ASUS Perkenalkan ROG Flow X13, Laptop Gaming Ramping Cuma 13 Inci!

ASUS Perkenalkan ROG Flow X13, Laptop Gaming Ramping Cuma 13 Inci! – Selama ini, laptop gaming selalu identik dengan body-nya yang bongsor, dan juga bobotnya yang berat. Membuatnya kurang praktis jika harus membawanya bepergian. Dan saya yakin, diluaran sana pasti ada banyak orang yang mengidamkan sebuah laptop gaming yang tipis dan juga ringan agar mudah untuk dibawa-bawa. Karena harus diakui, sebagian orang hanya akan bisa bekerja dengan lancar jika menggunakan laptop gaming yang sudah pasti punya performa tinggi.

Beberapa brand laptop sudah mencoba untuk mewujudkan keinginan tersebut. Dan kabar baiknya, di awal 2021 ini nampaknya keinginan tersebut akan menjadi nyata. Karena pada tanggal 13 Januari 2021 kemarin, ASUS memperkenalkan jajaran laptop gaming ROG terbaru. Salah satunya adalah ROG Flow X13, yang sepertinya bakal menjadi primadona bagi mereka yang menginginkan fleksibilitas dalam bekerja.

ROG Flow X13 Indonesia

ROG Flow X13 merupakan laptop gaming tipis dan ringan dengan bentang layar 13.4 inci. Bobotnya hanya 1.3kg, dengan ketebalan hanya 1.58cm! Hal ini membuatnya setara dengan laptop ultrabook, sehingga akan sangat nyaman untuk dibawa-bawa.

Spesifikasi yang dibawanya pun tetap menawarkan performa yang tinggi. Ia mengandalkan prosesor AMD Ryzen 9 5900HS, atau AMD Ryzen 9 5980HS untuk varian Supernova Edition. Yang dipasangkan dengan kartu grafik diskrit NVIDIA GeForce GTX1650, RAM LPDDR4X berkapasitas 32GB, serta penyimpanan M.2 NVMe PCIe 3.0 SSD berkapasitas 1TB.

Ini menjadikannya sebagai salah satu laptop gaming ASUS pertama yang menggunakan prosesor AMD Ryzen 5000 series. Yang membuatnya sangat menarik adalah, laptop ini akan memiliki sebuah aksesori tambahan bernama ROG XG Mobile jika pengguna menginginkan performa yang lebih tinggi lagi saat bekerja atau bermain. ROG XG Mobile merupakan perangkat external graphic card yang mendukung hingga NVIDIA GeForce RTX3080 terbaru.

ROG XG mobile

Berbeda dengan perangkat external graphic card lain yang hanya mengandalkan konektivitas Thunderbolt, ROG XG Mobile menggunakan konektivitas khusus yang memungkinkannya untuk memiliki jalur koneksi PCIe 8x independen. Yang mana konektivitas khusus tersebut membuat ROG XG Mobile mendapatkan bandwidth hingga 63 Gbps. Hal ini memungkinkan ROG XG Mobile dapat bekerja bersama ROG Flow X13, hampir tanpa menimbulkan pemangkasan performa.

ROG XG Mobile juga dilengkapi dengan sejumlah port Input/Output yang memudahkannya untuk dihubungkan dengan monitor, ataupun berbagai perangkat lain. Diantaranya adalah port HDMI 2.0, DisplayPort 1.4, Port RJ-45, 4 buah USB 3.2 Gen1 Type-A, dan juga SD card reader. ROG XG Mobile menggunakan power supply 280W yang sudah terintegrasi. Dimensi fisik dari perangkat ini juga tidaklah terlalu besar. Yaitu hanya 20.8 x 15.5 x 2.96cm, dengan bobot 1kg.

Fitur ROG Flow X13

Fitur ROG Flow X13

ROG Flow X13 tidak hanya mengandalkan performa tinggi ataupun fisiknya yang ringkas saja. Karena ia juga dibekali dengan segudang fitur lain yang akan membantu meningkatkan produktivitas. Panel layar IPS dengan lapisan Coring Gorilla Glass pada laptop gaming ringan ini, dapat diputar hingga 360 derajat dan sudah mendukung input sentuh, serta dilengkapi dengan stylus untuk penggunaan dalam mode tablet.

Layarnya menggunakan aspect ratio 16:10, dan terdapat pilihan layar dengan resolusi WQUXGA (3840 x 2400 pixel) alias 4K, atau resolusi FHD dengan refresh rate 120Hz. Reproduksi warna yang dapat dihasilkan pada panel ini adalah 116% sRGB, dan sudah mengantongi sertifikasi PANTONE. Sehingga akan menjamin akurasi warna yang tinggi pada panel layarnya. Yang mana hal ini merupakan sebuah modal penting ketika ia digunakan untuk membuat berbagai konten multimedia.

Spesifikasi ROG Flow X13

Berdasarkan klaim dari ASUS, ROG Flow X13 ini bakal mampu menemani penggunanya hingga 10 jam lamanya. Akan tetapi, tentu hasilnya akan berbeda-beda, tergantung pemakaiannya. Walau ia memiliki dimensi fisik yang mungil, bisa dibilang laptop ini memiliki port input/output yang cukup lengkap. Mulai dari 3.5mm Combo Audio Jack, HDMI 2.0b, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, serta 2x USB 3.2 Gen 2 Type-C. Tidak lupa pula port khusus untuk menghubungkannya dengan ROG XG Mobile.

Dalam urusan pengisian daya, ROG Flow X13 sudah mendukung fitur USB Power Delivery yang memungkinkan pengisian daya melalui adapter khusus USB Type-C 100W. Berkat adapter khusus tersebut ASUS mengklaim bahwa laptop gaming ini dapat diisi ulang baterainya mulai dari 0% hingga 60% dalam waktu hanya 39 menit. Pada bagian audio, ia memiliki dua buah speaker yang menghadap ke bawah yang ditenagai oleh teknologi Dolby Atmos.

Menurut keterangan resminya, ROG Flow X13 memiliki sebuah sistem pendinginan khusus yang optimal, hingga memungkinkannya untuk mendesain laptop gaming yang sangat ringkas seperti ini. Selain menggunakan liquid metal sebagai pengganti thermal paste, ia juga dilengkapi dengan tiga heatsink khusus agar dapat melepaskan panas dengan optimal.

ASUS juga menyebutkan bahwa ia menggunakan kipas Arc Flow terbaru, yang diklaim dapat mengalirkan udara 15% lebih baik daripada kipas standar dengan tingkat kebisingan yang sama. Sistem pembuangan panas tersebut juga memiliki sistem self-cleaning thermal module. Yaitu sebuah desain khusus untuk membuang debu dan partikel lain yang berpotensi menyumbat sistem pendinginannya.

ASUS belum menyebutkan soal kapan laptop ini bakal dirilis di Indonesia. Dan harganya pun masih menjadi misteri.

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P