Laptop Layar Besar Terjangkau untuk Semua Kalangan: ASUS Vivobook 15 A516

Laptop Layar Besar Terjangkau untuk Semua Kalangan: ASUS Vivobook 15 A516 – Sudah bukan hal yang aneh jika semakin banyak orang yang membutuhkan laptop di jaman ini. Pasalnya, laptop sudah bukan lagi sebuah alat yang hanya bisa digunakan untuk mengerjakan dokumen saja. Ia juga sering dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan lain. Termasuk untuk media belajar, berkreasi, hingga menjadi media hiburan.

Orang-orang pun lebih memilih laptop daripada PC, karena laptop dianggap lebih efisien tempat, serta lebih mudah untuk bisa menggunakannya di mana saja. Namun terkadang, hal yang membuat orang galau untuk menentukan pilihan antara laptop atau PC desktop adalah dari sisi ukuran layar. Karena rata-rata, laptop mainstream itu hanya memiliki bentang layar hingga 14 inci saja.

Yang mana ukuran layar tersebut seringkali dianggap terlalu kecil untuk kebutuhan multimedia. Sementara untuk laptop dengan ukuran layar besar, biasanya hanya tersedia pada laptop gaming, ataupun laptop profesional dengan body yang bongsor, serta harganya yang jauh diatas laptop mainstream. Untungnya sekarang sudah ada ASUS Vivobook 15 A516 yang bisa menjadi jawaban atas kebutuhan akan sebuah laptop terjangkau, dengan layar yang besar.

Kelebihan ASUS Vivobook 15 A516

Fitur ASUS Vivobook 15 A516Di sini, kita akan membahas lebih jauh mengenai ASUS Vivobook 15 A516 untuk mengetahui apa saja fitur unggulan yang dimilikinya. Kita mulai dari segi fisiknya terlebih dahulu.

Layar Besar, Namun Tidak Bongsor

Desain dari laptop ini memang tergolong tidak terlalu mencolok. Namun, ia masih memiliki keistimewaan lain dari sisi bodinya. Seperti yang kita ketahui bersama, dulu itu, laptop dengan layar 15.6 inci dikenal memiliki body yang sangat lebar. Hingga terkadang menyulitkan penggunanya untuk membawanya dalam ransel.

Hal inilah yang membuat ASUS Vivobook 15 A516 istimewa. Karena, ia hadir dengan body yang jauh lebih ringkas jika dibandingkan dengan laptop 15.6 inci yang beredar pada tahun-tahun sebelumnya. Dalam arti, body dari laptop ini bisa dibuat lebih kecil, hingga mendekati laptop dengan layar 14 inci yang dirilis beberapa tahun silam. Sehingga bisa dikatakan bahwa ASUS Vivobook 15 A516 merupakan laptop yang tepat bagi para pengguna laptop 14 inci lama, yang sedang mencari laptop pengganti dengan layar yang lebih besar.

Body yang ringkas tersebut bisa terwujud berkat penerapan teknologi NanoEdge Display. Yang membuat bezel dari layar laptop ini demikian tipis. Dengan demikian, keseluruhan body dari laptop ini pun dapat dibuat lebih kecil. Hingga memiliki screen-to-body ratio mencapai 84%.

Kelebihan ASUS Vivobook 15 A516Selain itu, bobot dari ASUS Vivobook 15 A516 juga tergolong cukup ringan untuk sebuah laptop 15.6 inci. Yaitu hanya 1.8kg saja. Body yang ringkas serta bobot yang ringan tersebut jelas bakal memudahkan mobilitas penggunanya saat harus membawa ASUS Vivobook 15 A516.

Nyaman Untuk Dipandang

Layar yang lebih lebar, membuatnya memiliki kelebihan tersendiri. Misalnya, saat sedang membuat konten kreatif, layar yang lebar itu bisa dimanfaatkan untuk menampilkan lebih banyak panel pada software yang digunakan. Atau jika digunakan untuk menonton video ataupun film, jelas, layar yang lebih lebar ini bakal membuat tampilan terasa lebih lega.

