Fitur Kamera Yang Ada Pada ASUS Zenfone 2

Fitur Kamera Yang Ada Pada ASUS Zenfone 2

4776
0
SHARE
Fitur Kamera Yang Ada Pada ASUS Zenfone 2 – Seperti yang sudah mimin janjikan pada posting sebelumnya, pada kesempatan kali ini mimin akan membuat sebuah postingan khusus tentang fitur kamera yang ada pada perangkat smartphone ASUS Zenfone 2. Dibandingkan dengan perangkat Zenfone generasi pertama, kamera dari smartphone fenomenal ini mendapatkan banyak sekali perbaikan khususnya dari segi kualitas gambar.

Ya, sebelumnya memang perangkat Zenfone generasi pertama memiliki kekurangan dari segi white balance sehingga gambar yang dihasilkan memiliki warna yang tidak sesuai dengan aslinya dan bahkan cenderung sedikit aneh. Hal itu tidak mimin temukan pada Zenfone 2, yang mana sensor kamera dari Toshiba yang digunakannya mampu menangkap gambar dengan kualitas yang baik.

Hal ini juga tidak lepas dari software kamera itu sendiri yang telah diperbarui oleh ASUS. Tidak hanya perbaikan kualitas, tapi teknologi PixelMaster 2 yang diusung oleh aplikasi kamera bawaannya juga memiliki beberapa tambahan fitur seperti misalnya Time Lapse, Super Resolution, dan Manual Mode. Nah disini, kita akan membahas sedikit tentang beberapa fitur tersebut, dimulai dari fitur HDR yang kabarnya juga telah mendapat perbaikan.
Menu kamera ASUS Zenfone 2

HDR Mode

Kabarnya fitur ini mendapat peningkatan yang cukup signifikan pada Zenfone 2. Bahkan dalam acara launching yang dilangsungkan di Jakarta pada 21 April 2015 lalu fitur ini sering kali disinggung karena merupakan salah satu fitur unggulan dari kamera yang dimiliki oleh smartphone yang terkenal karena kapasitas RAM nya yang besar ini. ASUS menyebutnya sebagai Super HDR, dan mereka mengklaim bahwa ini adalah fitur HDR terbaik di dunia (untuk kelas smartphone).
HDR Mode, ASUS Zenfone 2
Menurut pengalaman mimin ketika menggunakan fitur ini memang terdapat beberapa kelebihan dari HDR yang dimiliki oleh Zenfone 2 dibandingkan dengan perangkat lainnya. Ia mampu menangkap gambar dengan lebih cepat, sehingga kita tidak perlu terlalu lama menjaga posisi smartphone dan mengarahkan kameranya ke objek yang kita bidik. Selain itu warna yang dihasilkan pun hampir mendekati aslinya.

Depth of Field

Pada Zenfone generasi sebelumnya memang fitur ini juga telah dihadirkan, namun menurut mimin hasilnya sangat jauh dari kata memuaskan karena kesan blur yang dihasilkan masih terlihat sangat “dipaksakan”. Ternyata PixelMaster 2 yang diusung oleh perangkat smartphone flagship dari ASUS ini juga telah membawa perbaikan yang sangat baik untuk fitur Depth of Field.
Fitur depth of field Zenfone 2
Tidak hanya terlihat lebih alami dan halus, tapi sekarang kita bisa mengatur seberapa “blur” background yang kita inginkan. Mirip dengan fitur background defocus milik Sony Xperia Z2 keatas. Namun mimin masih menemukan beberapa detail yang kurang baik dimana terkadang beberapa bagian pada objek utama juga terkena efek blur. Kekurangan ini tidak akan terlihat mencolok jika kita tidak benar-benar memperhatikan.

Effect (Filter )

Fitur ini juga sudah dimiliki oleh perangkat Zenfone seri sebelumnya, namun disini ia mendapatkan beberapa update khususnya untuk efek animasi. Selain animasi terdapat juga pilihan filter yang menarik serta efek pensil yang akan merubah foto menjadi seperti coretan pensil.
Filter pada kamera asus Zenfone 2
Smart Remove

Fitur yang juga sudah disematkan pada smartphone Android generasi pertama dari ASUS ini sangat berguna untuk kamu yang ingin berfoto di tempat yang cukup ramai dan aktif yang mana terkadang orang-orang yang lalu-lalang di belakang kita akan mengganggu background dari foto. Fitur ini akan mengambil setidaknya 5 foto untuk kemudian dijadikan satu dengan menghilangkan objek-objek bergerak yang ada di belakangmu.
Smart remove
Time Lapse

Oke, sebenarnya fitur ini lebih tepat jika diletakkan pada kategori video. Namun sepertinya memang ASUS sengaja menempatkannya pada kategori kamera (foto) agar pengguna lebih mudah menemukan dan menyadari kehadirannya. Duhh takut gak diakui ya nak? Wkwkwkwkwkwk
Fitur time lapse pada Zenfone 2
Mimin tidak begitu paham menggunakan pengaturan dari fitur ini, namun yang mimin ketahui adalah fitur ini bisa digunakan untuk “merekam” video dalam waktu yang lama (sangat lama) yang hasilnya nanti akan menjadi sebuah video singkat. Ketika diputar atau “play”, kita seperti sedang melihat sebuah video yang dipercepat berkali-kali lipat sehingga durasi yang seharusnya lama akan terlihat cepat.
Sebagai contoh fitur time lapse ini sering digunakan untuk merekam pertumbuhan tunas baru pada film-film dokumenter atau juga melihat aktivitas orang banyak di satu tempat seperti pada video yang mimin sematkan diatas.

