Home Tutorial Layar Sentuh Zenfone 2 Berbunyi & Susah Digerakkan? Ini Solusinya

Layar Sentuh Zenfone 2 Berbunyi & Susah Digerakkan? Ini Solusinya

27853
65
Layar Sentuh Zenfone 2 Berbunyi & Susah Digerakkan? Ini Solusinya – Beberapa waktu lalu ada salah seorang pengguna Zenfone 2 yang mengalami masalah pada perangkatnya, khususnya di bagian layar. Ia mendapati hal yang aneh pada layarnya dan menjelaskan bahwa ketika mencoba menyentuh layar pada smartphone tersebut untuk melakukan navigasi, layar tersebut berbunyi “tung” dan kemudian diikuti oleh suara yang seperti membacakan apa yang disentuhnya. Pada layar tersebut juga muncul tanda kotak berwarna hijau seperti pada gambar dibawah ini.
Kotak hijau ketika layar disentuh
Ia juga mengaku bahwa ia mengalami kesulitan untuk melakukan navigasi baik ketika ingin memilih suatu aplikasi maupun hanya sekedar melakukan slide atau srcoll. Kira-kira kenapa masalah itu bisa terjadi? Sebenarnya ini bukanlah suatu kerusakan, melainkan hanya ada sedikit settingan yang harus kita ubah yakni Talk Back. Sebelumnya mimin juga pernah mengalami masalah yang sama persis ketika sedang iseng mengutak-atik perangkat dan ya, mimin panik setengah mentah waktu itu apalagi daya baterai sudah menunjukkan angka dibawah 10%.

Mimin mencoba beberapa cara untuk membuka settingan menu agar dapat mengatasi dan mengembalikannya ke settingan awal, namun apalah daya. Untuk menggerakkan layar saja sulit, apalagi mengatasinya? Mimin tidak menyerah sampai disitu. Dan ketika mencoba beberapa trik akhirnya mimin bisa mengatasinya. Nah bagi kamu yang juga mengalami masalah yang sama, kamu tidak perlu panik karena disini mimin akan memberikan trik mudah untuk mengatasi error pada layar Zenfone mu itu.

Gunakan Dua Jari Sekaligus

Untuk dapat mengakses suatu aplikasi atau sekedar melakukan scrolling, yang harus kamu lakukan adalah menggunakan kedua jarimu sekaligus. Misalnya, ketika kamu ingin mengakses aplikasi setting, maka klik icon setting tersebut dengan dua jarimu secara bersamaan. Hal yang sama juga bisa kamu lakukan untuk melakukan scrolling. Nah sekarang setelah kita bisa melakukan navigasi, maka kita hanya perlu mengubah settingan perangkat agar layar kembali normal.

1. Masuklah ke menu setting, lalu dibawah section System, silahkan pilih menu Accessibility (icon tangan) seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.
Mengatasi error pada layar
2. Setelah itu akan muncul beberapa menu, klik menu TalkBack dan ubahlah menjadi off (matikan).
Layar berbunyi ketika disentuh
Nah sekarang bisa dipastikan layar dari ASUS Zenfone mu akan bekerja dengan normal kembali. Sangat mudah bukan? Menu TalkBack sejatinya adalah fitur yang berguna bagi orang yang memiliki kekurangan pada pengelihatan agar mereka tidak melakukan input yang salah terhadap layar sentuh dari perangkat.

Maka jangan heran jika ketika fitur ini dinyalakan, maka perangkat akan mengeluarkan bunyi ketika disentuh dan menyebutkan nama menu yang sedang disentuhnya sebagai konfirmasi. Jadi bisa dipastikan bahwa masalah ini bukanlah suatu kerusakan, namun mimin rasa cukup untuk membuat orang panik ketika mengalaminya.

Mungkin itu saja yang bisa mimin bagikan pada posting kali ini. Silahkan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, dan jangan lupa like atau ikuti akun social media kami yaa. Semoga bermanfaat 😀

65 COMMENTS

  1. Saya pake asuszenfone 2 ada masalah pada layar nya 2 ruas jari/10 cm dari bawah ga berpungsi apa lagi kalau saya mau daptar kuota internet kenapa nya. Apa harus di ganti layar nya saya mohon bantuan nya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here