Beranda News Gahar di Semua Aspek, Laptop Acer Predator Helios 16 Telah Rilis!

Gahar di Semua Aspek, Laptop Acer Predator Helios 16 Telah Rilis!

0

Gahar di Semua Aspek, Laptop Acer Predator Helios 16 Telah Rilis! – Seri terbaru dari keluarga Helios kembali diboyong oleh Acer ke pasar laptop gaming tanah air. Salah satunya adalah Acer Predator Helios 16 yang diklaim sebagai laptop gaming tercanggih yang siap meramaikan pasar laptop gaming Indonesia dengan fitur-fitur unggulannya.

Sudah pasti, laptop baru yang diperkenalkan pada tahun 2023 ini membawa spesifikasi dan fitur yang diperbarui dari generasi sebelumnya. Mulai dari pembaruan dari sisi CPU, GPU NVIDIA RTX 40 series, hingga sistem pendingin yang telah ditingkatkan.

Seperti apa fitur dan keunggulan dari Acer Predator Helios 16? Yuk kita bahas lebih lanjut!

Pembaharuan Desain dan Layar

Acer Predator Helios 16Laptop gaming Acer Predator Helios 16 memiliki desain dengan warna dasar hitam yang membalut keseluruhan body. Pilihan warna hitam ini sendiri memang identik dengan laptop Acer Predator Helios series, yang sepertinya tidak pernah absen di setiap kemunculan keluarga barunya.

Balutan warna hitam tersebut membuat laptop gaming ini tampil lebih sangar, namun tetap kalem. Warna hitam tersebut dikombinasikan dengan logo Predator dengan warna silver berukuran kecil, yang terpampang jelas pada bagian atas cover laptop. Peletakan logonya ini sendiri mengingatkan kita pada seri Triton 300 SE, yang juga masih menjadi bagian dari keluarga Acer Predator gaming.

Beralih ke bagian depan laptop, terbentang layar berukuran 16 inci, dengan panel berjenis LED Mini. Dengan resolusi WQXGA yang mampu menampilkan reproduksi warna hingga 100% DCI-P3 color gamut, serta kecerahan hingga 1000 nits, membuat tampilan layarnya terlihat cemerlang dan kaya warna.

Ditambah dengan kemampuan layarnya yang memiliki refresh rate hingga 240Hz, memastikan bahwa ia bakal siap untuk memberikan output tampilan animasi yang smooth.

Pada bagian depan ini juga, kita dapat menemukan sebuah webcam pada bagian atas, dan juga logo Predator pada bagian bawah panel layarnya.

Keyboard dan juga touchpad dari laptop ini terasa cukup empuk dan responsif. Dan tentu kita akan mendapati adanya lampu latar alias LED backlit yang akan menerangi bagian keyboard ketika digunakan dalam gelap. LED backlit dari keyboard ini sendiri bertipe per-key RGB. Yang artinya, setiap tombol pada keyboard tersebut akan mampu menampilkan warna secara individual, dan bisa menampilkan warna yang berbeda-beda pada tiap-tiap tombolnya.

Selain menjadi elemen ornamental yang membuat laptop terlihat menarik, sudah pasti lampu LED backlit ini bakal sangat membantu pada saat mengoperasikan laptop di tengah area minim cahaya.

Kita bisa dengan leluasa mengatur lampu per-key RGB di keyboard tersebut melalui software PredatorSense, yang bisa diakses dengan cepat hanya dengan menekan tombol pintasan PredatorSense yang terdapat pada keyboard.

Selain untuk mengatur lampu latar per-key RGB, software PredatorSense juga memiliki beberapa fungsi lain yang berkaitan dengan personalisasi, dan juga pengaturan performa dari laptop ini sendiri. Salah satunya adalah, kita bisa memilih untuk menyesuaikan pengaturan performa laptop yang sesuai dengan kebutuhan.

Pilihan yang tersedia diantaranya ada mode Quiet (senyap) untuk penggunaan ringan, mode Balanced (seimbang) untuk penggunaan sedang, mode Performance (performa) untuk penggunaan berat, hingga mode Turbo (overclock total dengan kipas yang berputar kencang) untuk mengeluarkan performa penuh dari Acer Predator Helios 16.

Selain itu, kamu juga dapat mengatur pencahayaan pulsar dan kontrol kecepatan kipas untuk menyesuaikan dengan aktivitas yang dilakukan.

Hardware dan Performa yang Telah Diperbarui

Dari segi dapur pacu, laptop Acer Predator Helios 16 mengandalkan CPU 13th Gen Intel® Core™ i9-13900HX Processor yang sanggup memaksimalkan performa laptop saat sedang bermain game, mengedit video hingga kegiatan lain seperti pemrograman.

Prosesor generasi baru ini telah menggunakan arsitektur hybrid performa yang baru, yang terdiri dari P-core (performance core) dan E-core (efficient core) untuk mengoptimalkan performa dan konsumsi daya, sesuai dengan kegiatan yang dilakukan.

Didukung dengan storage berkecepatan tinggi berjenis NVMe PCIe SSD berkapasitas hingga 2TB, memastikan bahwa performa dari laptop ini tidak akan mengalami bottleneck. Perpaduan ini memungkinkan Acer Predator Helios 16 untuk dapat menjalankan semua software dengan gesit dan lincah. Entah itu software multimedia, ataupun software game dengan rating AAA.

