Home Fotografi Kamera Samsung J2 Prime Bagus Gak Sih? Intip Hasil Fotonya Aja Yuk!

Kamera Samsung J2 Prime Bagus Gak Sih? Intip Hasil Fotonya Aja Yuk!

16371
11
SHARE

Kamera Samsung J2 Prime Bagus Gak Sih? Intip Hasil Fotonya Aja Yuk! – Setelah beberapa hari lalu mimin memposting tentang hasil skor benchmark Samsung Galaxy J2 Prime, kali ini mimin akan membuat ulasan lebih lanjut mengenai hape ini khususnya untuk urusan kamera.

Review hasil kamera Samsung Galaxy J2 PrimeYap, ini adalah bagian dari review Samsung Galaxy J2 Prime yang sedang mimin buat, dan disini mimin tak hanya akan menunjukkan mode kamera apa saja yang dimilikinya, tetapi juga beberapa contoh foto yang diambil dengan menggunakan smartphone 4G murah dari Samsung ini. Nah sekarang mendingan kita langsung cek ke TKP aja yuk!

Kamera Belakang

Kita mulai dari mode kamera belakang yang dimiliki oleh smartphone ini. Yaa mungkin kamu sendiri sudah tau bahwa kamu tak bisa berharap banyak untuk mode kameranya ini. Tampilannya bisa dibilang sangat sederhana, dan mungkin terkesan minim fitur karena saking sederhananya itu.

Tampilan kamera Samsung Galaxy J2 PrimeYang menurut mimin unik dari UI kameranya ini adalah, kita dapat menemukan beberapa settingan dasar dengan mudah tanpa perlu menggerakkan jari kita terlalu jauh untuk mencolek tombol menu setting.

Kita hanya perlu melakukan gesture alias menggeser jadi di layar ke arah kiri ataupun kanan untuk menemukan menu yang ada. Seperti yang terlihat pada gambar diatas, kita dapat langsung mengakses fitur filter dengan hanya menggeser layar ke arah kiri. Meski terkesan sederhana, mode-mode dasar selain Auto seperti HDR, Sport, Night mode, Panorama dan Continuous shot sudah disematkan Samsung pada perangkat ini. Dan oiya, ada mode Pro nya juga loh, yang memungkinkan kita untuk melakukan setting secara manual! Tapi…

BACA JUGA : Apa Fungsi HDR Pada Kamera Hape?

Pilihan mode kamera Galaxy J2 PrimePilihan settingan manual dari Samsung Galaxy J2 Prime ini yaa bisa dibilang cuma sekedarnya aja. Ada setting White Balance, ISO (100 hingga 800) dan juga setting Exposure, yang sayangnya fitur setting Exposure ini takkan berpengaruh apa-apa terhadap hasil foto jika sebelumnya kita sudah melakukan setting manual pada ISO. Dan yap, tidak ada setting shutter speed pada kamera hape ini.

BACA JUGA : 3 Hal Yang Mempengaruhi Kecerahan Foto (Segitiga Exposure)

Tapi bukan berarti ini buruk loh yaa. Karena yaa maklum, hape murah coy! Emang apa yang kamu harapkan? Ada settingan seperti itu aja mimin rasa juga udah bagus untuk hape dengan kisaran harga yang sama. Yang unik, kamera hape ini ternyata punya fitur Sound & shot, dimana ketika kita menggunakannya, hape akan secara otomatis merekam suara selama 9 detik setelah kita mengambil foto. Fungsinya?

Emm, entahlah.. Mungkin bisa sebagai catatan kita untuk foto yang kita tangkap tersebut, dalam arti, menceritakan apa yang terjadi dalam foto tersebut. Hehe, lucu juga. Terus, hasil foto kamera belakangnya gimana? Nih, mimin kasih contoh pertama, mode auto dalam pemotretan jarak dekat.

Hasil foto Samsung Galaxy J2 PrimePada gambar diatas terlihat bahwa terdapat efek blur pada background nya, meskipun yaa nggak blur banget sih. Thank’s to aperture f/2.2 pada lensa kamera belakangnya yang memungkinkan munculnya efek tersebut.

