Cara Mengganti Font Pada ASUS Zenfone (Tanpa Root)

Cara Mengganti Font Pada ASUS Zenfone (Tanpa Root)

113355
120
SHARE
Cara Mengganti Font Pada ASUS Zenfone (Tanpa Root) – Sejak pertama kali diluncurkan, perangkat smartphone Zenfone dari ASUS sudah banyak sekali mendapatkan pembaruan khususnya pada aplikasi ZenUI yang diusungnya. Selain untuk memperbaiki masalah atau bug yang ada, pembaruan ini juga sering kali membawa perubahan atau fitur-fitur baru pada perangkat yang mana biasanya fitur yang dihadirkan tersebut merupakan permintaan dari sang pengguna.

BACA JUGA : Apa itu ZenUI

Belakangan ini pihak ASUS seperti sedang fokus untuk mengembangkan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengkostumasi tampilan. Ya, sejak beberapa bulan lalu mereka memang telah menyematkan beberapa fitur pada ASUS launcher seperti pilihan untuk merubah animasi scroll, icon packs dan lainnya. Dan kini kita juga sudah bisa untuk mengganti font dengan leluasa. Kabar baiknya adalah kita tidak perlu membuka akses root pada perangkat sehingga kita dapat menggantinya dengan aman tentram dan damai #halah

Nah bagi kamu yang belum tau cara untuk mengganti font pada perangkat ASUS Zenfone mu, disini mimin akan memberikan tutorial singkatnya karena memang fitur ini agak tersembunyi sehingga kita harus pintar-pintar untuk menemukannya. Oke, kita mulai langkah mudahnya:

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan update pada aplikasi ASUS Launcher dan ASUS ZenUI Services. Kamu bisa melakukannya dengan membuka aplikasi Google PlayStore, lalu pilih My Apps dan cari kedua aplikasi tersebut untuk di update. Jika sudah, silahkan ikuti langkah dibawah ini:

1. Pastinya kamu harus menyalakan layar terlebih dahulu, dan pada home screen silahkan swipe atau geser layar ke arah atas hingga muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini.
Menu kostumasi pada ASUS Zenfone
2. Itu adalah pilihan menu untuk mengkostumasi tampilan perangkatmu. Sekarang kamu harus cepat pulang jangan terlambat sampai dirumah mengklik menu More agar muncul pilihan tambahan seperti pada gambar dibawah ini. Silahkan pilih Font.
Mengganti font pada asus Zenfone
3. Disini akan terdapat beberapa pilihan kostumasi Font mulai dari ukuran (Font size), warna pada label aplikasi (Icon label color) hingga jenis font (Select font). Pilih Select font untuk mengganti jenis font dengan pilihan yang ada.
Memilih menu font yang ada
4. Di menu ini kamu bisa memilih font yang sudah tersedia. Pilih salah satu, sentuh tombol back dan font akan diganti secara otomatis. Atau jika kamu tidak menemukan pilihan font yang kamu inginkan, kamu bisa mengklik tombol Download yang ada di sebelah kanan bawah seperti pada gambar dibawah ini.
ASUS Zenfone 2 ganti font
And that’s it! Font pada Zenfone mu sudah terganti, selamat yaa 😀 Cara ini sudah mimin uji pada perangkat ASUS Zenfone 2, dan kemungkinan juga dapat dilakukan dengan perangkat Zenfone lain atau bahkan mungkin pada perangkat tablet Fonepad. Sayangnya cara ini hanya akan mengubah font di bagian tertentu saja dan tidak akan mengubah font pada seluruh halaman atau aplikasi yang ada. Namun kamu bisa melakukannya dengan menyimak update artikel lanjutan yang sudah mimin buat dibawah ini.

UPDATE…!!!

Setelah mimin coba untuk mencari-cari akhirnya mimin menemukan cara yang efektif untuk mengganti font secara keseluruhan pada perangkat ASUS Zenfone dan tentu saja kamu tidak perlu melakukan root pada perangkatmu. Hanya saja untuk melakukan ini perangkat Zenfone mu harus sudah menggunakan sistem operasi Android versi 5.0 Lollipop dan diatasnya karena mimin belum mengujinya pada perangkat dengan OS dibawah versi tersebut (jika kamu ingin tetap mencobanya, silahkan saja, tapi resiko ditanggung sendiri yaa). Kamu hanya perlu menginstal satu aplikasi mengikuti langkah berikut ini :

NOTE : Khusus untuk Zenfone 5, pastikan perangkatmu sudah menggunakan firmware versi 3.24.40.78 (cek di settingabout – lihat build number). Kalau belum, silahkan lakukan update system. Thanks to mas Setyo.

1. Silahkan install aplikasi XDA Power Fonts, sedot disini. Kamu bisa mendonwload nya secara langsung di perangkatmu atau melalui PC/Laptop lalu memindahkannya ke perangkat.
Aplikasi untuk ganti font ASUS Zenfone

Note : Agar lebih praktis untuk memindahkan data antara smartphone dan laptop, kamu bisa memanfaatkan aplikasi ShareIt untuk mengirim file melalui WiFi. Cek disini untuk selengkapnya.

2. Jika sudah selesai, silahkan klik file apk yang sudah terdownload di perangkatmu itu atau jika kamu mendownload menggunakan PC, kamu bisa mencarinya di folder tempat kamu meletakkannya menggunakan aplikasi File manager lalu klik dan install. Jika ternyata ada keterangan “Install Bloked” (Install diblokir) maka kamu perlu memilih tombol Setting terlebih dahulu untuk membuka settingan perangkatmu. Silahkan loncat ke langkah no 5 jika ternyata tidak ada pesan blokir yang mimin sebutkan tadi.
Install blocked
3. Disini kita perlu sedikit mengubah settingan security. Klik tombol yang terdapat di sebelah kanan Unknown Source (Sumber tidak dikenal) untuk menyalakannya dan mengijinkan penginstalan aplikasi diluar Google PlayStore.
Nyalakan unknown source
4. Jika sudah, silahkan buka aplikasi File Manager pada ASUS Zenfone mu, lalu cari folder Download dan klik file Power_FlipFonts.apk untuk menginstal nya. Silahkan klik Accept jika terdapat pesan popup.

Menginstall aplikasi pengganti font

5. Jika sudah, sekarang kamu hanya perlu mengaktifkannya saja. Silahkan masuk ke Setting lalu pilih Display.

Setting display

6. Setelah itu disana akan muncul beberapa pilihan, silahkan pilih menu Font Style seperti yang ditunjukkan oleh gambar dibawah ini. Akan muncul menu popup yang menampilkan berbagai pilihan font yang bisa kamu pilih. Silahkan pilih salah satunya.

Mengganti font secara keseluruhan Zenfone

Dan selesai! Sekarang font pada perangkat ASUS Zenfone mu sudah berganti dengan yang baru. Dan ketika mimin mencobanya memang cara ini efektif untuk mengganti jenis font secara keseluruhan termasuk di dalam aplikasi.

Mengganti font pada ASUS Zenfone 2

Nah itulah cara untuk mengganti font secara keseluruhan pada ASUS Zenfone yang sudah diuji pada perangkat Zenfone 2. Silahkan jelajahi blog Techijau.com untuk menemukan berbagai informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat 😀


Credit : XDA Devs & Creator of this APK (Unknown)

120 COMMENTS

LEAVE A REPLY