Cara Menghidupkan Lampu Keyboard di Laptop

Cara Menghidupkan Lampu Keyboard di Laptop – Tutorial kali ini sebenarnya singkat saja. Tapi, sebelum masuk ke pembahasan utama, ada yang perlu kamu ketahui dulu nih. Yaitu, tidak semua laptop punya fitur lampu (backlit) di keyboard-nya. Jadi, mau dipaksa pakai trik apapun, pasti lampunya tidak akan menyala kalau memang tidak punya fiturnya.

Biasanya, laptop yang punya fitur backlit pada keyboard-nya itu adalah laptop yang kisaran harganya sekitar 6 jutaan keatas. Kalau untuk laptop 4 jutaan, mungkin ada, tapi jarang banget. Dan kalau laptopnya dibawah 4 juta, sepertinya mustahil. Intinya sih, kalau harga laptopnya dibawah 6 jutaan, yaa jangan berharap banyak. Seperti yang pernah saya bahas pada posting tentang tips memilih laptop murah yang tidak lemot.

Oke? Sekarang kita anggap bahwa laptop yang kamu gunakan itu ternyata memang punya fitur backlit keyboard. Cara menyalakannya gampang kok!

Coba kamu perhatikan icon-icon pada tombol F1 sampai F12 di keyboard laptopmu. Tombol itu berada di deretan paling atas, diatas tombol angka-angka. Sudah? Sekarang, coba kamu cari tombol yang punya icon seperti pada contoh foto ini:

Cara menghidupkan lampu keyboard di laptop

Nah kalau ketemu, kamu tinggal pencet aja deh tombol yang itu! Karena icon tersebut adalah icon yang menggambarkan lampu pada tombol di keyboard. Kalaupun misalnya tidak ada, coba cari yang icon-nya mirip-mirip, atau terkadang, akan punya icon berupa gambar keyboard.

Karena biasanya, tiap tipe dan merk laptop akan memiliki icon yang berbeda-beda. Pun demikian dengan peletakannya. Kalau pada contoh gambar diatas, itu kan icon-nya ada di tombol F7 yaa. Yang mana pada contoh tersebut, saya menggunakan laptop ASUS Zenbook UX393. Nah, kalau di laptop lain, misalnya di laptop Acer, Lenovo, Dell, atau bahkan ASUS Vivobook, bisa saja icon-nya berada di tombol F5, F6, atau yang lain.

Bagaimana Kalau Tidak Mau Menyala?

Kalau misal laptop keyboard masih tidak menyala setelah kamu menekan tombolnya, bisa jadi settingan tombol Fn di keyboard laptop milikmu sudah di lock. Jika demikian, maka kamu harus menekan dan tahan tombol Fn (biasanya ada di deretan paling bawah sebelah kiri, dekat dengan tombol Ctrl), lalu barulah kamu tekan tombol untuk menyalakan lampu keyboard. Ingat ya! Tombol Fn nya harus ditekan dan tahan. Jadi nanti kamu akan menekan dua tombol itu.

By the way, jika kamu adalah orang yang masih baru belajar untuk menggunakan laptop, saya sarankan untuk membaca kumpulan artikel tentang cara menggunakan laptop untuk pemula. Dan kalau ingin agar bisa mengetik dengan lancar, kamu bisa coba terapkan tips berlatih mengetik cepat versi Techijau. Semoga bermanfaat!

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P