Layar yang lebih lebar tentu saja akan lebih nyaman saat digunakan untuk nonton bareng. Apalagi, layar tersebut memiliki sudut pengelihatan alias viewing angle yang luas, hingga 178 derajat. Sehingga, tampilannya akan tetap jelas jika dilihat dari sudut manapun. Resolusi Full HD pada panel layar di laptop ini, juga membuatnya mampu menampilkan gambar yang lebih jelas dan tajam.

Spesifikasi Lengkap ASUS Vivobook 15 A516Dan untuk membuat kita semakin betah untuk memandang layarnya, ASUS Vivobook 15 A516 juga sudah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk kategori Flicker Free dan juga Low Blue Light. Sertifikasi tersebut menandakan bahwa layar dari laptop ini memiliki emisi cahaya biru yang rendah, tanpa mempengaruhi tampilan warnanya. Dimana emisi cahaya biru sendiri merupakan salah satu faktor penyebab mata cepat lelah, serta dapat berpotensi mengganggu kesehatan mata.

Fitur Lengkap Dengan Software Original

Untuk memberikan kemudahan ekstra, ASUS Vivobook 15 A516 juga sudah dibekali dengan berbagai fitur yang mendukung. Mulai dari keyboard dengan LED backlit, hingga kelengkapan dari sisi konektivitas. Hadirnya lampu LED backlit pada keyboard laptop ini, membuat kita bisa lebih mudah untuk melakukan berbagai aktivitas di area minim cahaya. Bahkan keyboard tersebut juga memiliki tombol numpad yang sangat berguna untuk mengetikkan angka-angka dengan cepat.

Fitur Keyboard ASUS Vivobook 15 A516Lalu, deretan port konektivitas lengkap yang dimilikinya, bakal memberikan keleluasaan untuk menghubungkan Vivobook 15 A516 dengan berbagai perangkat lain. Deretan port yang dimiliki oleh laptop ini akan saya sertakan pada akhir tulisan.

Port Konektivitas ASUS Vivobook 15 A516

Tidak hanya itu. Ia juga sudah memiliki sebuah software eksklusif, yaitu aplikasi MyASUS. Aplikasi MyASUS bukanlah sekadar bloatware. Karena di dalamnya, terdapat berbagai fitur berfaedah yang sangat membatu dalam penggunaan laptop, sekaligus juga membantu dalam hal produktivitas.

Salah satu fitur menarik dari aplikasi MyASUS adalah, kita bisa memadukan laptop ASUS Vivobook 15 A516 dengan perangkat smartphone yang kita punya, dengan fitur Link to MyASUS. Link to MyASUS memungkinkan kita untuk dapat saling bertukar data antara laptop dengan smartphone.

Fitur ini juga bisa menghubungkan dan menggunakan smartphone kita sebagai layar tambahan pada laptop. Yang mana hal ini bisa sangat berguna ketika kita ingin melakukan multitasking dengan lebih mudah. Atau, terdapat pula pilihan untuk menampilkan apa yang ada pada smartphone, di layar laptop. Ini akan berguna jika misalnya kita tidak ingin repot untuk menggapai smartphone yang sedang dicas hanya untuk melihat notifikasi. Karena, kita dapat membaca notifikasi, dan bahkan mengendalikan smartphone kita, langsung dari layar laptop.

Terdapat pula pilihan untuk mengatur preferensi penggunaan baterai, dengan menentukan perilaku charging. Apakah ingin baterainya hanya diisi 60% sampai 80% agar baterainya punya umur lebih panjang, atau ingin agar baterai bisa diisi sampai full capacity (100%).

Dukungan software original, termasuk sistem operasi Windows 10, dan juga Microsoft Office Home & Student 2019, membuat kita bisa langsung memanfaatkan laptop ini untuk bekerja, tanpa harus membeli software-software tersebut secara terpisah. Microsoft Office Home & Student 2019 sendiri merupakan paket yang berisi tiga aplikasi utama yaitu Word, Excel, dan PowerPoint, yang biasa digunakan untuk aktivitas kantoran.

Dengan adanya dukungan software original, maka kita bisa menghindarkan laptop kita dari malware yang biasanya masuk melalui software bajakan.

Banyak Pilihan, Sesuai Budget

ASUS Vivobook 15 A516 hadir dalam berbagai pilihan spesifikasi, yang bisa disesuaikan dengan budget serta kebutuhan. Mulai dari Rp 5.299.000, hingga Rp 11.099.000. Dengan pilihannya yang bervariasi tersebut, membuatnya dapat dijangkau oleh semua kalangan. Mulai dari pelajar, hingga pekerja kantoran. Detail soal harganya akan saya sertakan di akhir tulisan.

