Home News ASUS Memperkenalkan Zenfone AR, Hape Pertama Dengan RAM 8GB!

ASUS Memperkenalkan Zenfone AR, Hape Pertama Dengan RAM 8GB!

4052
13
SHARE

ASUS Memperkenalkan Zenfone AR, Hape Pertama Dengan RAM 8GB! – Setelah memposting beberapa teaser menjelang digelarnya event CES 2017 yang berlangsung di Las Vegas, ASUS akhirnya secara resmi memperkenalkan dua perangkat smartphone terbarunya yakni Zenfone AR dan Zenfone 3 Zoom.

Kedua smartphone ini punya kelas dan segmen pasar serta keistimewaan yang berbeda satu dengan yang lainnya. Dimulai dari Zenfone AR dulu ya gaes. Kalau dilihat-lihat, menurut mimin perangkat ini merupakan transformasi dari Zenfone 3 Deluxe dengan berbagai penambahan fitur serta peningkatan hardware yang membuatnya sangat berbeda dari smartphone pada umumnya.

ASUS Zenfone ARPerangkat ini merupakan smartphone pertama di dunia yang mengusung teknologi Tango (AR) dan Daydream (VR) dalam satu perangkat. Berbeda dengan Lenovo Phab 2 Pro yang merupakan perangkat pertama di dunia dengan membawa teknologi Tango, ASUS lebih memilih untuk membekali Zenfone AR dengan layar 5.7 inch, lebih kecil dari Phab 2 Pro yang punya layar 6.4 inch yang tentu membuatnya lebih praktis untuk dibawa.

Keistimewaan dari ASUS Zenfone AR tentu saja adalah kemampuan Tango yang dibawanya, yang “memaksa” agar perangkat ini memiliki lebih dari satu kamera di bagian belakangnya. Tak hanya dua, tapi ia membawa tiga sensor kamera sekaligus.

Sensor pertama adalah kamera utama yang menjadi standar untuk urusan fotografi, menggunakan sensor Sony IMX318 beresolusi 23 megapixel dengan aperture f/2.0 untuk menghasilkan gambar yang tajam. Kamera ini dilengkapi dengan fitur OIS, EIS, serta Laser autofocus plus Phase detection autofocus untuk memastikan agar perekaman video nampak stabil, foto minim blur (karena getaran saat memotret), serta dapat melakukan fokus dengan cepat.

BACA JUGA : Apa Fungsi OIS Pada Kamera?

Kamera kedua merupakan sensor motion tracking untuk mengetahui lokasi kita dan melacak pergerakan yang kita lakukan. Sedangkan kamera ketiga merupakan sensor depth sensing yang dilengkapi dengan infrared projector untuk mengetahui jarak dari objek yang kita bidik.

Nah, ketiga kamera ini akan bekerjasama untuk mengkasilkan gambar virtual 3D yang nantinya akan membantu ketika menggunakan teknologi Tango untuk menciptakan pengalaman augmented reality (AR) yang dapat kita manfaatkan dalam berbagai hal. Dalam keseharian, fitur ini akan sangat membantu untuk misalnya perencanaan dekorasi interior rumah, dimana kita bisa merekam segala objek yang ada di dalam ruangan, sehingga kita bisa tau seberapa ruang yang tersisa disana.

Dengan demikian, ketika kita ingin menambahkan furniture di dalamnya, kita bisa coba untuk memasukkan objek virtual dari furniture yang ingin kita tambahkan tersebut untuk melihat bagaimana ia akan terlihat dan apakah ukurannya cukup atau tidak. Semoga bisa dimengerti yaa, ehehe 😀 Oiya, fitur ini juga bisa digunakan untuk bermain game loh! Tapi mimin takkan menjelaskannya disini yaa.

ASUS Zenfone AR resmi diperkenalkanUntuk urusan performa, ASUS telah membekali perangkat ini dengan chipset Qualcomm Snapdragon 821, dukungan RAM 6GB hingga 8GB, penyimpanan 32GB / 64GB / 128GB hingga 256GB, slot microSD, baterai 3300 mAh, serta berjalan dengan sistem operasi Android Nougat. Specs yang dibawanya ini juga menjadikannya sebagai smartphone Android pertama di dunia dengan RAM 8GB.

Kekuatan yang sangat besar dengan fitur-fitur kelas super berat itu jelas bakal sangat membebani perangkat, sehingga ASUS juga menambahkan sebuah sistem pendinginan khusus yang disebut dengan sophisticated vapor cooling untuk mencegah overheating. Dan untuk dapat mendukung Daydream yang memberikan pengalaman VR kelas tinggi, ASUS juga telah membekali layarnya dengan panel Super AMOLED beresolusi WQHD (2K).

BACA JUGA : Bagus Mana, Layar HD, FHD atau QHD?

Tak lupa, fitur-fitur pendukung lain seperti NFC dan juga sensor sidik jari yang kali ini diletakkan di bagian depan juga telah dibawa oleh Zenfone AR. Kamu bisa melihat spesifikasi lengkap dari Zenfone AR di halaman ini. Sementara itu, Zenfone 3 Zoom lebih menonjolkan fitur kamera belakangnya.

Ia dibekali dengan dua buah kamera beresolusi 12 megapixel yang punya sifat berbeda. Kamera utama yang “normal” membawa sensor Sony IMX362 yang punya ukuran pixel besar yakni 1.4 µm untuk dapat menangkap lebih banyak cahaya dan tentu saja akan sangat menguntungkan ketika mengambil foto di area minim cahaya. Tak hanya itu, bukaan lensa yang dimilikinya pun sangat besar yakni f/1.7 yang tak hanya akan membuat hasil foto low light semakin baik, tapi juga dapat menghasilkan efek blur di background dengan lebih kuat.

ASUS Zenfone 3 ZoomTak lupa, fitur OIS, EIS, dan Laser autofocus plus PDAF “Dual pixel” juga sudah dimilikinya. Sementara untuk kamera kedua merupakan sensor “Zoom” yang dapat mengambil gambar dengan jarak lebih jauh, setara 2.3x optical zoom. Yang menarik, hape ini juga sudah mendukung pengambilan gambar dalam format RAW, plus, lensa kameranya juga sudah dilindungi dengan lapisan Corning Gorilla Glass untuk meminimalisir goresan.

BACA JUGA : Apa Yang Menentukan Bagus Tidaknya Hasil Foto Kamera Hape?

Untuk kamera depannya sendiri juga sudah membawa sensor Sony IMX214 beresolusi 13 megapixel untuk dapat mengambil foto selfie yang bening. Untuk urusan performa, Zenfone 3 Zoom mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core 2.0GHz Cortex-A53, RAM 4GB, kapasitas penyimpanan hingga 128GB, dan berjalan dengan sistem operasi Android Marshmallow.

Sesuatu yang menarik lainnya adalah, smartphone dengan bentang layar 5.5 inch Super AMOLED beresolusi Full HD yang dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 5 ini juga membawa kapasitas baterai yang besar yaitu 5000 mAh, namun tetap tipis dan ringan. Seperti halnya Zenfone Max, baterainya ini juga dapat digunakan untuk mengisi daya perangkat lain. Kamu bisa melihat spesifikasi lengkap dari Zenfone 3 Zoom di halaman ini.

Belum ada keterangan soal harga dari kedua perangkat ini, dan belum ada kepastian mengenai kapan mereka akan masuk ke Indonesia. Semoga bisa dalam waktu dekat yaa. Jadi, kamu nungguin yang mana nih?

13 COMMENTS

  1. adalagi zen AR sama zen 3 zoom ,, gak ada habisnya ikutin tekhnologi -_-
    harga berapa dan munculnya kapan yaa.. hampir sempurna ini android 😀

    • Belum diresmikan Kak untuk di Indonesia. Kalaupun jadi masuk kesini, kemunkinan akhir april nanti diumumkan harganya. Tapi untuk ketersediaannya mungkin bisa agak lama. Kita tunggu pengumumannya aja yaa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here