Home Tips dan Trik Asus Zenfone 2 Kamu Cepat Panas & Boros Baterai? Coba Trik Ini...

Asus Zenfone 2 Kamu Cepat Panas & Boros Baterai? Coba Trik Ini Deh!

32626
23
SHARE
Asus Zenfone 2 Kamu Cepat Panas & Boros Baterai? Coba Trik Ini Deh! – Beberapa waktu belakangan ini makin sering aja pengguna ASUS Zenfone 2 yang ngeluh soal hapenya itu. Ada yang ngeluh batrenya boros lah, cepet panas lah, ada juga yang ngeluh kalo hapenya itu berasa rada lemot. Heran, padahal selama mimin pake ini hape, gak ada tuh masalah yang seperti mereka sebutin itu.

Oke, mungkin memang untuk Zenfone 2 yang varian RAM 2 GB terasa sedikit lebih lemot kalo dibandingkan dengan yang varian RAM 4 GB, khususnya ketika dipake multisasking dan harus diakui, ketika mimin membandingkan keduanya, perbedaannya memang terasa cukup signifikan karena jelas keduanya berbeda cukup jauh terutama dari sisi kapasitas RAM. Tapi untuk masalah cepet panas atau boros baterai, mimin gak pernah nemuin tuh di kedua perangkat ini.
Biasanya nih ya, kalo pake hape ini tuh mimin sehari cuma ngecas sekali doank, waktu malem. Nyala mulai sekitar jam 5 pagi, kalo “pemakaian wajar” yang cukup aktif (socmed, grup watsap, musik, plus sedikit edit poto) biasanya sih paling cepet lobatnya sekitar jam 6 sore. Tapi biasanya sih bisa lebih lama, sampe jam segini baru lobat:
Menghemat baterai ASUS Zenfone 2

Tuh, borosnya darimana coba? Tapi mungkin buat kamu yang ngerasa Zenfone 2 punyamu terlalu boros dan cepet panas, mungkin memang ada beberapa faktor yang mempengaruhi. Entah karena kamu pakenya kebangetan (nge-game terus), atau mungkin karena ada beberapa hal lain. Nah disini, mimin bakal kasih tips nih, soal hal apa aja yang mimin biasa lakukan pada si Zeny supaya baterainya awet, nggak cepet panas plus nggak lemot. Langsung di simak deh! Tapi inget,

JANGAN MALAS MEMBACA YA! PERCUMA KALIAN MAMPIR KESINI TAPI MALES BACA! GAK BAKAL DAPET ILMU APA-APA!

1. Perhatikan Aplikasi Yang Terinstall

Install aplikasi itu yang perlu-perlu aja sih ya, soalnya kadang ada beberapa apps yang sebenernya gak perlu tapi malah kamu install. Selain bakal ngurangin “jatah” ruangan di internal memory, apps itu juga berpotensi bikin hape cepet panas dan boros baterai karena ia berjalan di background. Contoh aplikasi yang gak perlu itu apa? Banyak! Yang paling banyak mimin temui sih soal aplikasi yang berhubungan dengan baterai. Ngecek kesehatan baterai lah, apps buat menunjukkan presentase baterai lah. Duh, itu sama sekali gak perlu! Dan cuma bakal membebani kinerja perangkat aja!

2. Tutup Aplikasi Dengan BenarAplikasi yang gak ditutup juga bakal membebani kinerja hape kita loh! Bagi yang pake RAM gede sih mungkin bukan masalah besar, tapi kalo yang RAM terbatas pasti bakal berasa banget! Bukan cuma bikin lemot, tapi juga bikin baterai boros! Kalo mau tutup apps, gunakan menu exit, close atau semacamnya. Kalo gak ada? Yaa klik tombol back aja berkali-kali sampai apps menutup. Atau untuk lebih meyakinkan, kamu swipe aplikasi itu dari recent apps dan itu adalah cara menutup apps paling efektif. Butuh penjelasan lebih lanjut soal caranya? Coba cek disini.

Inget, hindari tombol Home karena itu bukan untuk menutup aplikasi, tetapi cuma me-minimize apps aja untuk kepentingan multitasking. Dan karena cuma di minimize, pastinya apps bakal tetep jalan dan membebani perangkat!

BACA JUGA : Apa itu multitasking?

3. Hapemu Juga Perlu Bobok Malem Gaes

Iya, hapemu juga perlu sitirahat *istirahat woi!* supaya tetep sehat. Jadi dengan mematikan hape tiap malem, hardware akan punya kesempatan buat cooling down biar besok bisa seger lagi. Oia, mimin sarankan untuk membersihkan semua apps dari daftar recent apps yaa, seperti yang mimin kasih tau diatas itu.

