Home Tips dan Trik Aplikasi Menghilang Pada Sony Xperia? Ini Solusinya

Aplikasi Menghilang Pada Sony Xperia? Ini Solusinya

12833
22
Aplikasi Menghilang Pada Sony Xperia? Ini Solusinya – Semalam hal yang tidak biasa terjadi pada salah satu smartphone milik kerabat mimin yakni Sony Xperia C3. Ia melaporkan bahwa aplikasi yang terdapat di app drawer mendadak menghilang dan menyisakan sedikit aplikasi saja, padahal sebelumnya ada cukup banyak aplikasi yang terdapat disana. Ia telah mencoba menggeser layar ke kanan dan ke kiri namun tetap tidak menemukannya karena layar sudah “mentok”.

BACA JUGA : Apa itu app drawer?
Aplikasi di Sony Xperia menghilang
Kerabat mimin itu mengaku bahwa sebelumnya ia tidak sengaja mengklik notifikasi pemberitahuan sistem yang terdapat di notification bar, lalu ia membatalkannya dan kemudian layar berkedip (agak hang) dan kemudian barulah ia menemukan masalah ini. Apakah kamu juga pernah mengalami aplikasi yang menghilang seperti itu pada perangkat Sony Xperia milikmu? Jika iya, kamu tidak perlu panik karena disini mimin akan memberikan solusi tentang cara mengembalikan aplikasi tersebut seperti semula.

Sebenarnya mudah saja untuk mengatasi masalah ini karena sebenarnya aplikasi tersebut tidaklah hilang, namun hanya sembunyi. Sehingga yang perlu kita lakukan adalah menemukan “tempat persembunyiannya” dan memunculkannya kembali. Yang perlu lakukan adalah mengikuti langkah sederhana ini :

1. Masuklah ke app drawer, dan geser layar ke kanan hingga mentok dan menampilkan tampilan seperti pada gambar dibawah ini (sebelah kiri).
Menampilkan kembali aplikasi yang hilang pada Xperia
2. Nah perhatikan gambar diatas. Pada section Tampilkan Aplikasi, opsi yang terpilih adalah Diinstal. Artinya app drawer hanya akan menampilkan aplikasi pihak ketiga yang di install sehingga aplikasi lainnya akan disembunyikan. Maka untuk memunculkan kembali semua aplikasi yang ada, kamu hanya perlu memilih pilihan Ururan sendiri (Own order) atau Alfabetis.

Dengan demikian perangkat akan menampilkan semua aplikasi seperti semula. Nah sangat mudah bukan? Cara ini bisa dilakukan pada semua tipe perangkat smartphone dan tablet Sony Xperia yang menggunakan sistem operasi Android versi 4.3 keatas. Silahkan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan berbagai info menarik lainnya. Semoga bermanfaat 😀

22 COMMENTS

    • Dulu sepertinya temenku pernah begini. Itu pake launcher (theme) pihak ketiga nggak? (misal Nova launcher atau Launcher dari LINE misalnya). Kalo iya, coba nonaktifkan dulu launcher nya / ganti ke launcher bawaan hape, baru nanti dipakein launcher yang pihak ketiga tadi

  1. mas, kenapa sony z5 dual saya ini ga ada gambarnya atau gelap tapi tidak mati notifikasi juga bisa bunyinya bisa led nya juga nyala cuma gambarnya yg tadi tiba tiba redup itu kenapa ya

  2. Gan saya pake experia c3, kalo aplikasi yang di sd card saya hapus di laptop, tapi ko malah di android blm kehapus yaa, malah ada tulisan aplikasi tidak ditemukan gambar hitam, itu gimana cara menghapusnya ya?? Saya lupa aplikasi yg dihapus nya apa,

  3. Mas kalau aplikasi gak bisa kebuka itu kenapa mas,..dan ada pemberitahuan:aplikasi tidak di temukan,..????(sony xperia c3)

  4. Min saya punya xperia z5 dual,pengaturan fingerprintx hilang setelah saya reset ulang hp saya min itu cara mengembalikannya gimana?

    Mohon infonya

  5. Gan,,,
    HP Sony Z4 kartu tunggal + micro SD saya blank… semua aplikasi nya hilang termasuk jaringan, keypad dan semua aplikasi,, dikotak atik pun tdk bisa sama sekali..

    Dimasukkan kartu,, tidak terbaca di HP saya..
    yg ada pemberitahuannya,,, 1. sayangnya HP anda telah berhenti..
    2.. aplikasi anda berhenti..

    SOLUSI GAN???

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here