Benarkah ASUS Zenfone 2 Cepat Panas?

Benarkah ASUS Zenfone 2 Cepat Panas?

13433
0
SHARE
Benarkah ASUS Zenfone 2 Cepat Panas? – ASUS Zenfone 2 merupakan salah satu smartphone yang paling banyak diminati saat ini. Selain karena spesifikasinya yang super dengan kapasitas RAM 4 GB, banderol harga yang dipatok untuk perangkat ini tergolong sangat kompetitif. Maka tidak aneh rasanya jika smartphone ini menjadi incaran para pecinta gadget Android. Namun prosesor Intel Atom yang digunakan oleh perangkat ini kerap kali membuat pengguna ragu untuk meminangnya.
ASUS Zenfone 2
Bukan soal performa yang mereka takutkan, karena prosesor dari Intel ini sudah terbukti sangat responsif untuk memproses data. Yang mereka takutkan adalah soal suhu perangkat ketika dioperasikan, karena banyak yang menyebut bahwa perangkat ini cepat panas karena prosesor Intel yang digunakannya memang terkenal cepat panas. Lalu apakah Zenfone 2 juga mengalami masalah yang sama?
dan kegKebetulan mimin juga menggunakan Zenfone 2 dan memang cukup banyak yang menanyakan soal suhu perangkat ini. Berdasarkan pengalaman mimin selama ini, mimin tidak pernah merasakan panas yang berlebihan ketika menggunakan perangkat ini khususnya ketika penggunaan normal, bahkan cenderung adem-adem aja. Penggunaan normal mimin adalah :
  • Koneksi data aktif / terkadang menggunakan WiFi
  • Membuka beberapa aplikasi social media & chat
  • Layar sering aktif karena mimin juga menggunakannya untuk membuat posting blog (termasuk tulisan ini)
  • Membuka browser rata-rata sekitar 10-40 menit hingga beberapa kali sehari
Dan terkadang semua itu mimin lakukan secara multitasking. Suhunya? Entahlah, mimin tidak pernah mengukurnya. Yang jelas yang mimin rasakan adalah suhu dari perangkat ini tidak lebih panas dari suhu badan mimin sendiri ketika menggunakannya seperti keadaan yang mimin gambarkan diatas. Lalu bagaimana soal pemakaian berat?
  • Sesekali membuka aplikasi kamera untuk mengambil gambar
  • Membuka beberapa (biasanya 2 atau lebih) aplikasi edit foto secara bergantian
  • Membuka aplikasi social media untuk memposting foto yang di edit
  • Membuka browser dan melakukan upload foto di blog untuk posting
  • Biasanya ketiga aktivitas terakhir yang tercantum diatas mimin lakukan secara multitasking
  • Terkadang juga membuka 2 aplikasi browser (Chrome dan Firefox) hingga 5 tab (pada Firefox saja) untuk kepentingan tertentu selama lebih dari 50 menit, plus 2 aplikasi catatan yang kesemuanya mimin lakukan secara multitasking
Ketika menggunakannya dalam keadaan seperti diatas, suhu memang meningkat, namun mimin rasa suhunya tidak lebih tinggi dari jidat orang yang sedang demam. Aplikasi edit foto yang mimin gunakan adalah snapseed, picsart, dan terkadang juga pixlr plus squaredroid, dan penggunaan aplikasi tersebut memang mimin rasakan akan menambah suhu perangkat meski tidak terlalu signifikan. Biasanya yang membuat Zenfone 2 menjadi cukup atau sangat panas adalah ketika menggunakannya untuk berfoto.
Ya, ketika fitur kamera diaktifkan sekitar kurang lebih 10 sampai 30 menit secara terus menerus, suhu dari smartphone 5.5 inch ini akan terasa naik drastis. Kali ini lebih panas dari jidat orang yang sedang demam. Namun kemudian suhu akan kembali normal ketika kita mengistirahatkannya (yaiyalah, emak-emak galau juga tau). Jadi apa kesimpulanmu? Yups, perangkat ini tidak terbukti cepat panas seperti apa yang ditakutkan. Sekedar informasi, prosesor yang digunakan pada Zenfone 2 merupakan generasi yang berbeda dan lebih baru dibandingkan dengan prosesor Intel yang digunakan pada semua perangkat sebelum ini. Pengalaman dari ASUS dan Intel telah melahirkan sebuah upgrade yang baik pada smartphone ini.
dan kegDitambah lagi mungkin kapasitas RAM yang besar juga turut berpengaruh karena kapasitas sebesar 4 GB ini sudah pasti akan meringankan kerja prosesor dalam hal “baca dan tulis” data khususnya ketika sedang melakukan multitasking yang juga sering mimin lakukan pada perangkat ini sehingga suhu prosesor tidak terlalu meningkat dengan signifikan.

BACA JUGA : APA ITU MULTITASKING?

Namun dalam perkara tertentu khususnya ketika penggunaan berat, suhu dari perangkat memang naik. Dan mimin rasa hal itu sangatlah wajar dan bukanlah sebuah hal yang aneh mengingat semua perangkat juga mengalami hal yang serupa. Meski demikian, perlu diperhatikan bahwa beberapa hal kecil akan sangat berpengaruh sehingga berpotensi menaikkan suhu perangkat secara tidak wajar sepert misalnya kekuatan jaringan, aplikasi yang masih melakukan proses di background dan lainnya.
Dan jika ternyata kamu merasa perangkat Zenfone 2 terlalu cepat panas atau boros baterai, mungkin artikel soal tips agar Zenfone 2 tidak cepat panas dan boros baterai bisa kamu simak untuk membantu mengurangi gejala demam pada smartphone mu #halah. Oke, mungkin itu saja yang bisa mimin bagikan pada posting kali ini. Jika kamu ingin mengetahui berbagai hal lain mengenai Zenfone 2, kamu bisa membaca halaman tanya jawab soal Zenfone 2 yang sudah mimin buatkan sebelumnya. Kamu juga bisa menjelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY