Beranda Pengetahuan Dasar Istilah Penjelasan Soal Fungsi & Keuntungan Fitur VoLTE

Penjelasan Soal Fungsi & Keuntungan Fitur VoLTE

0

Penjelasan Soal Fungsi & Keuntungan Fitur VoLTE – Sejak hadirnya konektivitas 4G LTE di Indonesia, istilah VoLTE juga mulai sering kita dengar. Terutama dari Smartfren yang setau saya merupakan operator seluler yang paling sering menyinggung soal VoLTE dalam berbagai kesempatan.

Karena memang bisa dibilang teknologi VoLTE merupakan fitur yang berhasil dimanfaatkan Smartfren secara maksimal sebagai solusi untuk menutupi kekurangan mereka yang tidak memiliki jaringan 3G. Seperti yang kita tau, dahulu Smartfren dikenal sebagai operator seluler berbasis CDMA. Yang kemudian beralih mengikuti teknologi terbaru (saat itu) yaitu 4G LTE, dan meninggalkan CDMA, seiring dengan memudarnya minat konsumen terhadap jaringan CDMA tersebut.

Masalahnya adalah, secara default, jaringan 4G LTE tidak bisa digunakan untuk berkirim SMS ataupun melakukan panggilan telepon. Dan jika ingin melakukan panggilan telepon ataupun berkirim SMS, operator seluler harus menggunakan jaringan dibawahnya. Yaitu 3G, 2G (yang basisnya adalah GSM), ataupun CDMA. Sedangkan jaringan CDMA sendiri sudah resmi ditutup. Hal ini praktis membuat Smartfren tidak bisa digunakan untuk berkirim SMS ataupun melakukan panggilan telepon karena mereka tidak memiliki jaringan GSM 3G ataupun 2G.

Untungnya, di saat jaringan 4G mulai diterapkan di Indonesia, teknologi pendukung untuk 4G LTE yaitu VoLTE sudah berhasil dikembangkan oleh 40 perusahaan dari berbagai penjuru dunia. Dan kemudian segera diterapkan oleh Smartfren saat mereka resmi menggelar 4G di Indonesia.

Apa Itu VoLTE?

VoLTE adalah singkatan dari Voice over LTE. Yang mana LTEĀ  (Long Term Evolution) sendiri merupakan sebutan lain untuk 4G. Jadi, VoLTE ini bisa diartikan sebagai teknologi yang memungkinkan kita untuk melakukan panggilan suara dengan menggunakan jaringan 4G LTE.

Perlu diketahui bahwa tidak semua operator seluler yang memiliki jaringan 4G akan otomatis menggunakan teknologi VoLTE. Sampai tulisan ini dipublikasikan, operator seluler di Indonesia yang sudah menggunakan teknologi VoLTE adalah Indosat, Telkomsel, dan tentu saja Smartfren.

Keuntungan Yang Didapat dari Teknologi VoLTE

Mungkin tidak sedikit yang akan bertanya-tanya soal keistimewaan melakukan panggilan telpon melalui VoLTE jika dibandingkan dengan menelpon di jaringan 3G. Jawabannya adalah: beda banget! Iya, saya merasakan sendiri bagaimana jauhnya perbedaan kualitas panggilan telepon saat membandingkannya. Panggilan telepon menggunakan VoLTE terdengar jauh lebih jernih, serta latency yang lebih rendah jika dibandingkan dengan menelpon di jaringan 3G. Sehingga, nyaris tak ada delay yang berarti saat melakukan panggilan telepon.

Kemampuan untuk menerima SMS langung melalui jaringan 4G, juga memungkinkan koneksi internet yang lebih stabil. Hal ini akan sangat terasa ketika kita bermain game online. Biasanya, jika kita tidak menggunakan VoLTE, jalannya game akan terasa ngelag akibat jaringan mendadak tidak stabil saat akan ada SMS atau panggilan telpon yang masuk.

Hal itu bisa terjadi karena hape yang kita gunakan harus beralih ke jaringan 3G saat harus menerima SMS maupun panggilan telepon. Nah, peralihan jaringan itulah yang menyebabkan jaringan menjadi tidak stabil, kecepatan koneksi melambat, serta ping mendadak naik drastis.

Beda urusannya jika kita sudah memanfaatkan teknologi VoLTE. Hape kita bisa terus terkoneksi ke jaringan 4G tanpa harus berganti jaringan ke 3G saat akan menerima SMS. Sehingga, jalannya permainan pun akan tetap terasa lancar.

Namun, untuk dapat menikmati teknologi VoLTE, kita harus memastikan bahwa operator seluler dan juga smartphone yang kita gunakan sudah sama-sama mendukung teknologi tersebut. Karena jika ternyata sang operator sudah punya VoLTE namun smartphone kita belum mendukung VoLTE, kita tidak akan bisa menikmati keunggulan dari fitur VoLTE.

Itulah penjelasan sederhana mengenai apa itu VoLTE serta manfaat yang bisa didapat darinya. Jika ada hal yang mesti dikoreksi, silakan tinggalkan komentar ya!

Artikel sebelumnyaPenjelasan Singkat Mengenai FUP Pada Paket Internet
Artikel selanjutnyaSebenarnya, Infinix Itu Darimana Sih Asalnya?
Admin Techijau.com | Kurang pandai mainan socmed, khususnya IG

BERIKAN KOMENTARMU

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini