Home Tips dan Trik Gallery Hape Android Kamu Tidak Menampilkan Foto Yang Tersimpan? Coba Tips Ini...

Gallery Hape Android Kamu Tidak Menampilkan Foto Yang Tersimpan? Coba Tips Ini Deh!

29956
49

Gallery Hape Android Kamu Tidak Menampilkan Foto Yang Tersimpan? Coba Tips Ini Deh! – Waktu itu mimin iseng untuk melakukan update dari aplikasi Gallery di hape yang mimin gunakan. Beberapa jam setelah melakukan update, mimin pun coba membuka aplikasi tersebut karena ingin mengedit foto bersama gebetan untuk di upload di Instagram (@masbocah).

Dan semuanya pun lancar tanpa hambatan. Selesai. LOH, TERUS APA HUBUNGANNYA SAMA JUDUL POSTINGNYA? Ya nggak ada! Hahahahahahah..! Jadi gini ya, gaes. Kemarin itu ada yang nanya, kenapa sih kok tiba-tiba gallery di hape yang dipake mendadak nggak mau nampilin foto? Padahal jelas-jelas fotonya itu tersimpan di memory eksternal alias microSD card.

Ada yang cuma sebagian foto aja yang tidak tampil, ada pula yang mengaku semua fotonya hilang dari Gallery dan menampilkan pesan “No thumbnails” (tidak ada gambar mini), padahal ketika di cek, gambarnya masih ada tuh di microSD nya. Kira-kira kenapa bisa demikian yaa?

Foto tidak muncul di gallery hapeOke, disini mimin takkan membahas soal apa penyebab dari masalah tersebut karena bisa sangat panjang dan ribet, dan mimin pun bingung mau jelasinnya bagaimana. Yang jelas, di posting kali ini mimin bakal lebih prefer untuk memberikan tips tentang cara untuk mengatasi masalah pada Gallery itu, khususnya untuk perangkat Android. Langsung ke TKP aja yuk!

1. Pastikan hape kamu memiliki atau sudah terinstall aplikasi File Manager (Terkadang diberi nama Manajer berkas, atau semacamnya). Belum punya? Oke, kalau begitu kamu mesti download dulu! Kamu bisa coba aplikasi ASTRO File Manager yang bisa kamu download di Google PlayStore.

Belum tau cara download aplikasi di Android? Mampir ke halaman ini dulu deh! Atau halaman cara download aplikasi di Android melalui laptop. Sudah? Lanjut ke langkah berikutnya!

2. Buka aplikasi File Manager yang ada di hape atau tablet mu, lalu carilah folder dimana foto-foto yang hilang atau tidak muncul itu disimpan. Misal, dalam contoh ini anggaplah foto yang tak muncul itu tersimpan di microSD dalam folder DCIM. Maka mimin harus menuju ke penyimpanan yang menampilkan folder DCIM.

Kalau kamu pakai ASTRO File Manager, kamu perlu masuk ke penyimpanan microSD terlebih dahulu. Klik icon panah ke kiri yang terletak di sebelah kiri atas, pilih Location, lalu pilih SD card.

3. Sudah ketemu folder tempat menyimpan fotonya? Sekarang buatlah sebuah folder baru di tempat yang sama dengan letak folder fotomu itu (dalam contoh ini DCIM). Perhatikan gambar dibawah. Isi nama folder baru itu sesuka hatimu. Untuk membuat folder di ASTRO File Manager, kamu tinggal mengklik icon tiga titik yang berada di pojok kanan atas layar, lalu pilih New Folder (Folder Baru).

Mengatasi foto tidak muncul di gallery4. Sudah? Sekarang, pindahkan folder yang berisi foto yang tak muncul tadi (dalam contoh ini, DCIM) ke dalam folder yang baru kita buat tadi.

Caranya? Umumnya sih kita tinggal klik dan tahan beberapa detik diatas folder DCIM itu, lalu buka menu option (biasanya ada icon tiga titik di bagian atas atau bawah layar, tergantung apps file manager yang kamu gunakan), kemudian pilih Move (atau terkadang Cut) seperti pada gambar dibawah ini.

Gallery tak menampilkan foto di sd cardKetemu? Sekarang klik untuk masuk kedalam folder yang baru kita buat tadi, kemudian klik Paste (Tempel).

5. Tunggu hingga proses perpindahan selesai. Kemudian, pindahkan kembali folder yang baru saja kita pindahkan tadi (dalam contoh ini, DCIM) ke tempat semula. Caranya? Udah paham lah yaa. Sama kok seperti tadi.

Sekarang, kamu bisa cek aplikasi Gallery di hape kamu. Seharusnya sih, sekarang sudah bisa muncul seperti normal. Gampang, kan? Nah, itulah cara untuk mengatasi foto yang tidak muncul di Gallery hape.

Oke, sekian dulu yaa untuk posting kali ini. Semoga cukup jelas untuk dimengerti. Kamu bisa jelajahi blog Techijau.com ini untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀

49 COMMENTS

  1. Sudah lakukan seperti diatas tapi masih gak bisa min,
    Kira kira kenapa ya?
    Sering banget foto atau video pada rusak digaleri sejak pakai J2 Prime

    • Simpennya di microSD yaa? Besar kemungkinan microSD nya yang error. Itu juga salah satu penyebab kenapa aku nggak mau pake microSD lagi (maap, sekalian curcol 😛 )

      • Mau nanya gan kenapa hp saya A7 gabisa nyimpen ft klo habis ft pasti ga masuk galeri,trus klo buka wa pagi2 pasti hars dellt banyk fto sampe fto ribuan habis sy dellti ini karna ga ad memory card apa karna hpnya udah eror,mohon pencerahnya gan makasih

        • Emm, aku kurang bisa nangkep pertanyaannya. Soal delete banyak foto, itu maksudnya foto dari mana? Dari WhatsApp? Coba cek, kalo fotonya dari WA, kemungkinan itu foto datengnya dari grup. Solusinya, matikan fitur auto download picture di WA.

          Soal gak mau nyimpen foto di gallery, coba cek pakai aplikasi file manager. Fotonya keliatan nggak kalo dibuka di file manager? Kalo kosong juga, berarti kemungkinan hapenya error. Solusi terbaik dan paling gampang buat dicoba sendiri adalah di Factory reset (semua data bakal hilang)

  2. Comment:gan mau tnya,ftoq q simpan di galeri voult trus memori aq ad yg nyuri,ap klo memorinya dipindah ke hp yg lain fto yg ad di galeri voul bsa tambil,mhon penjelasannya bgi yg mengerti

    • Tergantung Kak. Kalo misal aplikasinya itu cuma menyembunyikan foto di folder “tersembunyi” atau cuma nge-ganti format file fotonya, masih mungkin banget buat si pencuri untuk ngeliat fotonya di hape lain. Walaupun mungkin, dia juga bakal perlu menginstall app yang sama seperti yang kakak pake

  3. Min baru memindahkan foto kok mlh foto jd gk bsa muncul.. Foto jd rusak
    Gmn ya solusinya ntk munculin tu foto.. Apes bnr
    Memori baru pdhal

  4. Album camera dr hp ku yg lama kan udh aku pindah ke memory card eh awalnya masih ada tapi beberapa bulan kemudian tbtb album camera yg dr hp lama ilang padahal aku gapernah hapus foto itu. Di gallery ga ada, di file manager juga ga ada. Gimana ya fotonya ada seribu lebih masih blm bisa ikhlas. Bisa bantu gaaa

  5. Kalo punyaq udah 1 minggu ini galeri nggak bisa baca semua media(foto,video) yang tersimpan di penyimpanan perangkat(telephon).dari whatsapp,bbm,fb yg di save,pdhl semua file pasti masuknya ke perangkat,jadi ribet harus mindah ke kartu sd dulu baru bisa kebaca…tolong yang tau solusinya….

  6. Min mau nanya, kan aku baru poto sm tmn aku pas aku mau cek malah foto nya gaada di galeri, cara buat balikin itu foto ke galeri gmn min? Bisa ga min:(

  7. Numpang tnya donk…..
    Knpa di hp aqw kok fto x gk busa muncul….
    Trus klau di buka fto x… Ada tulisan x gini
    “Tidak ada gambar mini”
    Tolong donk jawab saya scepat x…
    Soal x fto x itu pnting”

  8. Numpang tnya donk…..
    Knpa di hp aqw kok fto x gk busa muncul….
    Trus klau di buka fto x… Ada tulisan x gini
    “Tidak ada gambar mini”
    Tolong donk jawab saya scepat x…
    Soal x fto x itu pnting”

  9. Kak baru tadi pagi ada aplikasi aneh tiba2 di menu (aku lupa apa ) intinya ada sp free fitu logo android trs aku hapus karna gajelas. Aku mikir apa itu faktor yg bikin beberapa fotpku ada efek glitch gt, micro sd udah aku restart, dan akhirnya bisa nerima dan kirim foto di WA trs skrg mau upload di ig gambar jadi nge glitch? Knp kok ada GLitch nya ya

  10. Assalamualaiku maaf numpang tanya gimna ya cara nya membuka file yang bertuliskan tidak bisa menemukan aplkiasi untuk melakukan aksi ini mohon bantuanya

  11. Klau aku biasa tiba2 hilang foto2nya sebagian trus yg sebagian masih ada kalau aku foto lagi yang lain lagi hilang knpasi j2prime itu bgitu??

  12. Hp sy oppo A57. Barusan pas saya cek galery, foto hasil jepretan sudah tdk ada lg. Foto tsb sy simpan d MMC DCIM Camera, Tp foto lain yg tersimpan di folder lain d MMC jg masih ada. Itu knp ya??
    Mohin bantuan Trims

  13. Saya mau nanya, setiap saya download foto dari google itu berhasil aja nah tapi pas di buka galeri fotonya gk sama sekali muncul, dan pas dicek di sd card / memori internal juga gk ada. Tapi kalau foto dibuka lewat notif bisa aja, kira2 knpa ya? Hp saya samsungJ7 Core

  14. Ka kan saya baru beli memori card,, trus foto yang di hp di pindah ke memori card,, trus klau habis di restart fotonya hilang,, foto pake kamera jga gtu pasti klaubhabis di restart foto di memori card hilang, solusinya gmna ya???

  15. Admin mohon pencerahaannya saya baru beli samsung j7 pro nah terus saya masukin microsd 4 gb nah di microsd tersebut ada file saya,nah masalahnya di file manager video saya ada tetapi di galeri videonya gak ada min mohon respon dan arahannya thanks soalnya baru pertama kali pakai android

  16. Mau nanya.. kan saya mindahin video dari memori internal ke memori card yg 32 gb.. trus udh kepindah tpi kok tiap videonya diputer ada tulisan gini
    “Video ini mempunyai data yang salah”
    Itu kenapa ya??

  17. Curhat nih k, sekalian minta solusi,aku gk sengaja menonaktifkan App gallery, setelah itu semua foto, video hilang dri gallery,tpi di memory card Ada, pas aku mau aktifin App gallery lgi tekan tombol aktifkan malah gk bisa di klik,pas foto pake camera hasilnya gk ada di gallery,intinya gallery nya sudh tdk berfungsi, Aku sudah coba sesuai cara kk, tpi pas aku bikin folder baru ttp gk ada aja foldernya, udh berulang x bikin folder, trus aku coba tandain semua lalu move, aku paste ke folder Lama ttp gk bisa,minta solusi k biar foto2nya ada digallery lgi,yg aku bingungin knp di pengaturan app gallerinya tdk bisa diaktifkn kembali,tombol aktifnya gk bisa di klik? emang sih Cara gampangnya ganti hp New tpi ini teh sayang sudh bnyk Story sma hp nya

  18. sama kejadiaanya sama hp xiaomi redmi note 1 saya
    tetapi sudah bisa.. ternyata guarded mode saya akfifkan

    coba nonaktifkan di.. setting-> security &privacy -> privacy protection ->non aktifkan

  19. Min mau nanya nih
    Aku kan foto di kamera nikon,lalu kami foto sampai kartu sd nya bnar2 penuh sekali,,lalu aku masukkan karu sd nya ke hp aku
    Kok gk muncul y
    Kasih pencerahannya ya min .Please

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here