Ditambah dengan GPU NVIDIA® GeForce RTX™ 4070, membuat laptop ini siap untuk menyuguhkan kualitas visual tingkat tinggi dengan frame rate yang melimpah. Sebuah hal yang tentu sangat diidam-idamkan oleh para gamer. Pun demikian, penggunaan GPU ini juga sangat mendukung untuk aktivitas konten kreator, hingga developer sekalipun.

Chip grafis NVIDIA® GeForce RTX™ 40 series yang terdapat pada Acer Predator Helios 16, hadir dengan teknologi NVIDIA Ada Lovelace Architecture dan juga NVIDIA DLSS 3. Yang mana teknologi tersebut diklaim mampu mengoptimalkan kemampuan ray tracing, yang berfungsi untuk mensimulasikan sifat natural cahaya di dunia nyata. Sehingga, tampilan pencahayaan dalam grafis virtual (termasuk dalam game) bakal terlihat lebih nyata.

Chip grafis pada laptop ini menggunakan teknologi NVIDIA Max-Q yang juga didukung dengan serangkaian teknologi canggih berkemampuan AI, untuk mengoptimalkan performa laptop dengan pengalaman yang berkali lipat lebih baik dari generasi sebelumnya.

Penggunaan teknologi NVIDIA Max-Q ini juga menandakan bahwa ia merupakan laptop gaming yang didesain untuk memiliki daya tahan baterai yang lebih irit. Sekaligus lebih tipis, dan minim kebisingan, namun tetap punya performa grafis super kencang. Tak ketinggalan, dukungan teknologi NVIDIA® ADVANCED OPTIMUS® membuat pengalihan tampilan pada tiap frame menjadi lebih dinamis.

Ingin mencoba menggunakan laptop ini selama hampir seharian penuh? Tak perlu khawatir! Karena laptop ini memang didesain untuk bisa lebih dingin, dan lebih awet dalam penggunaan baterai dibandingkan laptop gaming pada umumnya. Cukup gunakan mode performa Quiet pada saat penggunaan ringan, maka konsumsi daya terhadap baterai pun menjadi lebih ramah.

Sistem pendinginan dari Acer Predator Helios 16 pun didesain agar mampu melepas panas dengan lebih baik. Bahkan diklaim sebagai laptop dengan sistem pendinginan terlengkap dan menjadi salah satu yang tercanggih.

Acer menggunakan kopas 3D AeroBlade generasi ke-5, vektor heat pipe, yang dipadukan dengan penyalur panas berupa liquid metal (logam cair) pada CPU-nya. Semata-mata agar panas yang dihasilkan oleh prosesor dapat ditransfer dan tersalurkan dengan baik, untuk kemudian dibuang ke luar secara efektif.

Kesimpulan

Tampilan yang lebih fresh dan dinamis, bukanlah satu-satunya perubahan yang dibawa oleh Acer Predator Helios 16 versi 2023 ini. Karena ada cukup banyak perubahan dari sisi hardware yang dibawa olehnya.

Mulai dari penggunaan CPU 13th Gen Intel® Core™ i9-13900HX Processor, dan juga GPU NVIDIA® GeForce RTX™ 4070, membuat performanya menjadi lebih maksimal baik dari sisi kecepatan, maupun kualitas grafis. Jangan lupa, bagian layarnya pun sudah lebih mendukung untuk memaksimalkan output tampilannya.

Hal ini membuatnya siap untuk menjalankan semua jenis software dengan leluasa. Apalagi dengan sudah terpasangnya Windows 11 Home maupun Microsoft Office Home and Student 2021 dalam setiap pembelian Acer Predator Helios 16 series, membuatnya semakin siap untuk dioperasikan bahkan sejak pertama kali dinyalakan.

Intel® Killer™ Ethernet E2600 Controller dan Intel® Killer™ Wi-Fi 6E AX1675i yang juga tertanam di dalamnya, memastikan agar koneksi internet bisa berjalan dengan optimal. Baik saat menggunakan koneksi Wi-Fi, ataupun koneksi via kabel LAN.

Harga Resmi Acer Predator Helios 16

Laptop ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 37.999.000 yang bisa didapatkan melalui Acer Official Store Indonesia secara online maupun offline. Untuk pembelian online, kamu bisa mengunjungi Acer Online Store Indonesia di tautan berikut https://store.acer.com/en-id/helios-16-ph16-71-nh-qjrsn-003.

Menariknya, disertakan pula garansi resmi dari Acer selama 3 tahun garansi yang mencakup 3 tahun service, 3 tahun jaminan suku cadang serta 1 tahun Acer Priority Care (accidental damage protection serta layanan prioritas) dalam setiap pembelian Acer Predator Helios 16 Series.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan informasi seputar produk terbaru Acer dan promo terkini yang bisa kamu cek tiap bulannya dengan mengakses Acer eStore di https://store.acer.com/en-id/ dan www.acerid.com.

Artikel sebelumnyaPuncak MSIB 4 Indobot Academy Adakan Event “Indonesia IoT Career Fair 2023”
Artikel selanjutnyaCara Update Berita Teknologi yang Akurat
Admin Techijau.com | Kurang pandai mainan socmed, khususnya IG

BERIKAN KOMENTARMU

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini