Cara Menghidupkan Kembali Kartu XL & Axis Yang Mati

Cara Menghidupkan Kembali Kartu XL & Axis Yang Mati – Sebagai orang yang punya banyak nomor hape dan juga lebih dari satu smartphone, ada kalanya kita akan lupa untuk mengisi ulang pulsa dari salah satu nomor yang kita miliki. Hingga terkadang kelupaannya itu sampai kebablasan melewati masa tenggang, dan kartunya pun jadi mati.

Yap, saya sendiri sudah cukup sering mengalami hal seperti ini. Dan dari beragamnya operator seluler yang pernah saya gunakan sampai kartunya mati, hanya ada dua kartu yang masih bisa saya selamatkan sampai sekarang. Yaitu kartu dari operator Axis dan juga XL. Bahkan kedua kartu ini juga sudah cukup sering saya terlantarkan sampai mati. Tapi untungnya lagi-lagi masih bisa diselamatkan.

Itulah yang menjadi alasan mengapa kartu dari kedua operator tersebut saya jadikan sebagai nomor utama sampai sekarang. Walaupun yaa saat ini saya juga tetap menggunakan kartu dari operator lain sebagai provider internet utama yang saya gunakan.

Oke, kembali lagi ke topik utama. Di tulisan kali ini, saya akan membagikan tentang bagaimana cara mengaktifkan alias menghidupkan kembali kartu XL dan Axis yang sudah mati karena melewati masa tenggang.

Satu-satunya cara untuk dapat menghidupkan kartu XL atau Axis yang sudah mati adalah dengan cara datang langsung ke XL center yang terdapat di kotamu. Iya, untuk operator Axis juga datangnya ke XL center ya. Saya sudah pernah bertanya apakah bisa menghidupkan kartu XL dan Axis tanpa harus datang ke XL center. Dan ternyata jawabannya adalah tidak bisa.

Jadi, mau tidak mau, kita harus mendatangi XL center jika ingin kartu yang kita miliki bisa dihidupkan kembali. Adapun syarat-syaratnya adalah sebagai berikut:

  • Bawalah kartu XL atau Axis yang ingin kamu hidupkan kembali
  • Bawa kartu identitas alias KTP yang digunakan untuk registrasi nomor tersebut
  • Kartu hanya boleh dihidupkan kembali oleh si pemilik identitas
  • Bawalah uang setidaknya 26 ribu sampai 51 ribu
  • Seingat saya, kartu tidak akan bisa dihidupkan kembali jika ia sudah melebihi 60 hari sejak melewati masa tenggang. Tapi kalau mau amannya sih, sebaiknya jangan melebihi 30 hari ya. Siapa tau peraturannya mendadak berubah. Karena nomor dari kartu tersebut akan di daur ulang / dijual kembali
  • Suatu ketika saya pernah tidak sengaja nguping pembicaraan customer dengan mbak CS-nya. Jikalau ternyata kartu tersebut adalah milik teman/saudara yang berada di luar negeri dan tidak bisa datang langsung ke XL center, seingat saya kamu masih bisa datang dengan membawa surat kuasa. Tapi saya tidak tau detailnya seperti apa. Intinya sih masih bisa, tapi untuk persyaratan lengkapnya sebaiknya kamu datang langsung ke XL center untuk menanyakannya.

Oke, kalau semua persyaratannya sudah bisa kamu penuhi, sekarang saatnya membahas tentang bagaimana prosesnya. Saat datang di XL center, sampaikan pada sang penjaga di depan pintu bahwa kamu ingin menghidupkan kartu XL atau Axis yang mati. Maka ia akan menekan tombol pada alat yang ada di dekatnya, untuk mendapatkan nomor antrean.

Kalau ternyata di dekat alat yang mirip mesin ATM itu tidak ada penjaganya, maka cobalah tanya ke mas/mbak CS nya tentang tombol mana yang harus dipilih.

Setelah mendapatkan nomor antrean, duduklah di sofa yang sedang kosong. Karena kalau kamu menduduki sofa yang sudah ada orangnya, bisa baku hantam nanti. Perhatikan nomor antrean yang kamu pegang dan dengarkan setiap kali ada panggilan nomor antrean.

Karena saya pernah melihat ada orang yang asik main hape sampai tidak mendengar bahwa nomornya sudah dipanggil sedari tadi. Alhasil dia pun protes karena ternyata nomor antreannya sudah jauh dari nomor miliknya. Dan saat diminta menunggu hingga CS nya selesai meladeni costumer, EH DIA MALAH MAIN HAPE LAGI. ALHASIL DIA NGGAK DENGER LAGI WAKTU DIPANGGIL. Astaghfirullah, emosi saya jadinya.

Saat nomor antreanmu sudah dipanggil, datanglah ke nomor meja yang sudah ditentukan. Sampaikan bahwa nomor XL atau Axis milikmu telah mati dan kamu ingin menghidupkannya kembali. Kamu akan diminta menunjukkan KTP, dan menyebutkan nomor telepon dari kartu yang mati tersebut.

CS akan mengecek apakah nama yang terdaftar pada kartu tersebut sesuai dengan identitas yang kamu berikan. Sekaligus mengecek apakah kartu tersebut masih bisa diselamatkan atau tidak.

Jika masih bisa dan datanya sesuai, maka kamu hanya akan harus menunggu sebentar, tak sampai satu menit, lalu kamu bisa langsung cek apakah kartumu sudah kembali muncul sinyal setelah CS bilang “sudah”. Tapi sebelum itu, biasanya CS akan mewajibkan kita untuk membayar biaya pulsa minimal 25 ribu sebagai syarat untuk aktivasi kembali.

Tapi kalau beruntung, kamu bisa saja tidak dimintai biaya pulsa tersebut. Karena suatu ketika saya pernah datang untuk menghidupkan kartu milik saya. Lalu mas-mas CS itu tau-tau sudah menyelesaikan tugasnya. Saat saya iseng bertanya “mau sekalian isi pulsa bisa mas?”, katanya saat itu sistem sedang bermasalah. Jadi tidak bisa melakukan transaksi pulsa.

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P