Varian tertinggi dari ASUS Vivobook 15 A516 ditenagai oleh prosesor Intel Core i5-1035G1 Generasi ke-10. Yang memiliki konfigurasi 4 core dan 8 thread, dengan boost clock hingga 3.6GHz. Konfugurasi tersebut jelas akan sangat memadai untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari bekerja, browsing, hingga menikmati konten multimedia dengan lancar.

Varian tertinggi dan juga beberapa varian lain juga sudah dilengkapi dengan chip grafis NVIDIA GeForce MX330. Dukungan chip grafis tersebut akan memungkinkannya untuk dapat menjalankan berbagai aplikasi yang membutuhkan performa grafis ekstra. Termasuk untuk gaming ringan, hingga editing video.

Pilihan memory alias RAM dari laptop ini pun juga sudah menggunakan memory DDR4 yang punya performa tinggi. Plus, untuk membuat performanya semakin optimal, semua varian dari ASUS Vivobook 15 A516 sudah menggunakan penyimpanan utama berjenis SSD M.2 PCIe.

ASUS juga sudah menyediakan ruang ekstra jika kedepannya kita ingin melakukan upgrade RAM, maupun penyimpanan. Bahkan, ia juga memiliki sebuah ruang penyimpanan khusus untuk 2.5″ SATA yang dapat digunakan untuk menambahkan SSD ataupun HDD. Yang mana ruang penyimpanan khusus tersebut memiliki fitur perlindungan khusus bernama E A R HDD, yang akan melindungi penyimpanan dari getaran, Untuk dapat mencegah terjadinya kerusakan pada ruang penyimpanan tersebut.

Berikut adalah harga resmi dan juga spesifikasi lengkap dari ASUS Vivobook 15 A516:

Main Spec. VivoBook 15 (A516)
CPU Intel® Core™ i5-1035G1 Processor 1.0 GHz (6M Cache, up to 3.6 GHz)

Intel® Core™ i3-1005G1 Processor 1.2 GHz (4M Cache, up to 3.4 GHz)

Intel® Celeron N4020 Processor 1.1GHz (4M Cache, up to 2.8GHz)

Operating System Windows 10
Memory Up to 8GB DDR4 RAM
Storage 256GB PCIe® Gen3 x2 SSD

512GB PCIe® Gen3 x2 SSD

1TB HDD + 256GB PCIe® Gen3 x2 SSD

Display 15.6”, FHD (1920 x 1080) 16:9, Anti-glare

15.6”, HD (1366 x 768) 16:9, Anti-glare

Graphics NVIDIA GeForce MX330 (optional)

Intel UHD Graphics

Input/Output 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C, 2x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader
Camera VGA Web Camera
Connectivity Wi-Fi 5 (802.11ac), Bluetooth 4.1
Audio SonicMaster, Audio by ICEpower®, Built-in speaker, Built-in microphone
Battery 37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion
Dimension 36.02 x 23.49 x 1.99 ~ 1.99 cm
Weight 1,8 Kg
Colors Transparent Silver, Slate Grey
Price Rp5.299.000 (Celeron N4020/HD/Intel UHD Graphics/4GB/256GB SSD)

Rp5.399.000 (Celeron N4020/FHD/Intel UHD Graphics/4GB/256GB SSD)

Rp7.599.000 (Core i3/HD/Intel UHD Graphics/4GB/256GB SSD + 1TB HDD)

Rp7.899.000 (Core i3/FHD/Intel UHD Graphics/4GB/256GB SSD + 1TB HDD)

Rp7.799.000 (Core i3/FHD/GeForce MX330/4GB/256GB SSD)

Rp8.199.000 (Core i3/FHD/GeForce MX330/4GB/512GB SSD)

Rp10.999.000 (Core i5/FHD/GeForce MX330/4+4GB/256GB SSD + 1TB HDD)

Rp11.099.000 (Core i5/FHD/GeForce MX330/8GB/256GB SSD + 1TB HDD)

Warranty 2 tahun garansi global
Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P