4. Coba Pake Wi-Fi Deh!Ini efeknya yang paling berasa banget buat menjauhkan si Zeny (dan semua perangkat Android) dari yang namanya panas dan boros baterai. Gak percaya? Coba deh! Sekarang kan udah banyak tuh yang jualan modem Wi-Fi portable (Mi-Fi). Jadi selain irit baterai, kita juga bisa irit pengeluaran buat beli kuota internet khususnya bagi yang punya gadget lebih dari 1 seperti mimin.
5. Manfaatin Fitur ASUS Mobile Manager!

Nah yang ini adalah jurus pamungkas yang cukup ampuh buat mengurangi masalah yang udah kita bahas sedari tadi. Kita bisa manfaatin salah satu fitur bawaan dari ASUS yakni Auto-start manager. Jadi dengan fitur ini kita bisa mengatur auto-start dari aplikasi tertentu (khususnya apps yang kita download sendiri) supaya gak terlalu membebani kinerja perangkat.

Tips agar Zenfone 2 tidak cepat panas

Karena seperti yang mimin bilang tadi, terkadang aplikasi tertentu bakal berjalan di background dengan sendirinya tanpa kita jalankan, sehingga bakal mempengaruhi performa, daya tahan baterai dan juga suhu perangkat. Jadi fungsi dari apps ini adalah untuk mencegah supaya apps-apps yang kita pilih tuh gak bisa aktif dengan sendirinya, kecuali memang kita jalankan.

Menggunakan ASUS Mobile Manager

Cara pakenya gimana? Kayanya kamu cuma perlu liat gambar diatas deh, aku yakin kamu pasti bakal paham. Kalo kita set ke “Deny”, berarti kita gak memperbolehkan apps itu aktif dengan sendirinya. Dan kalo kita set ke “Allow”, maka kita mengizinkan apps tersebut untuk aktif terus. Sebaiknya kamu allow apps yang penting-penting aja ya!

Tapi perlu dicatet yaa, kalo misal kamu memblokir atau “Deny” aplikasi tertentu seperti misalnya apps messenger, maka pemberitahuan dari apps tersebut gak akan masuk kecuali kamu membukanya. Dan kalo kamu sudah jalanin semua yang udah mimin sebut tadi, seharusnya gejala keluhan yang kamu alami udah berkurang. Tapi kalo belum gimana? Emm, mungkin kamu coba untuk update system dulu deh. Siapa tau kamu masih pake versi firmware yang lama yang masih mengandung bug.

BACA JUGA : Apa itu bug?

Okedeh, mimin rasa sekian dulu untuk tips kali ini. Silahkan jelajahi blog Dunia Gadget 558 ini untuk mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat 😀

23 COMMENTS

    • Berarti nggak fast charging. Tanda plus itu tandanya fast charging, Kak.. Nah fast charging sendiri biasanya cuma tersedia di Zen 2 varian RAM 4GB. Yang varian 2 GB mesti beli adapter charger fast charging secara terpisah

  1. Min kalau asus z2 yg 2gb, aplikasi fast charge yg cocok apa yah min
    Soal nya asus z2 lama banget ngisi nya, dan boros banget
    Tlg tips n trick nya yah min
    Makasi

  2. min kalo asus ze550kl saya sering panas pada mesinya dan boros batre dalam penggunaan dan waktu hp mati tetap boros. apa masalh mesin apa batre

    • Sama punya ane ze500kg , cumaan Neh ny klo dlm keDaan mati battry cept hbis …. solusinya gnti battry ma di chek mesin nya .

  3. Min memory external [mmc] buat asus z2 z00ad yang ram 4gb itu pake memory external yang tipe apa yaa
    Soalnya kalau pakai memory external yang micro sama v gen kalo dipasang ke hpnya gitu nggak bisa kebaca dan muncul tulisan FORMAT MEMORY EXTERNAL

    Makasii

  4. Kak aku mau tanya…tolong dijawab ya kak.
    Ini hpku asus zenfone 2 ze550ml..
    Kok sekarang hpnya lemotnya setengah mati ya …solusinya gimana ya kak..apa jarus aku flashin ?
    Dan ini ka yang masalah satu lagi…ini hp menurut saya kok batri nya borosnya setengah mati yang…sehari hampir 3x ngecharge padahal pemakaian biasa jarang buat game…musik..vidio juga jarang paling cuma buat chatinggam…
    Kalo ini batrainya saya ganti…apa idah pasti kalo hp saya jadi nggak boros kak ?
    Dan apakah asus zenfone 2 saya bisa di pakaikan chrgr fast charging ?
    Makasih kak tolong bantuannya ya..soalnya ngeganggu banget

  5. Kak aku mau tanya kenapa ya kalau memo internal aku penuh,layarnya jadi gelap lalu ada tulisannya maaf sistem android terhenti
    mohon jawaban ya ya kak

  6. Kak aku mau tanya kenapa ya kalau memo internal aku penuh,layarnya jadi gelap lalu ada tulisannya maaf sistem android terhenti
    mohon jawabanya ya kak

  7. Maaf min mau tanya, apakah pembaruan firmware kasus zenfone 2 itu perlu ya, kalau boleh tau zen2 mimin pake firmware tipe berapa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here