Home Fotografi Mencicipi Kamera Xiaomi Redmi Note 4, Intip Yuk Hasilnya!

Mencicipi Kamera Xiaomi Redmi Note 4, Intip Yuk Hasilnya!

439
0
SHARE

Mencicipi Kamera Xiaomi Redmi Note 4, Intip Yuk Hasilnya! – Hallo pembaca Techijau.com! Mohon maaf yaa belakangan ini mimin jarang update, karena banyak urusan penting dan nggak penting yang harus dijalankan, sampe nggak sempat ngurusin blog ini šŸ˜

Review foto kamera Xiaomi Redmi Note 4Oke, to the point aja yaa, soalnya ini aja mimin sempat-sempatin buat ngetik. Di posting kali ini, mimin bakal ngebahas soal hasil pengujian kamera dari hape Xiaomi Redmi Note 4. Dan seperti biasa, bahasan ini merupakan bagian dari review dari hape tersebut yang semoga bisa mimin selesaikan dalam waktu dekat.

Kamera Belakang

Sebelumnya kamu perlu tau bahwa hape ini tidak mengunggulkan kamera sebagai fitur andalannya. Hal ini sudah mulai bisa dirasakan ketika mimin coba mengintip pilihan atau menu yang tersedia ketika mengaktifkan kamera belakangnya.

Tampilan pada menu kameranya nampak sangat sederhana, seperti yang bisa kamu lihat pada gambar dibawah ini. Di sebelah kiri, kita dapat menemukan pilihan menu cepat untuk mengaktifkan fitur HDR dan flash pada kamera. Sementara di sebelah kanan, terdapat shortcut untuk memilih mode kamera lainnya, serta berpidah ke mode kamera depan.

Tampilan menu kamera Xiaomi Redmi Note 4Pilihan mode pemotretan yang tersedia bisa dibilang lengkap. Tak terlalu banyak memang, tapi mimin rasa sudah cukup untuk sekedar mengabadikan momen.

Diantaranya ada menu percantik, panorama, dan juga “pelurus”, yang nantinya akan memunculkan garis bantu seperti yang juga nampak pada screeshot diatas. Terdapat pula mode manual yang memungkinkan kita untuk melakukan pengaturan secara manual pada kameranya.

Pilihan mode kamera Xiaomi Redmi Note 4Eits, tapi tunggu dulu! Kamu tak bisa berharap banyak pada pilihan mode manual yang tersedia disini, karena kita hanya dapat melakukan setting ISO saja, itupun di kisarang angka 100 hingga 800, tanpa bisa mengakses pengaturan lain seperti shutter speed misalnya.

BACA JUGA : 3 Hal Yang Mempengaruhi Kecerahan Foto

Nah sekarang, kita langsung masuk ke bahasan hasil fotonya yaa. Menurut mimin, untuk hape dengan kisaran harga yang sama, Xiaomi Redmi Note 4 ini tergolong bagus. Iya, bagus, namun belum istimewa.

Foto menggunakan Xiaomi Redmi Note 4Seperti yang bisa kamu lihat pada gambar diatas, untuk pengambilan gambar diluar ruangan (keadaan agak mendung), kamera dari hape ini seringkali mampu menghasilkan warna yang akurat dengan detail yang terbilang cukup.

Foto jarak dekat Xiaomi Redmi Note 4Iya, cukup, karena mimin rasa hasil tangkapan gambarnya itu tak terlalu tajam, khususnya ketika kita melakukan sedikit zoom pada hasil fotonya.

Meski demikian, penggunaan aperture lensa f/2.0 pada kamera belakang dari hape ini cukup membantu untuk membuat foto yang diambil dalam jarak dekat menjadi nampak lebih dramatis, dengan efek blur yang cukup pekat.

BACA JUGA : Apa Itu Aperture Pada Kamera?

Oiya, satu hal yang mimin suka dari kameranya ini adalah kemampuan untuk menentukan fokus denganĀ cepat, berkat penggunaan teknologi PDAF (Phase Detection Autofocus). Namun demikian, ketika mimin coba untuk memfokuskan kameranya ke objek kecil dengan jarak dekat (menggunakan metode touch focus), kamera dari hape ini nampak amat sangat kesulitan untuk berfokus pada objek kecil tersebut.

Kekurangan kamera Redmi Note 4Sementara ketika mimin mencoba hal yang sama dengan hape mimin yang lain, hanya perlu beberapa kali percobaan saja hingga kamera dapat menentukan fokus yang diinginkan.

Kekurangan kamera Xiaomi Redmi Note 4Mimin sudah coba untuk sedikit melebarkan jarak antara kamera dengan objek tersebut, namun tetap saja, ia tak mampu untuk menangkap fokus pada objek kecil yang mimin bidik.

Sedikit kekurangan lain dari kamera dari hape ini adalah, terkadang, ia menghasilkan gambar dengan intensitas cahaya yang kurang tepatĀ dalam keadaan tertentu. Terkadang terlalu terang alias over exposure, kadang pula malah under exposure alias terlalu gelap.

Uji foto Xiaomi Redmi Note 4Meski gejala ini cukup jarang muncul, namun mimin rasa hal ini merupakan salah satu hal yang patut diperbaiki oleh Xiaomi. Tapi, apa mungkin gejala itu muncul karena keadaan cuaca yang kurang mendukung? Hemm, entahlah, bisa jadi sih..

Nah sekarang, kita tes untuk mode HDR nya yuk! Tapi perlu mimin ingatkan lagi yaa, pengujian HDR ini mungkin takkan terlalu menampakkan hasil yang maksimal dari kameranya, karena keadaan cuaca yang mendung.

Xiaomi Redmi Note 4 HDR OffSeperti yang bisa kamu lihat diatas, langit yang menjadi backgroud dari foto tersebut nampak ditutupi oleh awan. MeskiĀ demikian, background tersebut tetap nampak putih karena ia lebih terang dibandingkan dengan objek didepannya.

Dari gambar tersebut, nampak bahwa foto yang dihasilkan memiliki warna yang akurat dan mendekati aslinya. Nah, ketika fitur HDR diaktifkan, barulah bentuk awan dari backgound nya terlihat jelas.

Xiaomi Redmi Note 4 HDR OnSeperti yang bisa kamu lihat, perbedaan antara kedua gambar nampak cukup jelas, yang artinya, fitur HDR pada kamera ini dapat bekerja dengan baik. Warna yang dihasilkan pun juga tetap akurat.

Akan tetapi, mimin belum tau apakah fitur HDR nya ini juga tetap mampu bekerja dengan baik jikalauĀ keadaan cuaca saat itu sedang cerah (yang artinya langit akan terlihat jauh lebih terang dan menyilaukan).

Low Light

Saat digunakan untuk berfoto di area minim cahaya, kamera dari smartphone ini nampak hanya mampu menghasilkan gambar yang standar.

Hasil foto Xiaomi Redmi Note 4 Low LightSepintas, foto yang diambil tersebut memang nampak biasa aja. Dan iya, warna yang dihasilkan mimin rasa terbilang akurat, sudah bagus karena tidak terlalu pudar.

Namun tetap saja, noise bermunculan dimana-mana dan nampak sangat jelas ketika di zoom. Eits, jangan keburu kecewa dulu! Itu hal yang lumrah kok buat kamera hape! Jadi kalau dibilang jelek sih nggak juga yaa, standar aja.

Detail foto Xiaomi Redmi Note 4 LowlightSaat flash diaktifkan, foto yang dihasilkan pun terlihat jauh lebih baik, khususnya pada objek utama yang dibidik. Meskipun yaa mimin rasa, hasilnya malah jadi sedikit over exposure, khususnya pada bagian bunga nya. Sehingga, detailnya pun jadi tak terlihat jelas.

Kamera Xiaomi Redmi Note 4, flash aktifNamun demikian, mimin rasa hasilnya itu tetep terbilang oke kok. Lampu flash yang diaktifkan ini sangat efektif untuk mengeliminasi noise yang bermuculan sebelumnya, karena sudah pasti, kamera akan dapat memprioritaskan settingan ISO agar tetap di angka rendah, untuk mempertahankan warna dan juga meminimalisir noise.

Detail foto Xiaomi Redmi Note 4, flash aktifSayangnya, dalam pengujian kali ini, mimin tak sempat untuk menguji kamera depannya. Loh, kok gitu?

Yaa maklum, unit hape Xiaomi Redmi Note 4 yang mimin bahas disini tuh sebenernya pinjaman. Jadi doi baru beli hape ini, terus mimin paksa buat minjem dipinjamkan gitu deh. Jadinya yaa waktu untuk pengujiannya pun jadi terbatas.

Tapi masa sih sampe nggak sempat buat sekedar foto selfie doang?

Ehehe.. Kalo kamu sudah sering mampir ke blog techijau.com ini, pasti kamu tau dong kalo mimin tuh paling males kalo udah diminta selfie. Jadi ceritanya, waktu itu mimin coba cari mbak-mbak syantik di tekape, lokasi mimin uji kameranya.

Eh tapi malah nggak nemu. Yaudah, mimin pulang deh. Dan rencananya tuh mau selfie dirumah aja. Eh nggak taunya malah lupa, sampe malem, dan hape itupun dibalikin. Yaudah, nggak jadi ngetes deh. Ehehe…

Kesimpulan

Jadi, gimana menurut kalian? Kalo menurut mimin, performa dari kamera Xiaomi Redmi Note 4 ini masih sangat layak digunakan untuk mengabadikan momen.

Walaupun terkadang ada sedikit kekurangan yang dirasakan, tapi kelebihan-kelebihan yang dimiliki, khusunya soal kemampuan berfokus pada objek dengan cepat itu seakan menutupi semua kekurangan yang ada. Lagian, toh memang pada dasarnya hape ini nggak menonjolkan fitur kamera sebagai andalannya, kan?

Apalagi kalau kita mengingat harganya yang terjangkau untuk spek yang diusungnya. Artinya, kameranya ini justru tergolong bagus untuk hape di kisaran harga yang sama. Dengan catatan, hasil fotonya itu mesti dilihat di layar laptop atau hape lain yaa.

Karena mimin rasa, ia punya sedikit kekurangan di bagian layarnya, yang menyebabkan tampilan hasil fotonya nampak agak kurang bagus jika dilihat di layarnya sendiri. Nah, kalo soal ini sih nanti bakal mimin bahas lebih lanjut yaa, di halaman review lengkapnya.

Oke, mimin rasa sekian dulu yaa untuk bahasan soal review kamera Xiaomi Redmi Note 4! Silakan jelajahi blog Techujau.com ini untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! šŸ˜€

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here