BACA JUGA : Apa Itu Aperture Pada Kamera?

Warna yang ditangkap oleh kamera ini pun cukup cantik, karena memang ia melakukan setting otomatis pada ISO di angka 50. Namun kalau diperhatikan, hasil fotonya ini agak sedikit kebiruan deh. Yaa itu sih sebenernya masalah settingan otomatis pada white balance nya aja sih, yang pada pengujian ini mimin rasa memang agak kurang konsisten.

Kamera Samsung Galaxy J2 PrimeTapi meski demikian, mimin rasa detail yang ditangkap oleh kamera ini cukup baik dan halus karena minim efek grainy ketika di zoom sebuah “penyakit” yang biasa ditemukan pada kamera hape dengan harga murah. Plus, dynamic range nya juga nampak cukup baik untuk hape sekelasnya.

Sekarang kita uji mode HDR nya. Seberapa baik? Oke, mari kita mulai bandingkan! Dibawah ini adalah foto yang diambil dengan mode auto.

Mode auto Samsung Galaxy J2 PrimeNah disini nampak kamera melakukan setting white balance dengan tepat yaa. Karena memang keadaan atau warnanya sudah mendekati aslinya. Bandingkan dengan foto yang diambil dalam mode HDR dibawah ini :

Hasil kamera Galaxy J2 Prime HDRYaps, kameranya kembali melakukan kesalahan dalam settingan white balance, hingga membuat foto terkesan lebih dingin dengan efek kebiruan. Namun demikian, dynamic range yang dihasilkan jelas nampak lebih baik dibandingkan dengan mode auto tadi. Yang artinya, mode ini dapat bekerja dengan sebagaimana mestinya.

Nilai plus yang mimin berikan untuk fitur HDR pada kamera Samsung Galaxy J2 Prime ini adalah bagaimana ia melakukan pemrosesan gambar yang halus. Contoh lain dari mode ini nanti bisa kamu lihat pada Gallery dibawah yaa 🙂 Sekarang, kita coba foto di area indoor yuk! Biar agak gelap gitu..

Hasil foto low light galaxy j2 primeKalau dibandingkan dengan hape dengan harga yang setara, jelas hasil diatas nggak bisa dibilang jelek. Malah mimin rasa udah cukup banget buat bersaing, karena gambar yang dihasilkan bisa cukup terang meskipun pencahayaan agak remang-remang. Kamera hape ini mengambil settingan shutter speed 1/17 detik dengan ISO 800.

Dan bisa kamu lihat, noise belum nampak terlalu mengganggu. Mungkin ia sudah punya fitur noise reduction kali yaa. Tapi yaa gitu, efek sampingnya adalah ia jadi kehilangan mantan kekasihnya detail gambar, serta warna jadi agak pucat. Tapi itu wajar sih. Dan kalau nggak pakai tripod, mungkin hasilnya bakal beda dan rawan blur karena settingan shutter speed yang cukup lambat tadi.

Setelah ini, kita akan mulai beralih ke kamera bagian depan yang menjadi salah satu senjata utama bagi hape ini. Tapi sebelumnya, mimin sertakan gallery kumpulan foto hasil kamera belakangnya dulu yaa.

Udah? Sekarang siap-siap liat yang bening karena mimin akan menunjukkan hasil foto selfie dari kamera depan Samsung Galaxy J2 Prime. Eits, yang bening disini jelas bukan foto mimin yaa. Iya, mimin sadar diri kok :’)

Kamera Depan

Kebetulan, di lokasi tempat mimin ngetes kameranya ini, mimin nemu dua orang cewek yang kemudian mimin todong dan bersedia untuk dilamar sama tetangganya coba berfoto selfie dengan kamera depan hape ini. Ini dia Geg Ayu dan Geg Nita.

Hasil kamera depan Samsung Galaxy J2 PrimeTolong yaa, buat yang jomblo nggak usah serius gitu lah ngeliatin fotonya! Wkwkwkwkwkwk.. Kesimpulan awal sih, rasanya kamera depannya ini udah sangat cukup banget buat kamu yang doyan foto selfie.

Pasalnya, sensor beresolusi 5 megapixelnya itu mampu menangkap hasil foto yang cerah, detail dan halus. Dan iya, mimin rasa ini adalah salah satu hape murah dengan kamera depan yang sangat baik. Fiturnya pun lengkap, udah ada LED flash nya. Meskipun yaa mimin nggak sempat nyobain sih foto pakai LED di bagian depannya itu.

Tampilan mode kamera depan Galaxy J2 PrimeMode yang dimiliki kamera depannya ini terbilang amat minim. Tapi yaa sangat cukuplah, karena udah punya beberapa fitur dasar termasuk fitur Selfie mode yang menjadi fitur default nya. Disana, kita bisa mengedit tampilan wajah kita di kamera dengan beberapa pilihan mode, mulai dari nambah efek mata belo, wajah ramping, hingga mengedit kulit wajah agar nampak halus.

Ada juga tuh, fitur Wide Selfie yang cocok untuk digunakan berfoto rame-rame! Jadi kamera depannya bakal ngambil beberapa foto sekaligus gitu deh. Oiya, ada satu hal lain yang mimin suka dari kamera hape ini, yaitu kita dapat mengganti pilihan kamera depan atau belakang hanya dengan melakukan swipe layar keatas atau kebawah. Meskipun mungkin mimin bakal amat sangat jarang menggunakannya, tapi bagi sebagian orang jelas ini merupakan sebuah poin kelebihan karena memberikan kemudahan penggunaan.

Foto selfie setelah cropKesimpulan

Kamu mungkin tak bisa berharap banyak pada kamera dari hape murah yang satu ini. Iya, hasilnya sih nggak bisa dibilang bagus-bagus amat, tapi yaa untuk hape sekelasnya, kameranya ini masih punya daya saing khususnya pada mode HDR nya.

Iya sih, kameranya punya beberapa kendala dari segi white balance yang kadang nggak konsisten dan hasil fotonya yang terkesan kebiruan. Tapi secara keseluruhan hasil jepretan kameranya ini sama sekali nggak jelek, baik di bagian depan maupun belakang.

Apalagi ia punya beberapa fitur yang menjadi poin plus dalam hal kemudahan pengoperasiannya yang jelas bakal ngebantu banget dalam penggunaan satu tangan karena kita hanya perlu melakukan swipe untuk mencari menu yang kita inginkan, dan tak perlu lagi mencari tombol yang terkadang letaknya jauh dari jangkauan jari kita.

Nah, kalau menurut kamu gimana? Kamera dari hape ini sudah bagus apa nggak sih? Silakan dinilai sendiri yaa. Oke, mungkin itu aja untuk posting kali ini. Next, mimin bakal bikin ulasan lengkap dari hape ini yaa! Kamu bisa membacanya di halaman Review lengkap Samsung Galaxy J2 Prime. Silakan jelajahi blog Techijau.com ini untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀

11 COMMENTS

  1. kualitas kamera hp samsung j2 prime sangat2 buruk kalah dngan hp jadul kalah sama j1 ace,klo sllfi sangan buram tida natural apa lagi klo sllfi malam sangat hancur klo di bilang nysel 100% saya nysel bli hp samsung j2 prime tpi sudah trlnjur,cma saya mau tya gmna cara ngtasi kmra y supr duper jlek ini msa klah sma y lain

  2. Ka ingin req ,
    saya ga ngerti peyimpanan hp samsung j2 prime , jadi gini di penyimpanan :
    Aplikasi = 1,.. gb
    Audio = 45,… mb
    Foto = 56, … mb
    Tapi totalnya itu 7,8 GB
    Nahh gimana cara ngatasinya kak.. mohon bantu jawab soalnya aku udah cape hapusin semua berkas

    • Ngatasin apa ya Kak? Maksudnya, kok bisa penuh padahal cuma nyimpan file “segitu”, gitu ya?

      Perlu diketahui Kak, bahwa separuh lebih dari total penyimpanannya itu memang nggak bisa dipake, karena digunakan untuk system. Jadi yaa wajar kalau sisa penyimpanan yang bisa dipakai cuma sedikit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here