tersebut.

BACA JUGA : Review Hasil Pengujian Zenfone 3 Max ZC553KL

Namun demikian, kedua smartphone andalan ASUS ini juga sudah sama-sama menggunakan sensor sidik jari yang diletakkan di bagian belakangnya, serta sama-sama menggunakan material logam sebagai cover body nya. Lalu di bagian depan, kamera dari ZC553KL juga lebih unggul dari segi resolusi karena sudah menggunakan sensor 8 megapixel, unggul tipis dari ZC520TL yang mempunyai resolusi 5 megapixel.

Tapi perlu mimin ingatkan yaa, bahwa angka megapixel bukan merupakan takaran bagus tidaknya hasil foto, karena ada banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut, seperti yang sudah mimin tuliskan pada halaman ini.

Cek Harga Zenfone 3 Max ZC553KL

Dari sisi performa pun, ZC553KL diatas kertas akan sedikit lebih unggul, khususnya untuk urusan multitasking. Ia dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 430 yang mempunyai CPU Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53, serta dukungan RAM mulai 2GB, 3GB, hingga 4GB. Kalau ZC520TL? Chipset yang digunakannya adalah MediaTek MT6737T yang punya CPU Quad-core 1.5GHz Cortex-A53, plus dukungan RAM 2GB hingga 3GB. Akan tetapi…

BACA JUGA : Bagus Mana? Prosesor Quad-core, Octa-core, atau Hexa-core?

Spesifikasi ASUS Zenfone 3 Max ZC520TL IndonesiaZenfone 3 Max ZC520TL diatas kertas bakal memiliki keunggulan dari sisi daya tahan baterai. Kenapa? Selisih kapasitas baterai dari kedua perangkat ini memang tak jauh beda (ZC520TL = 4130 mAh, ZC553KL = 4100 mAh), akan tetapi yang akan membuat ZC520TL unggul dari sisi ini adalah karena beberapa “kekurangan” lain yang dimilikinya, yang sudah mimin sebutkan diatas.

Diantaranya adalah dari sisi chipset. Seharusnya, penggunaan chipset yang lebih kalem pada ZC520TL akan membuatnya lebih hemat baterai karena hanya memerlukan pasokan daya yang lebih sedikit. Plus, ukuran layar yang lebih kecil dan juga resolusi yang lebih rendah juga sedikit banyak akan berpengaruh pada daya tahan baterainya karena ia akan membutuhkan suplai tenaga yang lebih sedikit.

Selain itu, performa grafis (misalnya saat bermain game) yang diberikan oleh ZC520TL mungkin takkan jauh beda dengan ZC553KL karena sekali lagi, resolusi layarnya yang lebih rendah. Resolusi layar yang lebih rendah takkan terlalu memberatkan kinerja GPU, sehingga meskipun ZC553KL mempunyai chipset yang lebih unggul, tetapi resolusi layarnya yang lebih tinggi juga akan lebih membebani kinerjanya ketika sedang melakukan pengolahan grafis.

Cek Harga Zenfone 3 Max ZC520TL

Kesimpulan

Nah, itulah poin-poin perbedaan antara Zenfone 3 Max ZC553KL vs ZC520TL. Dan dengan segala plus dan minus yang dimiliki oleh masing-masing perangkat, mimin yakin kamu pasti sudah bisa menentukan pilihan diantara keduanya. Namun demikian, hingga tulisan ini di publikasikan, masih belum jelas apakah seri ZC553KL akan hadir di Indonesia atau tidak.

Kamu bisa melihat spesifikasi lengkap dari seri ZC553KL di halaman ini, atau ZC520TL pada halaman ini. Oke, sekian dulu deh untuk posting kali ini. Silakan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀

Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Sekedar ngasih tau aja sih :P

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here