Apa Itu User Interface (UI) Pada Android?

Apa Itu User Interface (UI) Pada Android?

6689
0
SHARE
Apa Itu User Interface (UI) Pada Android? – Sekarang ini sudah banyak sekali vendor dan perangkat (gadget) yang menggunakan sistem operasi Android. Dan seiring perkembangannya, para vendor mulai menguatkan “identitas” dari produk mereka untuk membedakan perangkat mereka dengan perangkat lainnya mulai dari segi bentuk fisik, fitur hingga user interface. Ya, meski mereka sama-sama menggunakan sistem operasi Android, namun kita akan menemukan bahwa mereka memiliki tampilan atau user interface (UI) yang berbeda-beda.
UI pada Android

 

Menurut Wikipedia, user interface adalah sebuah desain yang digunakan sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan software pada perangkat sehingga akan memudahkan pengoperasian dari perangkat tersebut. Mudahnya, UI merupakan desain tampilan pada layar perangkat seperti yang dimiliki oleh smartphone, tablet dan berbagai jenis perangkat lainnya. Atau sebagian orang awam lebih mengenalnya sebagai tema.

Sekarang ini UI bukan hanya untuk memudahkan interaksi antar manusia (pengguna) dengan perangkatnya saja, tetapi juga untuk mempercantik perangkat ini sendiri. Beberapa macam UI yang dimiliki oleh vendor yang menggunakan OS Android antara lain adalah ZenUI dari ASUS, MIUI oleh Xiaomi, TouchWiz oleh Samsung, ColorOS oleh Oppo, Otimus UI oleh LG serta SenseUI dari HTC. Sedangkan UI “asli” dari Android disebut juga dengan Vanilla.

Terkadang perbedaan UI ini membuat sebagian orang awam menjadi bingung apakah “perangkat ini” dengan “perangkat itu” sama-sama menggunakan OS Android atau tidak. Jadi, UI mana yang kamu suka?
SHARE
Previous articleApa Itu ZenUI?
Next articleSpesifikasi Lengkap ASUS Zenfone 5
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Sekedar ngasih tau aja sih :P

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY