Ternyata Ini Letak Perbedaan Intel Iris Xe dengan Intel Iris Xe Max

Ternyata Ini Letak Perbedaan Intel Iris Xe dengan Intel Iris Xe Max – Seperti yang kita ketahui bersama, Intel Core generasi ke-11 membawa sebuah terobosan yang sangat menarik. Khususnya dari segi chip untuk pengolahan grafis yang dimilikinya. Yang mana ternyata, mereka memiliki dua chip grafis yang berbeda, dengan nama yang terbilang cukup mirip. Yaitu Intel Iris Xe, dan juga Intel Iris Xe Max (iya, ada “Max” nya).

Saya sendiri baru menyadari bahwa ternyata Intel punya lebih dari satu jenis chip grafis. Karena ada seorang teman yang bertanya di status facebook yang saya buat. Mengenai kekaguman saya pada chip grafis dari Intel setelah mencobanya untuk memproduksi konten video. Dalam percobaan yang sudah saya publish di posting sebelumnya, saya menyebutkan bahwa chip grafis tersebut ternyata mampu memberikan performa yang sangat baik.

Teman saya itu bertanya, apakah chip yang saya maksud dalam status tersebut adalah Intel Iris Xe, atau Intel Iris Xe Max? Pertanyaan tersebut langsung membuat saya bergerak menyalakan laptop, untuk memastikan chip grafis mana yang digunakan pada laptop ASUS Zenbook S UX393 yang saya gunakan. Karena saya pikir, Intel hanya membuat satu chip saja pada produk terbarunya. Dan ternyata, yang digunakan dalam laptop tersebut adalah Intel Iris Xe.

Apa Bedanya Intel Iris Xe dan Intel Iris Xe Max?

Asli, saya baru tau! Dan setelah menelusuri lebih lanjut, ternyata memang kedua chip ini berbeda. Bedanya adalah, Intel Iris Xe (tanpa “Max”) merupakan chip grafis yang terintegrasi dengan chip CPU Intel Core generasi ke-11. Sedangkan Intel Iris Xe Max, adalah chip grafis diskrit (dedicated graphics card) yang artinya, merupakan chip grafis yang terpisah dari CPU.

Kalau kamu masih bingung, hal ini tuh ibaratnya kita punya laptop dengan CPU Intel, dan GPU NVIDIA. Hanya saja, GPU NVIDIA yang merupakan grafis diskrit, posisinya digantikan oleh grafis diskrit dari Intel juga. Yaitu Intel Iris Xe Max.

Dari sisi performa, seharusnya Intel Iris Xe Max mampu memberikan performa yang lebih baik ketimbang Intel Iris Xe yang hanya merupakan kartu grafis terintegrasi. Hanya saja, saya belum bisa memastikan sejauh mana perbedaan performanya. Karena saya sendiripun belum mencobanya sendiri.

Yang jelas, Intel Iris Xe Max ini dioptimalkan untuk laptop tipis dan ringan. Sehingga jangan berharap bahwa chip yang memiliki memory VRAM berkapasitas 4GB DDR4X tersebut akan mampu memberikan performa yang setara dengan chip grafis yang dibawa oleh laptop gaming. Untuk saat ini, Intel Iris Xe Max hanya akan tersedia pada laptop yang menggunakan Intel Core generasi ke-11.

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P