Home Perbandingan Gadget Samsung Galaxy J7 Prime vs J7 2016, Apa Saja Perbedaannya?

Samsung Galaxy J7 Prime vs J7 2016, Apa Saja Perbedaannya?

4526
0
SHARE

Samsung Galaxy J7 Prime vs J7 2016, Apa Saja Perbedaannya? – Balik lagi ke pembahasan soal perbandingan gadget, kali ini mimin Techijau.com bakal membahas soal dua smartphone andalan Samsung di kelas menengah yang lagi hits yakni Galaxy J7 Prime dengan J7 2016.

Perbedaan antara Samsung Galaxy J7 Prime dengan J7 2016Oiya, disini perlu mimin ingatkan bahwa tulisan yang mimin buat kali ini bukanlah berdasarkan pengalaman memakainya langsung alias bukan review, namun disini mimin hanya membuatkan deskripsi berdasarkan data diatas kertas alias data spesifikasi dari masing-masing produk.

Artinya apa? Artinya adalah, apa yang mimin deskripsikan disini bisa sangat mungkin akan berbeda dengan penggunaan di dunia nyata karena ada banyak sekali hal yang mempengaruhi kulitas dan performa dari masing-masing produk. Okedeh, kita langsung mulai aja yuk!

BACA JUGA : Faktor Apa Yang Mempengaruhi Performa Hape?

Perbandingan Samsung Galaxy J7 Prime vs J7 2016

Spesifikasi lengkap Samsung Galaxy J7 PrimeSebagai produk yang lebih diunggulkan dan lebih sering diiklankan di televisi, plus harga yang lebih mahal, Galaxy J7 Prime memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan saudaranya yang memiliki ukuran layar yang sama-sama 5.5 inch. Namun bukan berarti Galaxy J7 2016 lebih jelek daripada J7 Prime loh!

Salah satu fitur yang ditonjolkan oleh J7 Prime yang juga sekaligus yang tak dimiliki oleh J7 2016 adalah sensor sidik jari yang terletak pada tombol home. Lalu, kesan mewah pada  J7 Prime akan lebih terasa berkat body berlapis metal nya. Namun hal ini membuat baterai berkapasitas 3300 mAh dari perangkat ini jadi tak bisa dilepas, sementara baterai milik J7 2016 masih bisa dilepas.

Dari sisi dapur pacu, keduanya seharusnya memiliki performa yang tak jauh beda karena sama-sama menggunakan chipset Exynos 7870 Octa dengan prosesor Octa-core 1.6GHz Cortex-A53 yang berjalan dengan OS Android versi Marshmallow. Hanya saja, diatas kertas seharusnya Galaxy J7 Prime bakal lebih unggul untuk urusan multitasking berkat RAM berkapasitas 3GB, sementara saudaranya hanya memiliki RAM 2GB saja.

BACA JUGA : Manfaat RAM Besar Pada Smartphone

Spesifikasi lengkap samsung galaxy j7 2016Beralih ke sisi layar. Untuk urusan ketajaman, Galaxy J7 Prime jelas lebih unggul berkat resolusi Full HD yang membuatnya memiliki kerapatan pixel 401ppi pada layar 5.5 inch nya, sementara Galaxy J7 2016 hanya mempunyai resolusi HD yang menghasilkan kerapatan pixel 267ppi. Akan tetapi…..

Untuk urusan pewarnaan, sudut pandang, serta visibilitas dibawah sinar matahari, Galaxy J7 2016 jelas lebih unggul karena sudah dibekali dengan panel AMOLED, bandingkan dengan Galaxy J7 Prime yang hanya membawa panel PLS TFT. Nah penggunaan layar AMOLED, plus resolusi yang lebih rendah pada J7 2016, sedikit banyak akan berpengaruh pada daya tahan baterai yang bakal membuatnya sedikit lebih hemat. Meskipun sekali lagi, kenyataannya mungkin bisa berbeda karena faktor software juga akan berpengaruh untuk urusan ini.

Soal kamera belakang, mungkin keduanya bakal seimbang yaa, karena sama-sama mengusung resolusi 13 megapixel, MESKIPUN, perlu mimin ingatkan kembali bahwa angka megapixel bukanlah patokan bagus jeleknya sebuah kamera.

BACA JUGA : Apa Yang Mempengaruhi Bagus Tidaknya Hasil Foto Kamera Hape?

Nah sekarang ke bagian depan nih, dimana Samsung meng-highlight fitur screen flash untuk jepret, jepret, jepret, pada kamera depan dari J7 Prime yang beresolusi 8 megapixel. Yaps, hanya screen flash, bukan LED flash seperti yang mendampingi kamera depan beresolusi 5 megapixel pada Galaxy J7 2016.

Kesimpulan

Jadi sepertinya udah jelas yaa, dari harganya saja, keduanya sudah berbeda (3.5 jutaan untuk J7 2016, dan 3.8 jutaan untuk J7 Prime) dan mereka juga punya plus minus masing-masing. Masih bingung menentukan pilihan? Oke, mimin bantu sedikit yaa.

Cek Harga Baru Galaxy J7 2016

Cek Harga Baru Galaxy J7 Prime

Buat kamu yang ingin terlihat keren, jelas pilihan akan jatuh pada Galaxy J7 Prime karena ia punya body metal, plus sensor sidik jari. Smartphone ini juga lebih cocok untuk penggunaan indoor karena layarnya yang lebih tajam serta menjanjikan performa multitasking yang lebih baik, meskipun mimin tak yakin bahwa ia akan mampu memberikan performa grafis (misalnya saat bermain game) yang lebih lancar daripada saudaranya itu karena resolusi layar yang lebih tajam bakal lebih membebani GPU ketika sedang melakukan pengolahan grafis. Lihat spesifikasi lengkap Galaxy J7 Prime di halaman ini.

Ingat yaa, itu masih sekedar janji. Dan belum tentu bisa ditepati 🙂

Sedangkan kalau kamu cari smartphone yang masih pantas untuk “diadu” dengan J7 Prime, namun dengan harga yang lebih terjangkau, Galaxy J7 2016 bisa menjadi pilihan alternatif yang cukup bisa diandalkan. Dengan catatan, kalau kamu maunya hape dengan brand Samsung loh 🙂

Apalagi kalau kamu merasa nggak perlu-perlu banget sama yang namanya sensor sidik jari ataupun desain keren, hape ini masih layak untuk dipertimbangkan. Dan hape ini juga cocok buat kamu yang cukup sering melakukan aktifitas outdoor karena panel layar AMOLED nya bakal ngebantu banget. Lihat spesifikasi lengkap Galaxy J7 2016 di halaman ini.

Nah itulah bahasan soal perbandingan diatas kertas antara Samsung Galaxy J7 Prime dengan Galaxy J7 2016 yang bisa mimin berikan pada posting ini. Jadi, menurutmu bagusan mana nih? Silakan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here