Fitur-Fitur Yang Dimiliki Oleh ASUS Zenfone Selfie

Fitur-Fitur Yang Dimiliki Oleh ASUS Zenfone Selfie

10007
8
SHARE
Fitur-Fitur Yang Dimiliki Oleh ASUS Zenfone Selfie – Oke, melanjutkan posting sebelumnya, kali ini mimin bakal mengulas soal fitur-fitur apa aja sih yang dimiliki oleh si ASUS Zenfone Selfie? Mulai dari tampilannya, aplikasi yang dibawa hingga berbagai hal lain yang bisa dilakukan menggunakan smartphone 5.5 inch ini. Oke, mimin gak akan berpanjang lebar lagi karena mungkin tulisan ini sendiri bakalan agak panjang. Langsung ke TKP deh ya!

Tampilan
Tampilan antarmuka ASUS Zenfone Selfie
Dari segi tampilan sih gak jauh beda ya dengan perangkat smartphone dari ASUS yang lain, khususnya dengan Zenfone 2 karena memang Zenfone Selfie juga mengusung ZenUI (based on Android versi 5.0.2 Lollipop). Tampilan yang menurut mimin cukup enak dipandang dan bikin betah. Sistem operasi Android Lollipop nampaknya juga sedikit mempengaruhi tampilan dari perangkat ini, seperti misalnya pada tampilan recent apps dan juga notifikasi.
Pengalaman menggunakan ASUS Zenfone Selfie
UI ini sendiri punya beberapa ciri khas yang membuatnya nampak berbeda dengan tampilan dari perangkat lain. Bukan cuma dari segi tampilan atau icon aja, tapi juga dari fitur bawaan. Seperti misalnya di lock screen, kita bisa menemukan 3 buah icon shortcut untuk mengakses 3 aplikasi favorit dengan cepat yang bisa kita atur sendiri. Lalu ada juga quick panel dengan tampilan khas ASUS untuk dapat mengakses pengaturan cepat yang juga bisa atur atau urutkan sesuai keinginan seperti pada gambar pertama diatas.

Jika kamu merasa layar dari perangkat ini terlalu besar untuk digunakan dengan satu tangan, kamu bisa mengaktifkan one hand mode untuk memperkecil ukuran layar seperti pada gambar dibawah ini. Kamu juga bisa mengatur besar kecilnya ukuran dari tampilan tersebut serta menggesernya ke sisi yang kamu inginkan.
One hand mode
Theme

Masih soal tampilan, kalau kamu merasa ingin sebuah tampilan yang sedikit berbeda, kamu juga bisa menerapkan theme tertentu yang sudah tersedia untuk kamu pilih, download dan terapkan pada perangkatmu. Ada cukup banyak pilihan theme yang tersedia dan akan terus bertambah.
Theme pada Zenfone Selfie
Selain theme, kamu juga bisa mengganti icon pack saja, atau kamu bisa mengganti beberapa hal lain seperti misalnya ukuran font, warna font pada launcher, scroll effect, folder style, serta pengaturan tampilan lainnya.
Pengaturan tampilan pada Zenfone Selfie
Bukan cuma itu, masih banyak menu pengaturan lain yang bisa kita akses, mulai dari Splendid yang berfungsi untuk mengatur temperatur warna pada layar, Blue light filter (reading mode) untuk mengurangi radiasi cahaya biru agar mata lebih nyaman untuk melihat layar dalam waktu yang lama hingga fitur Audio wizard untuk mengatur setting audio dalam beberapa mode yang juga bisa kita atur sendiri menggunakan equalizer.

Lock Apps

Ini adalah salah satu fitur yang mimin sukai. Jadi, kita bisa menghindari ulah tangan-tangan jahil untuk mengakses aplikasi tertentu untuk menjaga keamanannya. Kita bisa memberikan kunci berupa pola (pattern) ataupun kode angka. Kalau mimin sih lebih suka kode angka ๐Ÿ˜€

Uniknya, kita bisa memilih untuk mengatur agar perangkat mengambil foto dengan kamera depan secara otomatis jika ada seseorang yang salah memasukkan kode kunci apps sebanyak 3 kali, jadi kita bisa tau siapa orang kepo atau orang jahil yang berusaha mengutak atik perangkat kita.