Super Resolution

Nah sekarang kita masuk pada jajaran fitur unggulan dari kamera Zenfone 2 selain fitur HDR diatas. Ini merupakan sebuah fitur baru yang disematkan oleh ASUS. Fitur ini memungkinkan kita untuk menangkap gambar dengan resolusi hingga 52 Megapixel dengan hanya menggunakan sensor kamera 13 Megapixel yang dimilikinya. Bagaimana itu bisa dilakukan?
Super resolution
Jadi kamera akan mengambil beberapa foto sekaligus yang nantinya akan dikombinasikan menjadi satu buah foto beresolusi besar. Fitur ini berguna untuk melihat gambar dengan lebih tajam dan lebih baik ketika kita melakukan zoom pada gambar, seperti pada contoh gambar diatas. Gambar kepala di bagian atas merupakan hasil jepretan resolusi normal (13 MP) sedangkan gambar kepala dibawahnya diambil menggunakan fitur super resolution. Namun demikian proses penggabungan dari beberapa foto ini memakan waktu yang cukup lama (sekitar 5-10 detik delay) sehingga tidak disarankan untuk menggunakannya secara terus-menerus.

Low Light

ASUS mengklaim bahwa teknologi PixelMaster 2 yang diusung oleh Zenfone 2 memiliki kemampuan yang superior khususnya dalam keadaan pencahayaan minim. Dan memang harus diakui bahwa hal itu memang benar adanya. Salah satu fitur andalan untuk menangkap foto di kegelapan adalah low light mode.
Fitur low light ASUS Zenfone
Pada contoh gambar memang mimin tidak sedang mengambil foto dalam keadaan gelap, namun mimin telah mencoba fitur ini pada malam hari dan akan mimin posting hasilnya di posting berikutnya. Konon, fitur ini bekerja dengan menyatukan 4 buah pixel yang dijadikan satu untuk menangkap cahaya yang lebih banyak. Resikonya adalah resolusi maksimal dari kamera yang digunakan akan dibagi menjadi 4 sehingga kamera 13 megapixel yang dimilikinya hanya akan mampu menangkap gambar sebesar 3 Megapixel (13 : 4 = Kira-kira 3 lebih sedikit).

Manual Mode

Nahhh ini! Salah satu fitur yang pastinya akan menjadi favorit bagi para penggemar fotografi dengan menggunakan smartphone. Fitur ini tidak banyak dimiliki oleh perangkat smartphone Android dengan kisaran harga yang setara dengan Zenfone 2. Dan ini juga sekaligus sebuah fitur yang mimin tunggu pada perangkat Zenfone.

Pengaturan manual pada Zenfone 2

Meski kita tidak dapat melakukan setting pada aperture, namun kita bisa bermain-main dengan settingan ISO, shutter speed, fokus manual serta white balance pada kamera perangkat. Besaran ISO yang bisa kita gunakan dalam mode manual berkisar mulai dari 50 hingga 800, sedangkan untuk shutter speed kita bisa bermain di kecepatan 1/500 detik hingga 1/2 detik.

Pengaturan resolusi dan saturasi

Tidak lupa ASUS juga memberikan kita pilihan untuk menentukan besaran resolusi pada kamera.

Kamera Depan

Bagi para penggemar selfie, kemampuan kamera depan dalam menangkap gambar menjadi suatu hal yang penting. Nah pada Zenfone 2, kamera 5 megapixel yang dimiliki di bagian depan mampu menangkap gambar dengan cerah dan juga angle yang luas.

Kamera depan ASUS Zenfone 2

Ditambah lagi ia memiliki fitur beautfication  yang akan “mendandani” wajahmu agar terlihat lebih cantik atau tampan. Kamera depan ini juga mendapatkan beberapa fitur tambahan seperti HDR mode, Low Light, Time Lapse dan juga Selfie Panorama. Selfie panorama memungkinkan kita untuk berfoto bersama teman-teman (group selfie atau groufie) dengan sudut yang lebih luas, sehingga memungkinkan untuk bernarsis bersama lebih banyak teman.

Nah itulah beberapa fitur utama yang bisa kita temukan pada perangkat ASUS Zenfone 2. Selanjutnya mimin akan membuat postingan tentang hasil foto dari perangkat ini. Cek link nya dibawah yaa!

BACA JUGA :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY