Apa Sih Maksud dari “Mending Rakit PC”?

Apa Sih Maksud dari “Mending Rakit PC”? – Belakangan ini cukup banyak komentar di social media tentang “mending rakit PC”. Khususnya ketika ada bahasan tentang dunia teknologi. Jadi sebelum melanjutkan pembahasan utama tentang maksud dari “mending rakit PC”, saya harus bercerita terlebih dahulu tentang latar belakang kenapa komentar tersebut dilontarkan. Agar kita semua bisa lebih paham maksud dan juga konteksnya.

Jadi sejak beberapa tahun terakhir, eksistensi laptop di pasaran kian menggila. Laptop dari berbagai merk dan berbagai tipe menjadi kian diminati oleh masyarakat. Apalagi, belakangan ini masyarakat semakin terdorong untuk membeli laptop untuk kebutuhan work from home ataupun school from home. Sehingga laptop pun semakin laris di pasaran.

Tidak sedikit orang yang bingung untuk memilih laptop yang tepat untuknya. Hingga kemudian, mereka pun mencoba menghimpun saran dengan memposting pertanyaan di social media.

Saya punya budget sekian nih, kira-kira laptop apa ya yang cocok untuk saya?

Nah, dari postingan dengan nada seperti itu, hampir bisa dipastikan bahwa akan muncul komentar “mending rakit PC”. Dan hal ini tidak terjadi sekali dua kali. Karena di hampir setiap kali ada yang bertanya demikian, komentar “mending rakit PC” pasti akan selalu muncul.

Apa Arti Mending Rakit PC?

Seperti yang kita tau, laptop adalah sebuah perangkat komputer portable yang bisa dibawa kemana-mana. Sedangkan PC, sebenarnya juga merupakan sebuah komputer. Hanya saja, PC merupakan jenis komputer yang tidak bisa dibawa kemana-mana. Kepanjangan dari PC sendiri adalah “Personal Computer”, yang artinya adalah komputer pribadi. Itu loh, komputer yang biasa kita temukan di kantoran ataupun di tempat nge-print dan fotocopy.

Mending rakit PC

Berbeda dengan laptop yang mengharuskan kita untuk membeli satu paket dan langsung bisa dipakai, kita akan punya pilihan yang lebih fleksibel jika ingin memiliki sebuah PC. Apakah ingin membeli satu paket langsung jadi juga, atau memilih untuk membeli komponen-komponennya secara terpisah, dan kemudian merakitnya sendiri. Inilah yang dimaksud sebagai “rakit PC”.

Iya, kita bisa bebas membeli masing-masing komponen yang kita inginkan. Misalnya beli monitor dulu, lalu beli motherboard, dilanjutkan dengan CPU, GPU, RAM, penyimpanan (storage), power supply, dan lain sebagainya.

Hal ini membuat kita dapat mengalokasikan dana dengan lebih fleksibel. Dalam arti, kita bisa memilih untuk memprioritaskan komponen mana yang ingin kita tonjolkan. Selain itu, performa sebuah PC pasti akan lebih baik daripada performa laptop yang memiliki banderol harga yang sama. Sehingga itulah salah satu alasan mengapa orang seringkali beranggapan bahwa mengalokasikan dana untuk merakit PC akan lebih menguntungkan ketimbang harus membeli laptop.

Berdasarkan apa yang saya perhatikan, alasan lain mengapa orang sering berkomentar “mending rakit PC” adalah sebagai bentuk ekspresi kekesalan dan juga ledekan atas makin banyaknya laptop dengan harga sangat mahal yang beredar di pasaran. Yang mana laptop dengan harga sangat mahal tersebut dianggap tidak layak beli karena performanya sangat jauh dibawah PC. Namun mereka melupakan fakta bahwa tidak semua orang yang membeli laptop akan selalu mengejar performa.

Selain itu, mereka juga lupa bahwa orang membeli laptop itu agar ia dapat digunakan dimana saja. Karena sebuah PC pasti tidak akan bisa masuk ke dalam ransel kan?! Tidak bisa dipungkiri bahwa performa memanglah penting. Namun tentu saja ada pertimbangan lain seperti misalnya soal portabilitas yang menjadi poin penting yang tidak dimiliki oleh sebuah PC.

Kita kembali ke bahasan utama. Seiring berjalannya waktu, entah mengapa komentar ledekan “mending rakit PC” belakangan ini seringkali digunakan untuk mengomentari hal-hal yang sangat tidak relevan. Apa mungkin itu merupakan sebuah sindiran balik untuk mereka yang sering berkomentar demikian di setiap kali ada postingan tentang laptop? Bisa jadi …

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P