Kids Mode

Fitur keamanan lain yang dimiliki oleh Zenfone Selfie adalah Kids mode. Dengan mode ini, kita bisa mengatur aplikasi mana saja yang boleh diakses seperti pada gambar dibawah ini. Bukan cuma itu, kita juga bisa mengatur berapa lama waktu yang diperbolehkan untuk menggunakan perangkat. Dan bila waktu tersebut sudah habis, maka perangkat akan mengunci dengan sendirinya.
Kids mode
Untuk kembali ke mode normal atau melakukan pengaturan lain, kita wajib memasukkan kode khusus yang sebelumnya sudah kita setting sendiri. Namun berhati-hatilah ketika menggunakan fitur ini. Kamu wajib mengingat kode yang kamu masukkan untuk membuka kunci dari Kids mode, karena jika kamu lupa, perangkatmu akan benar-benar tidak bisa digunakan kecuali kamu melakukan penghapusan!

BACA JUGA : CARA KELUAR DARI KIDS MODE PADA ZENFONE

Mimin sarankan untuk melakukan pengaturan kode sedini mungkin pada fitur ini, agar nantinya tidak ada orang lain yang iseng membuka dan mengutak-atik fitur ini seperti yang sebelumnya pernah dialami oleh beberapa pembaca blog ini hingga perangkatnya benar-benar terkunci karena tidak tau kode yang dimasukkan oleh orang tersebut.

Aplikasi ZenUI

Selain soal tampilan, ZenUI juga membawa beberapa aplikasi khas yang akan memperkaya konten dari perangkat termasuk pada Zenfone Selfie ini. Menurut mimin, aplikasi ini lebih banyak ditujukan untuk urusan produktivitas dengan fitur-fitur yang sangat fungsional, meski mungkin tidak semua orang akan menggunakannya.

1. Aplikasi Catatan

Fitur lain yang menjadi favorit mimin untuk mencatat ide-ide yang mendadak melayang di pikiran. Aplikasi yang berhubungan dengan catatan ini terdiri dari SuperNote, Do it Later dan juga QuickMemo. SuperNote bisa kita manfaatkan untuk mencatat (iyalah, namanya aja “note”). Bukan cuma catatan berupa tulisan (text)ย biasa, tetapi juga tulisan tangan, gambar atau bahkan ketiganya. Kita juga bisa menyematkan foto atau gambar untuk melengkapi catatan yang kita buat.
Fitur supernote Zenfone Selfie
Bukan cuma itu, dengan apps ini kita juga bisa membuat sebuah memo ceklis ataupun pengingat seperti pada gambar dibawah ini. Template yang bisa kita gunakan pun cukup lengkap.
Fitur mencatat
Lalu Do it Later berfungsi untuk menyimpan dan mengingatkan segala sesuatu yang ingin “kita lakukan nanti”. Misalnya kita melihat teman di twitter sedang membagikan link yang sepertinya menarik, tetapi kita tidak sempat membacanya sekarang, maka kita bisa menyimpan tweet tersebut lengkap dengan link nya pada apps ini agar bisa kita buka nanti jika ada waktu senggang. Eit jangan salah, apps ini beneran bermanfaat banget loh buat orang sok sibuk dan pelupa seperti mimin!
Do it later
Bukan cuma tweet aja, tapi kita juga bisa menyimpan atau menandai banyak hal termasuk screenshot atau foto dalam gallery yang kita anggap menarik dan ingin kita buka nanti, sehingga kita tidak perlu repot lagi untuk mencarinya diantara ribuan foto yang kita simpan. Disini kita juga bisa membuat task dengan pengingat yang juga bisa kita atur. Salah satu apps produktivitas terbaik yang pernah ada, menurut mimin.

Lalu yang terakhir ada QuickMemo, sebuah aplikasi mencatat yang sederhana namun tetap sangat bermanfaat. Kita bisa membuat catatan kecil atau memo yang bisa ditampilkan pada semua halaman secara floating seperti pada gambar dibawah ini.
Fitur quick memo zenfone selfie
Nah jika dirasa agak mengganggu pemandangan, kita bisa me-minimize nya dengan menggesernya ke arah sisi kanan atau kiri seperti pada gambar diatas.

2. Aplikasi Konektivitas

Yang satu ini juga gak kalah penting nih, ASUS menyebutnya sebagai ZenLink. Kumpulan apps dibawah label ZenLink ini memang dikhususkan untuk urusan mempermudah konektivitas. Seperti misalnya PC Link yang memungkinkan kita untuk melihat konten dalam hape di layar komputer atau laptop yang kita gunakan, sehingga kita gak perlu repot mengambil hape untuk melihat notifikasi, khususnya ketika hape sedang di isi baterainya.

Lalu ada Remote Link yang memungkinkan kita untuk memanfaatkan Zenfone Selfie sebagai wireless mouse dan keyboard. Kita juga bisa menampilkan slide show di layar laptop / komputer melalui smartphone yang kita gunakan. Dan yang terakhir ada Share Link. Apps yang satu ini berguna untuk bertukar atau berkirim data dengan sangat cepat dengan memanfaatkan konektivitas Wi-Fi.

3. Apps Produktivitas Lain

Selain apps yang sudah mimin sebutkan diatas, ada beberapa apps tambahan lain yang juga bisa bermanfaat seperti misalnya Flashlight untuk mengaktifkan “senter” dan juga Laser Ruler untuk mengukur jarak dari kamera ke objek yang ada di depannya dengan memanfaatkan sensor laser autofocus yang dimiliki kamera belakang Zenfone Selfie. Cukup akurat ketika mimin melakukan pengujuan, sayang ia hanya bisa mengukur hingga jarak 50 cm saja.
ASUS Mobile manager
ASUS juga membekali Zenfone Selfie dengan fitur ASUS Mobile Manager, yang bisa kita manfaatkan untuk mengoptimalkan performa dari perangkat. Disini terdapat beberapa fungsi seperti Power Saver, Virus Scanner, Data Usage dan juga Auto Start Manager. Auto Start Manager berfungsi untuk mengatur aplikasi mana saja boleh atau tidak untuk melakukan auto start (berjalan dengan sendirinya di background) yang tujuannya adalah agar perangkat tidak terlalu terbebani serta RAM tidak cepat penuh.

Zen Motion

Salah satu fitur yang sebenarnya cukup menguras baterai (meskipun tidak begitu signifikan) tetapi sangat bermanfaat untuk mempermudah kita mengakses beberapa apps secara cepat. Misalnya, kita bisa dengan mudah membuka aplikasi kamera dengan hanya menggambar pola huruf “C” ketika layar sedang mati, atau menggambar pola huruf “S” untuk mengaktifkan kamera depan.

Ada beberapa pilihan pola lainnya yang bisa kita atur sesuai keinginan. Selain itu, ZenMotion ini juga berfungsi untuk dapat mengaktifkan atau mematikan layar Zenfone Selfie dengan hanya menyentuh layar sebanyak 2 kali, sehingga kita tidak perlu repot untuk menjangkau tombol power.

Pengolah Foto

Pada Zenfone Selfie, kita juga bisa menemukan fitur-fitur bawaan untuk mengolah foto seperti PhotoCollage, MiniMovie dan Gallery. Pada PhotoCollage, kita bisa menyatukan beberapa foto dalam satu frame dengan beberapa pengaturan sederhana. Disini juga terdapat beberapa fitur untuk pengeditan atau penambahan efek untuk mempercantik foto yang ada.

Membuat foto menjadi video slide show? Bisa kita lakukan dengan mudah menggunakan aplikasi MiniMovie. Aplikasi Gallery bawaan dari Zenfone Selfie ternyata juga bisa digunakan untuk mengolah foto loh! Bukan cuma untuk cropping, tapi juga terdapat beberapa fitur lain seperti border (bingkai) efek-efek tambahan, filter dan bahkan doodle, yang memungkinkan kita untuk membuat coretan-coretan pada foto yang ada. Lumayan seru menurut mimin.
Fitur edit foto Zenfone Selfie
Kamera

Nah yang satu ini adalah fitur andalan dari ASUS Zenfone Selfie, baik untuk kamera depan maupun kamera depan. Kedua kamera beresolusi 13 megapixel tersebut bukan hanya mampu menangkap gambar dengan tajam, tapi juga memiliki berbagai fitur yang mimin yakin bakal kamu sukai dan akan mimin bahas secara khusus di posting selanjutnya. Tunggu update dari mimin yaa!


HALAMAN TERKAIT :

8 COMMENTS

    • Update system dulu, terus kalo udah, masuk ke app drawer (menu tempat ditampilkannya semua aplikasi), klik tombol 3 titik yang ada di sebelah kanan atas, terus pilih lock apps. Nanti kalo ada pilihannya, pilih CM AppLock.

      Terus di settingannya itu, caru Intruder Selfie dan aktifkan ๐Ÿ˜€

LEAVE A REPLY